Freelance Atau Prilen Artinya Adalah ?

kata kata bijak berkelas

Entah anda ingin menjadi seorang bos atau sekedar mengetes karir baru, atau bahkan memilih fokus pada passion anda, Freelance atau Prilen adalah pilihan yang paling tepat dalam menggapai itu semua. Dan asal tahu saja, ketika anda memilih untuk bekerja sebagai Freelance atau Prilen artinya anda tidak sendirian.

Di tahun 2019, sebuah survey yang dilakukan oleh MBO Partner menyebutkan bahwa terdapat hampir 41.1 juta penduduk Amerika yang mengidentifikasikan diri mereka sebagai seorang freelance atau prilen. Baik yang bekerja dalam hitungan jam atau yang memiliki penjanjian kerja sama dalam jangka waktu tertentu.

Hampir 15 juta pekerja juga mengatakan bahwa mereka sebelumnya bekerja secara freelance dan 12.4 juta diantaranya menyebut bahwa ia adalah seorang Freelancer Full Time.

Dengan total jumlah angka yang ada, berikut adalah ulasan mengenai ap aitu Freelance atau Prilence serta bagaimana menemukan perusahaan yang tepat dan karakter apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seornag freelancer yang sukses.

Freelance atau Prilen Artinya?

Pada dasarnya, seorang pekerja freelance merupakan seseorang yang bekerja untuk dirinya sendiri alih – alih bekerja untuk suatu korporasi atau organisas. Meski freelancer meengambil proyek yang ditawarkan oleh perusahaan atau organisasi namun mereka tidak bisa dianggap sebagai bagian atau pegawai perusahaan tersebut.

prilen artinya

Tugas atau tanggung jawab seorang freelancer atau prilen artinya meliputi banyak hal yang biasanya tidak dikerjakan oleh para pekerja ‘tetap’ perusahaan. Seorang pekerja bebas juga bisa menetapkan jam kerjanya sendiri, menetapkan jam yang berbeda – beda sesuai kehendaknya dalam proyek yang berbeda – beda, menentukan jumlah biaya dari jasa atau produk yang ia tawarkan serta membayar sendiri pajak bisnisnya.

Freelance atau prilen artinya tidak bisa disebut sebagai karyawan bagi perusahaan tapi lebih kepada kontraktor.

Jenis Karir yang Paling Sering Dikerjakan Oleh Freelancer

Karir seorang freelancer itu sendiri bisa dibilang susah – susah gampang. Susah karena pekerjaan freelancer bisa jadi memiliki banyak saingan. Gampang karna apabila telah memiliki pamor yang menterang, seorang freelancer bisa menjadi pilihan pertama dari banyaknya tawaran proyek yang ada. Berikut adalah beberapa tipe atau jenis karir yang biasanya dikerjakan oleh seorang freelancer, antara lain adalah :

  • Keuangan dan akuntansi
  • Administrasi
  • Penulis
  • Costumer service
  • Penerjemah
  • IT dan Komputer
  • Kesehatan
  • Editor
  • HR dan perekrutan
  • Pendidikan dan training

Keuntungan dan Kekurangan dari Bekerja Secara Freelance

Setiap pekerjaan memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing. Sadar tentang tantangan yang akan anda hadapi kedepan merupakan salah satu cara terbaik dalam mempersiapkan mental bagi segala kemungkinan. Nah, berikut adalah beberapa daftar keuntungan dan kekurangan dari bekerja secara freelance yang harus anda perhatikan supaya tidak menyesal kemudian.

Keuntungan Menjadi Seorang Freelancer

Keuntungan terbesar dari bekerja freelance adalah kemudahan dan kebebasan menentukan beban kerja yang akan anda kerjakan. Anda juga bisa menentukan dengan siapa anda ingin bekerja serta berapa banyak biaya atau gaji yang anda inginkan. Ketika anda beekrja secara freelance, anda merupakan penentu arah anda sendiri. anda bisa memilih sendiri jenis pekerjaan apa yang anda inginkan. Klient seperti apa yang ingin anda terima serta berapa banyak gaji yang anda inginkan. Tergantung tingkatan kemampuan yang anda miliki, sangat mungkin mendapatkan bayaran layaknya karyawan full time hanya dengan bekerja part time. Sangat menarik  bukan?

prilen artinya

Tingkat flexibilitas dan pekerjaan yang bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja juga merupakan salah satu keuntungan dengan bekerja secara freelance. Kebanyakan, dengan bekerja dalam suatu proyek freelance membuat anda harus menetapkan jam kerja dari rumah per harinya. Meski waktu kerja itu sendiri juga terserah keinginan hati anda sendiri. hal ini dikarenakan, setiap proyek akan emmiliki tenggat waktunya masing – masing. Yang mana deadline tersebut harus anda penuhi karna berpengaruh besar terhadap tingkat profesionalitas anda dimata klient.

Kekurangan Menjadi Seorang Freelancer

Dengan begitu banyaknya ‘kekuatan’ dalam mengatur sendiri sistem kerja anda, akan datang pula yang namanya tanggung jawab disana. Sebagai seorang freelancer, anda merupakan pemilik dari bisnis jasa atau produk yang anda tawarkan, dimana hal ini juga berarti memiliki konsekuensi – konsekuensi seperti pembayaran pajak, membuat sendiri jaminan sosial, jaminan Kesehatan dan jaminan – jaminan lainnya secara mandiri serta membeli smeua kebutuhan atau alat yang bisa anda gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Sindrom ‘puasa dan berbuka’ merupakan salah satu ‘penyakit’ yang paling sering dialami oleh seorang freelancer. Dimana dalam jangka waktu tertentu anda mungkin sedang sibuk – sibuknya karna menerima banyak sekali pekerjaan sedangkan di waktu yang lain hampir tidak memiliki kegiatan sama sekali. Hal ini juga berlaku dengan besarnya tabungan yang akan anda dapatkan. Kadang pasang kadang juga surut.

Pekerja freelance juga biasanya terlalu bergantung pada proyek jangka Panjang tanpa mempertimbangkan bahwa proyek tersebut bisa saja diputuskan sepihak oleh client. Sangta penting bagi seorang freelancer untuk memiliki management keuangan yang baik dan mengerti cara mendapatkan klient baru dengan mudah.

prilen artinya

Karakter yang Harus Ada Dalam Diri Seorang Freelancer

Akan selalu ada yang namanya karakteristik untuk mendapatkamn title freelancer sukses itu sendiri. Nah, berikut adalah beberapa daftar mengenai karakteristik yang harus ada dalam diri seorang freelancer, antara lain adalah :

Disiplin

Memang benar bahwa tidak ada yang akan mengawasi anda ketika bekerja. Tidak ada yang namanya bos dan anda bebas melakukan apapun yang anda inginkan. Dimana hal ini juga bisa menjadi senjata bermata dua karna dinilai gampang menyelewengkan pekerjaan freelancer menjadi sangat tidak disiplin.

Gigih dan Tekun

Bagi mereka yang baru memulai Langkah karir freelancer -nya sangat penting untuk memiliki yang namanya kegigihan dan ketekunan. Hal inilah yang nantinya membuat nama anda bersinar diantara para pekerja lepas lainnya.

Relisilient

Tahukah anda bahwa kata yang mungkin paling sering di dengar oleh seorang freelancer adalah REVISI. Yaps, tanpa ketahanan yang resilient, seorang freelancer tidak akan mampu tumbuh dengan baik.

Mampu Mengorganisir Pekerjaan Dengan Baik

Anda akan dihadapkan pada lebih dari satu proyek. Tanpa kemampuan untuk mengorganisir berbagai proyek tersebut anda yakin pasti akan pontang – panting.

Dalam melakukan perhitungan freelance atau prilen artinya juga perlu untuk diperhatikan secara seksama. Sama halnya seperti pembayaran payroll karyawan yang membutuhkan fokus khusus. Ada baiknya anda mencoba menggunakan sistem yang lebih efektif seperti JojoPayroll dari Jojonomic. Dengan menggunkan sistem ini maka payroll yang dibayarkan secara otomatis dan cepat. Hal ini berkat keunggulan yang dimiliki oleh fitur JojoPayroll dari jojonomic seperti misalnya saat digunakan untuk mencetak slip gaji otomatis. karena itu Ayo jangan ragu! Gunakan JojoPayroll dan dapatkan percobaan gratis selama 14 hari.