Cara Mudah Menciptakan Employee Experience Dalam Perusahaan

employee experience

Employee experience atau yang biasa disingkat EX tampaknya menjadi sebuah istilah baru terutama di bidang human capital. Maka tak heran bila istilah ini masih terasa asing di telinga masyarakat awam. Istilah employee experience ini sebenarnya merujuk pada sebuah organisasi beserta seluruh personelnya yang bekerja sama dengan membangun pengalaman kerja yang bersifat otentik serta dapat dipersonalisasi.

Dengan adanya hal ini maka akan timbul gairah kerja sehingga tim dan individu di suatu organisasi dapat bekerja dengan lebih bersemangat. Ide baru dan inovasi akan selalu muncul pada para pekerja. Tidak hanya itu saja tetapi produktivitas juga akan semakin meningkat karena adanya kinerja yang semakin diperkuat.

Menciptakan Employee Experience

Memahami arti dari employee experience

Untuk dapat menciptakan atau membangun employee experience maka sudah tentu Anda perlu memahami arti dari istilah tersebut. Pemahaman terhadap arti dan makna dari istilah tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari mencari informasi mengenai segala hal yang berkaitan dengan istilah tersebut hingga bertanya secara langsung pada ahli human capital atau sejenisnya.

Memenuhi elemen wajib

Beberapa elemen wajib yang dapat memberikan pengaruh pada employee experience antara lain lingkungan sosial dan kultur serta kemajuan teknologi. Membangun employee experience atau EX tentu bisa dilakukan oleh pihak perusahaan jika seluruh elemen tersebut bisa terpenuhi. Artinya karyawan harus memiliki pandangan mengenai kondisi lingkungan kerjanya dengan berdasar pada ketiga elemen tersebut.

Mengumpulkan informasi tentang karyawan

Setiap karyawan tentu saja memiliki ciri atau karakter serta latar belakang yang berbeda. Namun sebaiknya perusahaan bisa mengenal karyawannya. Setidaknya perusahaan bisa melibatkan divisi HR untuk bisa mengenal latar belakang tiap pekerja. Dengan adanya informasi lengkap mengenai karyawan maka tentunya perusahaan akan menjadi lebih mudah dalam melakukan upaya untuk meningkatkan pengalaman kerja pegawai.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Meningkatkan komunikasi

Komunikasi yang berjalan secara baik dan lancar tentu diinginkan agar bisa terjadi di setiap perusahaan. Dengan adanya komunikasi yang terjalin baik antara pihak karyawan dengan pihak perusahaan maka EX akan dapat tercapai dengan lebih mudah. Komunikasi memang merupakan hal penting yang tidak dapat disepelekan. Sebab melalui komunikasi maka hubungan kerja bisa terus terjalin dengan baik dan bahkan diliputi suasana kekeluargaan.

Mengatur sistem partner employee experience

Mungkin saja Anda bisa mengatur sistem partner di lingkungan perusahaan dengan baik. Sebagai contoh Anda bisa menempatkan karyawan baru untuk berada di divisi yang sama dengan karyawan lama. Bahkan jam kerja karyawan baru dan karyawan lama atau senior juga bisa dijadwalkan secara bersamaan. Maka karyawan lama atau karyawan senior bisa melatih karyawan baru. Hingga akhirnya karyawan baru bisa mempelajari hal baru sehingga bisa menambah pengalaman kerjanya.

Mengadakan pelatihan

Pelatihan turut menjadi hal atau bagian penting yang harus dilakukan oleh perusahaan dalam upaya meningkatkan skill karyawan, sehingga membuat para karyawan bisa semakin mengembangkan keahlian atau kemampuannya, serta akan membuat karyawan menjadi lebih terbiasa dalam menjalankan berbagai tugas atau tanggung jawabnya di perusahaan. Oleh karena itu pelatihan untuk para karyawan perlu dilakukan dengan cara perencanaan dan metode yang tepat. Selain itu tujuan pelatihan inijuga haruslah jelas.

Mewujudkan lingkungan kerja kondusif

Lingkungan kerja sudah tentuharus diusahakan agar dapat membuat karyawan dapat bekerja dengan baik. Setidaknya karyawan perlu merasakan kenyamanan di tempat kerjanya sehingga karyawan dapat bekerja dengan lebih tenang. Maka dari itu Anda perlu menciptakan suasana kerja yang kondusif bagi para karyawan. Suasana kerja yang kondusif akan semakin mendukung terciptanya employee experience bagi para karyawan.

Manfaat Employee Experience

Mewujudkan employee engagement

Employee engagement pada dqasarnya merupakan suatu gambaran mengenai kondisi sikap dan perilaku karyawan yang bersifat positif terhadap pekerjaannya. Dalam hal ini pekerjaakan memberikan dedikasinya pada perusahaan sehingga perusahaan bisa mencapai tujuannya dengan lebih mudah. Dedikasi ini diberikan dengan disertai adanya semangat tinggi yang menunjang adanya produktivitas tinggi.

Employee experience membenahi manajemen perusahaan

Manajemen perusahaan yang identik dengan sistem pengelolaan perusahaan merupakan hal yang tidak dapat disepelekan. Sebab sistem manajemen yang ada pada perusahaan pada akhirnya akan turut berpengaruh pada kinerja karyawan. Oleh karena itu pengalaman pekerja perlu untuk di tingkat sehingga hal ini akan memberikan dampak yang baik pada pola manajemen di suatu perusahaan. Manajemen perusahaan akan berjalan dengan adanya strategi yang positif sehingga perusahaan bisa mengalami kemajuan.

Mempelajari segala kekurangan

Dengan adanya employee experience maka peningkatan kinerja para karyawan di suatu perusahaan bis ditingkatkan. Tentu saja kondisi ini bisa semakin membantu perusahaan dalam mengetahui berbagai kelemahan atau kekurangan yang dimilikinya. Adanya berbagai kekurangan di perusahaan juga bisa dilihat dan ditelusuri secara lebih dalam sehingga bisa dipelajari. Dengan mempelajari berbagai kekurangan yang ada di perusahaan maka segala upaya bisa dilakukan untuk mengatasi setiap kekurangan tersebut.

Meningkatkan kinerja karyawan

Terwujudnya pengalaman kerja bagi para karyawan pada akhirnya dapat semakin meningkatkan kinerja karyawan. Sebab peningkatan pengalaman karyawan ini biasanya dilakukan dengan berbagai upaya. Seperti misanya adanya perlatihan dan pengembangan skill serta hal lain sejenisnya. Berbagai upaya yang dilakukan oleh perusahaan tentunya akan mendorong karyawan untuk semakin menambah pengalaman kerjanya. Maka karyawan akan semakin produktif dan juga dapat bekerja secara efektif.

Pentingnya Employee Experience

Employee experience yang berfokus pada pengalaman para karyawan rupanya merupakan suatu hal penting bagi perusahaan yang ingin terus maju dan berkembang. Sebuah perusahaan memang akan mengalami transformasi ke arah yang lebih baik jika memang aset penting yang ada di perusahaan bisa dipertahankan dan juga mengalami peningkatan.

Salah satu aset perusahaan yang dimaksud adalah para tenaga kerja yang menjadi roda penggerak perusahaan. Maka tentunya perusahaan perlu menerapkan strategi yang dapat membuat pelanggan bisa selalu membeliproduk keluaran perusahaan Anda. Untuk meraihnya maka Anda perlu meningkatkan produktivitas para karyawan dengan melakukan upaya peningkatan pengalaman para karyawan. Dengan adanya employee experience maka perusahaan Anda akan selalu memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan.

Tentu saja employee experience ini sama pentingnya dengan keuangan perusahaan. Ada baiknya menggunakan sistem keuangan yang lebih efektif dan efisien, contohnya melalui penggunaan JojoExpense. Dengan produk ini maka pengeluaran maupun pemasukan keuangan dapat dimonitor lebih terpadu. Bukan hanya itu saja, tetapi resiko kecurangan juga bisa dihindari semaksimal mungkin.

Tentunya hal ini berkat beberapa fitur menarik dari JojoExpense. Sebut saja fitur pengaturan reimbursement, pengaturan cash advance dan pelaporan keuangan perusahaan secara otomatis. Sehingga tentu bisa memudahkan perusahaan dalam pelaksanaan keuangan secara menyeluruh. Oleh sebab itu beralihlah pada produk yang satu ini. Percayakan keuangan perusahaan Anda pada JojoExpense dan dapatkan coba gratis selama 14 hari sekarang juga.