Berbagai Jenis Energi Alternatif Dan Manfaatnya Dalam Kehidupan

energi alternatif

Energi alternatif sekarang ini tampaknya menjadi suatu istilah yang seolah sednag trend. Banyak orang yang membicarakannya dan bahkan berusaha untuk mendapatkan serta menghasilkannya. Energi alternatif pada dasarnya merupakan kata yang mengacu pada seluruh jenis sumber energi yang sekiranya bisa digunakan untuk menggantikan bahan bakar konvensional. Proses penggantian bahan bakar ini tentu saja diupayakan agar tidak sampai memberikan akibat kepada lingkungan sekitar.

Memang pada dasarnya suatu energi alternatif diupayakan agar bisa menggantikan bahan bakar fosil terutama dalam menghasilkan energi. Dalam hal ini penggunaan energi tentunya tidak akan menambah masalah baru sehingga bisa dinilai cenderung bersifat aman. Oleh karena itu tidak ada salahnya bila istilah energi alternatif semakin didalami maknanya. Mulai dari fungsinya dan cara penggunaannya hingga manfaatnya di dalam kehidupan manusia.

Keuntungan Energi Alternatif

Bisa digunakan secara terus-menerus

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari penggunaan energi alternatif untuk kehidupan manusia. Salah satu keuntungan yang bisa dirasakan secara langsung oleh manusia adalah bisa digunakan secara terus-menerus. Penggunaan atau pemanfaatannya bisa terjadi terus-menerus sebab energi atau bahan bakar yang terbuat dari bahan alami ini tergolong ke dalam jenis sumber daya alam yang bisa diperbarui. Maka bahan alami yang digunakan sebagai energi pengganti ini tidak akan habis. Oleh karena itu energi pengganti yang dibuat dari bahan alami sangatlah direkomendasikan karena bersifat tidak cepat habis dan bisa diperbarui.

Mengurangi dampak polusi

Keuntungan lain dari penggunaan energi pengganti yang terbuat dari bahan alami adalah tidak adanya dampak negatif yang ditimbulkan pada lingkungan sekitar. Setiap sumber daya alam yang dapat diperbarui memang umumnya tidak menimbulkan polusi. Dengan kata lain penggunaan energi ini tidak akan merusak kondisi lingkungan sekitar. Maka bisa dibilang bahwa sumber energi pengganti yang terbuat dari bahan alami tersebut bersifat ramah lingkungan. Bahkan penggunaannya tidak akan menambah dampak dari pemanasan global. Maka tak heran bila penggunaannya semakin diupayakan untuk dilakukan di mana saja.

Menghemat biaya

Penggunaan energi yang terbuat dari sumber daya alam dapat diperbarui sudah tentu dapat menghemat biaya. Umumnya seluruh sumber daya alam yang dapat diperbarui tidak memerlukan biaya khusus karena setiap orang bisa mendapatkannya secara gratis. Maka bisa dibilang bahwa penggunaan energi pengganti baik sebagai bahan bakar maupun hal lainnya tentu bisa membuat pengeluaran menjadi lebih irit. Namun sekalipun sumber energi ini bisa didapatkan secara gratis tetap saja alangkah baiknya bila setiap orang bisa menggunakannya secara tidak boros.

Memenuhi keperluan manusia

Kehadiran energi alternatif tentu saja sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Sebab energi pengganti ini memang dibuat dengan tujuan untuk memenuhi segala kebutuhan dan keperluan hidup manusia. Kebutuhan manusia yang tadinya bisa dicukupi oleh adanya bahan bakar fosil kini bisa beralih dengan menggunakan sumber daya alam yang dapat diperbarui atau dilestarikan dan bisa terus ada secara terus-menerus. Dengan adanya berbagai sumber energi alternatif maka diharapkan agar kehidupan manusia dapat terus berjalan dengan baik.

Jenis Energi Alternatif

Panas matahari

Matahari merupakan sumber energi panas terbesar di bumi ini. Rupanya energi yang dipancarkan oleh matahari ini bisa dijadikan sebagai sumber energi pengganti bahan bakar fosil. Tentunya pemanfaatan energi dari panas matahari tidak akan membuat polusi sehingga hal ini bisa menjadi cara terbaik untuk mempertahankan kelangsungan hidup manusia dan bahkan makhluk hidup lainnya.

Panas bumi

Panas bumi juga bisa dijadikan sebagai salah satu sumber energi pengganti. Energi panas bumi ini juga diketahui bersifat ramah lingkungan karena cenderung tidak menimbulkan polusi dan tidak mengakibatkan kerusakan lingkungan. Panas bumi ini sering puka disebut dengan istilah geothermal dan digunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk pemanas ruangan. Panas bumi ini umumnya dianggap sebagai sumber energi alternatif potensial bagi negara.

Angin

Jenis energi alternatif lainnya yang juga banyak digunakan oleh manusia adalah energi angin. Sumber energi ini pada dasarnya terbuat dari hasil hembusan angin yang kemudian diolah dan dikumpulkan hingga menjadi suatu energi yang cukup besar. Energi angin ini biasanya dihasilkan dengan cara menggunakan alat bernama kincir angin.

Air

Kehadiran air sangatlah oenting bagi kehidupan manusia. Sebab air dibutuhkan untuk mempertahankan kelangsungan hidup bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Air juga dijadikan sebagai energi pengganti dengan cara memanfaatkan kekuatannya. Energi air ini biasanya disebut pula dengan istilah hydropower. Biasanya untuk menghasilkan kekuatan dan energi dari air maka dibuatlah suatu bendungan.

Gelombang air laut

Satu lagi sumber daya alam yang juga dapat digunakan sebagai energi alternatif yaitu gelombang air laut. Tenaga dari gelombang air laut ini biasanya diambil dengan cara unik. Prinsip kerja dari pembuatan energi dari gelombang air laut ini adalah memanfaatkan gelombang air laut yang masuk ke kolom osilasi sehingga dapat menggerakkan turbin. Lalu turbin ini dihubungkan dengan suatu alat mesin bernama generator. Dari generator inilah nantinya bisa dihasilkan energi listrik. Jadi gelombang air laut bisa dijadikan sebagai penghasil energi listrik.

Biogas

Biogas saat ini semakin banyak menjadi bahan perbincangan. Bahkan sekarang ini banyak kaum akademik yang seolah berlomba untuk menciptakan energi dari biogas tersebut. Sebenarnya biogas merupakan salah satu sumber energi alternatif yang merupakan hasil dari aktivitas anaerobik. Misalnya saja seperti kotoran manusia dan hewan serta limbah rumah tangga dan juga sampah jenis hayati yang tentunya bisa didaur ulang.

Pemanfaatan Energi Alternatif

Energi alternatif semakin menjadi suatu hal baru yang banyak diciptakan sekaligus dimanfaatkan dalam kehidupan manusia. Contoh yang paling gampang adalah adanya kendaraan yang digerakkan oleh panas matahari dan juga angin sebagai pengganti dari bahan bakar fosil.  Selain itu ada pula penggunaan biogas yang terbuat dari kotoran hewan sebagai sumber energi pengganti gas misalnya untuk memasak. Pemanfaatan energi alternatif ini diharapkan agar bisa terus digunakan terutama yang menggunakan sumber daya alam dapat diperbarui sehingga sumber energi tidak akan habis.

Adapun pengelolaan energi alternatif seperti halnya dalam pengelolaan sistem payroll untuk pembayaran gaji karyawan. Sebaiknya pilih aplikasi yang telah teruji efektif dan bermanfaat. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi JojoPayroll. Sehingga pembayaran payroll lebih cepat, lebih akurat, serta lebih otomatis.

Hal tersebut karena JojoPayroll memiliki beberapa fitur yang menarik. Fitur ini meliputi sebagai berikut:

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Maka dari itu jangan ragu jika ingin beralih pada aplikasi payroll yang satu ini. Segera daftarkan perusahaan Anda dan gunakan aplikasi payroll dari Jojonomic. Dapatkan coba gratis selama 14 hari dan rasakan manfaatnya.