Memikat Lebih Banyak Pelanggan dan Investor dengan Elevator Pitch

Elevator Pitching

Pitching atau yang lebih dikenal sebagai presentasi bisnis identik dengan proses presentasi formal yang memakan waktu cukup lama. Padahal, sebenarnya Anda juga memikat pelanggan atau calon investor dengan singkat karena keterbatasan waktu. Nah, jika hal tersebut terjadi maka Anda bisa menggunakan teknik elevator pitch sebagai solusi.

Apa itu Elevator Pitch?

Ilustrasi Elevator Pitch

Elevator pitch merupakan jenis presentasi bisnis yang biasa dipakai untuk mempresentasikan sebuah bisnis saat bertemu dengan calon pelanggan maupun calon investor yang dilakukan dalam waktu yang sangat singkat (biasanya tidak lebih dari 10 menit).

Dalam waktu yang singkat tersebut Anda harus menjelaskan tentang perusahaan dan juga tujuan yang ingin dicapai dari proyek yang sedang ditawarkan. Dan tentu saja tujuan tersebut harus berhubungan dengan komitmen terhadap pelanggan atau prospek yang dapat diperoleh klien dan investor di masa mendatang.

Kata elevator pitch berasal dari sebuah filosofi elevator atau lift yang bergerak dengan cepat dalam waktu yang singkat, dimana saat lift bergerak kebanyakan orang yang ada di dalam lift tidak ada yang mengajak bicara.

Waktu yang Tepat Untuk Melakukan Elevator Pitch

Persentasi Elevator Pitch

Elevator pitch sangat cocok digunakan pada momen-momen tertentu dimana waktu yang disediakan tidak cukup banyak. Contohnya seperti pada saat job fair, pameran bisnis atau perkenalan singkat dengan klien.

Selain pada acara-acara tersebut, Anda juga dapat merekam video presentasi dengan metode elevator pitch ini dan mengunggahnya pada berbagai website bisnis seperti LinkedIn. Hal ini berguna agar semakin banyak audiens seperti calon klien, calon investor maupun pelanggan Anda yang dapat menontonnya. Sehingga mereka dapat lebih mengenal karakteristik perusahaan yang Anda jalankan.

Untuk elevator pitch yang dilakukan untuk diunggah di website maupun media sosial ada baiknya jika konten yang dibagikan selalu diupdate dan mengikuti perkembangan zaman. Perusahaan yang dinamis dan selalu menyesuaikan diri dengan kondisi pasar akan lebih menarik minat banyak audiens.

Tips Melakukan Elevator Pitch

Tips Melakukan Elevator Pitch

Tentu agar dapat melakukan elevator pitch tidak bisa diperoleh dalam waktu yang sekejap. Anda harus berlatih bagaimana caranya agar presentasi bisnis tersebut dapat dilakukan dalam waktu singkat namun semua materi tetap dapat tersampaikan dengan baik dan menarik. Agar dapat melakukan elevator pitch, simaklah tips berikut ini.

1. Lakukan brainstorming ide bisnis

Ketika muncul sebuah ide bisnis pada otak Anda, segeralah buat catatan atau rekaman mengenai ide tersebut. Setelah itu pilih dan rangkumlah ide mana saja yang sekiranya bisa digunakan untuk menjelaskan bisnis Anda secara singkat. Hindarilah pembicaraan yang berbelit-belit dan penyebutan angka-angka yang rumit yang dapat membuat audiens Anda bingung. Sampaikanlah secara garis besar saja karena waktu yang Anda miliki biasanya tidak lebih dari 10 menit.

2. Atur urutan pembicaraan

Berbicara dengan melompat lompat dapat membuat audiens bingung. Untuk itu, Anda perlu mengatur urutan pembicaraan dan juga atur gaya bicara Anda agar lebih mudah dipahami.

Anda dapat memulai degan menjelaskan tentang bisnis apa yang sedang Anda jalankan, prospek bisnis kedepan (jika presentasi dilakukan untuk calon investor), produk apa yang Anda tawarkan atau mengenai berapa investasi yang Anda perlukan dan seberapa besar profit yang bisa dihasilkan.

3. Buatlah kalimat pembuka yang menarik

Membuat kalimat pembuka yang menarik merupakan kunci utama dari melakukan elevator pitch. Karena waktu yang dimiliki hanya kurang dari 10 menit, maka Anda harus bisa membuat audiens tertarik dari awal presentasi agar mereka mau menyimak keseluruhan presentasi.

Kalimat yang Anda sampaikan pun harus disesuaikan dengan kondisi dari audiens agar dapat lebih berkesan. Jika Anda gagal membuat audiens tertarik dari awal presentasi, maka bisa jadi audiens Anda tidak akan memperhatikan apa yang Anda sampaikan selanjutnya.

4. Tulislah naskah presentasi

Anda harus menyusun kalimat apa saja yang perlu disampaikan mengenai bisnis yang sedang Anda tawarkan. Ini berguna agar pembicaraan tidak melebar kemana-mana karena waktu yang dimiliki pun terbatas. Dengan menulis naskah presentasi Anda juga akan terbantu untuk berbicara secara urut dan praktis.

5. Berlatih

Practice makes perfect. Semakin banyak Anda berlatih maka akan semakin baik juga ketika Anda melakukan elevator pitch secara langsung dengan audiens.

Anda dapat meminta bantuan pada teman untuk berlatih. Mintalah pengawasan dan jangan ragu untuk meminta kritik terhadap gaya bicara Anda saat presentasi. Karena jika gaya bicara Anda kaku dan terkesan kurang natural, audiens bisa menjadi bosan dan tidak tertarik dengan apa yang disampaikan.

Menyusun Materi Elevator Pitch

Menyusun materi presentasi untuk elevator pitch memang susah-susah gampang. Untuk itu perlu memperhatikan beberapa poin penting dibawah ini agar dapat lebih mudah menyusun materi dengan baik.

1. Siapa Anda?

Hal pertama yang harus Anda sampaikan ketika melakukan elevator pitch adalah memperkenalkan diri dan perusahaan kepada audiens. Tidak perlu melakukannya dengan bertele-tele, satu kalimat saja cukup serta sampaikanlah dengan jelas dan lugas.

2. Apa yang Anda lakukan dan tawarkan?

Selanjutnya, Anda perlu menyebutkan apa pekerjaan yang Anda lakukan serta produk atau jasa apa yang sedang kamu tawarkan kepada audiens. Buatlah penjelasan dengan spesifik dan menarik dalam 1-2 kalimat saja.

3. Apa masalah yang berusaha Anda selesaikan?

Nah, untuk bagian ini Anda harus menjelaskan masalah apa yang ingin diselesaikan melalui perusahaan. Perlu diingat bahwa tujuan dari penyelesaian masalah yang akan dijelaskan tersebut harus berhubungan dengan komitmen terhadap audiens sebagai calon investor atau calon klien Anda.

4. Apa yang membedakan perusahaan Anda dengan perusahaan lain?

Tentu saja seorang audiens tidak ingin mendengar sesuatu yang sudah sering didengarnya dari pihak lain. Oleh karena itu Anda harus menjelaskan diferensiasi produk atau jasa yang membedakan perusahaan Anda dengan perusahaan kompetitor sehingga audiens dapat lebih tertarik dengan apa yang akan Anda jelaskan.

5. Berikan pertanyaan pada audiens

Agar presentasi terkesan lebih menarik, Anda perlu memiliki engagement dengan audiens Anda. Tanyakanlah sebuah pertanyaan yang terkait dengan bisnis Anda atau malah akan lebih baik jika pertanyaan tersebut bisa mengarah pada produk atau jasa yang sedang Anda tawarkan.

6. Call to Action (CTA)

Call to Action adalah pernyataan yang bertujuan untuk membuat audiens menjadi penasaran dan semakin ingin mengetahui secara lebih lanjut mengenai apa yang sedang Anda tawarkan. CTA inilah yang dapat mendorong adanya follow up dari audiens hingga terjadi transaksi pembelian terhadap barang atau jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, sampaikan kepada audiens cara untuk menghubungi Anda jika mereka ingin mengetahui lebih lanjut. Anda juga dapat memberikan kartu nama agar kesan yang didapatkan menjadi lebih baik.

elevator pitch

Cara Menyempurnakan Elevator Pitch

Elevator pitch merupakan hal penting dalam dunia bisnis. Karena dengan menggunakan elevator pitch yang tepat dapat memberikan keuntungan bahkan sangat berpengaruh besar terhadap kelangsungan  bisnis kita. Berikut ini adalah tips dan trik bisa kita lakukan untuk  membuat elevator pitch yang baik.

Identifikasi Masalah

Elevator pitch yang baik juga harus memperhatikan waktu, karena itu isi dari elevator pitch haruslah memaparkan inti pokok namun mampu mencakup garis besar dari bisnis yang kita presentasikan.

Pastikan elevator pitch yang anda buat, mampu memaparkan suatu permasalahan dan menemukan penyelesaiannya. Semakin baik dan besar permasalahan yang anda pilih dan  penting untuk diselesaikan, maka besar peluang keberhasilan anda untuk mencapai tujuan yang anda inginkan.

Dalam menentukan masalah tidak serta merta harus berupa permasalahan yang kompleks dan besar. Meskipun itu merupakan point tambahan, namun anda juga bisa memulainya dengan permasalahan sederhana yang ada disekitar anda.

Permasalahan yang sering kita temui secara tidak sadar dan membutuhkan penyelesaian. Setalah yakin dengan permasalahan yang anda pilih, penyampaian anda terkait permasalahan ini juga sangat berpengaruh terhadapa keberhasilan elevator pitch anda. Sampaikanlah permasalahan anda dengan singkat dan tidak bertele-tele, namun tepat sasaran.

elevator pitch

Berikan Penyelesaian Terbaik

Setelah menentukan dan mengidentifikasi masalah sebelumnya, tips dan trik selanjutnya untuk mendapatkan elevator pitch yang sempurna adalah memberikan penyelesaian dari masalah tersebut.

Dari tips dan trik pertama membuat anda fokus memikirkan masalah yang kita angkat, maka dengan hal tersebut anda akan semakin mudah dalam mendapatkan jawabannya. Sampaikanlah penyelesaian masalah tersebut dengan jelas dengan cara penyampaian anda dan kemudian cobalah untuk merangkumnya menjadi point-point penting dalam beberapa kalimat.

Pahami Sasaran Pemasaran

Urutan ketiga setelah menentukan masalah, mencari penyelesaian yang ketika adalah memahami sasaran pemasaran produk kita. Di dalam elevator pitch yang baik tentunya terdapat sasaran pemasaran yang anda targetkan.

Yang perlu diingat-ingat disini adalah dengan melebarkan sasaran pemasaran tidak serta merta membuat bisnis yang anda presentasikan terlihat hebat dan memiliki peluang besar kesuksesan, sebaliknya anda bisa menentukan titik sasaran pemasaran dengan terlebih dahulu membagi sasaran pemasan anda kedalam kelompok-kelompok yang lebih kecil sehingga membuat bisnis yang anda presentasikan terlihat  terlihat lebih realistis.

Buatlah percobaan terlebih dahulu untuk kemudian membandingkan hasil pemasaran pada tiap-tiap kelompok sasaran pemasaran untuk kemudian anda dapat menentukan sasaran pemasaran bisnis yang anda pilih. Masukkan hasil percobaan anda tersebut kedalam elevator pitch untuk membuat bisnis anda semakin terpercaya dan berpeluang besar.

elevator pitch

Probabilitas Persaingan

Untuk membuat elevator pitch anda semakin sempurna yang perlu anda tambahkan adalah probilitas persaingan dalam bisnis yang anda presentasikan.

Pada kenayataanya setiap bisnis pasti memiliki pesaing. Mencantumkan persaingan dalam elevator pitch yang anda paparkan membuat bisnis anda terlihat semakin realistis dan menjanjikan. Tuliskan penjelaan terkait kemungkinan pesaing dalam bisnis anda faktor yang membuat anda tetap unggul menghapi para pesaing yang ada.

Dalam mengahadapi persaingan yang ada, semua akan akan dipengaruhi oleh pemilihan jawaban penyelesaian permasalahan anda. Semakin baik dan kreatif penyelesaian masalah yang anda pilih dlama memulai bisnis anda tentu akan menjadi nilai plus sehingga para konsumen lebih memilih penyelesaian yang anda berikan.

Tim Kerja

Hasil pemikiran yanmg bagus untuk memulai bisnis tidak akan berjalan dengan baik jika tidak diimbangi dengan rekan kerja yang juga baik. Elevator pitch yang baik akan selalu mencantumkan rekan kerja, atau tim  mumpuni terhadap bisnis yang anda rancang sehingga dapat semakin meyakinkan akan peluang kesuksesan dari bisnis yang anda presentasikan.

Secara umum kinerja tim lebih menjanjikan ketimbang ide-ide bagus. Karena ketika kita mempunyai ide-ide bagus namun tidak ditangi oleh tim yang mumpuni hasilnya akan sama saja. Karena itu dirasa sangat penting untuk anda dalam memilih tim atau rekan kerja yang anda rekrut, patikan tim atau rekan kerja anda memiliki visi, misi dan tujuan yang sama dengan yang ingin anda capai.

Pastikan tim anda mumpuni dalam bidang bisnis yang anda presentasikan. Cantumkan dalam elevator pitch terkait team mate anda yang mumpuni dan menjanjikan untuk keberhasilan bisnis anda.

elevator pitch

Keuangan

Ringkasan atau perkiraan keungan dari bisnis yang akan anda mulai sangatlah penting untuk dicantumkan dalam elevator pitch anda. Keuangan yang dimaksudkan disini bukanlah kerangka keuangan anda dalam mengatur kinerja perusahaan anda kedepannya, namun lebih fokuskan terlebih dahulu dengan managemen keungan anda dalam memulai bisnis yang sedang anda presentasikan.

Kutipan terkait ringkasan keungan dalam memulai bisnis anda ini dirasa sangatlah penting karena ini mempengaruhi pemahaman anda terkait bisnis yang akan anda lakukan.

Jika anda bisa menjelaskan terkait ringkasan keungan ini berarti anda sudah mengerti terkait bisnisnya. Perhatikan terkait pengeluaran-pengeluaran apa saja yang anda butuhkan dalam memulai bisnis ini dan siapa yang membayarnya.

Dalam elevator putch anda tidak perlu menjelaskan ringkasan keungan ini dengan sangat mendetail, cukup dengan penjelasan dan data yang dapat menggambarkan garis besar dari data keungan anda seperti rangkuman perkiraan pengeluaran dan pendapatan dari bisnis anda.

Namun, akan lebih baik jika anda menyiapkan data dengan rinci apabila investor meminta anda untuk menjelaskan lebih detail karena sangat tertarik dengan bisnis anda.

Pencapaian

Daya tarik dari bisnis yang anda jalankan sangat penting sebagai pelengkap akhir untuk menyusun elevator pitch yang sempurna. dari bisnis yang anda akan rintis memiliki daya tarik tersendiri sehingga para investor lebih tertarik dan penasaran lebih akan bisnis yang anda rintis.

Sampaikan atau paparkanah terkait visi, misi dan tujuan yang ingin anda capai dari bisnis tersebut. Jangan lupa untuk menambahkan waktu atau kapan anda ingin mencapai keinginan dan harapan dari bisnis anda tersebut.

Anda bisa memperkuat ke realistisan keinginan dan harapan anda akan terwujud dengan menambahkan pencapaian-pencapaian yang sudah anda dapatkan dalam merintis bisnis tersebut.

Pencapaian-pencapaian yang sudah anda capai ada baiknya anda harus tetap cantumkan dalam elevator pitch sehingga orang lain atau inverstor semakin percaya untuk berinvestasi kepada bisnis anda. Tambahkan pula pencapaian yang akan anda dapatkan di kemudian hari lewat bisnis yang anda rintis.

Dengan anda menambah pencantuman pencapaian yang akan datang semakin membuat orang percaya dan berfifkir mengenai seberapa baiknya anda dalam memikirkan langkah-langkah bisnis anda kedepannya.

Kesimpulan Menyempurnakan Elevator Pitch

Ketujuh tips dan trik diatas dapat anda lakukan dan ikuti untuk membuat elevator pitch yang sempurna sehingga dapat meningkatkan kemungkinan besar anda untuk sukses dalam berbisnis dan mendapatkan invertor dari bisnis yang akan anda rintis.

Hal penting lainnya untuk mendapatkan elevator pitch yang baik adalah timing dan penyampaian anda. Usahakan dalam menyampaikan elevator pitch anda bisa menyusunnya menjadi point-point penting yang mudah dipahami banyak orang tanpa membutuhkan waktu yang banyak.

Sampaikan point penting dengan kalimat yang anda susun sedemikian rupa sehingga terkenal sedehana namun tetap bermakna dan berharga.

Elevator pitch mungkin lebih sering disebut dengan istilah yang lebih singkat yaitu pitching. Proses ini juga seringkali dikenal dengan istilah presentasi bisnis. Namun hal ini pada dasarnya cukup berbeda dengan presentasi bisnis pada umumnya. Pitching ini lebih merupakan suatu presentasi bisnis yang dilakukan dalam waktu yang relatif sangat singkat. Bahkan biasanya proses ini tidak sampai memakan waktu lebih dari 10 menit. Dalam waktu yang singkat ini maka Anda harus bisa menjelaskan seluruh ide dalam bisnis sehingga ide ini bisa diketahui oleh orang lain. maka tujuan dari dilakukannya elevator pitch ini akan terwujud sesuai dengan harapan dan keinginan dari pemilik bisnis.

Tujuan Elevator Pitch

Mendapatkan customer

Salah satu tujuan utama dari proses elevator pitch adalah untuk mendapatkan customer. Dalam sebuah bisnis tentunya customer merupakan bagian yang terpenting. Oleh karena itu perlu dilakukan berbagai macam upaya untuk bisa mendapatkan customer. Misalnya dengan melakukan presentasi bisnis walaupun hal ini dilakukan dalam waktu yang sangat singkat.

Menjalin kerja sama dengan investor

Tidak hanya untuk mendapatkan customer tetapi sebuah presentasi bisnis secara singkat juga diperlukan untuk menjalin kerja sama. Menjalin kerja sama dalam hal ini dilakukan untuk mendapatkan perhatian dari investor. Dengan adanya jalinan kerja sama maka perusahaan startup bisa tetap melangsungkan bisnis atau usaha yang mulai dijalankannya.

Mendapatkan modal

Bisa saja sebuah perusahaan terutama perusahaan startup berusaha untuk mendapatkan modal. Dengan adanya modal yang cukup maka nantinya perusahaan bisa tetap menjalankan operasionalnya. bahkan dengan adanya modal yang cukup maka nantinya perusahaan dapat terus maju dan mengembangkan usahanya. Oleh karena itu perlu dilakukan suatu promosi bisnis seperti misalnya pitching agar orang lain dapat tertarik untuk memberikan modal bagi perusahaan.

Memulai Elevator Pitch

Melakukan latihan

Untuk memulai tindakan promosi bisnis dengan menggunakan teknik elevator pitch salah satunya adalah dengan melakukan latihan untuk melakukan promosi bisnis. Dengan rajin berlatih maka nantinya Anda akan terbiasa berbicara dan berkomunikasi sehingga bisa melakukan variasi dalam percakapan seingga penyampaian informasi bisa lebih bagus.

Mengadakan perkenalan diri

Teknik perkenalan diri bisa dilakukan terutama pada saat pebisnis melakukan promosi bisnis. Perkenalan diri memang haruslah dilakukan terutama pada saat Anda sedang mendekati seseorang di sebuah event. Perkenalan diri dapat dimulai dengan memberikan nama lengkap mungkin sambil berjabat tangan. Kemudian bisa dilakukan sebuah pembicaraan singkat yang berisi mengenai pengenalan bisnis.

Membagikan keahlian

membagikan apa yang menjadi keahlian Anda dapat membuat orang lain menjadi tertarik. Dengan adanya keahlian yang baik maka bukan tidak mungkin bahwa orang lain akan tertarik dengan bisnis yang ditawarkan. Keahlian yang dibagikan tentunya akan membuat orang lain menjadi lebih percaya sehingga bersedia meluangkan waktunya untuk mendengar presentasi bisnis yang dilontarkan.

Mempertahankan sikap positif

Sikap positif sudah tentu merupakan sebuah sikap yang baik dan menyenangkan bagi orang lain. Dengan adanya sikap positif maka para pebisnis pada umumnya dapat selalu berpikiran terbuka. Dengan adanya pikiran terbuka ini maka orang lain tentu akan lebih menyenangi Anda yang melakukan promosi bisnis. Maka promosi bisnis akan jadi lebih terpercaya.

Memiliki sikap fleksibel

Selain memiliki sikap positif maka seorang pebisnis juga perlu memiliki sikap fleksibel. pemikiran yang fleksibel akan membuat lawan bicara menjadi lebih antusias untuk berbicara pada Anda. Sebab dengan adanya sikap yang fleksibel maka kesan kaku dan grogi bisa dihindari dalam pembicaraan. Maka pembicaraan mengenai ide bisnis dapat tersampaikan dengan lebih jelas.

Mengenal audiens

Untuk memulai aktivitas elevator pitch maka pebisnis sebaiknya mengenal audiens. Untuk mengenal audiens maka pebisnis bisa meningkatkan komunikasi dengan siapa saja. Mengenal audiens pada akhirnya dapat memberikan manfaat tersendiri bagi pebisnis. Sebab semakin banyak audiens yang mendengarkan presentasi bisnis maka akan semakin besar peluang munculnya klien bisnis atau investor dan juga customer.

Menawarkan call to action

Langkah terakhir yang dapat dilakukan untuk melakukan pitching adalah dengan menawarkan sistem call to action. Sistem call to action ini bsia dilakukan untuk mengakhiri pembicaraan dengan klien. Dalam hal ini Anda bisa memberikan kartu nama sehingga klien nantinya bisa menghubungi Anda kapan saja klien memerlukannya.

Tips Melakukan Elevator Pitch

Dilakukan secara singkat

Melakukan elevator pitch tentunya harus disertai dengan adanya beberapa tips. Salah satu tips yang perlu diketahui oleh para pebisnis saat melakukan elevator pitch adalah melakukannya secara singkat. Jadi promosi bisnis sebaiknya dilakukan secara singkat sehingga tidak membosankan bagi orang yang mendengarnya. Mungkin saja promosi bisnis ini bsia dilakukan dalam wkatu kurang dari 10 menit.

Menyampaikan ide atau gagasan

Aktivitas penyampaian promosi bisnis pada dasarnya dilakukan untuk menyampaikan ide atau gagasan. Dalam hal ini ide atau gagasan yang disampaikan sebaiknya bersifat jelas sehingga orang yang mendengarnya bisa memahaminya secara lebih dalam. Oleh karena itu dalam elevator pitch seharusnya Anda bisa menyampaikan ide atau gagasan inti dari bisnis yang sedang dijalankan.

Menarik perhatian pendengar

Penyampaian segala ide atau yayasan sebaiknya dilakukan dengan baik. Selain itu penyampaian ide atau gagasan ini juga sudah seharusnya dilakukan dengan beberapa trik yangs ekiranya dapat menarik perhatian dari para pendengar. Jika memang apa yang disampaikan ini begitu menarik bagi orang yang mendengarnya maka bukan tidak mungkin bahwa tujuan dari proses elevator pitch akan tercapai secara lebih mudah.

Bahasa sederhana

Penggunaan bahasa yang digunakan dalam melakukan promosi bisnis sebaiknya dilakukan secara sederhana. Artinya bahasa yang digunakan sebaiknya bisa dimengerti dengan lebih mudah oleh setiap orang yang mendengarnya. Oleh karena itu sebaiknya gunakan bahasa yang mudah untuk dipahami oleh klien dalam melakukan promosi bisnis.

Menghindari statistik

Dalam melakukan promosi bisnis sebaiknya pebisnis tidak menggunakan kalimat yang membuat orang lain berpikir dengan menggunakan logika statistik. Sebab pembicaraan yang melibatkan statistik pada dasarnya membuat orang untuk berpikir keras tentang apa yang disampaikan. oleh karena itu sebaiknya hindarilah statistik dalam proses elevator pitch.

Kelebihan Elevator Pitch

Elevator pitch yang merupakan presentasi singkat tentunya bisa menjadi suatu cara yang paling efektif dalam mempromosikan gagasan dalam bisnisnya. Dengan melakukan presentasi secara singkat ini maka setiap pembicaraan dalam presentasi bisnis bisa menjadi lebih efektif. Sebab presentasi yang dilakukan secara singkat tidak akan membuat orang yang mendengarnya menjadi bosan. Pembicaraan juga tentunya akan dilakukan dengan langsung berfokus pada promosi bisnis sehingga segala ide bisnis bisa ditangkap dengan jelas oleh orang yang mendengarnya. Berbagai kelebihan inilah yang membuat banyak pebisnis dari perusahaan startup lebih memilih untuk melakukan elevator pitch.

Kesimpulan

Teknik pitching yang satu ini sangat umum digunakan di luar negeri, oleh karena itu ada baiknya Anda juga memanfaatkan teknik ini dengan baik.

Karena bisa saja Anda mendapatkan kesempatan-kesempatan tak terduga untuk bertemu dengan calon-calon klien potensial dengan waktu yang terbatas.

Jika Anda sudah terbiasa berlatih ataupun mempraktekkan elevator pitch, maka Anda tidak akan lagi menjadi kelabakan dan bisa menarik minat audiens yang potensial tersebut.

Anda juga dapat melatih karyawan Anda agar dapat melakukan elevator pitch khususnya bagian pemasaran sehingga mereka dapat menarik minat lebih banyak calon klien di berbagai kesempatan. Dengan kerja tim yang baik maka tujuan perusahaan akan lebih mudah untuk dicapai.

Jojo Times

Kini, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi  karena karyawan Anda tidak perlu melapor ke kantor. Dengan JojoTimes, Anda dapat menghemat waktu karena laporan kehadiran bulanan dapat dihasilkan dengan otomatis. Sehingga karyawan Anda bisa menggunakan waktu mereka untuk melakukan tugas-tugas yang lebih mendesak.

JojoTimes membuat Anda dapat mengontrol aktivitas karyawan Anda dengan fitur GPS yang akurat. Anda pun bisa mengetahui apakah karyawan Anda sedang berada di kantor atau berada di luar untuk menemui para klien. Dengan JojoTimes, kinerja tim Anda dapat meningkat hingga 100%.