Faktor Pendorong dan Pendukung Keberhasilan Sebuah Bisnis

mindset bisnis

Apakah saat ini Anda sedang menjalankan sebuah bisnis? Membangun bisnis bukanlah hal yang mudah, terdapat banyak pelajaran, ilmu dan pastinya pengalaman yang harus Anda pelajari, sehingga pada saat nantinya dihadapkan pada sebuah masalah, Anda dapat merumuskan solusi dan juga keputusan yang bijak bagi bisnis Anda. Selain kemampuan diri, terdapat juga beberapa faktor pendorong dan pendukung yang penting untuk Anda ketahui.

Faktor inilah yang akan menentukan keberhasilan bisnis Anda, karena dengan mempelajarinya, akan membuat Anda lebih relevan dengan dunia bisnis yang sangat dinamis ini, dan pada artikel kali ini Jojonomic telah merangkum faktor pendorong dan juga faktor pendukung tersebut, yang diharpakan membuat Anda lebih siap lagi untuk mengembangkan bisnis di masa yang akan datang, so simak terus artikel ini ya!

Faktor Pendukung Keberhasilan Bisnis Anda

Buy And Sell Pictures | Download Free Images on Unsplash

Berikut ini adalah beberapa faktor yang wajib Anda miliki untuk menjadi pebisnis yang andal dan sukses:

Produk atau Jasa Memiliki Value yang Tinggi

Hal pertama adalah, produk yang Anda pasarkan, baik barang atau jasa harus memiliki value atau nilai jual yang tinggi. Nilai jual tinggi merupakan salah satu faktor besar yang mempengaruhi kesuksesan Anda dalam berusaha dan bersaing dengan para kompetitor.

Maksud value atau nilai jual tinggi disini bukanlah harga produk melainkan kualitas produk yang harus tinggi dan memiliki keunikan serta positioning yang kuat dibanding kompetitor. Karena faktor pendorong inilah yang membuat usaha Anda memiliki konsumen yang loyal.

Memenuhi Kebutuhan Orang Banyak

Pada hal ini Anda harus pintar berpikir dan mencari peluang agar bisnis Anda dapat menjawab kebutuhan orang banyak. Memang sulit memenuhi semua kebutuhan masyarakat, namun dengan target pasar yang jelas dan juga reset yang dilakukan, hal ini dipastikan akan menjadi faktor pendorong dan juga penentu yang besar akan keberhasilan bisnis Anda.

Jika Anda dapat memberikan jawaban terhadap kebutuhan sebagian besar masyarakat, maka usaha yang Anda kembangkan dijamin dapat disebut sebagai bisnis potensial untuk terus dijalankan di masa pendatang.

Bukan Usaha yang Musiman

Bangunlah sebuah bisnis yang sifatnya jangka panjang, karena jika Anda memilih bisnis yang musiman, umur bisnisnya pun tidak akan berlangsung lama. Untuk itu Anda harus memiliki stategi dalam hal ini, bagaimana cara bisnis Anda dapat berkembang bahkan untuk 5 sampai 10 tahun mendatang. Contohnya adalah Anda dapat melakukan Analisis SWOT untuk menemukan jalan keluar dari masalah bisnis Anda saat ini.

Pengelolaan Keuangan yang baik

Will You Struggle to Comply with Impending Accountancy Rules

Salah satu tujuan utama dalam berbisnis pastinya yaitu untuk mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan. Untuk dapat berhasil dalam menjalankan bisnis, maka faktor pendukung lainnya yaitu mengenai masalah keuangan. Masalah ini tidak hanya mentok di modal yang besar saja, karena modal yang besar juga akan percuma jika Anda tidak dapat mengelola keuangannya dengan baik.

Untuk itu, agar bisa sukses dalam menjalankan bisnis Anda harus bisa mengelola keuangan dengan bijaksana. Adapun cara yang bisa dilakukan oleh Anda untuk mengatur atau mengelola keuangan perusahaan atau bisnis yaitu membuat anggaran belanja, membuat kas pendapatan, dan memisahkan uang pribadi dengan uang usaha.

Harus terus Berinovasi

Innovative Product Development: The Product Leader's Cheat Sheet - Ukraine  IT Now

Dunia bisnis sangatlah dinamis, untuk itu Anda tidak boleh lengah dan harus terus relevan dengan keadaan dan juga situasi yang terus berubah, dan berinovasi adalah strategi utama untuk menjawab hal ini. Kuncinya adalah jangan cepat puas dengan apa yang bisnis Anda sudah raih sekarang, teruslah untuk melakukan perubahan agar produk-produk Anda memiliki inovasi yang bisa menjadi daya tarik pembeli.

Karakter Produk yang Kuat

Mengembangkan cara-cara untuk membedakan produk dan layanan dari para pesaing atau mengurangi keunggulan diferensiasi dari pesaing adalah hal yang penting untuk membangun sebuah image yang kua, baik itu bagi produk ataupun brand Anda. Strategi ini memungkinkan perusahaan fokus pada produk atau jasa untuk memberikan keuntungan dalam segmen pasar yang unik/niche market.

Berani Ambil Risiko

Memulai bisnis itu memang perlu berani mengambil risiko. Tanpa sikap tersebut, mustahil suatu bisnis bisa dapat terus berkembang. Karena jika tidak begitu rasa takut dan juga ragu-ragu akan memenuhi pikiran Anda. Sedangkan jiwa seorang pemenang dan sukses selalu yakin dengan setiap langkahnya. Tentu semuanya mesti dilandasi dengan perhitungan serta ekspektasi yang berjalan beriringan.

Pemimpin yang Penuh Semangat

Seorang pemimpin yang bersemangat akan menggunakan energi positifnya didasarkan pada keikhlasan dan keinginan untuk mendukung kesuksesan anggotanya. Energi yang positif juga diperlukan untuk menjalin hubungan yang baik antara pemimpin dan karyawan.

Ketika seorang pemimpin mampu menyalurkan energy positif dalam timnya maka karyawannya akan menerima energy positif tersebut dan dapat bekerja dengan bersemangat. Dukungan dari seorang pemimpin untuk kesuksesan karyawannya tentu akan mampu meningkatkan kinerja dan performa karyawan sehingga membawa kemajuan bagi bisnisnya.

Memperluas Pertemanan dan Jaringan

Membangun jaringan pengusaha yang berpikiran sama memiliki beberapa manfaat. Hal ini bisa dijadikan media saling tukar pikiran terutama pada tahap awal bisnis. Ketika jaringan Anda tumbuh, demikian juga sumber daya Anda akan semakin besar.

Anda bisa bergabung dengan beberapa grup profesional bisnis dan terus-menerus berjejaring untuk menambah relasi. Secara bisnis, Anda akan melihat betapa untungnya jaringan bisnis tersebut dapat mendorong Anda mendapatkan peluang baru kedepannya.

Pentingnya Marketing

Meski produknya sudah dikenal dan punya nama di pasaran, marketing tetap diperlukan dalam sebuah bisnis. Tujuannya adalah meningkatkan angka penjualan. Ingat, ada banyak pesaing di luar sana dengan teknik marketing yang tak kalah masif dan kreatif.

Jika Anda hanya mengandalkan “nama” tanpa didukung dengan promosi yang efektif, sangat mungkin produk Anda tertinggal jauh dilibas pesaing. Marketing juga bisa menjadi semacam “pengingat” untuk konsumen bahwa produk Anda masih eksis.

Mengelola Keuangan dengan JojoExpense, Efektif untuk Mengembangkan Bisnis

Jojo Expense merupakan sebuah aplikasi yang didesain khusus untuk memudahkan kinerja Anda dalam manajemen keuangan dan pengeluaran. Aplikasi ini efektif dalam meningkatkan efisiensi pekerjaan hingga 76 persen.

Jojo Expense

Selain itu, fitur pendukungnya pun cukup lengkap. Mulai dari Budget Controlling, Cash Advance, Reimbursement Online hingga Transfer Antar Bank secara Real Time. Tak hanya itu, Jojo Expense juga dilengkapi dengan teknologi mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda dapat terhindar dari risiko fraud financial. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!