Ekuitas Merk Beserta Manfaat Maupun Cara Peningkatannya

ekuitas merek

Ekuitas merek biasa disebut juga dengan istilah brand equity. Ekuitas merek ini merupakan seperangkat aset atau kepercayaan yang terkait dengan merek tertentu. Jadi hal ini bisa berpengaruh pada suatu nilai produk sebab hal ini bisa menambah atau malah mengurangi nilai sebuah produk. Ekuitas merek juga dapat memperkuat pemahaman para pelanggan terhadap nilai produk. Nilai ini antara lain meliputi pemahaman konsumen atas proses informasi mengenai produk. Selain itu nilai tersebut juga berkaitan dengan rasa percaya diri yang dimiliki oleh pelanggan dalam membeli produk serta pencapaian kepuasan atas penggunaan produk yang dibeli.

Dengan adanya nilai brand equity yang semakin tinggi maka berarti proses pemasaran yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dianggap berhasil. Sebab dengan adanya pemasaran tersebut maka konsumen mengenal brand Anda. Ekuitas merek dinilai penting karena hal ini berhubungan dengan nilai yang dimiliki oleh konsumen kepada suatu merek produk. Jika suatu produk dengan merek tertentu telah dipercaya oleh konsumen maka tentu saja perusahaan akan lebih mudah memperoleh keuntungan. Sebab merek yang telah dipercaya akan selalu meningkatkan jumlah customer loyal.

Manfaat Ekuitas Merek

Menghadapi persaingan bisnis

Adanya brand atau merek yang kuat pada perusahaan Anda tentu akan membuat konsumen semakin mudah dalam mengingat berbagai produk Anda. Terlebih lagi jika merek Anda sudah dikenal sejak lama. Tentunya konsumen akan selalu memiliki kesadaran akan merek Anda karena merek Anda tersebut telah tertanam di benaknya. Entah apakah kualitas produk Anda bagus atau karena harga relatif murah tentunya ada faktor yang membuat brand Anda selalu diingat oleh konsumen ataupun pelanggan. Faktor inilah yang sebenarnya merupakan keunggulan kompetitif dari produk keluaran perusahaan Anda. Oleh karena itu sebuah brand tentu akan membantu konsumen untuk selalu mengingat keunggulan kompetitif produk brand Anda.

Mempermudah penentuan harga

Biasanya semakin terkenal sebuah merek maka semakin tinggi harga jual produk yang dikeluarkan oleh brand perusahaan tersebut. Sebab umumnya brand yang telah dikenal oleh masyarakat akan selalu berusaha untuk mempertahankan kualitas produknya agar dapat selalu memuaskan pelanggan. Semakin tinggi kualitas maka akan semakin tinggi pula harga jual produk.

Selain itu biasanya perusahaan dengan brand yang terkenal dikenakan pajak yang lebih tinggi. Maka untuk mengatasi hal ini tentunya perusahaan akan menaikkan harga produk sehingga perusahaan tidak sampai mengalami kerugian karena adanya biaya pajak yang harus ditanggung. Tentunya penentuan harga seperti misalnya kenaikan harga tidak akan dipermasalahkan oleh pelanggan yang sudah setiap terhadap produk Anda. Sebab berapapun harga produk jika memang pelanggan ingin memiliki produk Anda maka pelanggan akan tetap membeli produk Anda.

Mengalahkan kompetitor

Tidak sedikit perusahaan yang saling bersaing dengan mengadakan promosi besar-besaran. Promosi ini tidak hanya meliputi produk saja tetapi juga meliputi nama merek perusahaan. Jika merek suatu produk semakin besar dan semakin banyak dikenal oleh masyarakat maka bisa jadi merek tersebut menguasai pasar. Kondisi ini tentunya akan membuat perusahaan Anda semakin terkenal dan berpeluang untuk mengalahkan perusahaan pesaing atau kompetitor. Oleh karena itu sebuah perusahaan perlu meningkatkan upaya untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap brand produk yang dikeluarkannya.

Meningkatkan Ekuitas Merek

Membuat variasi dalam hal marketing

Sebuah merek yang telah dipercaya oleh masyarakat bisa menjadi peluang untuk semakin unggul dalam menghadapi persaingan bisnis. Namun bagaimanapun juga sebuah perusahaan harus terus melakukan berbagai upaya untuk dapat mempertahankan loyalitas pelanggan terhadap produk dari brand perusahaan terkait. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kegiatan marketing. Peningkatan strategi pemasaran bisa dilakukan misalnya dengan membuat adanya variasi dari aktivitas marketing itu sendiri. Dengan adanya berbagai varian dari aktivitas marketing maka kegiatan pemasaran itu sendiri bisa saja berjalan secara lebih efektif. Maka hasil dari kegiatan pemasaran tersebut bisa semakin maksimal.

Membangun networking dan memperluas jaringan

Kualitas produk memang menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan oleh sebuah perusahaan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan. Namun sebenarnya upaya yang bisa dilakukan oleh perusahaan tidak hanya terbatas pada peningkatan kualitas produk saja. Sebaiknya perusahaan juga bisa memperluas jaringan sehingga dapat membangun semakin banyak networking. Banyaknya networking yang dimiliki oleh sebuah perusahaan tentu akan sangat membantu perusahaan dalam mencapai tujuan misalnya meningkatkan ekuitas merek. Dengan membangun networking maka brand perusahaan Anda akan semakin dikenal oleh masyarakat luas. Maka akan semakin banyak klien yang akan berminat dengan perusahaan Anda. Tidak hanya itu saja tetapi upaya ini juga dapat membuat perusahaan Anda bisa mendapatkan semakin banyak pelanggan.

Membuat dan mengadakan event

Meningkatkan ekuitas merek juga dapat dilakukan sengan cara mengadakan sebuah event. Pengadaan event bisa dilakukan di saat tertentu sehingga dapat menarik banyak pelanggan. Pengadaan event bisa menjadi salah satu strtagei marketing yang terbaik untuk dilakukan oleh perusahaan Anda. Melalui pengadaan event ini maka Anda bisa melakukan promo produk. Selain itu Anda juga bisa melakukan pengenalan brand kepada masyarakat luas. Jika ternyata brand perusahaan Anda telah dikenal oleh para konsumen maka pengadaan event juga akan tetap bermanfaat untuk Anda. Sebab melalui pengadaan event ini maka pelanggan akan semakin meningkatkan loyalitasnya pada perusahaan Anda sehingga merek perusahaan Anda semakin kuat.

Pentingnya Ekuitas Merek

Ekuitas merek pada dasarnya mengacu pada kekuatan dari sebuah merek. Jadi melalui merek tersebut rupanya perusahaan dapat mengelola berbagai macam aset yang dimilikinya dengan baik. Tidak hanya itu saja tetapi kekuatan dari sebuah merek juga bisa memperluas pangsa pasar sehingga pada akhirnya perusahaan bisa memperluas penjualan. Perluasan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan tentu diikuti pula dengan adanya peningkatan kualitas produk dan juga penciptaan keunggulan kompetitif produk. Maka pada akhirnya penilaian pelanggan kepada produk dan brand Anda akan meningkat karena kualitas produk yang baik. Kepercayaan pelanggan juga akan semakin meningkat karena adanya kualitas produk yang selalu terjaga sehingga pelanggan selalu loyal terhadap brand Anda.

ekuitas merk

Model dan Jenis Ekuitas Merek atau Brand Equity

Brand equity atau ekuitas merek tidak lain hanyalah sekedar nilai dari suatu produk itu sendiri. Dimana bagian yang paling sulit dalam menerapkan brand equity sendiri terletak pada bagaimana cara menempelkan nilai yang diinginkan oleh produsen kedalam produk yang mereka jual

Secara umum, perusahaan atau vendor yang memiliki ekuitas merek yuang baik diyakini mampu memberikan harga yang lebih ‘baik’ pula. Hal ini dibarengi dengan pendapatan perusahaan yang tidak berkurang dari nilai barang yang dijual.

Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan dalam membuat ekuitas merek. Dimana brand atau merek dari suatu perusahaan merupakan salah satu asset terpenting dari suatu perusahaan itu sendiri. Ulasan kali ini akan membahas lebih jauh mengenai apa saja model atau tipe dari ekuitas merek itu sendiri beserta kekurangan dan kelebihannya masing – masing.

Model yang akan diterapkan dalam membuat ekuitas merek berasal dari komponen – komponen dasar seperti kualitas barang, brand awareness serta kinerja dari barang itu sendiri. Model ekuitas merek dirancang untuk mampu menetapkan cara terbaik dalam menilai atau ‘menantolkan’ nilai tersebut kepada barang yang diproduksi.

Masing – masing model ekuitas merk yang akan disebutkan pada ulasan di bawah ini memiliki metodenya sendiri – sendiri untuk menawarkan konsep dari brand equity yang mereka gunakan.

Tujuan dari digunakannya brand equity adalah untuk merancang strategi yang tepat dalam memasarkan produk yang dijual di setiap tahapan yang ada. Beberapa Tindakan yang dapat digunakan dalam model ekuitas merek yang akan dijelaskan adalah meningkatkan presepsi produk, mendapatkan lebih banyak pelanggan setia serta mendapatkan keunggulan kompetitif dari lawan bisnis.

ekuitas merk

Tipe Model Ekuitas Merek

Model Aaker

Model ini diciptakan oleh David Aaker yang mendefinisikan ekuitas merek sebagai sebuah pengelompokkan asset serta label yang secara langsung dapat dimasukkan kedalam merek itu sendiri demi menambah nilainya.

Tipe yang dibahas kali ini terdiri dari 5 komponen, antara lain adalah :

  • Brand Loyalty
  • Brand awareness
  • Perceived quality
  • Brand associations
  • Dan Jumlah Hak Paten

Breand loyalty itu sendiri dapat diartikan sebagai banyaknya tingkat loyalitas yang ditunjukkan oleh pelanggan setia terhadap suatu merek tertentu. Hal ini secara tidak langsung akan menambah awareness dari produk atau perusahaan itu sendiri.

Brand loyalty dapat digunakan sebagai cara menilai sejauh mana sebuah merek tersebut popular di pasar. Atau sejauh mana produk telah memiliki kualitas yang sama dengan yang didiskripsikan. Anda bisa menganggap bahwa brand loyaltry merupakan salah satu citra produk serta kualitasnya dimata publik.

Tingkat pengenalan dari suatu merek juga merupakan salah satu bagian yang penting dari model Aaker, dimana jumlah hak paten serta kekayaan intelektual yang dimiliki oleh suatu perusahaan akan menambah nilai dari ekuitas merek itu sendiri.

Komponen model Aaker sangat membantu dalam mempengaruhi pilihan pelanggan. Setiap pelanggan atau kostumer pasti memilih produk yang mampu menawarkan kualitas serta memenuhi kepuasan pelanggan yang tinggi.

ekuitas merk

Model Keller

Model Keller yang diciptakan oleh Kevin Keller merupakan salah satu strategi model brand equity yang mengartikan bahwa merek merupakan efek yang muncul dari asosiasi yang menguntungkan antara penjual dan pembeli.

4 pertanyaan yang harus ada atau menjadi dasar dalam model Keller antara lain adalah :

Siapa Anda

Langkah awal dalam memulai metode Keller adalah dengan meningkatkan awareness pembeli terhadap suatu perusahaan atau produk yang akan dijual. Bayangkan saja Ketika tidak ada orang yang mengenal atau tahu produk anda, darimana pembeli akan membelinya?

Sangat penting untuk mengetahui siapa target kostumer anda dan apa yang mereka butuhkan. Ketika anda telah memulai sebuah usaha untuk meningkatkan brand identity, hal tersebut akan memudahkan pelanggan dalam mengenali bisnis yang anda tawarkan. Pastikan untuk memberikan barang yang sellau ‘stand out’ atau berbeda dari produk – produk lainnya.

Apa yang Anda Jual

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan memperkenalkan perusahaan atau produk anda. Makna dari produk byang anda jual dan apa kegunaan dari produk itu sendiri. Anda harus mampu mendeskripsikan produk anda dengan baik, dimana kelebihan – kelebihan seperti produk memiliki service yang baik, harga yang lebih murah dan sebagainya harus ditonjolkan.

Sangat penting untuk selalu memenuhi kebutuhan public dengan barang yang anda tawarkan. Diperlukan berbagai jenis strategi marketing yang berbeda – beda seperti direct sales, atau dengan menggunakan sosial media dan sebagainya.

Bagaimana Pembeli Memandang Produk anda

Setelah barang telah berhasil dipasarkan hal selanjutnya yang penting untuk dilakukan adalah mendapatkan review dari produk itu sendiri. Respon yang dimaksut tidak harus dalam bentuk survey, cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mendapatkan pendapat atau perasaan serta penilai dari pelanggan.

Ketika produk yang ditawarkan tersebut telah memenuhi ekspektasi yang diinginkan oleh pembeli. Hal tersebut akan meningkatkan perasaan positif terhadap brand atau merek yang anda jual. Setiap produk yang dijual harus mampu menraik pembeli dengan keunikannya masing – masing.

Memperdalam Hubungan Penjual dan Pembeli

Setelah interaksi dan rteview diberikan, hal berikutnya yang patut dilakukan oleh setiap perusahaan atau pemilik brand adalah memperdalam hubungan antara perusahaan dengan pembeli. Dimana respon atau tanggapan yang sebelumnya telah diberikan oleh pembeli diubah menjadi ikatan emosional yang jauh lebih dalam namun tetap sopan.

Dikatakan bahwa tahap inilah yang paling sulit diantara tahapan – tahapan lainnya karna tidak smeua pelanggan akan benar – benar mau terikat pada satu produk saja tanpa mempertimbangkan produk – produk lainnya.

Setiap Langkah yang dituliskan dalam model Keller merupakan arahan dalam membangun serta mengukur ekuitas merek produk itu sendiri.

ekuitas merk

Model Brand asset Valuator atau BAV

BAV merupakan salah satu model brand equity yang memberikan nilai dari brand tersebut serta membandingkan kelebihan – kelebihan yang dimiliki oleh brand yang anda miliki dengan pesaing lain di luar sana.

Mengumpulkan sumber data review produk dari kostumer merupakan hal yang wajib dilakukan untuk meningkatkan nilai brand itu sendiri. 4 kunci utama dalam komponen brand equity antara lain adalah:

  • Differensiasi atau bagaimana membuat brand atau merek anda terlihat berbeda dari brand atau merek lainnya.
  • Relevance untuk mengukur seberapa pantaskah atau relevan suatu produk terhadap konsumen. Relevansi yang diperlukan adalah rtelevansi dalam hal biaaya, kebutuhan atau kenyamanan penggunaan.
  • Esteem atau penghargaan dari seorang pelanggan terhadap merek yang anda jual. Hal ini berpengaruh terhadap popularitas dari merek itu sendiri di pasar. Anda bisa melihat apakah produk anda sedang popular atau tidak serta bagaimana perkembangannya.
  • Knowledge, hal ini menyangkut seberapa peka pelanggan anda terhadap pengetahuan dari masing – masing produk itu sendiri.

Tentu saja hal ini sama pentingnya dengan memilih sistem absen yang tepat untuk perusahaan. Misalnya dengan memilih untuk menggunakan JojoTimes. Melalui produk ini tentu perusahaan dapat lebih mudah melakukan monitor untuk kehadiran karyawan secara optimal. Bahkan bisa juga melakukan monitoring secara cepat kapan saja dan dimana saja.

Semua berkat adanya fitur-fitur menarik yang diberikan oleh JojoTimes. Mulai dari fitur geo-tagging untuk mengetahui lokasi karyawan saat melakukan absen, hingga fitur integrasi absensi dengan sistem payroll perusahaan. Sehingga dengan adanya fitur ini tentu tidak perlu khawatir jika beralih pada JojoTimes. Jadi, jangan ragu, segera dapatkan coba gratis selama 14 hari dan buktikan sendiri kehebatan dari produk yang satu ini.