Ekspor Adalah? Tujuan, Manfaat serta Komoditasnya

globalisasi

Tentu Anda setuju bahwa negara yang maju laju perekonomiannya selalu dipengaruhi oleh kegiatan ekspor. Karena Ekspor adalah kegiatan yang penting dalam suatu negara dan erat kaitannya dengan meningkatnya perekonomian suatu negara.

Sejauh mana pentingnya ekspor bagi suatu negara serta apa saja yang menjadi komoditi ekspor, berikut ini akan kami jelaskan kembali secara lengkap dalam artikel berikut ini !

Apa yang dimaksud dengan Ekspor ?

Pengertian ekspor adalah suatu kegiatan menjual produk barang atau jasa ke luar negeri. Misalnya saja ekspor dari wilayah milik Republik Indonesia yang terdiri dari wilayah darat, perairan, dan udara, yang juga mencakup seluruh daerah tertentu yang berada di dalam Zona Ekonomi Eksklusif.

Jadi secara sederhana, ekspor adalah suatu aktivitas mengeluarkan produk barang dari dalam negeri ke luar negeri dengan tetap memenuhi standar peraturan dan ketentuan yang ada.

Aktivitas ini umumnya dikerjakan oleh suatu negara jika negara tersebut mampu menghasilkan produk barang dalam jumlah yang cukup besar dan jumlah produk barang tersebut ternyata sudah terpenuhi di dalam negeri, sehingga bisa dikirimkan ke negara yang memang tidak mampu memproduksi barang tersebut atau karena jumlah produksinya tidak bisa memenuhi kebutuhan masyarakat negara tujuan.

ekspor adalah

Apa itu Eksportir?

Eksportir adalah kegiatan perseorangan atau badan hukum dengan melakukan kegiatan ekspor. Jika kegiatan ekspor dilakukan dalam skala yang cukup besar, maka proses pengiriman tersebut akan melibatkan Bea Cukai yang berperan sebagai pengawas lalu lintas pada suatu negara.

Seluruh barang yang hendak diekspor akan selalu mempunyai ketentuannya sendiri tergantung dari jenis barang tersebut. Tidak semua masyarakat atau individu mampu melakukan ekspor karena mereka harus mengikuti beberapa prosedur yang harus diikuti.

Namun, sebenarnya prosedur dalam melakukan ekspor lebih mudah daripada melakukan impor, karena prosedur impor memiliki banyak peraturan, khususnya dalam hal pajak. Tapi dalam melakukan ekspor, hanya beberapa produk saja yang dikenakan pajak ekspor, yaitu ekspor kayu, rotan, dan crude palm oil.

Tujuan dan Manfaat Ekspor

1. Menumbuhkan Industri Dalam Negeri

Ekspor adalah suatu aktivitas perdagangan dalam ruang lingkup internasional yang dilakukan untuk memberikan suatu rangsangan atas suatu permintaan dari dalam negeri, sehingga mampu melahirkan industri-industri lain yang lebih besar.

Meningkatnya permintaan ekspor pada suatu produk akan berimbas langsung pada perkembangan industri dalam suatu negara. Sehingga, hal tersebut akan mampu melahirkan suatu iklim usaha yang lebih kondusif. Selain itu, suatu negara juga nantinya akan mampu membiasakan dirinya untuk bisa bersaing dalam pasar internasional dan juga akan lebih terlatih dengan persaingan yang ketat jika melakukan perdagangan internasional.

2. Mampu mengendalikan Harga Produk

Kegiatan ekspor pada suatu negara akan membuat negara tersebut mampu memanfaatkan over kapasitas pada suatu produk. Sehingga, negara tersebut akan mampu mengendalikan harga produk ekspor yang terjadi di negaranya.

Kenapa? Karena saat suatu produk mampu diproduksi dengan mudah dan melimpah, maka produk dalam negeri tersebut pasti akan memiliki harga yang lebih murah. Untuk itu, negara harus melakukan ekspor ke negara lain yang lebih membutuhkan produk tersebut agar negara mampu mengendalikan harga di pasar.

3. Mampu Menambah Devisa Negara

Aktivitas ekspor pastinya akan memberikan dampak yang positif untuk perkembangan ekonomi pada suatu negara. Manfaat dari adanya kegiatan ekspor adalah demi membuka peluang pasar baru di luar negeri sebagai upaya menumbuhkan investasi, perluasan pasar domestik, serta meningkatkan devisa pada suatu negara.

ekspor adalah

Ada 6 Komoditas Ekspor Indonesia

Berikut ini adalah lima komoditas ekspor paling besar yang dimiliki oleh Indonesia, yaitu :

1. Komoditas Karet

Indonesia adalah negara penghasil karet paling besar kedua di dunia, untuk itu jangan heran jika karet bisa dijadikan sebagai suatu komoditas utama di Indonesia. Produk karet Indonesia banyak dikirimkan ke beberapa negara maju, seperti Jepang, China, dan Amerika.

2. Kelapa Sawit

Kelapa sawit adalah produk yang biasa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan sabun, minyak goreng, mentega, dan beberapa produk kecantikan. Sebagian besarnya akan diekspor berupa minyak inti sawit palm kernel oil, dan minyak sawit. Biasanya, Indonesia akan mengirim kelapa sawit dalam jumlah besar ke negara India, Pakistan, hingga Cina.

3. Produk Tekstil

Produk tekstil dari Indonesia banyak sekali yang berkualitas dan memenuhi standar produk ekspor. Sehingga banyaknya jumlah industri tekstil di Indonesia berhasil meningkatkan devisa dalam negeri.

4. Produk Hasil Hutan

Sebagai negara yang beriklim tropis, Indonesia banyak memiliki hutan, sehingga industri kayu di Indonesia memiliki prospek perkembangan yang bagus. Beberapa hasil hutan yang dikirim ke luar negeri di antaranya adalah pulp kertas dan kayu.

5. Kakao (Coklat)

Sampai saat ini Indonesia terkenal sebagai negara penghasil biji kakao ketiga paling banyak di dunia. Di mana nantinya, biji kakao ini akan diolah menjadi coklat atau makanan lain. Produk biji kakao yang akan dikirim keluar negeri ini adalah produk yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia.

6. Buah Nanas

Di Indonesia sendiri, nanas bukan merupakan buah yang asing. Anda bahkan dapat dengan mudahnya menemukan buah ini mulai dari pasar, supermarket, hingga pedagang buah di pinggir jalan.

Melimpahnya nanas di Indonesia, membuat buah ini juga menjadi salah satu komoditi ekspor utama. Di tahun 2018, nanas berkontribusi 82 persen dari total ekspor buah Indonesia. Devisa yang dihasilkan dari ekspor nanas pun mencapai Rp 3,3 triliun.

ekspor adalah

Faktor yang Mempengaruhi Komoditi Ekspor

Komoditi adalah suatu produk barang dan jasa yang mampu memenuhi kebutuhan pembeli. Jenis komoditi yang hendak di ekspor pada suatu negara harus memiliki keunggulan maupun kelebihannya sendiri.

Ada tiga faktor yang mampu mempengaruhi keunggulan pada suatu komoditi, yakni faktor teknologi, alam, dan biaya produksi.

1. Faktor Alam

Kondisi geografis pada suatu negeri adalah salah satu faktor yang mampu mempengaruhi keunggulan pada suatu komoditas, seperti di Indonesia yang memiliki iklim tropis, sehingga banyak pohon karet yang mampu tumbuh subur.

2. Faktor Biaya Produksi

Selain faktor alam, biaya produksi juga turut mempengaruhi keunggulan atas suatu komoditi. Pengaruh suatu harga barang bisa dipengaruhi oleh pengeluaran biaya produksi yang rendah. Semakin murah suatu harga bisa ditentukan dari semakin rendahnya suatu biaya produksi.

3. Faktor Teknologi

Pemanfaatan teknologi dalam proses pembuatan suatu komoditi akan berpengaruh besar pada kualitas produk. Jadi, keunggulan suatu produk komoditi juga bisa ditentukan dari semakin majunya teknologi yang digunakan.

Manfaatkan Kemudahan sistem Manajemen Anggaran Keuangan berbasis Cloud

Jika perusahaan Anda adalah perusahaan yang melakukan kegiatan ekspor ataupun impor tentunya harus dilakukan dengan perhitungan pendanaan atau budget yang matang, agar setiap prosedurnya bisa dilewati dengan mudah.

Namun, jika Anda masih kesulitan untuk melakukan perhitungan pendanaan atau hal lain terkait manajemen keuangan atau akuntansi, mungkin Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Aplikasi JojoExpense

Aplikasi JojoExpense

Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

ekspor adalah

Manfaatkan Fitur Populer dari JojoExpense

  1. Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  3. Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Dengan JojoExpense, Anda bisa mengatur biaya produk, mengontrol stok barang, dan memantau laporan keuangan bisnis Anda secara mudah dan real time. Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan JojoExpense secara gratis silahkan klik link berikut Coba Gratis Sekarang.