Evangelism Marketing Sebagai Teknik Pemasaran Efektif

evangelism marketing

Evangelism marketing merupakan istilah yang banyak djumpai di bidang pemasaran. Istilah ini sebenarnya merupakan bagain dari sistem pemasaran yang dinilai bisa menguntungkan sebuah brand. Namun inti dari sistem marketing ini adalah pemasaran yang dilakukan dengan teknik word of mouth atau dari mulut ke mulut.

Jadi dalam pemasaran ini digunakan teknik memanfaatkan pelanggan untuk membawa kabar baik mengenai produk Anda yang sedang ditawarkan. Pelanggan akan menggunakan mulutnya untuk menceritakan keunggulan kompetitif dari produk Anda pada orang lain. Demikian orang lain juga akan menceritakannya pada orang yang lainnya juga. Hingga akhirnya produk Anda dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini tentu bisa membuat produk Anda menjadi semakin laris di pasaran.

Faktor Terjadinya Evangelism Marketing

Konsumen merasa puas

Biasnaya seseorang cenderung menceritakan pengalamannya kepada orang lain. Termasuk saat seseorang merasa puas dengan kualitas produk. Atau bisa juga saat orang tersebut merasa puas dengan layanan dari suatu perusahaan. Jika Anda merasa puas dengan hasil dari suatu produk maka kemungkinan besar Anda akan menceritakannya pada orang lain. Maka orang lain akan mulai tertarik pada produk yang Anda gunakan karena adanya cerita Anda. Dalam hal ini nama baik brand produk yang Anda gunakan akan meningkat.

Adanya komunitas

Mungkin saja seseorang tidak suka berbicara dengan orang lain. Atau mungkin juga seseorang tidak berbeicara dengan orang lain karena terlalu sibuk atau banyaknya aktivitas yang harus dijalaninya. Atau bisa juga karena orang tersebut memang pendiam. Namun saat Anda tergabung ke dalam suatu komunitas maka hal ini akan mendorong Anda untuk melakukan suatu pembicaraan. Bahkan segala macam topik bisa saja diangkat dalam pembicaraan Anda dengan anggota komuitas Anda. Termasuk topik mengenai suatu brand produk yang diluncurkan oleh sebuah perusahaan. Tanpa disadari selama Anda dan anggota komunitas lainnya membicarakan produk atau brand perusahaan maka produk atau brand tersebut akan selalu muncul dalam benak Anda sekalian.

Topik pembicaraan

Tidak semua hal bisa menjadi topik yang menarik untuk dibicarakan. Namun kepuasan konsumen atas penggunaan suatu produk bisa saja menjadi suatu topik pembicaraan yang menarik. Jika Anda berbicara tentang manfaat suatu produk dan kualitasnya maka bisa saja orang lain tertarik dengan pembicaraan Anda. Terlebih lagi jika lawan bicara Anda tersebut sedang membutuhkan informasi mengenai produk yang telah Anda gunakan. Maka evangelism marketing yang terjadi dalam hal ini tentu akan memberikan manfaat tersendiri. Sebab hal ini bisa membantu seseorang untuk mendapatkan informasi lebih mengenai suatu produk atau suatu brand perusahaan tertentu.

Kelebihan Evangelism Marketing

Sumber informasi

Mungkin saja saat ini Anda sedang membutuhkan informasi mengenai suatu produk atau suatu brand produk tertentu. Jika Anda bingung mencari informasi detail mengenai brand produk tersebut maka Anda mungkin bisa mencarinya dnegan sumber pelanggan produk. Anda bisa bertanya pada orang lain yang pernah menggunakan produk yang ingin Anda gunakan. Hal ini tentu akan sangat mudah untuk dilakukan. Sebab proses penyampaian informasi dari mulut ke mulut begitu mudah untuk dilakukan. Terlebih lagi di masa sekarang ini perkembangan teknologi semakin canggih sehingga komunikasi bisa dilakukan melalui dunia digital. Maka Anda bisa memanfaatkan dunia digital ini untuk mendapat testimoni atau review produk dari pelanggan lainnya.

Bersumber dari pengalaman

Mungkin saja selama ini Anda mengetahui manfaat suatu produk dari iklan atau promosi yang pernah Anda jumpai. Namun hal ini bisa saja membuat Anda menjadi ragu. Tentunya hal ini akan berbeda jika Anda mengetahuimanfaat suatu produk dari orang lain. Terlebih lagi dari orang yang sudah pernah menggunakan produk tersebut. Maka Anda akan lebih mudah mempercayainya karena Anda melihat secara langsung hasil dari pengguanan produk. Memang evangelism marketing merupakan suatu strategi pemasaran yang bisa dibilang sangat efektif. Sebab hal ini cenderung terjadi karena adanya pengalaman dari pelanggan produk. Tentunya pelanggan dalam hal ini sudah merasakan manfaat produk secara langsung dan kemudian menyampaikan pada ornag lain mengenai hasil pemakaian produk.

Terjadi kapan saja

Teknik yang ada dalam proses evangelism marketing pada dasarnya sangat mudah terjadi. Sebab hal ini tidak membuathakan media dan peralatan khusus. Pemasaran suatu brand produk yang terjadi dengan sistem word of mouth atau dari mulut ke mulut tentu hanya membutuhkan media komunikasi saja. Jadi saat Anda berbicara dengan orang lain bisa saca baik disadari atau tanpa disadari Anda menyampaikan kualitas suatu brand produk. Selain itu Anda juga bisa saja secara sadar atau tanpa sadar merekomendasikan suatu brand produk pada lawan bicara Anda. Disini tentunya terjadi suatu proses promosi atau marketing. Jika lawan bicara Anda kemudian tertarik dengan produk yang Anda ceritakan lalu membelinya maka bukan tidak mungkin ia akan mnejaid pelanggan setia dari brand produk tersebut.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Proses cepat

Terjadinya proses pembicaraan dan penyampaian produk dari mulut ke mulut tentu merupakan proses yang cepat. Sebab hal ini bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Bahkan terjadinya hal ini tidak dibatasi oleh hal apapun. Terjadinya word of mouth memang bisa terjadi tanpa adanya batasan baik batasan wkatu dan tempat dan lainnya. Saat Anda berada dalam suatu komunikasi maka bisa saja terjadi proses marketing dalam komunikasi Anda. Maka disini bisa disebut terjadi evangelism marketing.

Penerapan Evangelism Marketing

Evangelism marketing tanpa disadari sebenarnya sudah terjadi sejak zaman dulu. Bahkan di zaman sebelum era digital berkembang dengan sangat baik seperti sekarang ini. Di dalam suatu teknik evangelism marketing ini terdapat reputasi dan nama baik prand bisnis Anda yang dipertaruhkan pada mulut pelanggan. Sebab dalam hal ini pelanggan akan menceritakan pengalaman yang diperolehnya selama menggunakan produk Anda. Di dunia digital seperti sekarang juga tentunya hal ini bisa terjadi. Bahkan penggunaannya semakin berkembang. Pelanggan bisa saja menggunakan media digital untuk menyampaikan pengalamannya saat menggunakan produk Anda. Bahkan bisa saja terbentuk komunitas pelanggan yang dapat memperkuat brand produk Anda.

Tentunya penerapan evangelism marketing tersebut seperti layaknya penerapan sistem keuangan yang tepat untuk perusahaan. Misalnya melalui penggunaan JojoExpense. Dengan produk yang satu ini maka perusahaan dapat mengatur keuangan secara lebih efektif dan efisien. Bukan hanya itu saja, tetapi seluruh pengeluaran dan pemasukan perusahaan dapat tercatat secara resmi dan akurat.

Hal ini dapat diperoleh berkat fitur-fitur andalan dari JojoExpense sendiri. Beberapa fiturnya meliputi poin-poin berikut di bawah ini.

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Jadi, jangan ragu untuk beralih pada JojoExpense. Daftarkan perusahaan Anda sekarang dan dapatkan coba gratis untuk 14 hari dan membuktikan kehebatan produk tersebut. Selamat mencobanya!