Flexible Working Pengertian Dan Cara Meningkatkannya

flexible working
flexible working
Sumber : which.co.uk

Apa Itu Flexible Working ?

Flexible working atau kerja fleksibel diartikan sebagai pekerjaan yang memiliki jenis dan pola kerja berbeda dari kerja kebanyakan pada umumnya. Atau biasanya diartikan sebagai kerja tangkas atau juga kerja cerdas. Yang banyak perusahaan yang membuktikan bahwasannya menggunakan konsep ini sangat menguntungkan bisnis mereka.

Banyak juga dari 9 dari 10 karyawan mengatakan ingin mendapatkannya.  Dengan adanya konsep ini memudahkan dalam penyelesaian masalah yang ada, mengurangi retensi yang terjadi dan juga masih banyak lagi.

Istilah kerja fleksibel ini juga sering diartikan sebagai hal yang berbeda untuk orang yang berbeda. Dimana didalamnya memiliki banyak sekali makna yang luas. Tak sedikit orang menyebutkan istilah dengan kerja cerdas taua tangkas seperti penjelasan diatas.

Banyak orang yang menggambarkan kerja fleksibel sebagai kerja yang tidak didapatkan secara kebetulan. Untuk mendapatkan kerja yang fleksibel mereka harus bekerja keras dan juga membutuhkan perancangan yang matang, hingga nantinya dapat menjadikan hal tersebut sebagai kebudayaan atau kebiasaan dalam perusahaan tersebut.

Yang mana flexible working ini tidak dapat dipisahnya dengan waktu kerja yang felxible.

Definisi Tepat Waktu Flexible Working

Orang kebanyakan mengatakan kerja fleksibel adalah suatu pola pekerjaan yang tidak sesuai dengan jam kerja biasanya yaitu antara jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Yang mana jika orang bekerja kantoran pada umumnya bekerja selama 5 hari dalam satu minggu. Mereka yangt bekerja secara fleksibel tidak sama dengan hal atau kebanyakan orang biasa.

Peraturan Dalam Flexible Working Mencakup

  • Yang awalnya keryawan tersebut bekerja penuh, maka dia akan berubah menjadi pekera paruh waktu.
  • Mengubah jam waktu kerja produktif anda. Hal ini disesuaikan dengan keadaan karyawan.
  • Bekerja jarak jauh atau bekerja di rumah, baik untuk sementara waktu tertentu atau selamanya.
  • Pekerjaan yang dibuat dengan pola shif. Dimana seorang karaywan dapat memilih waktu shift berdasarkan jam kerja yang dia bisa.

Pasalnya dalam emnentukan kerja fleksibel ini terdapat 3 faktor utama untuk dipertimbangkan yaitu : dimana kapan dan berapa lama kerja yang dilakukan.

Kelebihan Dan Kekurangan Penerapan Jam Kerja Fleksibel

Kelebihan

Ada beberpa kantor dan juga perusahaan yang menerapkan konsep atau pola waktu kerja fleksibel ini, ada beberapa kebelihan yang didapatkan akan adnaya fleksibilitas waktu tersebut. Berikut ini adalah kelebihan yang didapatkan dengan adanya jam kerja fleksibel :

  • Karyawan dapat lebih meluangkan waktu untuk dirinya, orang lain atau keluarganya karnya waktu kerja yang fleksibel.
  • Mengurangi uang transportasi atau ongkos yang dibutuhkan untuk berangkat bekerja.
  • Adanya jam kerja yang fleksibel membuat karyawan terbebas dari adanya kemacetan akibat jam masuk atau pulang kantor. Pasalnya dia tidak memiliki jam kerja yang sama dengan karyawan atau pekerja pada umumnya.
  • Karyawan akan mendapatkan atau mampu mengontrol diri dengan lebih baik.
  • Hal ini menyebabkan kemungkinan karyawan stress atau bosan dengan pekerjaannya semakin kecil karena adanya jam kerja yang fleksibel.
  • Membuat karyawan lebih dapat merasa senang dan lebih bersemangat dengan kerjanya.
  • Untuk pasangan yang sudah menikah dan memiliki anak kecil namuan tidak memiliki kerabat. Mereka dapat tetap menjaga anaknya dengan bergantian jam kerjanya.
  • Dengan adanya perjanjian kerja tertentu, memungkinakan anda untuk bekerja tidak hanya dalam satu tempat. Namun juga dapat bekerja dilain tempat.
flexible working
Sumber : image-cdn.hypb.st

Kelebihan yang dirasakan oleh perusahaan

Adapun kelebihan yang dirasakan oleh perusahaan dengan akibat adanya jam kerja yang fleksibel yaitu sebagai berikut :

  • Dengan adanya jam kerja yang felsibel menyebabkan karyawan lebih bahagia dalam bekerja. Hingga pada akhirnya akan berdampak pada kinerja perusahaan.
  • Jam kerja yang fleksibel membuat karyawan memiliki moral kerja yang lebih baik.
  • Waktu  kerja yang fleksibel membuat perusahaan tidak perlu repot kembali dalam mengurangi absensi dan meniadakan adanya keterlambatan karyawan.
  • Dalam hal ini perusahaan akan lebih dibantu dan dipermudah dalam melihat mana karyawan yang berprestasi dan mana karyawan yang kurang baik.

Kekurangan

Selain adanya kelebihan waktu kerja yang fleksibel. Tentu saja kekurangan yang dimilikinya sebagai berikut ini :

  • Sulitnya untuk terbentuknya kerja sama tim diakibatkna adanya jam kerja yang fleksibel atau berbeda dari karyawan satu dengan karyawan yang lainnya.
  • Garis batas antara kapan waktu karyawan untuk bekerja dengan karyawan yang saat berada dirumah karena jam kerja yang fleksibel.
  • Komunikasi antar sesama rekan kerja akan sulit untuk di realisasikan.
  • Perusahaan kekurangan kontrol untuk meningkatkan kesadaran karyawan terhadap pekerjaan yang harus diselesaikannya.
  • Kinerja karyawan yang terganggu karena tak sedikit yang lebih memilih untuk bekerja dirumah sehingga perusahaan tidak dapat memantau dengan benar.
flexible working
Sumber : whynotdeals.com

Cara Untuk Mendapatkan Fleksibilitas Kerja Tinggi

Seperti yang sudah dielaskan diatas bahwasanya kerja fleksibel atau flexible working terdiri dari tiga faktor utama yaitu kapan, dimana dan juga waktu kerja. Berikut ini adalah cara yang dapat digunakan untuk mendapatkan fleksibilitas dalam ketiga faktor tersebut :

Cara Fleksibilitas Dimana Orang Bekerja

Memilih untuk melakukan kerja dirumah selama beberapa waktu kerja atau seluruh minggu kera digunakan di rumah. Opsi atau pilihan ini memungkinkan karyawan untuk mengurangi waktu yang hilang. Yang mana misalnya hilang ketika kita harus mengantri dalam perjalanan terjebak macet atau harus mengantri untuk mendapatkan tumpangan. Karena itu hal ini juga memberikan dampak pada produktivitas karyawan.

Cara Fleksibitas Waktu Orang Bekerja

Waktu memulai kerja dan juga mengakhiri kerja yang dibuat fleksibel. Felsibilitas waktu kerja karaywan yang dihitung sesuai dengan jangka waktu. Pekerjaan berbasis shift atau dengan pekeraan yang dibuat berdasarkan proyek. Pilihan – pilihan ini dapat menjadi cara untuk anda memfleksibelkan waktu kerja karyawan anda. Hal ini akan memberikan dampak bagi anda untuk menaikkan dan menurunkan umlah karyawan yang bekerja, selain itu mereka juga mendukung daya tarik dan juga retensi yang ada, serta kesejahteraan mereka.

Cara memfleksibelkan Berapa Banyak Orang Yang Bekerja

Merekrut pekerja paruh waktu, melakukan pembagian pekerjaan dan juga menerapkan cuti tak dibayar. Pilihan di atas dapat menjadi pilihan anda untuk memfleksibelkan berapa banyak orang atau karyawan yang ada dalam bisnis atau perusahaan anda. Hal ini juga menyebabkan anda mampu menarik dan juga mempertahankan karyawan yang berkualitas baik. Dari sekian opsi yang ada diatas memperkerjakan pekerja paruh waktu merupakan pilihan yang paling banyak diambil perusahaan umumnya.

Dengan adanya atau diberlakukannya konsep flexible working dalam suatu perusahaan tentu saja akan menambah tugas dari HRD. Yang HRD haru tetap memperhatikan kinerja dan juga jam kerja karyawan tersebut.

Karena itu mempermudah pekerjaan HRD yang sangat banyak dapat memanfaatkan aplikasi  jojotimes. Aplikasi JojoTimes dari Jojonomic merupakan jalan pintas untuk dapat memantau perkembangan jam kerja fleksibel. 

Dengan menggunakan Jojotimes akan mempermudah pengawasan anda terhadap para karyawa. Aplikasi kasi ini dilengkapi dengan GPS dan Sensor wajah sehingga memudahkan mereka melakukan absen. Dengan aplikais ini pekerjaan anda akan sangat terbantu. Terlebih dengan jam kerja karyawan yang sangat rumit, anda dapat dipermudah dengan aplikasi ini.

Bahkan laporan terkait hal teserbut sudah ada didalamnya, anda tak perlu lagi menggunakan cara manual. Mau tunggu apa lagi ??? Ayo segera gunakan JojoTimes dari Jojonomic dan dapatkan manfaatnya. Ada Gratis percobaannya lhoooo