Ekonomi Islam: Perkembangan, Prinsip, Tujuan serta Hukumnya

ekonomi islam

Dalam memenuhi kebutuhan hidup perlu adanya perputaran ekonomi  yaitu kebutuhan yang mendasar dalam kehidupan manusia untuk bisa hidup dan berkembang dalam kehidupan sehari-hari. Ekonomi Islam turut andil didalamnya mengatur sistem perekonomian kita agar tepat sasaran dan bisa bermanfaat.

Tanpa adanya sistem pengaturan ekonomi maka aktivitas dan proses kehidupan manusia akan terganggu. Ekonomi islam yaitu suatu ilmu pengetahuan sosial yang didalamnya mempelajari tentang masalah-masalah ekonomi masyarakat yang berbasis islam dan didasari empat pengetahuan yaitu Al-qur’an,sunnah,ijma,dan qiyas.

Perkembangan Ekonomi dalam Islam

Islam mengatur perekonomian dengan hukum yang sering juga ilmu syariah, yang tumbuh dan berkembang pesat di Indonesia, sebagai alternatif dari sistem ekonomi yang terlebih dahulu ada yaitu ekonomi tradisional (komunal) dan kapitalis. Tetapi kedua sistem ekonomi yang ada tidak cukup mampu memberikan jalan menuju kehidupan sejahtera bagi masyarakat Indonesia. Hadirnya ekonomi berlandaskan Islam, tentu harus mampu menjawab persoalan tersebut.

Suatu lembaga dan pengorganisasian sistem ekonomi Islam baik sebagai wacana dan praksis harus berlangsung dalam kehidupan masyarakat. Pertumbuhan dan perkembangan lembaga ekonomi syariah, pada awalnya merupakan fenomena perkotaan.

Namun akhir-akhir ini telah merambah pedesaan. Upaya pengembangan peran dan kontribusi lembaga ekonomi berlandaskan hukum islam atau syariah di perdesaan, bisa memanfaatkan kondisi, nilai-nilainya bersumber Alquran dan hadits berupa prinsip-prinsip universal.

ekonomi islam

Prinsip Ekonomi Islam

Di saat sistem ekonomi lain hanya terfokus pada hukum dan sebab akibat dari suatu kegiatan ekonomi, maka Islam lebih jauh membahas nilai-nilai dan etika yang terkandung dalam setiap kegiatan ekonomi tersebut. Sehingga berdasarkan nilai-nilai tersebut, kegiatan ekonomi berlandaskan hukum Islam bisa berlangsung.  

Hukum Islam dalam ekonomi ada 7 poin, yaitu :

  1. Sumber daya merupakan pemberian atau titipan dari Allah SWT sehingga manusia tidak boleh semena-mena,
  2. Tidak ada kepemilikan mutlak.
  3. Berjamaah atau bersama-sama agar saling menggerakan ekonomi.
  4. Pemerataan kekayaan, sehingga tidak ada disparitas.
  5. Ekonomi syariah menjamin pemilikan masyarakat dan penggunaannya direncanakan untuk kepentingan orang banyak.
  6. Seseorang yang memiliki kekayaan tertentu wajib membayar zakat.
  7. Prinsip ekonomi syariah adalah melarang riba dalam bentuk apapun.

Tujuan Ekonomi Syariah

Tujuan ekonomi syariah menurut Umar Chapra adalah tidak mengekang kebebasan individu secara berlebihan, menciptakan keseimbangan makro ekonomi dan ekologi, atau melemahkan solidaritas keluarga dan sosial, serta ikatan moral yang terjalin di masyarakat.

Bertujuan agar dapat terpenuhinya semua kebutuhan manusia, bukan hanya satu orang melainkan semua umat manusia di muka bumi ini,agar supaya mencapai kesejahteraan sosial.norma-norma seperti ini sangat berkaitan dengan tanggung jawab manusia terhadap allah SWT. 

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Untuk itu umat manusia dianjurkan selalu jujur dengan sesama dan saling menjaga sehingga tercipta keadilan dalam umat manusia, dalam hal ini posisi islam dalam ekonomi yaitu untuk memenuhi kebutuhan dasar anggota masyarakat dan masyarakat tidak boleh berlebih-lebihan atau pemborosan baik individu ataupun masyarakat karena dilarang oleh islam.

Asas persatuan dan kebersamaan

Islam juga memberikan jaminan sosial yang didasarkan pada dua basis doktrin ekonomi berlandaskan hukum islam yaitu kewajiban timbal balik antar masyarakat serta hak manusia terhadap sumber daya yang meliputi kekayaan yang dikuasai negara.

Negara sendiri memiliki fungsi dalam mengaplikasikan prinsip kewajiban timbal balik dengan cara mengatur warganya supaya mematuhi hukum-hukum yang sudah diatur oleh islam sehingga terciptanya kesejahteraan bagi umat manusia. Ekonomi Islam juga mempunyai tujuan yang mengarahkan pada sistem individu dan kolektif  sehingga tercapai tujuan-tujuan yang menyeluruh.

Tujuan tersebut diantaranya yaitu:

  1. Menyediakan dan menciptakan peluang peluang bagi semua orang dalam kegiatan-kegiatan ekonomi
  2. Memberantas kemiskinan dan memenuhi kebutuhan dasar bagi semua individu umat manusia
  3. Meningkatkan kesejahteraan ekonomi
ekonomi islam

Untuk itu masyarakat akan diajarkan untuk berkembang serta bagaimana cara memenuhi kebutuhan dan menggunakannya sesuai dengan ajaran islam. Karena pada prinsipnya Islam adalah salah satu agama yang  mengajari manusia untuk melakukan kebaikan dan berbuat adil.

Islam juga mengatur tentang ekonomi diantaranya yaitu:

  1. Kewajiban zakat,infaq, dan shodaqoh
  2. Larangan berjudi dan  mengundi nasib dengan panah
  3. Wajib Membayar Pajak

Prinsip-prinsip Ekonomi Syariah

Prinsip tersebut adalah menentukan kuat tidaknya suatu bangunan yang akan menjadi pondasi yang kokoh bagi perekonomian bangsa, lengkapnya adalah sebagai berikut :

  1. Tauhid (keesaan Allah), yang berarti bahwa semua yang kita lakukan di dunia akan dipertanggungjawabkan kepada Allah di akhirat kelak.
  2. ‘Adl (keadilan), yang memiliki arti bahwa Allah telah memerintah kan manusia untuk berbuat adil dan tidak menzalimi pihak lain demi memperoleh keuntungan pribadi.
  3. Nubuwwah (kenabian), yaitu menjadikan sifat dan sikap nabi sebagai teladan dalam melakukan segala aktivitas di dunia.
  4. Khilafah (pemerintahan), adalah peran pemerintah untuk memastikan tidak ada distorsi dan diharapkan perekonomian dapat berjalan dengan baik.
  5. Ma’ad (hasil), dalam Islam hasil (laba) yang diperoleh di dunia juga menjadi laba di akhirat.
ekonomi islam

Penjabarannya adalah bahwa pada bagian kedua memiliki fungsi sebagai tiang yang merupakan turunan dari nilai-nilai universal. Multitype Ownership (kepemilikan multijenis) merupakan turunan dari nilai tauhid dan ‘adl. Islam mengakui kepemilikan pribadi, negara maupun kepemilikan campuran, namun pemilik primer tetap Allah SWT. Freedom to act (kebebasan bertindak atau berusaha) merupakan turunan dari nilai nubuwwah, ‘adl dan khilafah. 

Nilai ini memiliki arti bahwa setiap manusia memiliki kebebasan untuk bermuamalah. Dalam bermuamalah, manusia diwajibkan untuk meneladani sifat rasul (siddiq, amanah, fathanah, tabligh). Selain itu tetap harus menjunjung tinggi nilai keadilan dan taat terhadap aturan yang berlaku dalam pemerintahan agar tidak terjadi distorsi dalam perekonomian.

Hukum Syariah ibarat pondasi yang kokoh

Social Justice (keadilan sosial) merupakan turunan dari nilai khilafah dan ma’ad. Nilai ini memiliki arti bahwa pemerintah bertanggung jawab atas pemenuhan kebutuhan pokok dan terciptanya keseimbangan sosial sehingga tidak terjadi ketimpangan antara kaya dan miskin.

Seperti fungsi atap dalam sebuah bangunan, nilai yang berfungsi untuk melindungi bangunan dari ancaman dari luar adalah akhlak. Akhlak merupakan sikap manusia dalam bertingkah laku yang diharapkan sesuai dengan teori dan sistem ekonomi berdasarkan hukum Islam.

Dengan pemaparan diatas akan terciptanya pertumbuhan ekonomi islam secara cepat karena terciptanya lapangan kerja serta adanya kejujuran dan keadilan dalam setiap individu masyarakat.

ekonomi islam

Konsep yang mengajarkan kesetaraan dan kejujuran untuk memaksimalkan kinerja dalam bisnis selalu diterapkan dalam bisnis terutama pengembangan sumber daya manusia. Untuk itu tugas Human Resource adalah memiliki prasarana, agar karyawan dapat melakukan tugasnya dengan baik dan sesuai SOP perusahaan.

Salah satu solusinya adalah memakai aplikasi keuangan berbasis teknologi digital yaitu JojoPayroll.

Fitur JojoPayroll aplikasi keuangan terbaik dan terlengkap

Solusi Penggajian Perusahaan Bebas Masalah, Kelola dengan Sentuhan Jari Anda, Kapan Saja Dimana Saja. Solusi JojoPayroll yang Berbasis Cloud mendukung bisnis Anda dan terintegrasi dengan sistem akuntansi Anda serta transfer bank yang real-time

Fitur Populer yang dimiliki oleh Aplikasi terbaik JojoPayroll

  1. Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  2. Proses penggajian yang Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  3. Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Silahkan klik dan Coba Gratis Sekarang