Faktor Eksternal dalam Bisnis Online dan Offline yang Perlu Diketahui

ruang kerja

Apakah saat ini Anda sedang merintis atau menjalankan sebuah bisnis? Saat menjalankannya terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, dan salah satunya ialah faktor eksternal dari bisnis yang dijalankan, dengan memperhatikannya Anda dapat mengetahui bagaimana cara mengembangkan dan juga mensukseskan bisnis dengan lebih baik.

Lantas apa saja faktor eksternal dari sebuah bisnis? Nah, kali ini Jojonomic tidak hanya akan mengulas faktor eksternal bisnis offline saja, tetapi juga bisnis online yang saat ini sedang marak dikembangkan dan juga ditekuni banyak orang. So, simak terus artikel ini ya!

Faktor Eksternal yang Memperngaruhi Bisnis atau Penjualan Anda

Mobile Business Pictures | Download Free Images on Unsplash

Dikutip dari evancarmichael dan bersumber dari economy.okezone.com, berikut 5 faktor eksternal yang harus anda perhatikan untuk memulai bisnis :

1. Ekonomi

Faktor ekonomi dari negara atau tempat kita melakukan bisnis menjadi faktor yang sangat penting. Sementara untuk bisnis atau usaha sekelas internasional anda harus memperhatikan kondisi dan keadaan dari ekonomi global.

Kita tahu bahwa konsumsi dipengaruhi oleh kekayaan penduduk, dan pelaku bisnis harus merencanakannya dengan tepat. Beberapa pertimbangan utama meliputi tersedianya kredit dan jumlah pendapatan disposable di pasar tertentu. Baik inflasi dan tingkat suku bunga dan GDP negara tertentu adalah faktor ekonomi lain yang dapat menghambat atau membantu usaha pemasaran Anda.

2. Keyakinan dan Sikap Sosial

Manusia ditakdirkan untuk merespons rangsangan yang berbeda dengan cara yang unik. Entah itu melalui budaya umum, unit keluarga, pendidikan, atau agama, kita dilatih untuk bereaksi positif terhadap hal-hal tertentu dan negatif terhadap orang lain.

Masyarakat memberlakukan kepercayaan, sikap, dan gaya hidup yang diadopsi oleh lingkungan sekitarnya. Sikap ini sering berubah karena orang berusaha untuk mengakomodasi tuntutan yang ditempatkan pada mereka oleh dunia di sekitar mereka.

Seperti yang mereka lakukan, permintaan akan gaya pakaian, perangkat teknologi, aktivitas rekreasi, dan produk / layanan lainnya meningkat sementara permintaan akan alternatif lain memudar.

3. Politik

Faktor politik mencakup masalah hukum dan peraturan yang mengendalikan industri dan bisnis perorangan. Ada beberapa masalah yang perlu dipertimbangkan di sini termasuk keputusan fair trade, undang-undang antimonopoli, pajak, upah, dan kegiatan pemerintah lainnya yang dirancang untuk melindungi kelas yang berbeda dalam masyarakat.

4. Teknologi

Teknologi terus membaik pada tingkat eksponensial. Perusahaan terbaik tetap berada di atas perubahan teknologi dan menggunakannya untuk mendapatkan lebih banyak pekerjaan dalam periode waktu yang lebih singkat. Pemasar harus menyadari perubahan yang mungkin mempengaruhi bisnis dan industri mereka. Perangkat, strategi, dan teknik baru dapat membantu bisnis tetap berada di depan persaingan dan menghindari keusangan.

5. Ekologi

Konsep ini mengacu pada bagaimana manusia berinteraksi dengan lingkungan fisik. Lebih dari sebelumnya, dunia pada umumnya berkaitan dengan polusi dan hilangnya habitat dan keanekaragaman hayati. Ini memiliki konsekuensi bagi perusahaan di hampir semua industri dan bahkan telah menelurkan produk dan bisnis “hijau”.

Bagaimana faktor-faktor ini mempengaruhi bisnis Anda? Jika satu atau lebih dari mereka menghambat kesuksesan penjualan dan pemasaran Anda, sekaranglah waktunya untuk menjadi kreatif. Pikirkan ide yang akan meningkatkan pertumbuhan dan pindahkan perusahaan Anda ke depan.

Faktor Eskternal yang Mempengaruhi Bisnis Online

person seated at the table using laptop photo – Free Laptop Image on  Unsplash

Bersumber dari brilio.net, berikut adalah faktor-faktor eksternal pada bisnis online yang sedang Anda jalani saat ini:

1. Persaingan bisnis yang ketat

Tak ada yang salah dengan mengikuti tren. Namun perlu diingat bahwa sebelum Anda memulai bisnis, sudah ada puluhan bahkan ratusan atau ribuan pedagang lain yang lebih dulu masuk ke dalam medan pertempuran online. Bagaimana Anda dapat memosisikan bisnis di tengah ramainya usaha yang sama menjadi salah satu faktor penting.

Anda perlu memiliki keunikan yang berbeda dengan toko online lain yang akan membuat orang berbelanja di tempat Anda. Tak perlu memusingkan soal harga yang sedikit lebih tinggi dari harga jual rata-rata di toko online lain. Sebab ketika toko Anda memiliki keunikan yang tak dipunyai oleh toko online lain, maka orang akan tetap mencari produk yang Anda punya.

2. Supplier yang kurang bisa diandalkan

Cari supplier berpengalaman yang bisa diandalkan dalam hal kualitas barang, ketepatan waktu, termasuk harga yang kompetitif. Bila Anda adalah produsen dari barang sendiri, maka Anda harus melakukan inovasi secara berkala agar konsumen terus menerus penasaran. Anda juga jangan hanya mengandalkan pada satu atau dua supplier saja. Karena bila terjadi masalah pada proses produksi mereka, Anda masih punya cadangan supplier lain sehingga proses jual beli tak terganggu.

Anda juga harus menjalin hubungan baik dengan supplier sehingga terbangun iklim usaha yang sehat. Perlu juga untuk melakukan evaluasi kinerja secara berkala untuk meningkatkan kualitas produk yang akan berimbas pada kepuasan pelanggan. 

3. Kemungkinan terjadi penipuan

Anda tak bisa menjamin semua pembeli memiliki iktikad baik dalam bertransaksi. Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penipuan adalah dengan menjadi pedagang yang jujur terlebih dahulu, baru kemudian melakukan tindakan preventif.

Tindakan preventif tersebut di antaranya, tetapkan sistem DP bagi pelanggan yang memesan barang. Buat email dan rekening atas nama perusahaan agar konsumen lebih yakin kalau usaha Anda bukan usaha bodong. Miliki nomor telepon atau WhatsApp khusus untuk usaha dan usahakan cepat membalas chat dari konsumen. Informasikan kepada pelanggan ketika uang DP sudah sampai, barang sudah dikirim, barang sedang dalam perjalanan, hingga ketika barang sampai. Terakhir, buat riwayat transaksi dengan bukti atau resi pembayaran dan pengiriman sebagai data.

4. Peraturan pemerintah

Pebisnis online juga bagian dari warga negara yang perlu dilindungi hak serta diatur kewajibannya. Di sinilah negara berperan dengan ditegakkannya peraturan. Dengan membanjirnya usaha online, kebutuhan akan peraturan ini sudah tak lagi bisa ditawar. Mereka menyumbang pertumbuhan perekonomian yang besar terhadap negara dan masih akan menjadi potensi yang sangat besar untuk tahun-tahun ke depan.

Cari tahu mengenai peraturan apa saja yang mengikat pada bisnis online dan kontak penting yang bisa dihubungi. Jangan sampai setelah berkembang dengan baik, ternyata usaha Anda belum sah di mata hukum, misalnya. Sebab dengan adanya peraturan pemerintah maka risiko-risiko seperti penipuan juga bisa diminimalisir, sehingga Anda akan merasa lebih tenang dalam menjalankan usaha.

JojoExpense, yang Akan Membantu Anda Mengembangkan Bisnis secara Efektif

Jojo Expense merupakan sebuah aplikasi yang didesain khusus untuk memudahkan kinerja Anda dalam manajemen keuangan dan pengeluaran. Aplikasi ini efektif dalam meningkatkan efisiensi pekerjaan hingga 76 persen.

Jojo Expense

Selain itu, fitur pendukungnya pun cukup lengkap. Mulai dari Budget Controlling, Cash Advance, Reimbursement Online hingga Transfer Antar Bank secara Real Time. Tak hanya itu, Jojo Expense juga dilengkapi dengan teknologi mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda dapat terhindar dari risiko fraud financial. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!