Ekonomi Syariah Dan Tujuan Berdirinya di Indonesia

ekonomi syariah

Ekonomi syariah pada dasarnya merupakan suatu ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari berbagai macam masalah ekonomi rakyat yang diilhami oleh seluruh nilai Islam. Tentu saja sistem ekonomi ini berbeda dengan sistem ekonomi lainnya seperti misalnya kapitalisme ataupun sosialisme. Sebab sistem ekonomi syariah ini lebih mengedepankan ajaran Islam. Terutama dalam menetapkan berbagai kebijakan yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan Ekonomi Syariah

Keselarasan kehidupan di dunia

Pada dasarnya dengan adanya sistem ekonomi yang berbasiskan syariat maka diharapkan agar perekonomian berjalan berdasar syariat Islam. Tentunya sistem perekonomian ini akan mendorong setiap manusia untuk mencapai keselarasan dalam menjalani kehidupannya di dunia. Maka nantinya setiap manusia bisa mencapai kebahagiaan tidak hanya di dunia saja tetapi juga di akhirat.

Pemenuhan kebutuhan manusia

Kebutuhan setiap manusia tentunya haruslah terpenuhi. Dengan adanya sistem perekonomian berbasiskan syariat Islam maka tentu saja masyarakat akan menuju ke tingkat kehidupan yang lebih baik. Sebab sistem perekonomian ini memang dimaksudkan untuk bisa menjamin adanya penggunaan sumber daya oleh masyarakat. Jadi penggunaan sumber daya ini dilakukan untuk kepentingan banyak orang.

Adanya keadilan dalam masyarakat

Tentunya dalam hidup ini setiap orang menginginkan adanya keadilan. Demikian pula dalam hal pereknomian yang bersentuhan langsung dengan kesejahteraan hidup setiap orang. Sistem perekonomian berbasis syariat Islam akan membantu masyarakat dengan cara menegakkan keadilan di tengah masyarakat. Keadilan bahkan tidka ahnya dalam hal ekonomi saja. Tetapi keadilan ini juga mencakup seluruk aspek kehidupan lainnya.

Mencapai maslahah

Mencapai maslahah tampaknya menjadi puncak sasaran. Yang termasuk ke dalamnya yaitu keselamatan keyakinan agama dan keselamatan jiwa serta keselamatan akal. Termasuk pula di dalamnya keselamatan keluarga dan keturunan serta keselamatan harta benda. Jadi sistem perekonomi berbasis syariat Islam diharapkan agar mampu mendukung upaya untuk melakukan pencapaian puncak sasaran tersebut.

Karakteristik Ekonomi Syariah

Mengutamakan prinsip keadilan

Pada dasarnya sistem ekonomi syariah bermaksud untuk membentuk suatu tatanan kehidupan masyarakat yang cenderung bersifat solid. Maka dari itu dalam sistem ekonomi Islam ini lebih ditekankan adanya prinsip keadilan. Misalnya saja dberlakukannya kebijakan dengan konsep bagi hasil. Tidak hanya itu saja tetapi konsep lainnya juga cenderung diangkat demi mencapai keadilan di dengan masyarakat.

Melarang riba

Sistem ekonomi ini juga diharapkan agar dapat menjadi pengganti dari sestem ekonomi berbasis riba. Memang sistem riba dinilai dapat memunculkan adanya ketidakadilan. Hal ini tentu sangat bertentangan dengan ajaran Islam yang lebih cenderung menerapkan sistem bagi hasil. Sistem bagi hasil ini dinilai lebih sesuai dengan prinsip keadilan.

Kebebasan ekonomi syariah sesuai akidah

Pada sistem ekonomi yang berdasarkan pada syariat Islam ini cenderung ditekankan adanya kebebasan ekonomi. Artinya setiap individu atau golongan bisa melakukan transaksi ekonomi secara bebas. Kebebasan ekonomi ini dapat dijalankan tanpa adanya rasa khawatir akan adanya ketidakadilan. Maka setiap orang berpeluan untuk melakukan aktivitas ekonomi selama tidak bertentangan dengan syariat.

Keseimbangan material dan spiritual

Karakteristik selanjutnya dari sistem ekonomi syariah adalah adanya keseimbangan antara material dan spiritual. Jadi dalam hal ini setiap individu diharapkan agar dapat menjalankan keseimbangan tersebut. Keinginan akan harta dan keuntungan sudah seharusnya sejalan dengan aspek spiritual yang berhubungan dengan syariat agama. Maka tidak akan pernah terjadi perbuatan yang bersifat merugikan orang lain.

Kepemilikan multi jenis

Dalam Islam sebenarnya konsep kepemilikan merupakan penguasaan atas sesuatu. Pengguasaan ini menyebabkan orang lain tidak dapat memanfaatkan sesuatu tersebut. Oleh karena itu dalam syariat Islam lebih ditekankan adanya kepemilikan multi jenis. Sebab pada dasarnya seorang individu tidak dapat berkuasa secara individu atas sesuatu yang diciptakan oleh Allah.

Manfaat Ekonomi Syariah

Integritas seorang muslim yang kaffah

Dalam mepraktikkan ekonomi diharapkan agar seorang muslim bertindak sesuai dengan syariat Islam. Misalnya saja tidak melakukan suatu tindakan korup yang bisa merugikan orang lain. Seorang muslim yang melakukan tindakan menyimpang dalam praktek ekonomi justru dinilai bahwa keislamannya belum kaffah. Dalam hal ini terkadang muslim tersebut dinilai tampak menjalankan Islam dengan setengah hati.

Keuntungan dunia dan akhirat

Mempraktikkan segala bentuk ekonomi berbasiskan ajaran Islam tentunya bermanfaat. Manfaat ini tidak hanya berlaku untuk sementara saja tetapi manfaat ini ada di dunia dan akhirat. Untuk memperoleh kebahagiaan sejati di dunia dan akhirat ini maka sistem ekonomi syariah yang sesuai dengan ajaran Islam selalu dianjurkan untuk bisa dilakukan dengan sepenuhnya.

Ibadah

Pada dasarnya seseorang yang telah melakukan aktivitas ekonomi berbasis syariat Islam maka orang tersebut bisa dinali telah menjalankan ibadah. Sebab praktik ekonomi yang didasarkan oada syariah Islam memang mengandung nilai ibadah. Maka bila Anda menjalankan praktik ekonomi dengan sistem ini berarti Anda telah turut mempraktikkan syariat Allah.

Kemajuan lembaga ekonomi umat Islam

Salah satu hal yang bisa mendukung kemajuan bagi lembaga ekonomi umat Islam adalah praktik ekonomi syariah. Praktik ekonomi dengan sistem syariah ini sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Misalnya saja dengan melakukan transaksi melalui berbagai lembaga keuangan Islam. Dengan adanya hal ini maka lembaga ekonomi umat Islam akan menjadi semakin kuat.

Pemberdayaan ekonomi syariah masyarakat

Beberapa praktik ekonomi berbasiskan syariat Islam ada di sekitar kita dan bisa dilakukan kapan saja. Misalnya saja dengan membuka tabungan dan deposito pada lembaga keuangan berbasis syariah. Anda yang melakukan hal ini berarti telah mendukung permberdayaan ekonomi masyarakat terutama masyarakat Islam. Sebab dana yang terkumpul ini akan disalurkan melalui sektor perdagangan yang riil.

Ekonomi Syariah di Indonesia

Ekonomi syariah tampaknya sangat sesuai bila diterapkan di Indonesia. Sebagai negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam maka ekonomi syariah ini tentu sangat cocok untuk masyarakat Indonesia. bahkan di tanah air rupanya ekonomi syariah mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cukup baik. Bahkan sistem ekonomi yang mengedepankan ajaran Islam ini dinilai dapat membangun perekonomian secara lebih beradab. Sebab di dalamnya terkandung nilai moral yang mendukung setiap transaksi ekonomi agar dapat berjalan dengan baik.

Hal ini sama pentingnya dengan memilih sistem keuangan perusahaan yang paling efektif dan efisien. Misalnya dengan memilih untuk menggunakan JojoExpense. Dengan produk tersebut tentu keuangan perusahaan tertata lebih rapi baik pemasukan maupun pengeluaran. Selain itu juga lebih mudah dimonitor dan menghindari resiko penipuan pada keuangan perusahaan. Tentu saja hal ini berkat beberapa fitur menarik dari JojoExpense yang meliputi sebagai berikut:

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Dengan fitur tersebut tentu tidak perlu ragu jika ingin beralih pada JojoExpense. Segera daftar sekarang juga dan dapatkan coba gratis selama 14 hari. Miliki sistem keuangan perusahaan terbaik hanya bersama JojoExpense.