DJP Online: Pengertian, Fasilitas serta Cara Menggunakannya

DJP Online

DJP online mungkin bagi kebanyakan orang masih saja belum dikenal. Istilah ini mungkin saja masih terasa asing bagi masyarakat awam. Sebab penggunaan istilah ini memang belum banyak dilakukan oleh masyarakat umum. Namun tentunya istilah ini terasa sangat familiar bagi Anda yang selalu memiliki keterkaitan dengan pajak. Sebab penggunaan istilah ini banyak dijumpai di dunia perpajakan.

Pada dasarnya DJP online ini merupakan salah satu aplikasi pajak online yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Aplikasi pajak online yang satu ini sebenarnya dibuat dengan tujuan untuk memberikan fasilitas kepada para wajib pajak dalam memberikan laporan mengenai SPT pajak. Atau mungkin wajib pajak ingin melakukan prosespembayaran pajak secara online maka wajib pajak bisa saja menggunakan fasilitas ini.

Fasilitas DJP Online

e-Filling pajak

Salah satu fasilitas yaang diberikan melalui DJP online adalah e-Filling pajak. Layanan yang satu ini sebenarnya merupakan suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk menampaikan SPT tahunan. Tentu saja penyampaian SPT tahunan ini dilakukan secara online. Dengan melakukan penyampaian SPT tahunan secara online maka Anda bisa memberikan laporan mengenai jumlah penghasilan Anda dalam setahun. Sebab perhitungan pajak akan dilakukan dengan berdasar pada penghasilan Anda. Oleh karena itu setiap orang perlu memberikan laporan SPT tahunan dan kini Anda bisa melakukannya secara online.

e-Billing pajak

Layanan aplikasi pajak selanjutnya adalah e-Billing pajak. Layanan e-Billing pajak ini merupakan suatu aplikasi pembuatan kode billing pajak. Tentunya Anda bisa menggunakan layanan ini secara online. Kode billing ini pada dasarnya bisa digunakan untuk melakukan proses pembayaran pajak. jadi kodebilling yang akan Anda dapatkan nantinya akan mennjadi pengganti dari Surat Setoran Pajak atau SSP. Maka Anda bisa melakukan pembayaran pajak melalui berbagai bank. Misalnya saja dengan menggunakan mesin ATM atau internet banking dan mobile banking. Atau Anda juga bsia mendatangi kantor pos untuk melakukan pembayaran.

e-Registration

Fasilitas terakhir yang bsia Anda dapatkan melalui aplikasi pajak online adalah e-Registration. Layanan ini merupakan suatu aplikasi pendaftaran NPWP yang juga dapat dilakukan secara online. Jadi untuk melakukan hal ini maka Anda hanya tinggal mengisi formulir elektronik pendaftaran NPWP. Anda juga perlu mengisi data pribadi secara lengkap dan valid sehingga pihak kantor pajak bisa memiliki data Anda. Kemudian nantinya NPWP Anda akan dikirim oleh KPP menuju ke alamat Anda misalnya melalui paket pengiriman pos. Atau Anda juga bisa mengambil langsung di KPP terdekat.

Syarat Pengguna DJP Online

NPWP

Nomor Pokok Wajib Pajak, yang merupakan suatu nomor identitas yang diberikan oleh DJP atau Direktorat Jenderal Pajak. NPWP ini diberikan pada para wajib pajak sebagai suatu tanda pengenal terutama dalam melaksanakan hak dan kewajiban di bidang perpajakan. Jadi dengan adanya NPWP maka Anda bisa melakukan setiap proses yang harus dilakukan dalam hal perpajakan.

EFIN

Selain memiliki NPWP tentunya Anda yang ingin menggunakan DJP online juga harus memiliki EFIN. Pada dasarnya EFIN merupakan singkatan dari Electronic Filling Identification Number. EFIN ini pada dasarnya merupakan suatu identitas digital yang diperlukan untuk menggunakan aplikasi perpajakan tentunya secara online. EFIN sebenarnya memiliki fungsi yang sama seperti tanda tangan digital yang bsia dilakukan melalui media internet. Umumnya para wajib pajak akan mendapatkan EFIN dengan cara mendaftarkan diri di KPP atau kantor Pelayanan Pajak. Pendaftaran EFIN ini harus dilakukan secara langsung oleh para wajib pajak yang bersangkutan. Jadi pendaftaran ini tidak bisa diwakilkan.

Manfaat DJP Online

Meningkatkan layanan

Dengan adanya DJP online maka para wajib pajak bisa melakukan pendaftaran ataupun pembayaran secara lebih mudah. Segala hal yang berkaitan dengan pajak bisa dilakukan secara lebih praktis. Tentunya DJP online ini semakin meningkatkan pelayanan yang diberikan oleh kantor pajak kepada para wajib pajak. Peningkatan layanan ini tentu akan sangat mempermudah para wajib pajak. Maka peningkatan layanan ini akan sangat membantu Anda sebagai masyarakat awam dan sebagai wajib pajak.

Mempermudah metode

Mungkin sejak dulu Anda perlu mengunjungi KPP untuk bisa melakukan proses pendaftaranNPWP. Atau mungkin Anda menuju ke KPP dengan tujuan untuk menyampaikan laporan SPT. Bisa juga Anda melakukan pembayaran di bank yang ditunjuk oleh kantor pajak untuk menerima transaksi pembayaran pajak. Namun sekarang ini dengan adanya sistem aplikasi pajak online maka setiap transaksi pajak bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Sistem dan metode yang harus dilakukan jadi lebih mudah karena semakin praktis.

Mencapai tujuan

Tujuan dari setiap peningkatan layanan yang diberikan oleh kantor pajak untuk mempermudah masyarakat atau wajib pajak. Jadi dengan adanya layanan online maka diharapkan agar para wajib pajak bisa memperoleh kemudahan dalam melakukan penyampaian laporan SPT serta membayar pajak. Maka dengan adanya DJP online tentu para wajib pajak dapat melaksanakan seluruh kewajiabnnya terutama dalam bidang perpajakan.

Menggunakan DJP Online

DJP online mungkin saja tampak sulit untuk dilakukan. Khususnya bagi masyarakat awam yang masih belum terbiasa menggunakan layanan online. Namun sebenarnya jika Anda telah terbiasa mengoperasikan perangkat atau gawai beserta media internet maka Anda tentu bisa mengoperasikan layanan aplikasi pajak online ini dengan lebih mudah. Sebelum Anda menggunakan layanan dari aplikasi ini maka Anda harus mendaftar terlebih dahulu. Jika Anda telah melakukan pendaftaran maka Anda akan memiliki akun. Dengan menggunakan akun yang Anda miliki tersebut natinya Anda bisa menikmati berbagai fasiitas dari aplikasi pajak online.

Untuk melakukan pendaftaran sebenanya tidaklah cukup sulit. Anda hanya tinggal mencari website DJP online kemudian melakukan pendaftaran. Nantinya pada website tersebut akan ditunjukkan beberapa langkah yang harus Anda lalui sehingga Anda bisa memiliki akun. Jika Anda telah memiliki akun maka Anda harus melakukan aktivasi akun agar akun bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan pajak. Menggunakan DJP online tentu akan menjadi tampak mudah terlebih lagi bila Anda sudah terbbiasa menggunakannya.

Sistem yang digunakan oleh DJP online tidak ubahnya seperti sistem yang diberikan oleh JojoExpense. Produk ini sama-sama berupaya untuk memberikan kemudahan. Terutama dalam hal ini kemudahan pada sistem keuangan perusahaan. Dengan menggunakan produk tersebut maka sistem pengeluaran dan pemasukan perusahaan dapat dimonitor lebih efektif. Selain itu juga dapat terhindar dari resiko penipuan keuangan perusahaan.

Tentunya manfaat tersebut berkat fitur-fitur yang ada di dalam JojoExpense. Misalnya saja fitur-fitur berikut di bawah ini.

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Jadi, jangan ragu untuk memilih JojoExpense. Segera daftarkan perusahaan Anda dan dapatkan coba gratis selama 14 hari sekarang juga. Rasakan dan buktikan sendiri manfaat yang dijanjikan di atas. Selamat mencobanya!