Emotional Marketing : Pengertian, Manfaat dan Strategi Emosi Market

emotional marketing

Penerapan emotional marketing adalah langkah dari sebuah kesuksesan bisnis. Namun yang menjadi pertanyaan, Emotional marketing, mengapa Anda perlu menerapkannya pada bisnis Anda dan bagaimana membuat pesan pemasaran Anda efektif dan meningkatkan merek dan penjualan?

Mengenal Emotional marketing

emotional marketing

Emosional marketing adalah jenis perilaku di mana merek membangun ikatan emosional di dalam pelanggan untuk mempertahankan pelanggan dan juga untuk mempertahankan merek atau produk merek.

Tujuan dari pemasaran emosional ini adalah untuk memelihara hubungan yang berkelanjutan dengan pelanggan, sehingga mengharapkan kepuasan. Kontak emosional dapat berdampak signifikan pada merek.

Hubungan emosi konsumen dengan merek akan secara otomatis dibangun melalui cara konsumen menghabiskan waktu dengan merek. Emosi adalah kekuatan pendorong dasar dari semua perilaku manusia.

Karena emosi memiliki kekuatan dan dapat sangat menentukan semua keputusan manusia, termasuk memilih merek / perusahaan saat mengambil keputusan pembelian.

Emosi dapat sangat mempengaruhi pemikiran seseorang, emosi dapat mempengaruhi perilaku dan mempengaruhi penilaian. Oleh karena itu, perusahaan harus memperhatikan emosi pelanggan dan berusaha mempengaruhi pelanggan agar memiliki emosi yang positif.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Mengapa Emotional Marketing?

emotional marketing

Banyak penelitian tentang kekuatan emosi membuat kita diwajibkan harus merasakan bahwa strategi ini sangat penting, setidaknya bagi pebisnis seperti Anda, dari perspektif pemasaran atau non-pemasaran.

Kesimpulan mengapa harus menggunakan emosional marketing adalah untuk memahami kekuatan pemasaran. Kita perlu memahami bagaimana otak kita membuat keputusan berdasarkan rangsangan yang diberikan. Berikut ulasannya:

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Psikologi 1 : Sistem yang cepat

Sistem cepat ini berarti pengambilan keputusan bersifat intuitif, perseptual, dan sangat cepat. Itu juga terjadi secara tidak sadar, yang berarti tidak sadar sama sekali. Ini berbeda dari sistem yang lebih masuk akal pada sistem yang lebih lambat.

Psikologi 2 : Sistem lambat

Sistem yang lambat adalah bagian analisis dan penyesuaian dari pengambilan keputusan masyarakat, dan orang-orang berpikir itu harus digunakan secara eksklusif. Rasionalitas otak manusia dapat membantu memahami dan memecahkan masalah dan dilema sehari-hari di dunia sekitar kita.

Aspek emosional dalam Emotional marketing

emotional marketing

Emotional Marketing dapat diukur dari lima (5) aspek:

  1. Uang. Harga produk / layanan wajar dan ditawarkan dengan harga bersaing dan memiliki promosi yang menarik.
  2. Produk. Layanan yang memenuhi kebutuhan orang, dan produk memiliki fungsi yang sesuai dan secara efektif menyelesaikan pekerjaan.
  3. Adil. Keadilan terkait dengan kepercayaan. Ketika suatu merek memenangkan kepercayaan konsumennya, itu menjadi dasar untuk pengembangan hubungan dengan konsumen menjadi loyalitas. Identitas merek dan citra merek membantu membangun aset.
  4. Pengalaman. Tentang interaksi antara pelanggan dan merek. Sikap pelanggan dapat dipengaruhi oleh kunjungan ke toko atau situs web, kontak karyawan, komunikasi, program loyalitas, dan penggunaan produk atau layanan itu sendiri. Ini adalah peluang terbaik bagi merek untuk mengesankan pelanggan setelah penjualan.
  5. Energi. Produk yang dibutuhkan mudah didapat, nyaman bagi masyarakat, harga tinggi, serta nyaman dan efektif bagi pelanggan.

Strategi Emotional Marketing

emotional marketing

Langkah selanjutnya adalah mengeksplorasi bagaimana membangun strategi pemasaran secara emosional. Ada banyak cara untuk menggunakan emosi untuk memasarkan produk atau bisnis. Namun, yang terbaik adalah memulai dari awal, karena emosi spesifik yang ingin Anda targetkan bergantung pada target pasar Anda!

Pahami target audiens anda

Sebelum melakukan rencana atau aktivitas pemasaran apa pun (termasuk pemasaran emosional), memahami audiens target adalah langkah penting. Cara membuat konten yang merespons dengan baik saat Anda tidak mengenal audiens Anda.

Bagaimana Anda tahu emosi mana yang merupakan respons terbaik dan emosi mana yang paling berharga bagi mereka dan Anda? Oleh karena itu, sebelum memutuskan emosi mana yang akan dimasukkan ke dalam strategi Anda, lakukan beberapa penelitian target audiens yang serius.

Seperti halnya strategi pemasaran apa pun, Anda ingin mendapatkan emosi yang selaras dengan titik-titik rasa sakit atau keinginan dan impian umum audiens.

Melalui studi mendalam tentang audiens, cara ini akan memberikan informasi yang komprehensif untuk membuat keputusan yang lebih baik untuk strategi pemasaran Anda dan menghemat waktu dan sumber daya yang berharga.

Ceritakan sebuah cerita

Bercerita (Storytelling) adalah cara terbaik untuk terhubung dengan pelanggan. Baik melalui kesedihan, kemarahan, kegembiraan, bercerita akan lebih mudah untuk dihubungkan dan dibagikan.

Menginspirasi penonton

Salah satu cara menggunakan pemasaran emosional adalah dengan memotivasi audiens. Pemasaran yang menginspirasi dapat memiliki beberapa bentuk.

Merek Anda pun dapat menceritakan kisah seseorang yang mengatasi tantangan atau kesulitan, atau kisah tentang seorang dari nol hingga menjadi influencer atau selebriti.

Melihat atau membaca cerita inspiratif dapat meningkatkan pelepasan dan produksi oksitosin di otak. Oksitosin adalah hormon yang bertanggung jawab atas simpati dan rasa keterkaitan yang sering dimiliki orang. Menginspirasi audiens Anda dapat membuat mereka merasa terhubung dengan merek Anda.

Buat gerakan komunitas

Anda dapat menggunakan pemasaran emosional untuk membangun kampanye atau komunitas yang sesuai dengan merek pasar sasaran Anda dengan menggunakan beberapa pemicu psikologis yang berbeda.

Efek tren ini akan membuat orang penasaran dengan perilaku merek anda. Selain itu, perasaan ramah, diterima, dan gembira dapat menciptakan rasa loyalitas terhadap merek Anda.

Ambisius

Selain menjadi inspirasi, Anda juga dapat menciptakan merek yang menjadi impian konsumen, keinginan mereka untuk mencapai tujuan mereka atau menikmati keinginan mereka untuk mencapai gaya hidup atau pengalaman melalui contoh olahraga yang ambisius.

Pemasar yang memilih pendekatan ideal ini harus memahami kebutuhan dan keinginan konsumen dan memenuhi harapan mereka, serta bagaimana merek dapat mencerminkan citra diri dan identitas konsumen. Selain itu, brand harus mampu membangun cerita dan mewujudkan mimpi menjadi kenyataan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Kebanggaan akan produk lokal

Cara lain untuk menggunakan strategi pemasaran Anda untuk mengontrol emosi orang adalah dengan mengadopsi pendekatan yang dilokalkan. Sedang ngobrol dengan orang di kota besar (seperti Jakarta, Surabaya) atau kota kecil (seperti Cikarang).

Mengambil pendekatan lokal dapat membuat orang merasa lebih terhubung dengan komunitas dan membuat mereka bangga dengan tempat tinggal mereka. Selain itu, menggunakan metode lokal akan memudahkan Anda dalam memposisikan strategi pemasaran Anda dengan lebih baik.

Misalnya, jika Anda tahu bahwa Anda sedang berbicara dengan orang-orang di Cikarang, Anda dapat menyertakan konten “eksklusif” dari wilayah Cikarang dalam kampanye Anda.

Bangun nostalgia pelanggan

Kepribadian manusia pada dasarnya suka mengingat, atau suka melihat kembali masa lalu dengan perasaan, kebaikan dan kebahagiaan. Oleh karena itu, nostalgia juga dapat berperan dalam strategi pemasaran.

Jika merek atau bisnis Anda memiliki sejarah yang panjang, menggunakan nostalgia sebagai strategi pemasaran emosional akan berhasil. Anda dapat menceritakan sebuah cerita berdasarkan kenangan masa lalu orang-orang tentang perusahaan atau produk.

Anda dapat mengundang orang untuk berbagi sejarah mereka dengan perusahaan atau merek Anda bersama aplikasi bernama JojoExpense. Dengan memasukkan emosi ke dalam strategi pemasaran adalah cara terbaik untuk menarik, beresonansi, dan mendorong audiens untuk mengambil tindakan.

Ingat, memanfaatkan emosi konsumen bukan hanya tentang membuat mereka membeli produk yang Anda jual. Dengan adanya JojoExpense, yang akan membantu membangun perasaan, niat baik, dan kepercayaan antara konsumen dan merek dari sebuah perusahaan.