Experiental Marketing Sebagai Salah Satu Metode Pemasaran Bisnis

experiental marketing

Experiental marketing pada dasarnya merupakan suatu metode pemasaran yang mampu memberikan pengalaman emosi konsumen. Dalam hal ini perusahaan bisa mengemas produk hingga hal tersbut menyentuh hati dan perasaan konsumen. Selanjutnya konsumen akan selalu terkesan dengan apa yang telah terjadi dalam hal pemasaran produk tersebut. Bahkan kesan tersebut mungkin saja tidak bisa hilang dan selalu membekas dalam benak konsumen. Tentunya apa yang selalu terlintas dalam benak konsumen ini pada akhirnya akan menjadi suatu pengalaman yang berkesan bagi konsumen itu sendiri.

Fungsi Experiental Marketing

Membangkitkan merek atau brand

Mungkin saja merek perusahaan Anda mulai meredup sehingga konsumen bisa meninggalkan brand Anda. Hal ini tentu tidak diinginkan oleh perusahaan manapun. Oleh karena itu Anda bisa mulai memberikan penawaran produk dengan lebih baik. Misalnya dengan menawarkan produk melalui suatu hal atau event yang bisa melibatkan emosi konsumen. Maka konsumen akan tersentuh dan selanjutnya tertarik dengan produk Anda.

Menciptakan image

Kebanyakan konsumen lebih memilih untuk membeli produk yang dinilai baik. MIsalnya produk yang berkualitas baik atau mungkin produk yang dijual dengan harga relatif terjangkau. Namun bisa juga konsumen membeli produk yang unik dan juga berkesan bagi konsumen. Adanya kesan yang timbul dalam benak konsumen mengenai sebuah brand produk bisa saja menarik minat konsumen untuk membeli produk tersebut.

Mengenalkan sebuah inovasi

Tiap perusahaan sebaiknya selalu memiliki ide yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan produk. Dengan adanya ide kreatif dan inovatif tersebut maka bisnis Anda dapat dikembangkan dengan lebih baik lagi. Adanya inovasi ini tentu perlu ditampilkan agar diketahui oleh konsumen. Pengenalan inovasi ini antara lain dapat dilakukan melalui penawaran produk yang dapat menimbulkan kesan bagi konsumen.

Mendorong terjadinya pembelian

Adanya promo produk atau mungkin penawaran produk yang menimbulkan kesan bagi konsumen akan membuat konsumen semakin tertarik. Maka konsumen akan semakin berminat untuk melakukan pembelian produk. Jadi sebenarnya experiental marketing bisa menjadi sebuah metode yang dapat menimbulkan keinginan bagi konsumen untuk melakukan pembelian produk.

Strategi Experiental Marketing

Sense

Yang dimaksud dengan sense disini adalah panca indera. Dalam hal ini marketing perlu dilakukan oleh perusahaan Anda dengan menimbulkan daya tarik tersendiri bagi konsumen. Jadi Anda bisa membuat konsumen untuk dapat memahami produk Anda dengan menggunakan panca inderanya. Hal ini pada dasarnya turut melibatkan pula aspek sensorik konsumen.

Feel

Teknik yang diusung dalam experiental marketing sebenarnya bertujuan untuk dapat menciptakan pengalaman afektif bagi konsumen. Jadi dalam hal ini Anda bisa melakukan aktivitas marketing yang dapat menyentuh emosi konsumen. Maka konsumen dapat merasakan suatu emosi tersendiri terhadap produk yang Anda tawarkan. Aktivitas marketing yang Anda lakukan diharapkan agar dapat memicu emosi tertentu pada konsumen.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Think

Istilah think dalam strategi experiental marketing mengacu pada penciptaan kognitif pada konsumen. Penciptaan kognitif ini bisa membuat konsumen mengadakan pemecahan masalah secara kreatif dan tepat. Maka melalui kognitif yang telah dilibatkannya diharapkan agar konsumen dapat menggunakan pola pikirnya tersebut untuk memilih produk yang Anda tawarkan.

Act

Act dalam hal ini mengacu pada suatu tindakan yang dapat memberikan pengaruh pada pengalaman konsumen. Tentunya konsumen dapat melakukan beraneka ragam kegiatan yang pada akhirnya menunjukkan inspirasi atau sejenisnya. Melalui inspirasi ini maka bisa ditampilkan berbagai hal mengenai perilaku atau gaya hidup yang berkaitan dengan produk yang ditawarkan.

Relate

Strategi yang digunakan dalam menerapkan experiental marketing adalah relate. Istilah relate dalam hal ini mengacu pada hubungan merek yang kuat. Maksudnya disni adalah merek yang digunakan oleh konsumen dikembangkan dengan mengaitkan pribadi konsumen pada hubungannya dnegan orang lain di sekitarnya. Selain itu strategi yang satu ini juga mengacu pada komunitas merek yang terbentuk karena adanya beberapa individu yang menggunakan merek sama.

Menciptakan Experiental Marketing

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan, pertama komunikasi. Pengalaman yang berkesan bagi seorang konsumen bisa saja timbul. Termasuk pula pengalaman mengenai penggunaan atau pemanfaatan dari suatu produk atau merek perusahaan Anda. Untuk mencapai hal ini maka perusahaan sebaiknya mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan pada konsumen. Pesan ini bisa saja disampaikan melalui kegiatan pemasaran yang dapat menimbulkan kesan tersendiri. Maka konsumen akan semakin tertarik untuk membeli produk.

Selanjutnya memikirkan bentuk produk. Selain komunikasi rupanya masih ada pula upaya yang bisa dilakukan untuk menciptakan experiental marketing. Salah satunya yaitu bentuk produk. Bentuk produk ini mengacu pada produk itu sendiri serta kemasan produk. Tidak hanya itu saja tetapi bentuk produk juga meliputi display produk yang harus dibuat semenarik mungkin.

Hal lainnya yang juga berpengaruh yaitu situs. Situs baik website maupun blog tampaknya saat ini semakin trend. Media ini bahkan seringkali digunakan untuk menjalankan promosi dan menawarkan suatu produk. Jadi melalui situs inilah maka Anda bisa menawarkan dan menjual berbagai produk dari brand perusahaan Anda. Tentunya pembuatan situs haruslah diperhatikan agar tampilan situs sangat menarik. Sebab situs bisa saja membentuk suatu pengalaman tersendiri bagi pengguna dan pembaca situs terkait.

Terakhir yaitu komponen karyawan atau staff. Karyawan atau staff menjadi kekuatan tersendiri bagi sebuah perusahaan. Staff ini bisa saja meliputi tenaga penjual dan perwakilan perusahaan serta setiap personel lainnya yang memiliki hubungan secara langsung dengan perusahaan Anda.

Penerapan Experiental Marketing

Experiental marketing tampaknya menjadi suatu metode atau strategi pemasaran yang saat ini semakin banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan. Dengan diterapkannya metode ini maka tiap perusahaan berharap agar perusahan tetap dapat memperoleh keuntungan di dalam segala situasi. Tiap perusahaan tentu berharap agar metode ini menjadi salah satu strategi pilihan yang dapat diambil oleh perusahaan untuk menanamkan suatu brand ke dalam benak konsumen. Penanaman brand ini dilakukan dengan melibatkan emosi konsumen. Anda mungkin bisa melakukannya misalnya dengan memasang iklan produk dengan bentuk yang menyentuh. Maka konsumen akan sellau teringat pada brand Anda. Tidak hanya itu saja tetapi konsumen juga akan menjadi lebih tertarik untuk membeli produk Anda secara kontinyu.

Hal tersebut seperti juga saat memilih sistem absen perusahaan yang sesuai. Misalnya dengan memilih untuk menggunakan JojoTimes. Karena berkat bantuan produk yang satu ini maka tentunya absensi karyawan bisa dipantau dengan lebih mudah. Bahkan bisa dilihat secara tepat waktu kapan saja dan dimana saja karyawan berada.

Hal ini berkat beberapa fitur menarik yang mendukung JojoTimes. Contohnya fitur geo-tagging untuk informasi lokasi akurat karyawan. Kemudian juga ada fitur integrasi absensi dengan payroll untuk membantu perhitungan payroll otomatis berdasarkan absensi. Oleh sebab itu tentu sudah jelas bahwa JojoTimes adalah produk yang menguntungkan. Segera dapatkan coba gratis selama 14 hari dan mencobanya sekarang juga.