Trik Memasarkan Produk dengan Event Marketing

event

Tujuan utama dilakukannya kegiatan pemasaran ialah menarik perhatian audiens melalui pengenalan akan produk yang dihasilkan. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, perusahaan harus dapat mencari dan memanfaatkan kesempatan dengan baik untuk memperkenalkan produk, salah satunya melalui event. Event Marketing merupakan momen yang terbaik untuk memperkenalkan brand image sebuah produk secara langsung.

Event Marketing merupakan bagian dari experimental marketing dan content marketing. Strategi ini berfokus pada pengenalan produk melalui event, baik yang diadakan oleh perusahaan maupun pihak lain. Di Indonesia terdapat banyak sekali organisasi yang menggelar event untuk mendukung para pebisnis pemula.

Apa yang dimaksud dengan Event Marketing?

Menurut Belch (2012), Event Marketing merupakan jenis promosi dimana perusahaan atau brand dikaitkan dengan suatu acara atau kegiatan yang memiliki tema. Hal tersebut biasanya dilakukan dalam rangka memperkenalkan brand produk atau layanan tertentu sekaligus menciptakan pengalaman bagi calon konsumen. Jika dijalankan dengan sukses, Event Marketing akan menimbulkan kesan positif dalam ingatan audiens. Sehingga meskipun mereka tidak langsung membeli pada saat yang sama, namun mereka mungkin akan membeli produk ketika membutuhkan.

event

Kesuksesan Event Marketing dapat ditentukan dari prosentase keberhasilan dan ketepatannya dalam mencapai tujuan. Untuk mencapai hal tersebut, Sneat dan Hoyle dalam Kennedy (2009) menjelaskan bahwa terdapat tiga dimensi sebuah event, yakni:

  • Entertainment, menjelaskan bagaimana suatu event yang diselenggarakan dapat memberikan hiburan sekaligus manfaat langsung terhadap audiens.
  • Excitement, menjelaskan bagaimana suatu event dapat menciptakan semangat yang positif, seperti perasaan bahagia, puas, dan senang, dalam benak audiens.
  • Enterprise, menjelaskan bagaimana usaha perusahaan dalam membuat acara yang inovatif, kreatif, dan atraktif guna menarik perhatian audiens

Tujuan Event Marketing

Event Marketing dapat dilakukan oleh perusahaan untuk berbagai tujuan, diantaranya:

Branding and Awareness

Alasan paling utama yang mendasari keputusan perusahaan untuk berpartisipasi dalam event marketing ialah membangun identitas dan citra brand. Berdasarkan penelitian didapati bahwa 74% audiens menyatakan mereka memiliki kesan positif terhadap brand produk maupun perusahaan setelah menghadiri event.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Customer Engagement

Event yang diselenggarakan perusahaan dapat menciptakan pengalaman yang unik dan berkesan. Pengalaman tersebut terbentuk melalui interaksi langsung yang membentuk ikatan emosional antara konsumen terhadap produk Anda. Konsumen yang memiliki ikatan emosional positif akan lebih cenderung memiliki kepercayaan dan loyalitas terhadap brand Anda.

Lead Generation

Event merupakan cara yang ampuh untuk bertemu dan berinteraksi secara langsung dengan audiens. Perlu Anda ketahui bahwa audiens yang bersedia meluangkan waktu untuk menghadiri event perusahaan adalah mereka yang berminat terhadap produk Anda. Oleh sebab itu, melalui event Anda dapat memahami lebih dalam mengenai kebutuhan mereka dan mendukung keputusan pembelian mereka.

Education

Sebagian besar konsumen menilai bahwa live event lebih membantu bila dibandingkan dengan iklan dalam memahami kegunaan produk. Alasan itulah yang membuat sebagian besar konsumen tidak keberatan untuk menghadiri live event dari produk yang mereka minati.

Upselling Customer

Melalui event, Anda dapat meluangkan waktu untuk membahas bagaimana produk atau layanan Anda dapat mengatasi masalah konsumen. Hal ini akan mendatangkan penilaian positif melalui anggapan bahwa perusahaan Anda memahami kebutuhan pelanggan. Sehingga pelanggan Anda akan lebih percaya terhadap produk Anda.

event

Peranan Perusahaan dalam Event Marketing

Ketika perusahaan hendak menyelenggarakan atau terlibat dalam suatu event, maka penting untuk menentukan peranannya terlebih dahulu. Langkah ini akan membantu perusahaan dalam mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan demi terselenggaranya event, baik pameran dagang, seminar, maupun live streaming. Berikut ini merupakan tiga macam peranan yang dapat dipilih oleh perusahaan dalam suatu event, yakni:

Hosting

Ketika memilih berperan sebagai hosting maka artinya perusahaan harus mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan demi terselenggaranya event. Perusahaan berperan penting dalam memilih dan menentukan lokasi, dekorasi, substansi acara, target audiens, hingga pengisi acara. Tujuan perusahaan dalam menyelenggarakan event ialah untuk meningkatkan kepekaan terhadap brand sekaligus menjangkau target audiens.

Sponsoring

Menyelenggarakan event bisa jadi merupakan pilihan yang rumit bagi perusahaan karena harus membentuk panitia khusus. Sementara di sisi lain, perusahaan juga sedang dalam tahap mengerjakan target yang lain. Oleh sebab itu, maka menjadi sponsor merupakan solusi yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan, seperti:

  • Meningkatkan akses terhadap audiens yang berminat terhadap produk
  • Membangun kepekaan audiens terhadap brand suatu produk
  • Menyediakan kesempatan bagi perusahaan lain untuk menjalin kerjasama
  • Berinteraksi secara langsung dengan konsumen

Speaking

Untuk menjadi sponsor biasanya perusahaan perlu mengeluarkan dana yang tidak sedikit jumlahnya. Pada situasi dimana perusahaan tidak memiliki dana yang cukup, maka bergabung dengan event yang diadakan oleh Pemerintah maupun organisasi lain dapat menjadi solusi. Perusahaan dapat mengirimkan perwakilan sebagai speaker atau pembicara pada event tertentu, seperti seminar, webinar, dan sebagainya. Tujuannya ialah untuk membangun kepercayaan audiens sekaligus jaringan pemasaran suatu produk.

event

Tahapan menjalankan Event Marketing

Agar event dapat berjalan dengan baik, maka terdapat beberapa langkah yang perlu dilakukan oleh perusahaan:

Tahap Persiapan

Tahap ini merupakan langkah penting, terlebih bagi perusahaan yang bertindak sebagai penyelenggara event (hosting). Dalam tahap ini, setidaknya terdapat tiga hal yang harus dipersiapkan dengan baik oleh perusahaan yakni:

  • Goals atau tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan melalui diadakannya suatu event. Dengan mendefinisikan tujuan event, maka Anda akan mendapat gambaran mengenai event yang diadakan sekaligus target audiens yang dituju.
  • Plan. Jika Anda sudah merencanakan tujuan yang ingin dicapai, maka berikutnya ialah menyusun rencana kegiatan. Anda dapat memilih event seperti apa yang sebaiknya diadakan untuk mencapai tujuan dan hal apa saja yang perlu dipersiapkan.
  • Promotion. Setelah kegiatan sudah direncanakan secara matang, maka langkah terakhir yang perlu dilakukan ialah mempromosikan event. Tujuannya ialah mengundang sebanyak mungkin audiens untuk menghadiri event yang diadakan.

Tahap Pelaksanaan

Event marketing tidak hanya bicara soal perencanaan, melainkan juga pelaksanaan sebagai penentu keberhasilan. Pada tahap pelaksanaan terdapat setidaknya tiga hal yang perlu Anda lakukan selama event berlangsung, yakni:

  • Interaction. Salah satu tujuan event marketing ialah menciptakan pengalaman yang unik dan berkesan. Kunci penting untuk mencapai tujuan tersebut ialah melalui interaksi secara langsung dan intens pada audiens yang hadir.
  • Demo merupakan hal penting yang harus ada dalam event guna memberikan pemahaman mendalam mengenai produk yang ditawarkan.
  • Memanfaatkan fitur Social Media seperti upload foto dan video yang disertai hashtag, dan tag location selama event berlangsung akan membantu Anda mengundang lebih banyak audiens.

Tahap Post-Event

Suatu event tidak lantas berhenti ketika sudah berakhir. Perusahaan harus tetap berperan aktif untuk memastikan bahwa event yang sudah dilaksanakan berjalan efektif dengan cara:

  • Evaluasi pelaksanaan event oleh panitia penyelenggara guna mengetahui apakah tujuan diadakannya event sudah tercapai
  • Follow up terhadap para audiens yang sedang dalam proses pengambilan keputusan, maupun para pelanggan untuk memastikan adanya pembelian kembali (repurchasing)
event

Manajemen pengeluaran merupakan hal yang penting bagi perusahaan dalam menjalankan event marketing. Perusahaan harus memastikan event berjalan dengan baik dan mampu mencapai tujuan yang ditetapkan dengan pengeluaran yang se-efisien mungkin. Aplikasi JojoExpense dapat membantu Anda dalam membuat jadwal dan mengatur perencanaan kegiatan secara rinci. Bukan hanya itu, Anda juga dapat memantau dan menganalisa aktivitas finansial guna memastikan dana yang dikeluarkan dapat diserap secara efisien.

JojoExpense memiliki fitur-fitur lain untuk membantu Anda dalam mengelola anggaran, seperti:

  • Disbursement dan Reimburse via aplikasi dan web sehingga dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun
  • Pengajuan uang panjar kerja ke lebih dari 150 bank lokal
  • Ajukan, setujui, dan tolak rancangan anggaran dengan mobile approval
event

Anda dapat mencobanya secara gratis selama 14 hari dan nikmati kemudahan pengelolaan anggaran menggunakan aplikasi JojoExpense. Jadi, tunggu apalagi? Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga!