Faktor yang Mempengaruhi Besar Kecilnya Upah Karyawan

Faktor yang Mempengaruhi Besar Kecilnya Upah

Sebuah bisnis memiliki banyak sekali pengeluaran yang harus dibayar, salah satu yang paling ebsar dari berbagai jenis pengeluaran tersebut adalah biaya pekerja atau upah pekerja. Perusahaan – perusahaan biasanya akan mencari cara paling ‘licin’ demi memperkecil nilai upah minimum kerja tersebut. Namun dalam ulasan kali ini akan dibahas mengenai alasan apa saja atau faktor yang mempengaruhi nilai besar atau kecilnya upah karyawan. Banyak diantara faktor – faktor tersebut yang ternyata tidak timbul dari diri ‘pekerja’ itu sendiri melainkan datang melalui sistem ekonomi yang telah mendunia.

Beberapa ornag menganggap bahwa faktor penting dari terciptanya Batasan upah pekerja hanya dilihat dari masalah ketersediaan sumber daya manusia serta hukum legalitas yang ada di negara tersebut. Hal ini tidak sepenuhnya salah namun juga tidak selamanya benar.

Banyak faktor lain yang membuat perusahaan bisa menetapkan Batasan yang pasti mengenai berapa biaya yang harus mereka keluarkan untuk membayar pegawai. Perlu diperhatikan bahwa setiap jenis pekerjaan memiliki fluktuasi peminatnya masing – masing. Bahkan beberapa jenis pekerjaan mungkin nantinya akan hilang dalam dunia insustri.

Alasan Serta Faktor yang Mempengaruhi Besar Kecilnya Upah Karyawan

Upah pekerja atau karyawan bisa snagta bervariasi tergantung dari faktor yang berbeda – beda pula. Mulai dari faktor internal dalam perusahaan hingga bahkan faktor luar sekalipun ternyata berpengaruh besar terhadap berapa banyak gaji yang akan anda dapatkan.

Faktor yang Mempengaruhi Besar Kecilnya Upah

Anda atau perusahaan bisa mengontrol besaran biaya yang akan dikeluarkan dalam membayar karyawan. Namun beberapa jenis ‘upah’ memang hanya bisa berubah sesuai dengan pasar dan keadaan lingkungan sekitar.

Dengan memahami faktor – faktor yang mempengaruhi besar kecilnya upah karyawan akan membantu anda atau perusahaan dalam mengurangi pengeluaran pembayaran karyawan yang merupakan salah satu jenis pengeluaran terbesar dari setiap bisnis yang ada di dunia.

Ketersediaan Pekerja

Ketika ada masa dimana pekerja yang memiliki kemampuan – bakat – pengalaman dan Pendidikan yang dibutuhkan jauh lebih sedikit dari yang dibutuhkan oleh pasaran, maka harga mereka tentu akan melonjak tajam. Perusahaan dalam hal ini tidak memiliki pilihan lain selain meng – hire karyawan tersebut, meski biaya yang dikeluarkan bisa jadi jauh diatas normal.

Sebaliknya, apabila jumlah pencari kerja meningkat, perusahaan bisa menurunkan upah minimum yang akan mereka bayarkan. Hal ini tentu berkaitan erat dengan yang namanya hubungan antara supply dan demand. Dengan anggapan bahwa nilai demand selalu konstan.

Faktor yang Mempengaruhi Besar Kecilnya Upah

Lokasi

Perusahaan harus menawarkan range harga upah pekerja yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup pegawai. Tidak etis memberikan gaji dibawah standart yang telah ditentukan. Apabila perusahaan anda berlokasi di daerah dengan tingkat kebutuhan hidup yang tinggi. Maka hal ini juga akan meningkatkan upah minimum yang harus anda bayarkan.

Sebaliknya, apabila perusahaan anda berada di lokasi dengan tingkat kebutuhan hidup yang rendah. Maka standart gaji UMR yang harus anda bayarkan juga tidak akan terlalu tinggi. Perkotaan biasanya selalu memiliki nilai UMR yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan daerah pedesaan atau kecamatan.

Tingkat Kesulitan Pekerjaan

Pekerja atau karyawan biasanya memiliki gaji yang lebih tinggi apabila bekerja di bidang yang lebih kompleks atau susah. Sebagai contoh, menjalankan prosedur operasi otak tentu lebih susah jika dibandingkan dengan mengetik sebuah manuskrip. Biasanya, hubungan antara tingkat kesukaran pekerjaan dengan tingkat Pendidikan memang erat kaitannya. Dimana mereka yang memiliki gelar lebih tinggi dimungkinkan untuk menerima gaji lebih banyak.

Effisiensi

Kata effisiensi dalam kamus bisnis berarti menggunakan waktu sedikit mungkin unyuk melakukan sebuah pekerjaan. Yang nantinya secara tidak langsung juga akan memangkas biaya upah pembayaran karyawan. Bayangkan jika perusahaan anda berjalan kurang efisien. Dimana alat yang ada harus berhenti beroperasi selama satu atau dua jam setiap harinya. Hal ini tentu menghambat produksi dan mungkin perusahaan harus membayar lebih banyak orang hanya agar produksi bisa berjalan sesuai dengan standart hasil yang diinginkan.

Anda bisa meminimalisir ketidak effisienan tersebut dengan membenahi layout bangunan, isu – isu dalam penjadwalan, konflik yang terjadi antar pegawai serta perencanaan yang buruk dari bagian managerial. Merekalah biasanya yang menjadi sumber dari tingkat efisiensi yang rendah di perusahaan anda.

Perserikatan Pekerja

Perserikatan yang dimaksut biasanya ditujukan pada ‘perserikatan [ekerja’ yang meminta gaji atau tunjangan lebih, dimana perserikatan tersebut akan membuat batasannya sendiri dalam besaran gaji yang harus mereka terima.

Legislasi dan Hukum yang Berlaku

Di Indonesia sendiri, jumlah atau besaran gaji minimum pegawai telah ditetapkan sesuai dengan daerahnya masing – masing. Setiap daerah memiliki upah minimum yang berbeda – beda. anda tidak bisa menyamakan besaran gaji di Jakarta dengan Yogyakarta misalnya. Karna keduanya memang memiliki tingkat kebutuhan hidup yang berbeda pula.

Patuhi hukum yang berlaku dan cobalah untuk membaca pasal – pasal yang berhubungan dengan ketenagakerjaan. Disana anda akan mendapatkan seberapa pantas gaji yang anda akan tetapkan nantinya.

Filosofi Dalam Bisnis

Beberapa perusahaan atau pengusaha memang sengaja memasang tarif yang tinggi untuk diberikan pada para karyawannya. Dimana dalam perusahaan – perusahaan tersebut, mereka menganggap bahwa pekerja merupakan darah yang membuat bisnis tersebut tetap bisa berjalan sampai sekarang. Jadi gaji yang besar tersebut nyatanya tidak sebanding dengan peran karyawan di perusahaan itu sendiri.

Perusahaan juga menganggap bahwa dengan memberikan gaji yang tinggi, mereka tidak perlu takut pekerja tersebut akan pergi. Atau justru meninggalkan perusahaan yang telah memberikan mereka banyak hal. Loyalitas karyawan dijamin akan meningkat plus dengan proses kerjanya tentu saja.

Kesimpulan

Jika dipikir – pikir, perusahaan yang memberikan gaji tinggi kepada para pegawainya dianggap lebih untung karna tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan dengan proses pencarian karyawan baru. Dimana biasanya setiap pegawai baru membutuhkan wkatu setidaknya tiga bulan masa percobaan atau masa training dan Latihan.

Di perusahaan lain, yang menganggap bahwa pekerjaan yang mereka tawarkan mudah dan emmiliki banyak ‘pengganti’ yang siap diambil kapan saja. Mereka menganggap bahwa pekerja memang penting namun juga mudah untuk digantikan. Mereka biasanya tidak akan memberikan gaji yang tinggi sesuai dengan yang anda harapkan.

Jadi begitulah pembahasan mengenai faktor yang mempengaruhi besar kecilnya upah dari gaji hingga upah dalam pekerjaan yang sudah diatur melalui Undang Undang yang ada di Indonesia. Dapat dilihat bahwa faktor yang mempengaruhi besar kecilnya upah tidak hanya dipengaruhi oleh faktor internal saja namun juga banyak faktor dari luar. Jadi jangan sampai salah menghitungnya ya teman-teman!

Bagianda yang ingin mudah lebih memberi gaji dan upah pada karyawanmu. Atau sudah capek menghitung manual berapa yang harus kamu bayar, anda bisa menggunakan aplikasi JojoPayroll dari Jojonomic. Aplikasi ini telah disesuaikan dan dibuat menggunakan sistem penggajian online yang akan mempermudah anda dalam memberi gaji karyawan dimana saja serta kapan saja. Hanya Dengan Sentuhan Jari!

Segera Download aplikasi JojoParyoll sekarang juga demi menjaga transparansi serta kemudahan dalam perhitungan dan pemberian gaji karyawan, jadi jangan lupa untuk segera download ya! Dapatkan Free Trialnya Sekarang Juga!