Fluktuasi Dan Berbagai Faktor Penyebab Utamanya

fluktuasi

Fluktuasi pada dasarnya merupakan suatu guncangan atau suatu ketidaktetapan yang terjadi pada suatu hal. Misalnya saja guncangan pada harga darui suatu barang. Maka harga barang tersebut tidak tetap dan menjadi naik atau turun. Naik dan turunnya harga inilah yang dimaksud dengan fluktuasi. Pada umumnya istilah fluktuasi ini sendiri seringkali dijumpai dalam bidang ekonomi. dalam bidang ekonomi sendiri rupanya fluktuasi berkaitan pula dengan adanya gejala berupa tumbuh dan menyusutnya pendapatan nasional. Atau bisa dikatakan pula bahwa hal ini berkaitan dengan naik dan turunnya berbagai harga barang di dalam suatu pasar. Tentunya hal ini bsia berdampak merugikan teruatama pada saat harga barang naik sehingga kkonsumen tidak mampu untuk membelinya.

Faktor Penyebab Fluktuasi

Fluktuasi Karena Pemerintah

Unsur pemerintah dinilai sebagai salah satu faktor penyebab terjadinya fluktuasi. Sebab kebijakan yang diambil oleh pemerintah bisa saja berpengaruh pada naik dan turunnya harga barang. Misalnya saja pemerintah mengeluarkan sebuah kebijakan yang berkaitan dnegan harga barang tertentu. Kamudian patokan nilai yang diberikan oleh pemerintah ini pada akhirnya menyebabkan harga barang menjadi berubah. Maka dalam hal ini terjadilah sebuah fluktuasi yang nantinya bisa saja menimbulkan goncangan pada perekonomian dan juga pada bisnis yang sedang berjalan.

Fluktuasi Karena Ekspetasi

Mungkin saja pihak pemerintah memiliki ekspetas terhadap suatu hal. Dengan adanya ekspetasi tersebut maka akhirnya pemerintah mengeluarkan kebijakan dengan harapan agar apayang menjadi ekspetasi bersama bisa terwujud. Hal ini bisa saja kemudian berujung pada timbulnya fluktuasi. Kondisi perekomian akhirnya menjadi terguncang hanya karena adanya kebijakan yang menimbulkan perubahan pada beberapa hal termasuk harga barang. Oleh karena itu sebaiknya ekspetasi tidaklah dilakukan dengan sangat menonjol. Sebab bisa saja ekspetasi Anda tidak terwujud dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Akibat Adanya Spekulasi

Rupanya tidak hanya ekspetasi saja yang bisa diberikan oleh seseorang. Tetapi ada pula spekulasi yang juga bisa turut menyebabkan terjadinya fluktuasi. Spekulasi sendiri mungkin bisa diartikan sebagai suatu pengamatan yang berusaha untuk melihat suatu hal. Jadi hal ini berkaitan dengan suatu perbuatan yang mengandung berbagai resiko yang bisa dinilai berbahaya. Spekulasi sendiri bisa saja terjadi pada suatu transaksi perdagangan dan juga lainnya. Maka tak heran bila spekulasi ini turut menyebabkan adanya fluktuasi.

Karena Transaksi internasional

Transaksi internasional sebenarnya bukanlah merupakan suatu hal asing. Jika dilihat lebih lagi maka Anda akan tahu bahwa sekarang ini semakin banyak perdagangan yang terjadi secara lintas dunia. Perdagangan dilakukan hingga merambah ke kegiatan ekspor dan impor. Hal ini setidaknya cukup membuktikan bahwa transaksi internasional telah terjadi di sekitar Anda. termasuk pula transaksi di dunia valas yang saat ini semakin disukai banyak orang. Transaksi internasional ini sudah tentu akan turut berpengaruh pada fluktuasi. Sebab pada dasarnya naik dan turunnya harga barang turut bergantung pula pada transaksi yang terjadi di pasar. Oleh karena itu transaksi ini turut menjadi salah satu faktor yang berpengaruh pada guncangan harga barang.

Fluktuasi Karena Penawaran

Di dalam setiap transaksi yang terjadi tentunya terdapat penawaran di dalamnya. Sebab transaksi bisa terjadi setelah ada penawarna barang misalnya dari produsen ke konsumen. Banyaknya penawaran ini nantinya akan turut berpengaruh pada harga barang. Jika penawaran semakin banyak maka bisa saja harga barang turun. Tetapi bila barang sulit didapat maka penawaran dan supply menjadi semakin sedikit sehingga harga barang bisa jadi semakin naik.

Adanya Permintaan

Bukan hanya penawaran saja yang berpengaruh secara langsung pada harga barang melainkan juga permintaan. Biasanya permintaan yang semakin meningkat akan membuat harga barang semakin naik. Bahkan bila permintaan bertambah sangat banyak bisa saja harga barang melambung sangat tinggi. Sebaliknya bila permintaan hanya sedikit maka harga barang akan diturunkan. Maka bisa dilihat bahwa harga barang turut dipengaruhi oleh banyak atau sedikitnya permintaan pasar terhadap barang.

Cara Mengatasi Fluktuasi

Menerapkan kebijakan makro ekonomi

Kebijakan makro ekonomi pada dasarnya merupakan suatu rencana dan tindakan dari pemerintah untuk memberikan pengaruh pada seluruh hal yang berkaitan dengan perekonomian. Maka kebijakan ini perlu dilakukan dengan tepat agar pertumbuhan ekonomi di negara ini bisa berlangsung secara sehat sehingga bisa mengatasi fluktuasi.

Mempertahankan nilai mata uang

Banyak hal yang sebenarnya bisa dilakukan untuk mempertahankan nilai mata uang negara kita. Misalnya saja dengan membeli berbagai produk dari dalam negeri. Selain itu menukarka Dollar dengan Rupiah juga dapat turut mempertahankan nilai mata uang yang ada di negara ini. Tidak hanya itu saja tetapi ada beberapa hal lagi yang sekiranya dapat dilakukan untuk mengatasi fluktuasi.

Mempertahankan tingkat inflasi

Mempertahankan tingkat atau laju inflasi juga bisa dijadikan sebagai salah satu upaya untuk mengatasi fluktuasi. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk dapat mempertahankan atau menjaga tingkat inflasi. Dengan adanya tingkat inflasi yang cenderung stabil maka tentunya fluktuasi barang tidak akan sampai terjadi dan fluktuasi.

Merencanakan jumlah supply dan demand

Untuk mengatasi guncangan pada harga barang maka sebaiknya dilakukan perencanaan terhadap jumlah supply dan demand. Sebab pada dasarnya supply dan demand bisa berpengaruh pada harga barang. Oleh karena itu sebaiknya supply dan demand diharapkan agar dapat selalu stabil sehingga tidak mengakibatkan perubahan harga. Namun perencanaan ini haruslah dilakukan secara tepat sasaran.

Pengaruh Fluktuasi

Fluktuasi tentu saja dapat memberikan dampak pada kondisi sekitar. Misalnya saja fluktuasi mata uang berdampak pada perekonomian dan juga pada masyarakat. Naik atau turunnya mata uang memang seringkali menjadi suatu topik perbincangan di suatu negara. Tentunya gejolak mata uang ini bisa memberikan dampak pada perekonomian negara. Sebab perekonomian sendiri identik dengan mata uang sehingga gejolak pada mata uang akan berpengaruh terhadap jalannya perekonomian di suatu negara.

Pada akhirnya gejolak mata uang bisa saja menimbulkan kekacauan hingga lintas dunia. Tidak hanya pada mata uang saja tetapi fluktuasi juga bisa terjadi pada bidang lainnya. Seperti misalnya pada perusahaan dan hal lainnya yang tentunya berhubungan dengan sistem perekonomian.

Pengaruh fluktuasi pada dasarnya sama pentingnya dengan keputusan menggunakan sistem keuangan perusahaan yang optimal. Misalnya dengan beralih pada JojoExpense. Dimana produk ini membantu pencatatan keuangan perusahaan yang lebih efektif. Selain itu mudah dimonitor dan menghindari resiko kecurangan.

Semua berkat beberapa fitur andalan pada JojoExpense, termasuk yaitu fitur-fitur di bawah ini.

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Jadi, jangan ragu untuk mendaftarkan perusahaan Anda secepatnya. Gunakan JojoExpense dan dapatkan coba gratis selama 14 hari untuk bukti nyata manfaat yang ditawarkan.