Freelance Adalah Pekerja untuk Melakukan Pekerjaan atau Tugas

Seorang Freelance adalah individu yang menghasilkan uang berdasarkan pekerjaan atau tugas, biasanya untuk pekerjaan jangka pendek. Seorang Freelancer bukanlah karyawan sebuah perusahaan dan oleh karena itu bebas untuk menyelesaikan pekerjaan yang berbeda secara bersamaan oleh berbagai individu atau perusahaan, kecuali secara kontrak berkomitmen untuk bekerja secara eksklusif hingga proyek tertentu selesai.

POIN PENTING

  • Seorang Freelancer adalah pekerja mandiri yang mendapatkan upah per pekerjaan atau per tugas, biasanya untuk pekerjaan jangka pendek.
  • Manfaat freelancing termasuk memiliki kebebasan untuk bekerja dari rumah, jadwal kerja yang fleksibel, dan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik.
  • Contoh seorang Freelancer adalah jurnalis independen yang melaporkan cerita pilihan mereka sendiri dan kemudian menjualnya kepada penawar tertinggi.

Memahami Freelance

Biasanya, Freelancer dianggap sebagai pekerja independen dan dapat melakukan pekerjaan kontrak mereka penuh waktu atau sebagai pekerjaan sampingan untuk melengkapi pekerjaan penuh waktu, jika waktu mengizinkan. Freelancer, sebagai kontraktor independen , biasanya memerlukan kontrak yang ditandatangani untuk menyelesaikan pekerjaan dan akan menyetujui biaya yang telah ditentukan berdasarkan waktu dan upaya yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas. Biaya ini dapat berupa biaya tetap atau biaya per jam, per hari, atau per proyek, atau ukuran serupa lainnya.

Seorang Freelancer cenderung bekerja di sektor kreatif, terampil, atau jasa, seperti di film, seni, desain, pengeditan, copywriting, proofreading, media, pemasaran, musik, akting, jurnalisme, pengeditan dan produksi video, ilustrasi, pariwisata, konsultasi , pengembangan situs web, pemrograman komputer, perencanaan acara, fotografi, terjemahan bahasa, bimbingan belajar, katering, dan banyak lagi.

Freelancer dan Pajak

Internal Revenue Service (IRS) mengkategorikan pekerja lepas sebagai wiraswasta. Seorang pekerja mandiri, tidak seperti karyawan sebuah perusahaan, tidak ada pajak yang dipotong oleh perusahaan tempat mereka berbisnis. Oleh karena itu, membayar pajak penghasilan adalah tanggung jawab Freelancer, dan perkiraan pajak harus dibayar di muka dengan angsuran triwulanan. Selain pajak penghasilan, pekerja lepas juga dikenai pajak wirausaha yang diamanatkan oleh IRS. Pajak wirausaha berlaku untuk pekerja lepas yang memperoleh $ 400 atau lebih dalam tahun pajak tertentu. Pajak memiliki dua komponen: satu untuk Jaminan Sosial dan yang lainnya untuk Medicare.

Freelancer mungkin memenuhi syarat untuk potongan pajak tertentu yang dapat diklaim pemilik bisnis atas biaya bisnis mereka. Menurut IRS, ini harus menjadi pengeluaran biasa dan perlu (O&NE) untuk operasi bisnis. Ini berarti bahwa seorang Freelancer tidak dapat mengklaim pengurangan biaya yang biasanya mereka hasilkan tanpa bisnis. Beberapa contoh pemotongan yang dapat diklaim antara lain pemotongan kantor rumah , seperti sewa dan utilitas, biaya perjalanan ke pekerjaan, biaya menjamu klien, biaya kursus atau sertifikasi yang secara langsung berhubungan dengan profesi bisnis, dan banyak lagi.

Di AS, Freelancer tidak menerima formulir W-2 untuk keperluan pajak pendapatan dan sebagai gantinya dikirimi formulir pajak 1099-MISC, yang biasanya tidak termasuk pemotongan pajak. Seorang Freelancer yang memberikan layanan kepada banyak klien selama tahun pajak tertentu akan menerima formulir 1099-MISC dari masing-masing klien tersebut.

Manfaat dan Kerugian Menjadi Freelancer

Manfaat menjadi seorang Freelancer termasuk memiliki kebebasan untuk bekerja dari rumah, jadwal kerja yang fleksibel, dan keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik. Pekerjaan Freelance dapat menguntungkan pekerja yang telah di-PHK, mengurangi insiden pengangguran secara keseluruhan dalam suatu perekonomian.

Kekurangannya termasuk ketidakpastian tentang pendapatan masa depan, stabilitas pekerjaan, dan konsistensi dalam mendapatkan pekerjaan baru. Ada juga kekurangan tunjangan pemberi kerja, seperti asuransi dan rencana pensiun, dan terkadang tarif per jam lebih rendah dibandingkan dengan penerima gaji yang bekerja. Selain mereka yang memenuhi syarat Pandemic Unemployment Assistance (PUA) , pekerja lepas tidak memenuhi syarat untuk asuransi pengangguran .

Bagaimana arti freelancing

Setiap responden survei melalui serangkaian pertanyaan yang memenuhi syarat status pekerjaan dan pendapatan mereka untuk menentukan definisi pekerja lepas yang mungkin tidak tercatat.

Berikut adalah cara laporan memecah jenis baru Freelancer.

1. Kontraktor Independen

(40% dari tenaga kerja independen / 21,1 juta profesional)

Pekerja lepas “tradisional” ini tidak memiliki majikan dan sebagai gantinya melakukan pekerjaan lepas, sementara, atau tambahan berdasarkan proyek-ke-proyek.

2. Moonlighters

(27% dari tenaga kerja independen / 14,3 juta profesional)

Profesional dengan pekerjaan utama dan tradisional yang juga bekerja sambilan melakukan pekerjaan lepas. Misalnya, pengembang web yang dipekerjakan perusahaan yang juga melakukan proyek untuk nirlaba di malam hari.

3. Pekerja yang beragam

(18% dari tenaga kerja independen / 9,3 juta profesional)

Orang-orang dengan berbagai sumber pendapatan dari gabungan perusahaan tradisional dan pekerjaan lepas. Misalnya, seseorang yang bekerja di meja depan di kantor dokter gigi 20 jam seminggu dan mengisi sisa penghasilannya dengan mengemudi untuk Uber dan menulis lepas.

4. Pekerja Sementara

(10% dari tenaga kerja independen / 5,5 juta profesional)

Individu dengan satu pemberi kerja, klien, pekerjaan, atau proyek kontrak di mana status pekerjaan mereka sementara. Misalnya, konsultan strategi bisnis yang bekerja untuk satu klien startup berdasarkan kontrak untuk proyek berbulan-bulan.

5. Pemilik Bisnis Freelance

(5% dari tenaga kerja independen / 2,8 juta profesional)

Pemilik bisnis dengan satu hingga lima karyawan yang menganggap diri mereka sebagai pekerja lepas dan pemilik bisnis. Misalnya, seorang guru pemasaran sosial yang menyewa tim pemasar sosial lain untuk membangun agensi kecil, tetapi masih mengidentifikasi sebagai pekerja lepas.

Kelebihan Freelancing

Memiliki kendali atas beban kerjamu, klien tempat kamu bekerja, dan penghasilan kamu adalah manfaat besar dari freelancing. Saat kamu Freelance, kamu berada di kursi pengemudi. kamu menentukan pekerjaan apa yang akan diambil, klien mana yang kamu inginkan, dan tingkat gajimu. Bergantung pada tingkat keahlianmu, mungkin saja bekerja paruh waktu, tetapi membayar penuh waktu.

Fleksibilitas dan kerja jarak jauh juga menyenangkan. Sebagian besar waktu, mengerjakan proyek Freelance akan melibatkan bekerja di kantor rumah kamu dan jam kerja yang kamu pilih. kamu pasti memiliki tenggat waktu yang harus dipenuhi, tetapi kamu akan memutuskan kapan dan di mana kamu bekerja.

Kontra Freelancing

Dengan kendali tertinggi, muncul tanggung jawab tambahan. Sebagai pekerja lepas, kamu adalah pemilik bisnis, dan kamu harus tetap mengetahui pajak, faktur, pembayaran yang diterima, menemukan asuransi kesehatan kamu sendiri, dan membeli setiap perangkat lunak dan teknologi yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

Feast or famine syndrome adalah kerugian nyata lainnya dari freelancing. Beberapa bulan kamu akan penuh sampai penuh dengan pekerjaan, sedangkan bulan berikutnya mungkin menjadi kota hantu. kamu mungkin mengandalkan kontrak yang konsisten dengan satu klien, hanya untuk mengetahui bahwa mereka tidak membutuhkan kamu lagi secara tiba-tiba. Freelancing membutuhkan pengelolaan uang yang baik dan sumber klien baru yang konstan.

Contoh Freelancer

Contoh seorang Freelancer adalah jurnalis independen yang melaporkan cerita pilihan mereka sendiri dan kemudian menjual karyanya kepada penawar tertinggi. Adanya contoh lain adalah desainer web atau pengembang aplikasi yang melakukan pekerjaan satu kali untuk klien dan kemudian beralih ke klien lain.

Perhitungan freelance perlu untuk diperhatikan, sama halnya dengan pembayaran payroll karyawan. Ada baiknya gunakan sistem yang lebih efektif seperti JojoPayroll. Dengan sistem ini maka payroll dapat dibayarkan otomatis dan lebih cepat. Tentu saja hal ini berkat keunggulan fitur JojoPayroll seperti misalnya cetak slip gaji otomatis. Oleh sebab itu jangan ragu, segera gunakan JojoPayroll dan dapatkan coba gratis di perusahaan Anda selama 14 hari.