Mau Produk Bisnis Lebih Dikenal? Endorse Salah Satu Caranya!

Kamu pasti sering mendengar istilah yang satu ini, kan? Di zaman sekarang ini, banyak sekali orang atau pengusaha menggunakan endorse melalui orang lain untuk memasarkan produknya. Sehingga jumlah pelanggan dan penjualan bisnisnya meningkat.

Mungkin, endorse lebih sering digunakan di media sosial dan dilakukan oleh selebgram atau artis. Tapi, jangan salah, sekarang ini semua jenis usaha bisa melakukan endorse supaya produknya lebih diminati pelanggan lho. Tapi, sebelum melakukan endorse, yuk kita baca dulu pengertian, manfaat, dan panduan melakukan kegiatan ini bersama-sama!

Pengertian Endorse untuk Memasarkan Produk Bisnis

Endorse atau yang sering disebut dengan endorsement merupakan sebuah dukungan yang diberikan oleh seseorang yang sudah menjadi terkenal, terhadap suatu produk yang dijual oleh suatu bisnis atau perusahaan.

Nah, biasanya yang membuka jasa ini adalah artis, selebgram (seleb instagram), dan orang yang memiliki pengikut banyak di instagram. Selain memiliki jumlah followers yang banyak, seorang endorser juga harus mememiliki engagement (comments dan likes) yang banyak dalam akun instagram mereka, untuk memastikan banyak pelanggan yang melihat produk yang di endorse-nya.

Oops! We could not locate your form.

Endorse sebagai salah satu kegiatan promosi ini juga dilakukan untuk memperkenalkan barang atau produk kepada masyarakat luas. Tujuannya  untuk mendapatkan pelanggan yang tertarik untuk membeli produk yang dipromosikan. Kegiatan marketing yang memanfaatkan endorse ini merupakan cara modern yang memungkinkan produk kamu bisa dikenal oleh masyarakat luas hanya dalam hitungan detik dengan bantuan media sosial. Hebat, kan?

Tapi, kamu harus melakukan seleksi atau pemilihan target influencer untuk meng-endorse produk yang kamu  dengan cermat dan teliti. Hal ini karena tidak semua orang terkenal atau influencer bisa memberikan harga yang terjangkau untuk melakukan endorse produk-produk kamu.

Pada dasarnya, masing-masing influencer memiliki target minimal untuk harga per-endorse masing-masing produk. Kalau kamu mematok harga yang relatif mahal, maka hasil yang didapatkan setelah produk yang di endorse oleh seorang influencer tersebut bisa laris terjual dengan cepat.

Manfaat Endorse untuk Pemasaran Perusahaan

Endorse ini merupakan salah satu strategi pemasaran secara online yang efektif untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Berikut ini beberapa keuntungan endorse yang perlu kamu ketahui untuk memasarkan produk bisnis kamu :

Lebih Hemat Biaya Pemasaran

Sekarang, kamu tidak perlu lagi menyiapkan dana pemasaran produk atau sibuk mencetak brosur dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu mencari selegram yang berpotensi dan kira-kira cocok dengan produk kamu. Cara ini bisa lebih menekan biaya daripada harus mempromosikan lewat iklan lainnya. Misalnya televisi, radio, maupun media cetak seperti koran dan majalah, kan?

Penjualan Meningkat Cepat

Dengan adanya endorse, penjualan produk kamu bisa semakin meningkat dengan sangat cepat. Karena, produk kamu sudah dikenal oleh banyak orang, dan banyak masyarakat akan semakin tertarik untuk memiliki produk tersebut. Karena itu, dengan melakukan endorse produk kamu  bisa mendatangkan keuntungan yang lebih dari harga yang dibayarkan pada jasa endorse.

Hal ini juga karena biasanya seorang public figure atau influencer akan menjadi trendsetter bagi para fans-nya. Dengan demikian, kemungkinan kamu mendapatkan peningkatan penjualan akan sangat tinggi lho.

Media Promosi

Melakukan endorse atau endorsement akan berdampak positif dalam kegiatan pemasaran produk kamu. Dengan melakukan endorse produk kepada selebgram, produk kamu akan dikenal lebih luas. Hal ini karena followers selebgram tersebut akan memperhatikan produk yang diposting melalui akun selebgram, dan mendapatkan tambahan followers, like, sehingga order produk kamu juga akan semakin bertambah.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Kepercayaan Pelanggan Meningkat

Ketika produk kamu di-endorse oleh seorang influencer atau public figure yang memiliki citra positif dalam sudut pandang masyarakat umum, hal ini bisa membuat masyarakat percaya akan apa yang disampaikan oleh influencer atau public figure tersebut.

Karena itu, kepercayaan konsumen akan menjadi mengalami peningkatan karena produk yang dipromosikan sangat menarik perhatian dan disampaikan dengan penuh kepercayaan. Hal ini bisa menyebabkan meningkatnya kepercayaan konsumen terhadap produk dan bisnis kamu, bahkan bisa untuk jangka waktu yang lama.

Panduan Melakukan Endorse Sesuai Budget

Nah, apa kamu tertarik untuk melakukan endorse ini, apalagi setelah mengetahui keuntungannya? Jangan terburu-buru dulu ya, karena ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan supaya biaya promosi kamu tidak membengkak atau melebihi budget yang sudah ditetapkan, yaitu :

Sediakan Dana yang Cukup

Akan lebih baik kalau kamu melakukan pemisahan dana dalam bisnis. Terutama untuk mengetahui dana yang masuk dana produksi, dana marketing, dan laba yang diperoleh. Karena hal ini sebaiknya dilakukan sejak dari awal supaya keuangan perusahaan kamu bisa lebih terorganisir dengan baik dan mendapatkan laba.

Perhatikan Budget untuk Promosi

Nah, saat pertama kamu membuat suatu bisnis, jangan buru-buru menghabiskan dana kamu untuk endorse ya. Kenapa? Karena biaya endorse itu tidak murah lho, apalagi kalau kamu memilih jasa artis sebagai endorser, kamu harus mengeluarkan budget hingga jutaan rupiah sesuai dengan perjanjian dengan artis tersebut.

Untuk awal memulai bisnis, kamu bisa mencoba untuk menaikkan followers secara gratis atau dengan bantuan Instagram Ads. Walaupun kamu tetap mengeluarkan uang saat split test, tapi dananya bisa ditekan semaksimal mungkin.

Tentukan Target Artis atau Influencer

Jangan lupa untuk menentukan target artis atau influencer endorse yang terbaik dan jangan asal-asalan ya. Menentukan target endorse juga harus mewakili target pasar kamu.

Misalnya, produk yang kamu  jual adalah tote bag, maka target pasarnya adalah anak muda sehingga kamu harus memilih artis endorse yang memiliki  latar belakang sama. Jangan sampai kamu  salah pilih artis endorse, karena bisa membuat target pasar kamu tidak tepat sasaran dan produk kamu akan susah untuk laku terjual.

Usahakan Endorse Secara Rutin

Salah satu cara untuk meningkatkan penjualan yaitu dengan melakukan endorse secara rutin, misalnya, 2 minggu sekali atau paling tidak sebulan sekali. Karena dengan kamu sering endorse, maka semakin dikenal produk kamu di masyarakat. Kamu jadi tidak perlu repot menyakinkan konsumen tentang kelebihan produk kamu karena sudah dikenal dan diminati oleh masyarakat.

Pastikan Stok Produk Cukup

Hal penting lainnya yang harus disiapkan yaitu, stok produk yang di endorse. Pastikan kalau kamu memiliki stok yang banyak dan cukup. Karena biasanya konsumen menginginkan produk yang sama persis dengan apa yang dikenakan idolanya tersebut. Sayang sekali kan, kalau tingkat pelanggan tinggi tapi karena stok produk tidak mencukupi jadi kamu tidak bisa menjual produk kamu lebih banyak?

Catat Penjualan dengan Baik

Hal terakhir tapi juga sangat penting yang harus kamu lakukan setelah melakukan endorse yaitu dengan mencatat seluruh penjualan yang dihasilkan di dalam laporan keuangan. Dengan melakukan pencatatan keuangan secara teratur dan sesuai, kamu bisa melihat keuntungan yang didapat dan mengatur budget agar tidak melebihi pemasukan.

Bagaimana? Kamu tertarik untuk menggunakan influencer atau selebgram untuk membantu mempromosikan atau meng-endorse produk bisnis kamu? Jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal diatas ya supaya penjualan produk kamu bisa sukses dan meningkat secara maksimal.

Jangan lupa juga untuk mengatur dan membuat laporan keuangan perusahaan kamu supaya bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Karena itu, kamu sangat bisa menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic ini yang dijamin membuat laporan keuangan kamu lebih teratur dan akurat dengan sistem otomatisnya. Privasi keuangan kamu juga lebih terjaga dan lebih efisien karena bisa kamu cek dan pantau dimanapun kamu berada dengan gadget kamu. Yuk, coba aplikasi yang keren ini sekarang!