Ekosistem Kerja : Pengertian, Budaya, dan Strategi Penerapannya

ekosistem kerja

Saat memilih pekerjaan, penghasilan tinggi sepertinya tidak selalu menjadi tolak ukur para milenial. Namun hal tersebut membutuhkan lingkungan kerja yang sehat agar dapat mengembangkan karirnya. Oleh karena itu, dalam rangka membantu generasi milenial untuk mengembangkan karirnya, telah menciptakan ekosistem kerja yang inovatif dan inspiratif untuk membantu generasi milenial di bidang asuransi.

Langkah-langkah untuk membentuk lingkungan kerja yang nyaman dapat menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dan kompetitif dalam bekerja. bidang. Tidak hanya itu, kami juga memberikan pengembangan karir yang berkelanjutan, sehingga industri asuransi menjadi pilihan yang menjanjikan bagi para milenial untuk bekerja.

Ekosistem yang mapan mendukung produktivitas, kreativitas, dan stabilitas karyawan. Beberapa kebijakan yang didukung perusahaan antara lain pengorganisasian kegiatan seperti pengembangan diri, gathering, sharing meeting, dan kebijakan perusahaan yang fleksibel, tunjangan kesehatan, pembentukan komunitas amatir karyawan, dan kesetaraan gender.

Mengacu pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada poin 5, yaitu kesetaraan gender dan poin 8 tentang pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi. Sadar atau tidak, Ekosistem kerja yang baik juga telah mendukung program universal yang digagas Perserikatan Bangsa-Bangsa sejak 2015.

Berdasarkan karakteristik unik generasi milenial, berbagai inisiatif telah dilakukan untuk memberikan kenyamanan kerja dan memberikan kesempatan untuk berkembang dan berekspresi secara personal dan profesional.

Definisi Ekosistem Kerja

ekosistem kerja

Ekosistem adalah sistem yang dibentuk oleh hubungan tak terpisahkan antara makhluk hidup dan lingkungan. Hal ini juga dapat dikatakan merupakan suatu tatanan yang lengkap dan terpadu dari semua unsur lingkungan yang saling mempengaruhi.

Lalu, Ekosistem kerja adalah keterpaduan setiap unit sistem kerja, yang melibatkan interaksi antara organisme (manusia) dan lingkungan fisik (perusahaan), sehingga energi mengalir ke struktur tertentu, dan terjadi peredaran energi antara organisme dan lingkungan fisik.

Dalam suatu ekosistem, lingkungan kerja fisik dalam komunitas berkembang bersama menjadi satu sistem. Makhluk hidup akan menyesuaikan diri dengan lingkungan fisik, sebaliknya makhluk hidup juga akan mempengaruhi lingkungan fisik untuk tujuan kehidupan.

Budaya Ekosistem Kerja

ekosistem kerja

Dengan ekosistem kerja yang mendukung produktivitas, kreativitas, dan stabilitas psikologis, karyawan juga dapat diberdayakan melalui berbagai aktivitas (seperti pengembangan diri, gathering, sharing session). Selain itu, lanjutnya, diperlukan kebijakan perusahaan yang fleksibel, seperti jam kerja yang fleksibel, kebutuhan pakaian yang dinamis, waktu liburan yang berbeda, rapat bersama mengenai tunjangan kesehatan, dll.

Strategi Penerapan Ekosistem Kerja yang Baik

ekosistem kerja

Menciptakan ekosistem kerja yang inovatif dan inspiratif untuk membantu generasi milenial mengembangkan kariernya. Berdasarkan karakteristik unik generasi milenial, berbagai inisiatif dilakukan untuk memberikan kenyamanan kerja dan memberikan kesempatan untuk berkembang dan berekspresi secara personal dan profesional.

Langkah-langkah untuk membentuk lingkungan kerja yang nyaman dapat menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten dan bersaing di industrinya. Dengan mendukung ekosistem kerja yang mendukung produktivitas, kreativitas, dan stabilitas psikologis, karyawan juga dapat menggunakan berbagai aktivitas (pengembangan diri, gathering, sharing meeting dan kebijakan perusahaan yang fleksibel (seperti jam kerja yang fleksibel, dress code yang dinamis).

Edukasi Karyawan

Pada saat yang bersamaan, Memberikan informasi dan edukasi tentang budaya kerja dan peluang karir perusahaan kepada karyawan melalui rangkaian kegiatan branding pemberi kerja, termasuk serial video untuk mengungkapkan lebih banyak informasi dan mengoptimalkan potensi terbaiknya untuk mencapai tingkat profesional yang diinginkan.

Waktu Kerja dan Jenjang Karir

Selain itu, menyediakan waktu kerja yang kreatif dan fleksibel memungkinkan karyawan memiliki kehidupan kerja yang baik dan keseimbangan pribadi. Memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk memiliki jenjang karir yang menjanjikan di perusahaan.

Kesetaraan Gender

Mendukung dan mengedepankan kesetaraan gender, dan baik pria maupun wanita memiliki kesempatan yang sama untuk berkarir. Saat ini, lebih dari 20% dari keseluruhan jajaran manajemen di Indonesia adalah perempuan. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan mendukung pegawai perempuan dalam memperoleh kesempatan berkarir dan menduduki posisi manajemen senior. Dalam rangka mendukung perkembangan pegawai perempuan, perusahaan juga aktif menyelenggarakan berbagai kegiatan. Tujuannya untuk meningkatkan pribadi dan profesional kemampuan seorang perempuan.

Perusahaan yang Sehat

Indonesia mengedepankan 8 dimensi kesehatan, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan melalui pelatihan, komunikasi, dan lingkungan kerja yang mendukung kinerja dan pengembangan diri karyawan. Bagi perusahaan, ekosistem kerja yang kuat akan berperan penting dalam kesejahteraan dan perkembangan karyawan. Karena lebih dari 40% waktu karyawan dihabiskan di kantor, diperlukan untuk memberikan karyawan lingkungan kerja yang nyaman. Langkah ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk membuat karyawan percaya diri dan memiliki kehidupan yang lebih baik.

Ekosistem kerja di Industri Kreatif

bekerja

Industri kreatif Indonesia saat ini memiliki ekosistem kerja yang baik, karena faktanya, industri kreatif Indonesia banyak mendapat untung dari kreativitas tenaga kerja. Situasi ini menuntut serikat pekerja untuk bersama-sama menciptakan ekosistem kerja manusia yang sehat.

Namun, Pertengahan tahun 2000-an adalah saat kebijakan ekonomi kreatif mulai masuk ke Indonesia. Indonesia menyerap kebijakan sistem dari Inggris. Namun, hal tersebut menunjukkan hasil penerapan sistem yang gagal. Kegagalannya adalah karena sistem yang tidak dapat memberikan manfaat bagi pekerjanya.

Di saat yang sama, industri seni rupa yang kini dikenal dengan industri kreatif sudah mulai bermunculan. Dengan adanya sistem freelancer, banyak permasalahan yang dapat dikurangi, seperti keamanan kerja. Pekerja kreatif bisa merasa bahagia meski dalam kesulitan. Ke depan harus dilakukan upaya untuk membangun ekosistem yang berdampak pada kesejahteraan pekerja.

Kesadaran membangun ekosistem kerja yang sehat bermula dari langkah konkrit para pekerja. Namun, sebelum mengklaim bahwa industri kreatif adalah tulang punggung perekonomian masa depan, pekerja harus memiliki kesadaran kritis untuk menganalisis permasalahan. Kesadaran pekerja dapat dibangun secara kolektif melalui serikat pekerja.

Kesimpulan

Menciptakan lingkungan ekosistem kerja yang baik, menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan untuk menyediakan hal tersebut. Untuk itu, dimulai dari absensi karyawan yang tersedia secara otomatis dan perusahaan dapat melakukan pengawasan bersama software JojoTimes.

Melalu JojoTimes, Perusahaan dapat memantau kehadiran karyawan kapan pun dan di mana pun. JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar di mana saja. Dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, penentuan posisi GPS yang akurat, dan deteksi identitas palsu, Anda tidak perlu khawatir tentang penipuan dan kebohongan.

Saat bekerja dari jarak jauh, karyawan Anda mungkin diminta untuk melaporkan aktivitas mereka. Dengan cara ini, Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja mereka sebagaimana mestinya.

Anda juga dapat mengatur dan menyusun rencana kerja dan shift karyawan sesuai dengan kebutuhan masing-masing departemen untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pemberi kerja dan karyawan. Daftarkan perusahaan anda segera dan nikmati uji coba nya sekarang!