Financial Analyst Dan Peranannya Pada Sistem Keuangan Bisnis

financial analyst

Financial analyst merupakan suatu istilaah yang tentu saja berhubungan dengan sektor keuangan. Memang sebenarnya financial analyst atau analis keuangan ini ada di sebuah institusi untuk berbagai tujuan yang berkaitan dengan kondisi keuangan di sebuah lembaga. Jadi analis finansial bisa disebut sebagai suatu profesi yang tugasnya adalah melakukan berbagai macam analisis kuantitatif mengenai sebuah informasi yang berpengaruh terhadap program investasi lembaga.

Tugas Financial Analyst

Menganalisis data keuangan, data keuangan tentu saja sangat penting bagi sebuah lembaga atau perusahaan. Bahkan data keuangan ini haruslah ada mulai dari zaman yang paling lama hingga paling baru. Seluruh data ini nantinya bisa menjadi bahan analisis bagi analis keuangan untuk melihat perkembangan keuangan sebuah lembaga.

Mengamati perkembangan keuangan, dimana perkembangan tren keuangan di pasar sudah seharusnya selalu diketahui oleh seorang analis keuangan. Terlebih lagi di zaman sekarang ini yang identik dengan dunia digital. Tren keuangan tentu saja semakin berkembang dan bisa saja sangat berbeda dengan zaman sebelumnya. namun perkembangan ini haruslah diidentifikasi dan juga dipelajari.

Membuat laporan hasil analisis, yang mana sebuah laporan pada dasarnya merupakan hasil dari segala tindakan yang telah dilakukan oleh ornag yang membuat laporan tersebut. Demikian pula seorang analis keuangan juga sudah seharusnya membuat sebuah laporan sebagai hasil pertanggungjawabannya. Laporan ini bisa berisi hasil analisis yang telah dilakukan terhadap perkembangan keuangan lembaga. Laporan ini bisa dipresentasikan kepada jajaran direktur dari sebuah lembaga perusahaan.

Melakukan konsultasi dengan manajemen, sebuah konsultasi perlu dilakukan terutama untuk mengadakan peningkatan hasil. Hal ini juga bisa saja terjadi di sebuah lembaga perusahaan. Seorang analis keuangan di sebuah perusahaan perlu untuk melakukan konsultasi terutama dengan tim manajemen. Hal ini bertujuan agar analis keuangan dan tim manajemen dapat membuat perencanaan jangka pancang bagi perusahaan yang bersifat komersial.

Mengadakan perubahan anggaran, dimana anggaran boleh saja dirubah jika memang hal tersebut dapat meningkatkan keuntungan perusahaan. Maka dari itu analis keuangan harus menganalisis dengan benar seluruh data keuangan perusahaan. Dari hasil analisis ini setidaknya nantinya perubahan anggaran bisa dilakukan dengan tujuan untuk mencapai peningkatan modal perusahaan dan lainnya.

Menelusuri peluang investasi, investasi menjadi salah satu hal yang berperan penting bagi perkembangan perusahaan. Melalui investasi inilah maka sebuah perusahaan bisa terus memiliki peluang untuk semakin berkembang. Oleh karena itu analis keuangan haruslah dapat melihat berbagai peluang yang tampak bagus bagi perkembangan perusahaan. Peluang investasi yang terbaik bisa menjadi saran tepat untuk perkembangan perusahaan.

Mengembangkan model keuangan, tiap perusahaan mungkin saja memiliki model keuangan yang berbeda-beda. Pada model keuangan ini tentu terdapat suatu perkiraan pendapatan dan juga pengeluaran perusahaan. Tentunya analis keuangan dapat memberikan saran bagi perusahaan untuk dapat menggunakan model keuangan yang tepat. Bahkan model keuangan perusahaan bisa dikembangkan sehingga mempermudah perusahaan dalam melakukan analisis.

Mengembangkan ide dan inisiatif, berbagai ide bisa saja diberikan oleh analis keuangan kepada lembaga perusahaan. Namun ide dan saran yang diberikan pada perusahaan hendaknya bisa memberikan inisiatif tersendiri bagi perusahaan. Ide tersebut juga sebaiknya bisa berperan positif terhadap kebijakan yang ada dan berlaku di perusahaan. Hingga kebijakan ini dapat meningkatkan pertumbuhan dalam hal keuangan.

Kemampuan Financial Analyst

Memiliki pengetahuan di sektor keuangan

Analis keuangan pada dasarnya merupakan suatu profesi yang bergerak dibidang keuangan. Oleh karena itu pekerjaan ini seharusnya dilakukan oleh Anda yang memiliki segudang pengetahuan mengenai konsep perekonomian. Tidak hanya itu saja tetapi seorang analis keuangan juga harus memiliki keahlian dalam bidang manajemen.

Melakukan analisis data

Tugas utama analis keuangan adalah melakukan analisis data. Oleh karena itu seorang analis data haruslah mampumelakukan analisis dengan baik. Analisis ini terutama dibidang data numerik karena berhubungan dengan keuangan perusahaan. Data numerik ini haruslah diolah sehingga analis keuangan dapat memberikan saran terbaik untuk sebuah perusahaan.

Memberikan pemecahan masalah

Keuangan perusahaan pada dasarnya berhubungan pula dengan laba dan ruginya perusahaan. Oleh karena itu setelah melakukan pengolahan dan analisis data maka analis keuangan sebaiknya memberikan solusi pada perusahaan. Melalui solusi yang diberikan tersebut tentunya perusahaan bisa mendapatkan jalan keluar dari permasalahan yang sedang dihadapinya. Maka perencanaan perusahaan ke depannya bisa berjalan dengan baik.

Mampu berbicara di depan umum

Hasil analisis data keuangan yang dilakukan oleh financial analyst pada akhirnya haruslah dipresentasikan pada direktur perusahaan. Tentu saja untuk melakukan presentasi diperlukan suatu kemampuan berbicara yang baik. Maka dari itu seorang financial analyst haruslah memiliki keahlian dalam menyampaikan presentasi dengan baik dan lancar.

Tips Menjadi Financial Analyst        

Bekerja sebagai financial analyst dengan cekatan

Menjalankan suatu tugas dan tanggung jawab sudah seharusnya dilakukan dengan cekatan. Pekerjaan harus diselesaikan secara cepat dan tepat. Oleh karena itu analis keuangan haruslah mampu bekerja di bawah tekanan dan bekerja secara efektif dan efisien.

Cermat dan teliti

Mengamati data keuangan memang harus dilakukan dengan cermat dan teliti. Sebab data keuangan pada dasarnya berhubungan dengan kondisiperekonomian perusahaan. Dengan ketelitian yang tepat maka analis keuangan dapat memberikan saran dan solusi keuangan yang sangat tepat bagi perusahaan.

Komunikasi lancar

Tidak hanya mampu menganalisis data saja tetapi seorang analis keuangan atau finansial analyst juga harus mampu berkomunikasi dengan lancar. Sebab analis keuangan akan melakukan komunikasi secara kontinyu dengan berbagai pihak lainnya di perusahaan.

Memiliki beberapa keahlian

Seorang financial analyst perlu memiliki keahlian lainnya juga. Misalnya saja keahlian dalam menggunakan komputer dan juga berselancar internet. Selain itu diperlukan pula keahlian dalam berbicara menggunakan bahasa asing terutama bahasa Inggris sehingga komunikasi bisa dilakukan dengan semakin lancar.

Peran Financial Analyst

Financial analyst tentu saja memiliki peran yang sangat penting pada sebuah lembaga atau perusahaan. Kehadiran financial analyst atau analis keuangan ini dapat berfungsi untuk melakukan analisis data keuangan. Maka perkembangan keuangan perusahaan bisa dilihat sehingga perencanaan ke depannya bisa dilakukan dengan lebih baik lagi. Dengan bantuan peranan tersebut secara tidak langsung juga membantu perusahaan lebih mudah dalam menentukan kondisi finansial perusahaan secara keseluruhan.

Hal ini sama pentingnya dengan penggunaan sistem payroll perusahaan yang paling tepat. Misalnya dengan memutuskan untuk menggunakan JojoPayroll. Sebagai salah satu sistem payroll terpercaya, produk ini dapat membantu otomatisasi payroll secara mudah. Sehingga tim keuangan perusahaan juga lebih cepat dan efektif dalam pembayaran payroll karyawan bulanan.

Pastinya hal tersebut tidak luput dari fitur-fitur menarik pada JojoPayroll. Sebut saja fitur integrasi dari sistem absensi perusahaan, maupun fitur cetak slip gaji otomatis yang mempermudah tim keuangan dalam membagikan informasi ke karyawan. Oleh sebab itu jangan tunggu lebih lama, segera coba gratis JojoPayroll dan dapatkan berbagai imanfaat menarik berkat produk yang satu ini.