Fokus Bekerja Saat Puasa : Tips yang bisa diterapkan di Bulan Ramadan

Fokus Bekerja saat puasa

Memasuki Ramadhan (Ramadhan), umat Islam di seluruh dunia akan mulai berpuasa. Puasa terkadang menyulitkan Anda untuk berkonsentrasi, apalagi di hari-hari pertama, meskipun Anda masih perlu bekerja, belajar atau bahkan WFH (bekerja dari rumah). Bisakah Anda Fokus Bekerja Saat Puasa, terutama WFH?

Jawabannya Tentu saja bisa dan harus begitu! Jika Anda merasa kesulitan bekerja saat tidak memiliki cukup makanan dan minuman, Jojonomic akan memberikan tipsnya di sini. Tapi bagaimana dengan puasa selama pandemi Covid-19?

Apakah akhir-akhir ini ada tekanan? Berhubung Anda berpuasa, tentunya Anda harus berhenti makan jajan di tempat kerja. Selain itu, kamu tidak boleh minum atau bahkan bertemu teman karena harus #dirumahaja. Lebih banyak tekanan, bukan! Tenang, bagaimanapun situasinya, kamu pasti bisa benar-benar fokus untuk berpuasa.

Hal yang dapat Anda lakukan untuk Fokus Bekerja Saat Puasa

Fokus Bekerja saat puasa

Puasa tidak bisa menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Ayo fokus bekerja! Jangan malas atau lakukanlah hal-hal kecil berikut ini:

Makan lebih banyak makanan bergizi

Saat berpuasa, godaan untuk makan tidak sehat semakin kuat. Punya takergill termanis, kan? Alhasil, setelah seharian berpuasa, di sini, Anda bisa membeli semuanya. Terutama karena Anda sangat lapar, Anda pasti akan merasa berhak makan junk food dan makanan jahat lainnya.

Yang terbaik adalah menjaga pola makan seimbang untuk menjaga energi selama Ramadhan. Pilih makanan yang mengandung biji-bijian, seperti roti gandum, beras merah, oat, protein, kacang-kacangan, dan sayuran, termasuk sahur atau lebaran.

Makanan bergizi ini dapat membuat energi Anda tetap stabil sepanjang hari, sehingga Anda bisa fokus bekerja tanpa merasa lapar. Hindari junk food olahan, karena meski tidak bertahan lama, Anda akan merasakan gula atau glukosa yang terpancar tiba-tiba. Ini bisa membuat Anda merasa lelah, sakit, bahkan tidak bisa berkonsentrasi

Anda harus membuat jadwal harian

Bagi orang yang berpuasa, konsentrasi menjadi salah satu tantangan utama. Ini disebabkan oleh munculnya rasa lapar, haus, dan perubahan pola tidur. Maklum, Anda harus bangun pagi untuk makan. Karena itu, Anda harus merencanakan hari-hari bahagia Anda dengan cermat.

Anda bisa fokus menyelesaikan rencana harian. Tantang diri Anda dan buatlah lebih antusias. Apakah Anda ingat salah satu aturan yang akan berlaku selama WFH? Salah satunya juga mengembangkan rencana tujuan harian! Seperti biasa, ya.

Lakukan aktivitas berenergi tinggi di pagi hari, seperti rapat, panggilan telepon, dan interaksi tatap muka. Prioritas utama harus dilakukan secepatnya agar Anda tetap fokus. Tugas kecil bisa diselesaikan pada sore hingga larut malam.

Jangan bicara tentang makanan

Fokus Bekerja saat puasa

Berbicara tentang makanan biasanya terjadi pada saat berpuasa. Pikiran kita adalah tentang makanan, dan biasanya kita membuat rencana untuk “apa yang akan dimakan nanti”. Memikirkan dan membicarakan makanan justru membuat Anda lalai dan tidak berguna.

Pikirkan saja hal-hal menarik selain makanan. Tolong tetap fokus pada pekerjaan! Tahukah Anda, pekerjaan itu melelahkan saat puasa, jadi fokus saja pada pekerjaan dan pikirkan tentang gaji dan THR masa depan. Kalau di WFH hanya memikirkan makanan dan memasak, buang-buang waktu saja, karena hanya bisa memasak dan menyiapkannya di akhir pekan. Oleh karena itu pikirkan saja apa yang harus dilakukan selama WFH, karena bekerja dari rumah sebenarnya sulit untuk berkonsentrasi.

Jangan lihat jam agar Fokus Bekerja Saat Puasa

Kurangi gangguan yang tidak perlu di tempat kerja. Fokus pada rencana kerja harian Anda dan cobalah untuk tidak menghitung waktu yang dibutuhkan untuk makanan cepat saji tiba.

Saat berpuasa, jangan terlalu banyak bermain game di media sosial, atau bahkan nonton YouTube dan lihat pepaya! Waktu Anda bahkan dihabiskan untuk hal-hal sekunder. Tiba-tiba saja saatnya pekerjaan Anda masih menumpuk. Tidak, benar, menghentikan kecepatan dalam tenggat waktu untuk mengejar ketinggalan?

Minum banyak air saat berbuka

Minumlah air putih sebanyak mungkin saat sahur dan puasa. Puasa bukan penyebab dehidrasi kamu ha ha. Minum cukup air setiap hari, tapi minumlah dalam dua dosis terbagi. Jika Anda bisa minum banyak alkohol saat fajar, Anda tetap bisa menjaga energi yang cukup untuk menjalani hari tanpa merasa haus.

Air yang cukup benar-benar dapat membantu otak Anda bekerja dengan baik karena sirkulasi darah yang lancar. Tidak apa-apa jika Anda pergi ke toilet untuk buang air kecil, tetapi penting untuk tetap fokus. Anda bisa menambahkan garam Himalaya merah muda ke air saat fajar dan berbuka puasa. Garam ini dapat membantu memulihkan mineral yang hilang. Garam akan membantu Anda menghilangkan rasa pusing yang terjadi saat berpuasa.

Bekerja lebih awal

Fokus Bekerja saat puasa

Saat membuat rencana harian, harap selesaikan sebagian besar pekerjaan di sini sedini mungkin. Jika biasanya Anda mulai bekerja pada jam 9-10 pagi, sebaiknya bekerja lebih awal saat puasa, bahkan setelah sholat subuh. Di pagi hari, terutama setelah makan, tubuh dan pikiran Anda sangat cerah.

Oleh karena itu, harap ubah jadwal kerja Anda ke waktu secepat mungkin agar Anda dapat bekerja dengan efisien selama puasa. Selain itu, jika Anda seorang WFH, karena banyak anggota keluarga atau teman kos yang akan kembali tidur, bekerja dari rumah di pagi hari dapat mengurangi gangguan.

Karena itu, letakkan pekerjaan penting di pagi hari. Anda juga dapat membalas email atau pesan kerja yang diterima setelah jam kerja hari sebelumnya. Jika Anda telah menyelesaikan sebagian besar pekerjaan Anda di pagi hari, Anda dapat menyelesaikan tugas lainnya dengan lebih lambat sambil menunggu waktu buka puasa.

Berolahraga sebelum berpuasa agar Fokus Bekerja Saat Puasa

Latihan adalah kunci produktivitas! Jika menurut Anda puasa bisa menjadi alasan untuk tidak berolahraga, itu adalah kesalahan besar. Bila Anda tidak berolahraga, Anda akan menjadi lemah dan tidak dapat berkonsentrasi pada pekerjaan.

Anda terus berolahraga sambil berpuasa, produktivitas dan metabolisme Anda akan meningkat 50% (sama dengan puasa intermiten). Namun, Anda bisa memutuskan sendiri kapan waktu terbaik untuk berolahraga sebelum atau sesudah puasa. Tidak hanya bisa fokus bekerja saat berpuasa, pencernaan juga akan semakin lancar.

Kesimpulan Fokus Bekerja Saat Puasa

Aktivitas kerja yang penuh tekanan atau jadwal WFH terkadang membutuhkan perhatian ekstra. Ini tidak diragukan lagi sangat boros energi, terutama saat berpuasa. Dengan merancang hari yang lebih baik untuk memastikan bahwa Anda benar-benar dapat berkonsentrasi pada pekerjaan Anda di bulan suci ini!

JojoExpense Membantu Anda Mengelola Pengeluaran Perusahaan dengan Lebih Efisien dan Hemat Waktu. Mengelola Data Klien Menjadi Lebih Mudah, JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju keuangan perusahaan Anda tidak peduli tempat dan waktu.
 
Baik Anda mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam Anda. Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri.
 
Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!