Email Marketing Sebagai Salah Satu Strategi Bisnis Efektif

email marketing

Email marketing merupakan salah satu jenis strategi yang bisa digunakan oleh sebuah perusahaan untuk melakukan aktivitas pemasaran. Kegiatan pemasaran memang menjadi salah satu bagian penting di sebuah perusahaan. Dengan adanya kegiatan pemasaran maka sebuah perusahaan bisa terus eksis dan melangsungkan kegiatannya. Namun dalam hal ini kegiatan pemasaran dilakukan dengan menggunakan media email.

Tentunya penggunaan email untuk mendukung kegiatan pemasaran bisa menjadi suatu pilihan yang tepat bagi perusahaan. Sebab hal ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Ditambah lagi email di masa sekarang ini menjadi suatu hal yang sudah tidak asing lagi. Bahkan saat ini hampir semua orang memiliki email sehingga bisa mengoperasikan internet pada smartphone miliknya. Maka bisa dibilang email saat ini merupakan hal biasa dan selalu digunakan.

Manfaat Email Marketing

Pendekatan personal

Melakukan pengiriman email kepada user internet ataupun calon pelanggan sebenarnya akan terasa lebih personal. dalam pengiriman email ini tentunya Anda bisa meningkatkan keterlibatan para pelanggan brand perusahaan Anda. Misalnya dengan meminta saran dari mereka demi perbaikan kualitas produk dan lainnya. Atau Anda juga bisa melakukan promosi produk melalui email sehingga disini terjadi proses marketing.

Praktis dan cepat

Melakukan promosi produk dengan menggunakan media email tentu bisa dilakukan dengan lebih cepat. Sebab dengan menggunakan email maka Anda bisa secara langsung menjangkau pelanggan Anda. bahkan proses penjangkauan terhadap pelanggan ini bisa dilakukan dalam waktu yang hanya membutuhkan beberapa detik saja. Maka bisa dibilang proses pengiriman email bisa dilakukan secara praktis dan sangat cepat.

Hemat biaya

Umumnya aktivitas marketing atau pemasaran dilakukan dengan membutuhkan sejumlah dana. Namun dengan menggunakan strategi email marketing maka proses pemasaran bisa dilakukan dengan lebih hemat biaya. Dengan adanya kegiatan pemasaran yang dilakukan melalui email maka Anda bisa menerapkan berbagai kreativitas dan inovasi Anda tanpa biaya tambahan.

Mempermudah evaluasi

Kegiatan marketing atau pemasaran tentu akan disertai atau diakhiri dengan adanya evaluasi. Maka dengan adanya proses marketing yang dilakukan melalui pengiriman email pada pelanggan tentunya evaluasi dapat dilakukan dengan lebih mudah. Proses evaluasi dalam hal ini bisa dilakukan hanya dengan melihat berapa banyak feedback atau respon yang hadir setelah pengiriman email dilakukan. Tentu hal ini lebih mudah dan lebih praktis untuk dilakukan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Bersifat fleksibel

Dengan adanya metode email marketing maka Anda bisa melakukan pemasaran produk dengan disesuaikan pada keinginan serta kebutuhan pelanggan. Jadi Anda bisa memasang target untuk proses pemasaran yang dilakukan melalui media email tersebut. Anda bisa mengirim email pada pelanggan yang memang membutuhkan produk Anda. Tentunya tidak akan terjadi suatu kesalahan dalam proses pengiriman email.

Komunikasi dua arah

Personalisasi pesan yang bisa diwujudkan melalui adanya email marketing akan cenderung menimbulkan komunikasi dua arah.Komunikasi dua arah yang dimaksud disini adalah komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan. Pihak perusahaan dan pelanggan bisa saling berkomunikasi dan mengirimkan respon melalui email. Jadi email akan menjadi perantara bagi Anda dan para pelanggan Anda.

Customer loyal

Dengan adanya pengiriman email secara berkala maka pelanggana kan merasa lebih diperhatikan. Hal ini padaakhirnya akan mendorong para pelanggan untuk tetap setia pada brand perusahaan Anda dan tidak akan beralih ke perusahaan pesaing.

Membuat Email Marketing

Pilihlah email marketing tools yang sesuai

Untuk memulai sebuah email marketing maka hal pertama yang dpat dilakukan adalah memilih tools. Jadi dalam hal ini Anda bisa berlangganan email marketing tools. Hal ini akan membantu Anda untuk bisa mengirim banyak email sekaligus. Tidak hanya itu saja tetapi Anda bisa menikmati fitur lainnya dari email marketing tools ini.

Lakukan pengumpulan daftar kontak

Jika Anda telah emmilih dan berlangganan tools maka selanjutnya hal yang bisa dilakukan adalah mengumpulkan kontak yang akan diberi kiriman email. Untuk melakukan hal ini maka sebaiknya Anda melakukan pembelian daftar email. Namun sebaiknya Nada mengirim email dengan jumlah kontak yang sedikit daripada Anda mengirim ke banyak kontak atau banyak orang namun yang Anda kirimi tersebut tidak mengenal bisnis Anda.

Buatlah desain email yang menarik

Upaya lainnya yang juga bisa Anda lakukan adalah membuat desain email semenarik mungkin. Anda bisa memanfaatkan beberapa template email yang telah disediakan oleh fitur tools. Tentunya desain yang menarik akan membuat pembaca email menjadi tertarik dengan kiriman email Anda.

Buatlah konten email

Pada dasarnya sebuah email bertujuan untuk memberikan informasi pada para user internet ataupun subscriber. Jadi Anda bisa membuat sebuah konten yang bersifat persuasif agar bisa menarik user dan subscriber. Namun dalam membuat konten yang seperti ini tentunya Anda perlu berlatih secara berkala. Sebab konten yang seperti ini tentu saja tidak bisa dibuat hanya dalam hitungan sekali saja.

Lakukan tes pengiriman email

Jika memang Anda telah memiliki email yang menarik dan ada pula daftar kontak yang akan dikirimi email maka Anda bisa melangkah ke upaya selanjutnya. Anda bisa melakukan tes email sebelum melakukan pengiriman ke seluruh user internet atau pelanggan atau subscriber. Jika memang hasil tes menunjukkan kesempurnaan maka Nad abisa berlanjut ke langkah selanjutnya.

Mengirim email

Langkah selanjutnya atau langkah terakhir yang bisa dilakukan setelah melakukan tes email adalah melakukan pengiriman email. Namun dalam melakukan pengiriman email ini tentunya Anda bisa mengambil waktu yang tepat. Pilihlah waktu yang tepat bagi Anda kapan sekiranya Anda bisa mengirimkan email.

Penggunaan Email Marketing

Email marketing di masa sekarang ini tampaknya semakin banyak dilakukan oleh berbagai perusahaan yang tersebar di tanah air. Bahkan hal ini dinilai sebagai suatu cara yang paling efektif untuk melakukan kegiatan pemasaran. Melalui email marketing inilah maka sebuah perusahaan dapat memberikan berbagai informasi pada para pelanggan. Tentu saja upaya ini dapat membuat pelanggan tetap setia pada brand perusahaan Anda. Sebab strategi marketing yang dilancarkan melalui email ini akan membuat pelanggan selalu teringat pada perusahaan Anda.

Tentunya penggunaan email marketing ini sama halnya dengan penggunaan payroll yang sesuai, untuk mempermudah bisnis dan aktifitas pendukungnya. Melalui sistem payroll yang tepat tentu keuangan perusahaan bisa melakukan pembayaran payroll yang efektif dan efisien. Salah satunya dengan jalan menggunakan JojoPayroll. Produk ini terbukti dapat membantu membayarkan payroll secara otomatis setiap bulannya. Bukan hanya itu saja tetapi juga membantu perhitungan payroll otomatis serta terintegrasi dengan sistem absensi perusahaan secara sempurna.

Hal ini berkat beberapa fitur menarik yang bisa ditemukan di dalam JojoPayroll. Misalnya saja fitur sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis ataupun fitur Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis. Oleh sebab itu jangan ragu, segera beralih pada produk ini dan dapatkan coba gratis selama 14 hari sekarang juga.