Employee Evaluation Online: Definisi, Peran Penting dan Manfaatnya

Employee Evaluation Online

Sejak mewabahnya virus corona di Indonesia bulan Maret lalu, banyak perusahaan yang mulai memberlakukan karyawannya bekerja dari rumah (work from home). Hal ini guna menekan angka penularan virus corona yang semakin hari semakin parah.

Sayangnya, kebijakan work from home tersebut menimbulkan banyak masalah. Terutama bagi beberapa karyawan yang tidak terbiasa bekerja dari rumah. Ini disebabkan karena suasana rumah tidak selayaknya kantor pada umumnya. Di mana atmosfer keseruan bekerja dengan rekan menjadi salah satu yang paling banyak dirindukan.

Bekerja dari rumah membuat komunikasi antar karyawan pun terbatas hanya melalui video call ataupun via chat saja. Hal ini tentu tidak bisa menggantikan serunya mengobrol dan bercanda tawa dengan teman kerja ketika berada di kantor saling tatap muka. 

Nah, karena perubahan rutinitas tersebut, banyak karyawan yang mengalami penurunan kualitas kinerja. Faktornya pun beragam mulai dari suasana rumah yang tidak kondusif, mudah terdistract dengan hal-hal yang ada di rumah dan masih banyak lagi lainnya.

Maka dari itu, meski menjalankan operasional pekerjaan dari rumah masing-masing. Pihak perusahaan harus tetap memberikan perhatian pada karyawannya dan melakukan employee evaluation online.

Lantas, apa sih itu employee evaluation online? Apa saja peran penting serta manfaatnya jika diterapkan di era work from home seperti sekarang?

Nah, pada artikel kali ini, Jojonomic akan memberikan Anda informasi seputar hal tersebut. Penasaran mengenai detailnya? So, simak lengkap artikel dari kami kali ini sampai habis, ya.

Definisi Employee Evaluation Online

Definisi Employee Evaluation Online

Secara sederhana, employee evaluation online merupakan sebuah proses evaluasi atau penilaian yang dilakukan oleh pimpinan maupun praktisi HR dalam perusahaan terkait kinerja dari masing-masing karyawan. Hal ini perlu dilakukan secara rutin dalam satu periode waktu tertentu untuk membangun kembali semangat kerja karyawan yang sebelumnya sudah mulai surut. 

Dengan adanya employee evaluation online ini, setiap permasalahan yang dihadapi oleh karyawan akan dibantu oleh perusahaan untuk dicarikan solusinya. Sehingga di masa mendatang tidak terjadi hal-hal yang serupa.

Misalnya saja seorang karyawan yang biasanya semangat dan produktif dalam menjalani pekerjaan mulai menunjukkan ketidak minatan terhadap profesinya. Perusahaan yang melakukan evaluasi terhadap karyawan tersebut harus mendengarkan masalah yang dialaminya sekaligus memberikan solusi terbaik yang bisa dilakukan. Misalnya dengan memindahkan karyawan tersebut ke divisi lain untuk mempelajari hal-hal baru agar rutinitas pekerjaannya tidak monoton.

Selain itu, evaluasi ini juga perlu dilakukan untuk mengingatkan kembali karyawan terhadap tujuan utama dari perusahaan. Sebab setelah berbulan-bulan beroperasi, seringkali para pekerja lupa terhadap tujuan atau visi misi awal perusahaan tersebut dibuat. 

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa employee evaluation online ini memegang peranan yang cukup penting dalam operasional perusahaan. Terlebih di situasi yang sedang sulit seperti saat ini. Di mana banyak karyawan yang merasa jenuh untuk bekerja dari rumah tanpa bisa  bertemu dengan rekan kerjanya.

Nah, pihak perusahaan harus mencoba memberikan solusi pasti yang dapat menghibur mereka semua dan mengembalikan semangat kerjanya. Misalnya dengan menawarkan keseruan lewat Zoom Meeting, entah itu bernyanyi bersama, bermain game atau hal-hal lain yang biasa dilakukan pada saat di kantor.

Dengan demikian meski satu karyawan dengan yang lain terpisah jarak. Namun suasana kerja mereka di kantor masih akan terasa. 

Peran Penting Employee Evaluation Online

Peran Penting Employee Evaluation Online

Jika Anda sempat bertanya apa sih perlunya employee evaluation online ini diterapkan dalam perusahaan? Jawabannya, sangat perlu. Mengingat kinerja seorang karyawan merupakan hal yang fluktuatif. Artinya, ia bisa naik turun kapan pun yang dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Mulai dari internal perusahaan maupun faktor eksternal.

Perusahaan perlu melakukan evaluasi kinerja karyawan ini secara berkala untuk memastikan bahwa semua masih berada dalam porsinya dan masih ingat terhadap tujuan awal dari perusahaan tersebut. Sebab, menurunnya kualitas pekerjaan dari seorang karyawan dapat memberikan dampak ke operasional juga mempengaruhi kinerja karyawan yang lain.

Itulah kenapa, evaluasi sangat penting untuk dilakukan terutama dalam mengidentifikasi masalah yang dialami oleh salah seorang karyawan.

Selain itu, fungsi lain dari diadakannya evaluasi karyawan adalah untuk mengukur efektivitas kinerjanya, membedah kualitas pekerjaan yang dihasilkan, mencari tahu setiap kekuatan dan kelemahan dari masing-masing karyawan serta menggali potensi yang ada di dalam diri mereka.

Jadi, tidak ada alasan lagi bagi pihak perusahaan yang menganggap bahwa evaluasi kinerja karyawan bukanlah suatu hal yang krusial. Padahal kenyataannya, untuk mengembangkan sebuah bisnis, terlebih dahulu Anda harus mengembangkan sumber daya yang ada di dalamnya. Dengan demikian, proses menuju skala bisnis yang semakin besar dapat berjalan dengan lebih mudah dan lancar.

Kelebihan Employee Evaluation Online

Kelebihan Employee Evaluation Online

Seiring dengan perkembangan teknologi yang bergerak ke arah progresif, membuat banyak pekerjaan dapat diselesaikan dengan cara yang lebih praktis. 

Nah, untuk menyelesaikan permasalahan evaluasi karyawan tersebut, perusahaan dapat melakukannya secara online dengan mengumpulkan data-data dari setiap pekerja. Nantinya data tersebut harus diolah dan dilakukan analisis untuk membantu perbaikan sistem dan mencari solusi dari setiap permasalahan dengan rasional.

Di bawah ini kami sudah rangkumkan beberapa kelebihan dari employee evaluation yang dilakukan secara online.

1. Lebih hemat waktu

Tak perlu repot-repot melakukan evaluasi dengan cara konvensional yang memakan banyak waktu. Anda bisa mengumpulkan data dari seluruh karyawan dan mengolahnya lewat software human resource yang dapat diakses secara online.

Dengan demikian proses evaluasi dapat berjalan dengan lebih cepat dan praktis. Tentunya Anda juga akan mendapatkan hasil analisa yang tepat dan akurat.

2. Real time

Penilaian kinerja karyawan yang dilakukan via online akan terekam dan dapat diakses secara real time. Hal ini memungkinkan siapapun yang memiliki akses atau bertanggung jawab dengan data kinerja karyawan tersebut bisa langsung mengetahui kualitasnya saat itu juga. Dengan demikian, efisiensi pekerjaan pun akan meningkat tanpa harus menunggu lama.

3. Kemudahan dalam menerima feedback

Setelah kinerja karyawan diperiksa dan diperhatikan oleh pihak dalam perusahaan yang berwenang. Karyawan yang bersangkutan dapat langsung mengetahui bagaimana kualitas pekerjaan mereka menurut divisi human resource maupun pimpinan perusahaan. Selain itu, karyawan juga dapat menerima feedback dari karyawan lain maupun dari atasan. 

Penutup

Jojo Times

Nah, itulah tadi sekilas informasi mengenai employee evaluation online lengkap mulai dari definisi, peran penting hingga kelebihannya bagi perusahaan. Jadi, sudahkah perusahaan Anda menjalankan evaluasi kinerja karyawan ini? Jika belum, yuk segera implementasikan evaluasi kinerja karyawan sekarang juga.

Untuk membantu Anda dalam melakukan evaluasi dan pengamatan terhadap kinerja karyawan. Anda bisa menggunakan Jojo Times, sebuah aplikasi absensi online yang juga dapat digunakan untuk memantau setiap aktivitas karyawan secara real time.

Aplikasi ini memungkinkan Anda dapat mengetahui di mana lokasi karyawan saat itu juga. Apakah sedang bertemu dengan klien atau tengah melakukan perjalanan kerja ke luar kota? Kemudian, Anda juga dapat mengawasi gerak gerik karyawan dan melihat apa yang sedang mereka kerjakan. Dengan demikian, aplikasi ini dapat menghindarkan Anda dari risiko terjadinya penipuan. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Times dan permudah cara Anda dalam memantau kinerja karyawan sekarang juga!