Dropbox : Pengertian, Keuntungan dan Fitur-fiturnya

Dropbox

Jika Anda mencari platform penyimpanan cloud yang mudah digunakan dan murah atau bahkan gratis. Dropbox mungkin bisa menjadi pertimbangan yang baik untuk Anda. Bagi yang terbiasa menggunakan Windows File Explorer, mungkin Anda lebih memahami fitur dan fungsi pengoperasian aplikasi penyimpanan file online ini.

Dalam panduan pemula tentang cara menggunakan Dropbox ini, kami akan memperkenalkan fungsi dasar penyedia penyimpanan cloud dan cara sederhana untuk membuat Anda mulai berinteraksi dan menggunakan Dropbox di desktop Anda. Panduan ini akan memberi Anda gambaran umum tentang platform Dropbox. Sehingga akan sangat membantu bagi pengguna yang baru mengenal platform atau pemula.

Aplikasi Dropbox tidak hanya mudah digunakan, tetapi pengguna bisa mendapatkan akun versi gratis. Jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan atau lebih banyak fitur dan opsi daripada versi gratis yang disediakan oleh Dropbox. Maka Anda dapat mengalokasikan sedikit uang untuk membuat akun bulanan di Dropbox. Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat cara memaksimalkan Dropbox di bawah ini.

Tahu apa itu Dropbox?

Dropbox

Dropbox adalah layanan penyimpanan cloud online, yang berarti Anda dapat menyalin file ke cloud dan mengaksesnya nanti atau di mana saja, bahkan jika Anda mengaksesnya dari perangkat yang berbeda. Jika Anda menggunakan paket pribadi. Dropbox tidak akan secara otomatis menyalin semua file di komputer Anda, jadi Anda harus memilih file mana yang ingin Anda simpan.

Data dan informasi yang biasanya tersimpan di Dropbox ada dalam bentuk gambar, video, dokumen, aplikasi dan program. Setelah transfer data selesai, Dropbox akan membuat dan menyimpan semua file di cloud dan mencadangkan datanya sehingga Anda dapat membukanya kembali saat dibutuhkan. Aplikasi ini juga menyediakan layanan gratis dan berbayar, tentunya terdapat berbagai kelebihan dan keuntungan.

Pada tahun 2011, Dropbox meluncurkan Dropbox For Teams, sebuah layanan dari Dropbox. Khusus untuk mereka yang membutuhkan layanan untuk mengontrol manajemen, penagihan terpusat, dan grup bisnis atau grup besar lainnya dengan kebutuhan yang sangat detail dan kompleks. Dropbox For Teams tersedia di situs web Dropbox dengan harga yang berbeda dari paket Dropbox lainnya.

Keuntungan Dropbox

Dropbox

Dibandingkan dengan layanan sejenis lainnya dan para pesaingnya, Dropbox berani memberikan pengguna ponsel dan pengguna desktop atau laptop fungsi dan akses yang relatif besar dan banyak. Serta menggunakan sistem operasi yang tidak ditentukan dan berbeda. Dropbox juga menyediakan berbagai versi untuk berbagai sistem operasi, termasuk pengguna Microsoft Windows, Mac OS X dan Linux.

Pada saat yang sama, jika Anda menggunakan perangkat seluler, Anda dapat menggunakan sistem operasi Android. Windows Phone 7, iPhone, iPad, WebOS, dan Blackberry untuk mengunduh Dropbox melalui klien berbasis web. Dropbox menggunakan berbagai paket dan model, seperti Premium Financial dan layanan gratis yang menyediakan penggunaan penyimpanan online gratis sebesar 2 GB.

Menariknya, jika Anda berhasil menghubungkan atau merekomendasikan aplikasi ini kepada pengguna lain atau pengguna baru yang belum pernah menggunakannya sebelumnya, Dropbox akan memberi Anda kapasitas penyimpanan hingga 8 GB. FilesAnywhere, CloudMe, Egynye, iCloud, Mozy, Ubuntu One dan pesaing serta aplikasi lain yang juga menyediakan layanan seperti Dropbox.

Fitur Dropbox

Dropbox

Adanya online cloud storage dan Dropbox serta layanan lainnya tentunya sangat membantu penyimpanan tradisional Berikut kelebihan dan fitur Dropbox yang bisa Anda coba:

Simpan dan lindungi file

Anda dapat menjelajahi banyak hal di Dropbox, tetapi layanan ini lebih umum digunakan untuk menyimpan, berbagi, dan melindungi data pengguna. Walaupun penyimpanan ini berbentuk cloud online, data dan informasi serta file Anda akan tetap aman. Karena Anda memerlukan username dan password pribadi untuk membukanya, sehingga Anda dapat menghindari kerusakan saat menyimpannya di perangkat keras.

Kemampuan untuk membawa dan membuka data di mana saja

Model perangkat penyimpanan yang lebih lama mengharuskan Anda membawa hard drive kecil atau pen drive, yang tidak lagi berlaku saat ini. Selain risiko kerusakan, kerusakan, dan kehilangan data, cara penyimpanan lama ini juga memiliki keterbatasan penyimpanan. Inilah mengapa Drop-box berkomitmen untuk meminimalkan kemungkinan kerusakan perangkat keras.

Belum lagi kemudahan mengakses data dari koneksi internet, mengingat Anda bisa langsung menyimpan dan mengakses file. Mendownload file baru, berbagi file, dan mengatur file yang sudah ada, smartphone Anda akan terasa lebih ringkas, praktis dan efisien.

Bagikan video dan file

File format video biasanya berukuran besar dan membutuhkan ruang penyimpanan yang besar.Layanan ini dapat digunakan melalui Drop-box, karena aplikasi memberikan kemudahan berbagi, mengirim, dan mengunduh video yang benar-benar berbeda dari layanan lainnya. Pengguna juga dapat memilih penerima yang ingin dibagikan, sehingga kerahasiaan akses bersama akan terjamin.

Kemampuan pencadangan data

Dibandingkan dengan penyimpanan tradisional, fitur atau opsi ini merupakan faktor yang paling menarik bagi Drop-box. Anda dapat mencadangkan foto, video, dokumen, dan apa pun yang berharga dan penting bagi Anda. Selain itu, Anda dapat mengatur file sesuai keinginan Anda.

Berbagi dan bekerja sama

Drop-box tidak hanya dapat menyimpan file dan data pribadi, tetapi juga memiliki fitur dan opsi yang memungkinkan dan mengakomodasi penggunanya untuk mengerjakan proyek atau dokumen secara bersama-sama. Fungsi kompleks ini dapat menghubungkan beberapa pengguna untuk mengakses file yang sama pada saat yang sama tanpa khawatir tentang kesalahan atau konflik data.

Keamanan yang lebih baik

Karena menggunakan nama pengguna dan kata sandi, Anda tidak perlu khawatir tentang gangguan dan kehilangan data. Menggunakan program khusus yang dirancang untuk melindungi jutaan file pengguna dan jaminan keamanan, malware akan menyebar di semua file yang ada.

Kesimpulan

Memiliki akun Drop-box akan memberi Anda beberapa manfaat.Jika komputer Anda mogok, Drop-box bisa menjadi penyelamat, tetapi juga memiliki lebih banyak fungsi daripada sekadar mencadangkan atau berbagi file sebagai layanan dasar yang diketahui kebanyakan orang.

Pengguna internet saat ini juga akan mencari aplikasi penyimpanan yang lebih praktis. Aplikasi ini memiliki kemampuan login tak terbatas, yang juga membuat banyak tugas menjadi lebih mudah. Meskipun banyak pesaing lain yang juga menyediakan layanan penyimpanan online yang sama, dari segi performa dan keunggulan. Banyak pengguna memilih Drop-box yang memiliki fitur dan opsi menarik.

Tingkatkan Efisiensi Manajemen Pengeluaran Perusahaan Anda Hingga 76%. Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot.

Mengelola Data Klien Menjadi Lebih Mudah. JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju keuangan perusahaan Anda tidak peduli tempat dan waktu.
 
Baik Anda mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam Anda.
 
Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda—Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri.
 
Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis. “Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”