E-Katalog, Jenis Dan Manfaat Penggunaannya Di Era Masa Kini

E-katalog tampaknya mulai dikenal oleh masyarakat awam terutama oleh Anda yang mengaku sebagai kaum milenial. Mungkin saja e-catalog terasa asing bagi masyarakat awam dan bagi sebagian orang yang tidakpernah menggunakan internet. Namun bagi sebagian orang yang sangat familiar dengan internet tentu sangat paham dengan e-katalog. Terlebih lagi bagi para marketer yang merasa bahwa pemasaran sekarang ini akan lebih terjamin bila dilakukan dengan melibatkan media internet. Penggunaan media internet untuk memasarkan suatu barang atau jasa dirasa kian menjadi hal yang biasa dan bahkan akan sangat menguntungkan.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan baaik oleh pengusaha maupun ioleh penjual dengan menggunakan e-katalog sebagai metode pemasaran barang atau jasa.Bahkan di zaman sekarang ini semakin banyak para marketer yang berlomba-lomba untuk memasarkan berbagai macam produk barang dan jasa secara digital. Hal ini tentu saja tidaklah mengherankan sebab di zaman sekarang ini tampaknya teknologi canggih berkembang dengan sangat cepat. Penggunaan media internet mulai merambah ke berbagai bidang hingga bidang pemasaran. Anda sebagai konsumen bahkan bisa mencari segala apa yang menjadi kebutuhan Anda melalui media internet. Kebutuhan masyarakat sekarang ini sudah bisa dicari melalui jejaring sosial sehingga Anda bisa melakukan proses pembelanjaan barang atau jasa secara lebih praktis. Berbelanja kini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja bahkan pada saat Anda sedang berada di tempat kerja.

Jenis-jenis E-Katalog

Pada dasarnya e-katalog sendiri terdiri dari beberapa jenis. Mungkin saja hal ini masih terdengar asing di telinga Anda maka tidak ada salahnya bila jenis-jenis katalog ini mulai Anda kenal. Seperti misalnya e-katalog nasional yang merupakan katalog yang disusun dan dikelola oleh Lembaga Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah. Karena berkaitan dengan pemerintah maka untuk yang satu ini tentunya berisi tentang pengadaan berbagai barang bantuan yang dapat digunakan sebagai fasilitas negara. Sehingga jauh lebih berfungsi bagi Anda yang terjun dan bekerja di dunia pemerintahan atau bekerja di sektor yang berkaitan dengan kepentingan rakyat Indonesia secara umum.

Jenis selanjutnya adalah e-katalog sektoral yang disusun oleh kementrian. Untuk yang satu ini memiliki lingkup yang lebih kecil daripada e-katalog nasional. Namun tetap saja katalog tipe ini dapat melayani Anda yang ingin melakukan pembelanjaan di beberapa sector khusus seperti misalnya sektor pertanian dan sektor perkebunan atau mungkin saja bila Anda membutuhkan alat nelayan.

Ada pula e-katalog daerah yang menyediakan barang atau jasa dengan cakupan linkup yang lebih kecil lagi. Tentunya jenis yang satu ini disusun oleh pemerintah daerah dengan menampilkan barang atau jasa yang dapat distandarisasi dan memiliki sifat berulang. Terakhir, Jenis yang lain adalah e-katalog swasta yang dibuat oleh perusahaan atau badan usaha swasta. Pembuatan katalog secara digital oleh badan usaha swasta ini terdiri dari dua bagian yaitu e-katalog untuk konsumen dan satu lagi untuk bisnis. Jika katalog yang disusun itu diperuntukkan secara khusus bagi konsumen maka biasanya e-katalog tersebut berisi mengenai produk barang atau jasa yang dipasarkan untuk dikonsumsi oleh masyarakat. E-katalog akan berisi mengenai informasi produk yang dijual sehingga masyarakat atau konsumen bisa tertarik dan melakukan pembelian. Sedangkan e-katalog bisnis juga diadakan dengan tujuan untuk menambah penghasilan atau laba perusahaan tentunya dengan melakukan pemasaran barang atau jasa melalui media digital.

Manfaat E-Katalog

Sebenarnya suatu e-katalog diadakan bukan hanya bertujuan untuk menunjukkan kemajuan dan perkembangan suatu perusahaan kepada khalayak umum. E-katalog yang dibuat oleh suatu perusahaan memang pada dasarnya cukup menunjukkan bahwa suatu perusahaan mulai berkembang seiring dengan kemajuan zaman dan teknologi. Suatau perusahaan akan dinilai dapat berkembang sesuai dengan perkembangan era dan memanfaatkan media digital dengan sangat optimal. tentu saja kepercayaan konsumen kepada perusahaan akan semakin meningkat sebab masyarakat bisa saja menjadi smeakin tertarik dan berfokus pada perusahaan tersebut.

Tampaknya tidak hanya perusahaan saja yang dapat merasakan manfaat dari sebuah e-katalog. Secara langsung tentu sebuah e-katalog sangat berguna bagi para konsumen. Kehadiran hal tersebut dapat membantu konsumen untuk melakukan persiapan pembelanjaan barang secara lebih praktis dan tidak memakan banyak waktu. Para konsumen juga bisa melihat berbagai produk barang dan jasa yang ditawarkan secara cepat dan update karena adanya pemasaran produk melalui sistem e-katalog ini. Terlebih lagi konsumen bisa melihat harga produk yang ditawarkan secaralangsung tanpa harus berkunjung ke toko untuk berbelanja. Dengan banyaknya manfaat yang didapat oleh para konsumen, maka sebuah e-katalog tentunya bersifat lebih menguntungkan bagi para konsumen khususnya bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja. Kebutuhan harian Anda kini bisa dilihat atau dicek secara lebih mudah yaitu melalui tipe kalatog online ini yang bisa diakses kapan saja Anda mau.

Kekurangan Sistem E-Katalog

Segala sesuatu tampaknya tidakhanya memberikan nilai plus saja tetapi juga nilai minus seperti halnya e-katalog. Berbagai kemudahan dan keuntungan yang bisa didapatkan melalui adanya e-catalog tentunya juga diiringi dengan adanya kekurangan yang mungkin saja bisa ditimbulkan sistem pemasaran e-katalog. Salah satu kelemahan dari e-catalog adalah ketidakmampuan e-catalog dalam menampilkan produk barang dan jasa secara keseluruhan. Mungkin hanya sebagian produk saja yang bisa ditampilkan di e-katalog sehingga beberapakonsumen merasa bahwa sistem pemasaran seperti ini belum dapat menghadirkan seluruh produk secara lengkap. Terkadang bahkan produk yang tercantum di e-katalog tidaklah dibutuhkan oleh konsumen sehingga pemasaran produk terkesan tidak memberikan hasil maksimal.

Penggunaan e-katalog pada dasarnya memang membantu mempermudah dalam bisnis dan meraih lebih banyak pelanggan. Semua hal di masa kini memang butuh yang lebih praktis dan efisien. Demikian halnya dengan mengatur keuangan perusahaan, dibutuhkan dukungan yang baik dan penuh serta lebih efektif dan efisien. Hal ini tercapai bila menggunakan pendukung yang tepat, misalnya menggunakan software JojoExpense. Dimana dengan menggunakan produk ini maka perusahaan bisa meraih keuntungan berikut:

  • Sistem keuangan yang jauh lebih terkontrol dan lebih aman dari resiko adanya kecurangan atau penipuan keuangan yang dilakukan oknum tertentu.
  • Data keuangan yang lebih terinci sehingga bisa dilakukan pengecekan termasuk penentuan laba dan rugi yang tepat serta akurat.
  • Membantu system kerja tim keuangan yang lebih efektif dan efisien. Lebih sistematis dan mudah untuk dikontrol.

Semua kemudahan ini tentu berkat adanya fitur menarik yang diselipkan dengan sempurna pada JojoExpense. Di antaranya yaitu fitur-fitur berikut yang wajib untuk diketahui:

  • Digital Reimbursement.
  • OCR (Auto Read Receipt) on mobile.
  • Multiple Receipts Attachment.
  • Approval Policies by Amount.
  • Multi-stage Approval & Disbursement Flow.

Dengan kemudahan dan fitur pada JojoExpense di atas, tentu sudah pasti software ini menguntungkan perusahaan Anda. Oleh sebab itu segera coba gratis di perusahaan Anda sekarang juga untuk melihat bagaimana software ini bekerja maksimal membantu tim keuangan perusahaan. Beralihlah ke cara yang jauh lebih efektif dan efisien. Beralih saja ke JojoExpense!