Apa itu Fraud Akuntansi ?

Image by pixabay

Dalam semua bidang keuangan dan pengelolaannya baik itu usaha kecil maupun perusahaan besar, pasti akan selalu ada masalah tindak kecurangan saat membuat laporan keuangan yang disebut Fraud Akuntansi.

Semua itu terjadi karena ada niat buruk dari oknum yang diberikan kepercayaan untuk mengelola laporan keuangan, sehingga hal ini bisa disebut sebagai upaya tindakan kecurangan bahkan kriminal atau disebut juga Fraud. Lebih detailnya akan kita bahas apa itu Fraud dalam artikel dibawah ini.

Apa yang yang dimaksud Kecurangan atau Fraud Akuntansi ?

Kita mengenal Fraud dalam dunia akuntansi, sebagai bentuk kecurangan yang dilakukan secara sengaja oleh satu orang atau lebih. Tindakan fraud ini bisa terjadi pada suatu manajemen yang dilakukan secara langsung atau melalui pihak ketiga.

Upaya ini juga bisa dilakukan oleh pihak lain yang memiliki tanggung jawab atas pengelolaan keuangan pada suatu perusahaan.

Fraud dalam dunia akuntansi pada dasarnya adalah tindak penipuan finansial yang dilakukan oleh individu atau kelompok dalam laporan keuangannya demi mendapatkan keuntungan tersendiri dengan merugikan banyak pihak. 

Bagaimana Fraud Akuntansi bisa terjadi ?

Wajib diwaspadai bahwa dalam tindakannya, fraud akan memanfaatkan suatu kebohongan yang bertujuan untuk mendapatkan berbagai keuntungan secara tidak adil. Tentu saja tindakan fraud melanggar hukum karena didalamnya terdapat berbagai unsur kecurangan.

Tindakan ini cenderung akan lebih mudah dilakukan jika mereka adalah orang yang berasal dari organisasi atau instansi yang sama. Hal ini tentunya dilakukan demi mendapatkan keuntungan pribadi atau kelompoknya tetapi merugikan pihak lain.

Penyebab Terjadinya Fraud

Adanya Kesempatan

Terdapat berbagai faktor yang bisa menyebabkan terjadinya fraud dalam suatu lembaga atau instansi perusahaan, yang menjadi faktor utamanya adalah adanya kesempatan yang mendukung mereka bisa melakukan kejahatan fraud. Kesempatan untuk melakukan tindakan ini bisa terjadi kapan saja dan oleh siapa saja.

Jadi tidak heran jika kita bisa menemukan kabar fraud dari mereka yang justru telah mempunyai jabatan atau kedudukan tinggi pada perusahaannya.

  • Adanya Sifat Buruk

Selain itu, fraud juga bisa terjadi karena ada individu yang memiliki sifat buruk, seperti tamak, dll. Sifat tamak ini akan semakin mendorong karyawan untuk melakukan upaya fraud ketika ada kesempatan. Sifat yang buruk ini juga bisa membuat seseorang mencari kesempatan ataupun peluang dalam melakukan tindakan kriminal atau tindakan yang menyimpang lainnya.

  • Tindakan Hukum yang Lemah

Selain itu, fraud juga bisa terjadi karena penegakan hukum yang berlaku terlalu lemah, sehingga beberapa individu akan mulai menyepelekan sanksi hukum yang berlaku di sana. Hukum yang lemah juga mampu membuat seseorang menyalahgunakan kedudukannya untuk melakukan berbagai tindakan kriminal seperti fraud.

  • Masalah Ekonomi

Kebutuhan manusia yang sangat mendesak juga bisa mendorong seseorang dalam melakukan tindakan fraud. Beban tekanan hidup yang berat akan merubah seseorang untuk mengambil keputusan yang akan menguntungkan dirinya sendiri, dan tidak memikirkan bahwa ada pihak lain yang merugi karena tindakannya.

#1 Aplikasi HR Suites di Indonesia

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Jenis-Jenis Fraud Akuntansi

Tindakan fraud pada dasarnya terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Penyimpangan Aset

Jenis fraud ini meliputi seluruh tindakannya yang berkaitan erat dengan pencurian atau penyalahgunaan atas aset dan harta yang dipercayakan pada orang tersebut. Bentuk penyimpangan ini merupakan jenis fraud yang paling banyak terjadi pada perusahaan. Namun, penyimpangan ini adalah yang paling mudah untuk dideteksi karena aset perusahaan bisa diukur dan dihitung dengan mudah.

  • Laporan Palsu

Jenis fraud ini meliputi seluruh tindakan yang biasanya dilakukan oleh para pejabat atau eksekutif pada suatu perusahaan. Tindakan ini biasanya dilakukan demi menutupi kondisi keuangan yang sebenarnya. Untuk hal ini, pelaporan keuangan umumnya dilakukan dengan penuh bentuk tipuan demi keuntungan tersendiri, baik itu untuk perusahaan maupun untuk pelaku fraud.

  • Pelaku Korupsi

Korupsi dan suap merupakan tindakan fraud yang sulit sekali untuk dilacak. Kita sudah sering mendengar berita tentang jenis fraud ini karena sering terjadi dimana saja. Tindakan kriminal ini bisa saja terjadi karena adanya kelemahan pada tindak penegakan hukum.

  • Pencurian Data

Perlu Anda ketahui bahwa pencurian data adalah salah satu bentuk fraud. Terlebih lagi jika perusahaan tersebut bergerak dalam bidang keuangan, maka data nasabah ini sering sekali dicuri. Tindakan ini merupakan tindakan yang menyimpang karena bisa merugikan karyawan lain.

  • Kasus Penggelapan Uang & Laporan Keuangan

Fraud juga bisa terjadi dalam bentuk penggelapan uang atau data yang dilakukan demi memperkaya diri sendiri. Kasus penggelapan ini bisa terjadi pada divisi apa saja sehingga sangat penting untuk diwaspadai bersama.

Contoh Kecurangan (Fraud) 

Contoh Fraud dalam laporan keuangan adalah sebagai berikut:

  1. Income Smoothing

Perataan laba adalah salah satu bentuk upaya yang dilakukan dari manajemen laba. Usaha ini dilakukan manajemen untuk menyeimbangkan laba, dimana pendapatan dan beban akan dialihkan ke beberapa periode lain yang sedang melonjak harganya pada periode waktu tertentu. Perataan laba ini dilakukan ketika terjadi transaksi atau menempatkannya pada beberapa periode tertentu.

  1. Earning Manajemen

Pengaturan profit memiliki keterkaitan yang erat dengan peningkatan laba atau performa suatu perusahaan karena nilai profit atau laba yang didapatkan pada suatu perusahaan seringkali dikaitkan dengan prestasi dari manajemen tersebut.

Selain kata laba, istilah lainnya seperti laba ditahan mungkin sudah sering Anda temui dalam neraca keuangan perusahaan.

Laba ditahan memiliki peranan yang penting dalam laporan keuangan suatu perusahaan. Upaya pihak manajemen dalam memalsukan informasi keuangan atau memanipulasi laba bisa juga digunakan untuk memanipulasi laba ditahan saat menyajikan laporan keuangannya, sehingga bentuk informasinya bisa menyesatkan investor maupun kreditor.

Tips Mencegah Terjadinya Fraud

Kasus Fraud Akuntansi sangat merugikan orang lain bahkan perusahaan. Oleh karena itu, Fraud harus dicegah sesegera mungkin. Berikut ini beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencegah fraud, seperti:

  • Sosialisasi SOP Anti Korupsi

Suatu perusahaan perlu menyampaikan informasi penting tentang anti korupsi. Kegiatan ini perlu disosialisasikan pada semua karyawan dengan disertai sanksi yang tegas seperti pemecatan dan jalur hukum, agar ada efek jera bagi pelaku korupsi.

Dengan begitu, akan memberikan pelajaran yang berkesan untuk para karyawan agar tidak melakukan tindakan fraud.

  • Analisa Keuangan dengan Baik

Tindak pencegahan fraud juga bisa dilakukan dengan cara lain, yaitu dengan menganalisa keuangan dengan baik. Sehingga, kesempatan ataupun peluang karyawan dalam melakukan tindakan fraud pun bisa berkurang. Tindakan ini penting untuk dilakukan sebagai bentuk antisipasi sehingga bisa meminimalisir tindakan fraud.

Atasi Fraud Akuntansi dengan platform terpercaya !

Terdapat berbagai cara dalam mencegah tindakan fraud tersebut seperti memberikan SOP anti korupsi dan membuat analisa keuangan dengan baik. Anda juga bisa menggunakan aplikasi akuntansi dengan basis cloud untuk menyimpan data keuangan Anda yang disertai dengan otorisasi khusus yang baik agar datanya aman.

Salah satu software akuntansi berbasis cloud yang sudah terpercaya adalah Aplikasi Online. Aplikasi ini akan memudahkan Anda dalam mengurus segala hal yang menyangkut akuntansi perusahaan Anda secara lebih mudah dan cepat. Sehingga, laporan keuangan dan akuntansi bisa disajikan secara faktual.

Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Platform keuangan Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

Aplikasi Finance & Expense

Atasi tantangan akuntansi bisnis menggunakan rangkaian aplikasi keuangan terbaik kami di cloud.

JojoExpense

Pegang kendali penuh anggaran perusahaan kapanpun dimanapun.

JojoAsset Management

Membantu anda mengelola aset secara real-time, cepat dan otomatis.

JojoCashCard

Transaksi penggajian karyawan menjadi lebih mudah, aman dan praktis.

JojoInvoice

Sederhanakan pembuatan invoice dan pengelolaan tagihan dengan e-invoice.

JojoE-Budgeting

Digitalisasi perencanaan hingga laporan realisasi anggaran dalam satu aplikasi.

JojoExpense

Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

Coba Gratis Sekarang

Daftar Live Demo