Ekonomi Manajerial : Pengertian, Ruang Lingkup, dan Tujuannya

ekonomi manajerial

Ekonomi manajerial adalah ilmu dan seni yang menggabungkan teori ekonomi dan teknologi pengambilan keputusan. Pengetahuan ini berguna agar organisasi dapat mencapai tujuannya secara efektif dan efisien. Wawasan ini juga dapat dijadikan sebagai strategi yang baik dalam menjalankan bisnis, sehingga perusahaan dapat mengatur dan mengelola sumber daya yang terbatas, namun dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Menurut Dominic Salvatore (1996) ekonomi manajerial merupakan sejenis wawasan, yang menunjukkan adanya teori ekonomi dan kemampuan analisis pengambilan keputusan, yang dapat menganalisis apakah suatu perusahaan dapat secara efektif dan efektif mencapai tujuannya. Sedangkan menurut Hirschey (2003), ekonomi manajerial merupakan suatu penerapan ilmu ekonomi dan dapat digunakan sebagai cara manajemen dan pengambilan keputusan manajemen. Lantas, apa pengertian Ekonomi Manajerial terebut?

Pengertian Ekonomi Manajerial

ekonomi manajerial

Ekonomi manajerial adalah penerapan teori ekonomi dan alat analisis ilmiah pengambilan keputusan untuk membahas bagaimana organisasi dapat secara efisien dan efektif mencapai tujuan mereka. Atau definisi dari ilmu ekonomi manajerial, yaitu sejenis ilmu yang menunjukkan penerapan teori ekonomi dan analisis pengetahuan dalam pengambilan keputusan, keputusan ini menentukan bagaimana organisasi dapat mencapai tujuannya dengan lebih efektif.

Ekonomi manajerial memberikan para eksekutif perusahaan, teori dan metode ekonomi yang diperlukan untuk membuat keputusan bisnis. Dengan menggunakan konsep dan teknik yang biasa digunakan dalam teori ekonomi dan teori keputusan, topik yang dibahas meliputi: optimasi ekonomi, analisis risiko, teori permintaan dan peramalan, analisis fungsi produksi, teori dan analisis biaya, analisis produk dan struktur pasar, analisis kebijakan harga, pemerintahan Peraturan ekonomi dan rencana investasi.

Oleh karena itu, ilmu ekonomi manajemen telah meneliti dan mengembangkan kaidah-kaidah keilmuan yang dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan kualitas dan efektifitas pengambilan keputusan manajemen. Ekonomi manajerial akan sangat membantu manajer memahami bagaimana faktor penentu ekonomi mempengaruhi kinerja organisasi dan perilaku manajemen. Dalam konteks pembelajaran ekstensif, ekonomi manajemen menggunakan banyak alat analisis, seperti metode kuantitatif, statistik atau ekonometrik, serta konsep manajemen strategis dan analisis keuangan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Ketika organisasi berusaha untuk mencapai tujuannya ketika menghadapi kendala, masalah pengambilan keputusan akan muncul di setiap organisasi, baik yang dimotivasi oleh keuntungan maupun keuntungan. Misalnya, bagaimana sebuah rumah sakit mencoba merawat sebanyak mungkin pasien dengan standar kesehatan yang sesuai dengan sumber daya yang terbatas (dokter, fasilitas, perawat, dll.).

Ruang lingkup ekonomi manajerial

ekonomi manajerial

Organisasi dapat memecahkan masalah pengambilan keputusan manajemen mereka dengan menerapkan teori ekonomi dan alat ilmiah pengambilan keputusan. Teori ekonomi mengacu pada teori mikroekonomi dan makroekonomi. Mikroekonomi adalah studi tentang perilaku ekonomi individu sebagai unit pengambilan keputusan, seperti konsumen individu, pemilik sumber daya dan perusahaan komersial dalam sistem perdagangan komersial, dalam sistem perdagangan bebas.

Di sisi lain, ekonomi makro adalah ilmu yang membahas tentang output, pendapatan, lapangan kerja, konsumsi, investasi, dan harga atau harga secara keseluruhan dalam perekonomian secara keseluruhan. Berikut rangkuman ruang lingkup ekonomi manajerial:

  1. Teori ekonomi. Teori ekonomi adalah salah satu dasar pengambilan keputusan ekonomi manajemen. Ilmu ekonomi dibagi menjadi dua bidang utama, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro. Ekonomi mikro sangat erat kaitannya dengan perilaku ekonomi, seperti sistem perdagangan, sumber daya, dan perilaku pribadi. Pada saat yang sama, ekonomi makro lebih memperhatikan investasi, pendapatan, agregat, output, dan lapangan kerja.
  2. Keterampilan pengambilan keputusan. Dalam ilmu ekonomi manajemen, diperlukan teknik pengambilan keputusan yang tepat. Keputusan dapat dibuat berdasarkan ketersediaan sumber daya seperti “orang, material, uang, metode”. Dalam proses pengambilan keputusan, prinsip ekonomi dan ekonomi perlu dipadukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
  3. Ilmu keputusan. Ekonometrika dan ilmu pendukung seperti matematika dan statistika dapat digunakan untuk mendukung pengambilan keputusan sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya secara efektif, efisien dan optimal. Ilmu ini menggunakan alat matematika ekonomi dan ekonometrik untuk membentuk dan memperkirakan model keputusan yang dirancang untuk menentukan perilaku perusahaan terbaik. Matematika ekonomi digunakan untuk membangun model ekonomi yang diasumsikan oleh teori ekonomi. Ekonometrika menerapkan alat statistik ke data dunia nyata untuk memperkirakan model yang disimpulkan oleh teori ekonomi untuk membuat prediksi.
  4. Ilmu Administrasi Bisnis. Ilmu manajemen bisnis merupakan salah satu ilmu penting yang dapat mendukung pengambilan keputusan yang berkaitan erat dengan keuangan, manajemen sumber daya manusia dan material, serta akuntansi.

Tujuan ekonomi manajerial

ekonomi manajerial

Tujuan utama penerapan ekonomi manajemen adalah untuk memberikan keuntungan bagi perusahaan. Namun, dibalik itu juga terdapat tujuan lain dari ekonomi manajerial, yaitu:

Kelola keuangan

Ilmu ekonomi manajerial dapat digunakan untuk mengelola keuangan agar perusahaan dapat memperoleh laba yang sebesar-besarnya dengan menganalisis bagian-bagian yang mendukung laba, begitu pula sebaliknya. Tujuannya agar perusahaan tidak bangkrut.

Alat evaluasi

Wawasan ini juga dapat digunakan untuk mengevaluasi strategi lama sebelum membuat yang baru. Ini juga sangat berguna saat berganti manajer. Manajer baru dapat menganalisis strategi lama yang telah dijalankan untuk melakukan perbaikan.

Membantu memecahkan masalah

Fungsi lain dari ilmu keputusan ekonomi adalah membantu manajer dalam memecahkan masalah. Kondisi ekonomi dan pasar yang terus berubah, menuntut manajer untuk melakukan penyesuaian kebijakan agar perusahaan dapat terus tumbuh dan menghasilkan keuntungan.

Analisis lingkungan industri

Ilmu ini juga dapat digunakan untuk menganalisis lingkungan industri, lingkungan perusahaan, dan kondisi ekonomi. Analisis situasi ini diperlukan untuk memantau situasi pemasok, konsumen dan pesaing. Hasil analisis selanjutnya dapat digunakan untuk mendukung keputusan yang diambil guna meningkatkan laba perusahaan.

Kesimpulan

keuangan

Ekonomi manajerial adalah wawasan komprehensif antara teori ekonomi dan pengambilan keputusan. Digunakan untuk menganalisis dan mengambil keputusan yang bermanfaat bagi perusahaan. Fungsinya antara lain sebagai alat analisis dan pengambilan keputusan yang tepat untuk perkembangan perusahaan.

Dalam dunia bisnis, sistem ini sangat penting untuk perkembangan bisnis secara keseluruhan. Selain itu, Anda harus mengelola pembukuan bisnis yang baik untuk mengembangkan rencana bisnis yang lebih matang berdasarkan laporan keuangan.

Jika Anda menemui kesulitan dalam pembukuan manual dan reguler, Anda dapat menggunakan software akuntansi seperti JojoExpense yang banyak digunakan oleh pebisnis di seluruh Indonesia untuk meningkatkan efisiensi pembukuan bisnis. JojoExpense adalah software akuntansi berbasis cloud.

Meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan hingga 76%
Dengan JojoExpense, Anda dapat mengumpulkan data secara otomatis kapan saja dan di mana saja. Meningkatkan produktivitas dan mencegah penipuan finansial, dan dengan mudah mengontrol anggaran perusahaan Anda sepenuhnya. Lebih cepat, lebih mudah, dan lebih mudah.

Hemat waktu melalui proses otomatis. Fokuskan energi dan waktu berharga Anda pada hal-hal yang benar-benar penting. Kirimkan setiap penarikan tunai dan proses aplikasi pengembalian dana ke JojoExpense. Dan biarkan proses tersebut berjalan secara otomatis tanpa kehilangan kendali atas proses persetujuan dan kebijakan khusus. Tidak lagi membuang-buang energi dan waktu yang berharga.

Software ini pun menyediakan fungsionalitas terlengkap dengan harga yang sangat terjangkau. Tunggu apalagi? Daftarkan perusahaan anda sekarang juga. Anda dapat menggunakan JojoExpense dengan fungsi uji coba secara gratis!