Perubahan Evolusi Pada Dunia Digital Dari Waktu ke Waktu

Instagram yang muncul pada tahun 2010 sukses berkembang menjadi salah satu media sosial besar di dalam dunia digital. Hal ini dapat dilihat dengan semakin banyak orang yang mengunduh aplikasi tersebut tiap harinya. Kira – kira apa yang membuat ini bisa terjadi ?

Menurut kata pepatah Instagram, “mempelajari para pendahulu yang sudah sukses sebelum nya dalam dunia digital”. Berpegangan dengan kata-kata sebelumnya, maka Instagram dibuat sebagai platform dengan fokus baru yang dapat bersaing dengan para platform yang lebih dahulu muncul. Berkembangnya dunia digital pada saat ini tidak luput dari pengalaman di masa lalu dan inovasi yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan digital manusia.

Memasuki era modern saat ini, kita tengah berada di revolusi industri keempat. Para ahli digital melihat masih banyak kekurangan pada dunia digital di masa lampau sehingga masih banyak yang bisa diperbaharui.  Semua itu mesti kita pelajari demi menghadapi tantangan besar di dunia digital masa depan.

Perubahan keuangan digital

Tahun 1980an: Permulaan Dunia Digital

Mungkin masyarakat umum baru mulai menyadari bahwa perkembangan dunia digital terjadi akhir-akhir ini. Pada mulanya perkembangan ini terjadi, sebenarnya sudah dimulai pada tahun 1980-an. Hal ini tandai dengan diluncurkannya komputer pertama kali pada tahun 1981.

Hal ini tentu saja menjadi pencapaian pertama yang sangat berpengaruh pada dunia digital. Namun tentu saja komputer pada saat itu masih terbatas dan tidak semaju sekarang. Kapasitas penyimpanan data terbesar yang bisa dimiliki komputer sampai tahun 1989 hanya mencapai 100 MB.

Dengan hadirnya komputer pada tahun 1980-an memberikan dampak yang sangat besar bagi dunia digital. Dengan komputer pertama kali dijual secara umum membuat perubahan yang cukup signifikan di dunia marketing secara umum. Interaksi perdagangan antara pembeli dan penjual pun mulai mengalami perubahan. Ditahun 1980-an perusahaan sudah mulai berpikir untuk menjual apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh masyarakat (consumer oriented).

Tahun 1990an: Pra-Digital, World Wode Web Diperkenalkan

Nah baru sekitar pada tahun 1990 an istilah digital marketing sudah mulai diperkenalkan di depan masyarakat. Pada saat itu pertama kali dibuat mesin pencari yang bernama archie. Kehadiran archie ini lah yang memicu  lahir nya World Wide Web (WWW.) pada tahun 1991. Dengan muncul nya World Wide Web ini lah yang membuat meningkat nya orang tertarik dalam dunia maya. 

Pada akhirnya e-commerce pertama di dunia pun muncul yang biasa kita sebut dengan Yahoo!, platform ini hadir sekitar tahun 1994.  Yahoo! Hadir sebagai tempat belanja online terlaris pada masa itu. Pada era 1990 an ini lah para perusahaan sudah mulia menyadari bahwa dunia digital dapat mengumpulkan data yang sebanyak-banyak nya. Namun mereka belum bisa untuk meningkatkan keuntungan mereka pada saat itu. Hingga akhirnya muncullah perusahaan salesforce.com pada tahun 1999. Perusahaan tersebut menjalankan konsep Software-as-a-Service (SAAS) dimana mereka memproduksi software sebagai sarana penyedia layanan bagi pengguna.

Evolusi Digital

Tahun 2000an: The Big Digital Revolution

Perubahan ini pun yang akhirnya menjadi revolusi yang penting  di dunia digital. Revolusi digital ini telah mengubah cara pandang seseorang dalam menjalani kehidupan yang sangat canggih saat ini. Revolusi digital ini yang membuat perubahan besar kepada seluruh dunia, dari mulai membantu mempermudah segala urusan walaupun juga membuat masalah jika tidak bisa menggunakan fasilitas digital yang semakin canggih ini dengan baik dan benar.

Pada era ini juga dunia digital marketing juga berkembang sangat pesat. Banyak bermunculan layanan online yang memenuhi kebutuhan masyarakat pada saat itu seperti WordPress, Youtube, Amazon, hingga Spotify. Kemajuan teknologi ini pun tidak hanya dibidang layanan saja, namun juga dalam dunia hardware. Pada saat ini pasar gadget juga mulai dikuasai oleh Blackberry hingga Iphone. Perkembangan ini yang akhirnya banyak memunculkan inovasi dan kreasi begitu cepat sehingga terbarukan setiap harinya. 

Dalam era ini perilaku masyarakat terhadap dunia digitalpun berubah. Pada awalnya jika kita ingin membeli suatu barang, maka kita harus ke toko dan melihat barang nya secara langsung. Namun sekarang hanya dengan 1 sentuhan pada ponsel pintar, barang anda akan langsung sampai di depan rumah. Walaupun transaksi belum dilakukan secara online, namun saat pencarian produk sudah bisa menggunakan teknologi dunia digital. 

Tahun 2010: Selamat Datang di Millenial Baru!

Pada tahun 2010 kemunculan chat via online sangatlah diminati oleh masyarakat. Kemunculan Whatsapp pada saat itu mempengaruhi tren di dunia, tidak mau kalah saing, Yahoo! Dan Google pun mengeluarkan platform media sosial yang sejenis. Tidak hanya itu Facebook ads tidak ingin ketinggalan dengan kehebatan penyimpanan bank data mereka. Akhirnya pada tahun 2014 akhirnya Whatsapp berhasil diakuisisi oleh perusahaan milik Mark Zuckerberg. 

Dunia marketing pun berkembang seiring jalanya waktu. Kemajuan teknologi membuat media sosial berkembang pesat dan berubah menjadi kebutuhan bagi setiap perusahaan. Contohnya apabila suatu perusahaan media sosial nya selalu aktif, biasanya perusahaan tersebut juga selalu aktif. Namun apabila media sosialnya tidak terurus biasanya akan memunculkan image yang kurang baik. 

Perkembangan dunia digital yang begitu cepat membuat para perusahaan berlomba-lomba untuk mengembangkan inovasi mereka. Dengan segala kreatifitas mereka terus menerus mengembangkan kemampuan mereka terutama di dunia digital marketing. Maka segala hal yang terjadi pada saat ini membuat kita berpikir bahwa bagaimana kira-kira perkembangan teknologi di masa depan?

Sebut saja seperti fitur live Instagram dan juga filter Instagram tentu tidak terpikirkan sebelumnya bukan. Hal inilah yang  perlu diawasi oleh perusahaan digital karena bisa saja mereka ketinggalan inovasi yang membuat perusahaan mereka mengalami kemunduran.

Nah dengan dunia yang semakin berkembang tentunya banyak juga hal yang berubah. Kalau kantor kamu masih menggunakan absensi manual atau dengan sidik jari saja, maka kantor kamu belum siap untuk menuju era millenial baru. Perbarui cara absensi kantor kamu dengan JojoTimes

JojoTimes

Dengan perkembangan dunia digital yang semakin maju membuat makin banyak teknologi yang dapat membantu masyarakat. Seperti JojoTimes dari Jojonomic yang dimana dapat  absen secara online melalui ponsel pribadi. Tidak ada lagi absen menggunakan kertas ataupun fingerprint yang mengharuskan karyawan absen dengan datang langsung ke kantor. Aplikasi JojoTimes memiliki berbagai fitur yang dapat membantu pekerjaan di perusahaan. 

JojoTimes juga dilengkapi dengan berbagai fitur seperti Real Time Employee  yang dimana dapat mendeteksi keberadaan secara langsung dengan  mendeteksi GPS pada ponsel pribadi sehingga mengurangi tindak kecurangan pada karyawan. JojoTimes juga dilengkapi dengan fitur Overtime Management yang dimana HR dan atasan dengan mudah mendeteksi langsung ke Payroll