Ekuitas Adalah Aset Perusahaan Yang Didapat Secara Bersih

ekuitas adalah

Perusahaan pasti memiliki ekuitas. Ekuitas adalah aset atau kekayaan bersih yang dimiliki oleh perusahaan dan hasil kegiatan usaha dari perusahaannya. Bisa dibilang bahwa ekuitas juga merupakan modal atau kekayaan yang ada pada perusahaan dimana ekuitas sendiri adalah selisih dari aktiva (aset) dikurangi dengan pasiva (kewajiban).

Arti Ekuitas Adalah Berikut Ini

Dalam bahasa Inggris, ekuitas adalah equity. Berdasarkan PSAK 2002 pasal 49, ekuitas adalah hak residual atas aktiva perusahaan setelah dikurangi oleh semua kewajiban. Jadi, ekuitas juga kekayaan murni dari suatu perusahaan yang bisa dipertanggung jawabkan kepada para pemegang saham di perusahaannya.

Perusahaan yang besar dan membutuhkan adanya kucuran dana yang besar dalam menjalankan perusahaannya biasanya menjual sahamnya untuk mendapatkan dana dari para pemodal yang percaya dengan kegiatan usahanya. Para pemodal untuk mengetahui apakah perusahaan yang mereka dukung itu sehat atau tidak salah satunya adalah dengan mencari tahu ekuitas perusahaan yang mereka pelajari.

Membeli saham perusahaan yang baru mendaftarkan diri ke bursa saham memiliki resiko yang cukup besar, investasi saham untuk perusahaan yang seperti ini disebut juga investasi saham ventura. Keuntungan pemodal memang sangat besar karena saham perusahaan yang baru didaftarkan biasanya bernilai kecil.

Seiring waktu, keberhasilan perusahaan dalam membangunan bisnisnya akan membuat saham perusahaan meningkat dalam segi nilai. Dengan begitu, pemodal diuntungkan dengan selisih modal awal. Hal itu segi positif dari investasi saham ventura. Segi negatifnya, perusahaan tersebut bisa terpuruk dan gagal dalam mengembangkan bisnis sehingga bangkrut. Pemodal pun ikut kehilangan uangnya yang dipercayakan kepada perusahaan tersebut.

Komponen Ekuitas Adalah Sebagai Berikut

Klasifikasi ekuitas pemegang saham terdapat 2 komponen, yang petama adalah modal setoran, yang kedua adalah laba ditahan. Modal setoran dapat diartikan modal saham dan modal setoran tambahan. Modal saham disebut juga modal yuridis dan modal setoran tambahan serta komponen lain bisa dikatakan transaksi pemilik. Pos ekuitas pemegang saham sendiri adalah komponen lain yang tidak dimasukkan ke dalam komponen modal setoran dan laba ditahan.

Tujuan Ekuitas pada umumnya adalah untuk melaporkan informasi ekuitas pemegang saham dimana informasi tersebut disampaikan kepada yang berhak untuk mengetahu tentang efisiensi dan kepengurusan manajemen. Laporan Ekuita juga dapat menunjukkan prospek dari investasi pemilik dan pemegang ekuitas lainnya, hal ini merupakan tanggung jawab dari yuridis pemilik. Sumber ekuitas, pembatasan pembagian deviden dan likuidasi, urutan penyerapan laba rugi, dan batas perlindungan biasany terdapat pada laporan ekuitas perusahaan yang harus disampaikan dalam bentuk laporan setiap tahunnya.

Seperti penjelasan di atas, ekuitas perusahaan yang adalah modal setoran dan laba ditahan memiliki fungsi dan pengertian berbeda-beda. Modal saham atau disebut capital stock merupakan modal yuridis perusahan berbeda dengan modal setoran tambahan. Laba ditahan pada dasarnya dibentuk dari akumulasi saham yang dipindah dari akun laba-rugi hasil usaha perusahaan. Ekuitas pada perusahaan bermacam-macam. Akun ekuitas dapat berfungsi sebagai penambah ekuitas maupun pengurang dari ekuitasp perusahaan itu sendiri.

Menambah Ekuitas Adalah Melalui Langkah Di Bawah Ini

Bagaimana cara ekuitas bertambah pada perusahaan? Ada 2 akun dalam perusahaan yang dibuat untuk menjadi penambah ekuitas. Pada prinsipnya akuitas perusahaan akan bertambah jika keuntungan bersih perusahaan dalam usaha bertambah juga.

Melalui Modal

Nah, akun yang dapat menambah ekuitas pada perusahaan salah satunya adalah modal disetor. Modal disetor adalah modal yang disetorkan pada perusahaan yang mampu menambah ekuitas perusahaan. Modal disetor berasal dari modal saham dari masing pemilik saham atau juga investor yang ingin menanamkan uangnya sebagai modal perusahaan. Yang kedua adalah agio/disagio. Istilah ini adalah selisih setoran pemegang saham dengna jumlah nominal saham. Agio adalah selisih di atas nominal, disagio merupakan selisih di bawah nominal.

Melalui Pendapatan

Akun penambah ekuitas perusahaan yang kedua adalah pendapatan. Setiap perusahaan pasti melakukan usaha yang mampu menghasilkan pendapatan. Dalam periode tertentu yang biasanya dicatat per quartal, pendapatan yang didapat bisa menjadi ekuitas saat pengeluaran usaha lebih kecil dari pendapatan. Pendapatan tidak akan tetap setiap periodenya karena setiap usaha pasti ada naik turunnya. Pendapatan harus tetap dijaga performanya agar perusahaan tetap memiliki predikat bagus di mata para pemegang saham. Meski pendapatan bukan satu-satunya hal utama yang harus diperhatikan, akun ini paling utama untuk dijaga.

Akun Pengurangan Ekuitas Adalah Berikut Ini

Disamping akun penambah ekuitas, perusahaan juga memiliki akun pengurang ekuitas. Akun pengurang ekuitas terbagi dalam 2 akun, yaitu akun pengembilan pribadi dan akun beban atau pengeluaran. Pada akun pengambilan pribadi, pemilik perusahaan dapat melakukan pengambilan aset atau ekuitas perusahaan jika dewan komisaris menyetujui pengajuan pemilik. Akun secara langsung akan mengurangi ekuitas perusahaan pada periode tersebut. Akun ini pada perusahaan sekala besar jangan terjadi dilakukan oleh pemilik perusahaan. Karena pemilik memiliki pendapatan secara skala besar saat perushaaan untung dan menghasilkan laba bersih yang semakin meningkat.

Akun pengurang ekuitas yang kedua dan yang paling menyedot laba kotor perusahaan setiap tahunnya adalah akun beban/pengeluaran. Akun ini merupakan akun paling butuh diperhatikan pada proses usaha perusahaan tersebut. Tidak sedikit perusahaan yang merugi meski penghasilan dari usaha mereka tetap atau bertambah.

Tidak sedikit juga perusahaan yang melakukan banyak metode penghematan atau efisiensi pengeluaran untuk menekan adanya penambahan akun pengurang ekuitas ini. Akun ini tidak akan hilang dari perusahaan karena dibutuhkan dalam proses usaha mereka. Yang dapat mereka lakukan untuk menambah ekuitas perusahaan yaitu menekan pertambahan akun pengeluaran atau jika memungkinkan mengurangi nominal pada akun pengurang ini.

Saat menyeleksi perusahaan yang sehat atau tidak, para pemodal atau investor akan melihat bagaimana akun ini mempengaruhi kinerja perusahaan setiap tahunnya. Jika selama beberapa tahun, akun pengeluaran begitu signifikan pertambahannya hingga laba bersih terlihat lambat peningkatannya, maka perusahaan tengah berupaya mengembangkan bisnisnya atau perusahaan gagal dalam mengefisienkan pengeluaran mereka. Perusahaan seperti ini bisa dibilang perusahaan yang tidak sehat. Para investor akan menghindari perusahaan yang seperti ini karena perusahaan tidak bisa menjaga pengeluaran mereka.

Kesimpulan

Demikian beberapa hal tentang ekuitas yang ada di perusahaan. Hal di atas bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam memilih perusahaan mana yang memiliki potensi sebagai investasi bagus dalam berbisnis anda. Seperti halnya saat memilih sistem absen yang paling sesuai untuk perusahaan. Sebaiknya pilih aplikasi yang mudah digunakan dan terjamin akurasinya. Contohnya yaitu aplikasi JojoTimes dari Jojonomic. Dimana dengan aplikasi tersebut maka absensi karyawan otomatis lebih teratur dan sistematis.

Hal ini berkat beberapa fitur yang bisa ditemukan pada JojoTimes. Sebut saja fitur geo-locator untuk mengetahui lokasi akurat karyawan, hingga fitur integrasi dengan sistem absensi termasuk untuk cuti dan tugas perjalanan. Maka dari itu jangan ragu, segera gunakan aplikasi absen dari Jojonomic tersebut. Dapatkan coba gratis selama 14 hari sekarang juga.