Fungsi Anggaran Sebagai Pedoman Pelaksanaan Pekerjaan

fungsi anggaran

Fungsi anggaran dalam suatu perusahaan atau organisasi memiliki peranan cukup vital. Namun, sebelum kita membahas lebih jauh perkara fungsi dari anggaran ini, sebaiknya pahami dulu apa sih sebenarnya anggaran itu sendiri.

Apa itu anggaran?

Berdasarkan definisinya, anggaran merupakan suatu rencana yang disusun secara sistematis dalam bentuk angka. Umumnya, anggaran dinyatakan dalam unit moneter yang mencakup segala aktivitas perusahaan dalam periode waktu tertentu di masa yang akan datang.

Anggaran juga dikenal sebagai rencana keuangan suatu perusahaan ataupun organisasi. Pasalnya, anggaran selalu disusun dalam bentuk unit moneter. Dalam setiap perencanaan anggaran, satuan kegiatan dan satuan uang menempati posisi paling vital. Artinya, semua kegiatan akan dikuantifikasikan dalam satuan uang sehingga nantinya bisa diukur segala pencapaian efisiensi dan efektivitas dari kegiatan yang dilakukan tersebut.

Pada dasarnya, penganggaran merupakan suatu bentuk komitmen resmi dari manajemen terkait pendapatan, biaya, dan berbagai transaksi keuangan dalam jangkau waktu tertentu di masa mendatang. Sementara anggaran perusahaan sendiri merupakan suatu proses perencanaan dan pengendalian operasi perusahaan yang dijelaskan dalam suatu kegiatan. Tujuannya sendiri untuk mengestimasi besaran operasi perusahaan ke dalam estimasi keuangan.

fungsi anggaran

Fungsi anggaran secara umum

Di balik segala kepentingannya, anggaran memiliki banyak fungsi dalam suatu organisasi ataupun perusahaan. Berikut di antaranya:

  • Fungsi pelaksanaan

Bisa dikatakan, anggaran adalah salah satu bentuk pedoman dalam pelaksanaan suatu pekerjaan. Dengan demikian, pekerjaan tersebut bisa dilaksanakan dengan baik sesuai tujuan yang diharapkan. Jadi bisa disimpulkan, bahwa anggaran sangat penting dalam hal menyelaraskan ataupun mengkoordinasi setiap bagian kegiatan perusahaan atau organisasi.

  • Fungsi perencanaan

Anggaran juga bisa memberikan gambaran dan ilustrasi yang cukup jelas perihal unit dan uang suatu perusahaan atau organisasi tertentu. Contoh sederhananya, pada tahun 2021 suatu perusahaan merencanakan bakal memperoleh laba setinggi-tingginya. Nah, rencana yang dirumuskan setinggi mungkin tersebut tidak jelas konteksnya. Sebab, laba yang didapatkan perusahaan dengan setinggi mungkin pasti jelas berbeda.

Ketahuilah, dalam setiap penyusunan anggaran perusahaan ataupun organisasi, besarnya laba dirumuskan secara nyata dan teliti. Dengan kata lain, laba selalu dinyatakan dalam bentuk data kualitatif.

  • Fungsi penawaran

Berikutnya adalah fungsi penawaran karena memang anggaran merupakan bentuk alat pengawasan ataupun pengendalian. Artinya, anggaran bisa dijadikan media evaluasi atau menilai atas pelaksanaan suatu pekerjaan dengan cara membandingkan realisasi dan anggaran serta melakukan tindakan perbandingan jika terjadi penyimpangan yang merugikan perusahaan.

Tipe-tipe anggaran perusahaan

Ada beberapa tipe anggaran yang perlu diketahui, berikut di antaranya:

  • Ceiling budget

Tipe anggaran yang pertama adalah ceiling budget yang umumnya digunakan untuk tujuan pengawasan. Anggaran tipe satu ini mengawasi suatu instansi secara langsung. Caranya dengan menentukan suatu batas pengeluaran melalui sejumlah peraturan. Bisa juga secara tidak langsung membatasi suatu penghasilan instansi pada sumber yang diketahui dalam jumlah yang terbatas.

  • A line-item budget

Tipe satu ini menggolongkan setiap pengeluaran yang dilakukan berdasarkan jenis. Tujuannya untuk mengawasi setiap jenis pengeluaran beserta keseluruhan jumlahnya.

  • Performance and program budgets

Selanjutnya adalah performance and program budgets yang sangat berguna untuk menggolongkan kegiatan atau program berdasarkan dana yang hendak digunakan sehingga membantu proses evaluasinya.

Tipe satu ini bekerja dengan cara memisahkan pengeluaran berdasarkan fungsinya dan jenisnya. Bisa juga berdasarkan sumber penghasilan, seperti pajak kekayaan ataupun biaya pemakaian. Umumnya, para administrator dan anggota legislatif bisa mendapat laporan yang tepat tentang suatu transaksi keuangan untuk mempertahankan efisiensi sekaligus mengawasi segala alurnya.

fungsi anggaran

Tujuan anggaran perusahaan

Setelah mengetahui berbagai tipe anggaran, berikut ini adalah tujuan dari dibuatnya anggaran.

Pernyataan target perusahaan

Anggaran dibuat dengan tujuan untuk menyatakan target atau harapan perusahaan secara jelas dan formal sehingga bisa menghindari segala kerancuan. Selain itu, anggaran juga bisa memberikan arah terhadap apa yang hendak dicapai oleh manajemen perusahaan tersebut.

Media komunikasi

Tujuan lain dibuatnya suatu anggaran adalah mengkomunikasikan harapan manajemen kepada para pihak terkait. Dengan demikian, anggaran yang dibuat bisa dimengerti, didukung, dan kemudian dilaksanakan sebaik mungkin.

Rencana kegiatan

Suatu perusahaan ataupun organisasi biasanya membuat anggaran dengan tujuan untuk menyediakan rencana terinci tentang suatu kegiatan. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi ketidakpastian dan memberikan pengarahan yang jelas bagi individu serta kelompok.

Jenis-jenis anggaran yang perlu diketahui

Anggaran penjualan

Sesuai dengan namanya, anggaran jenis ini terkait dengan segala perencanaan penjualan selama periode yang telah ditentukan. Biasanya, anggaran ini dinyatakan dalam satuan uang dan juga kuantitas penjualan.

Selain itu, anggaran ini juga bisa disusun berdasarkan proyeksi penjualan yang hendak diberikan oleh perusahaan ataupun organisasi. Dengan kata lain, anggaran penjualan bisa jadi acuan tentang penjualan perusahaan di masa mendatang.

Anggaran produksi

Berikutnya adalah anggaran produksi yang berisi tentang segala rencana unit yang hendak diproduksi selama periode anggaran tersebut berlangsung. Anggaran produksi juga dikenal sebagai dasar dari segala biaya produksi, bahan baku, tenaga kerja, hingga pabrik.

Anggaran biaya bahan baku

Jenis anggaran satu ini tentang segala macam taksiran perihal bahan baku yang dibutuhkan dalam setiap proses produksi dengan menyatakan kuantitas dan satuan uang. Melalui anggaran ini bisa diketahui pembelian bahan baku yang hendak digunakan sebagai dasar dari penyusunan anggaran kas dan laba rugi.

Anggaran biaya tenaga kerja langsung

Sesuai dengan namanya, anggaran jenis ini terkait dengan taksiran biaya tenaga kerja dalam beberapa periode anggaran. Nantinya, anggaran tersebut akan dijadikan dasar dari penyusunan anggaran kas dan laba rugi. Umumnya, penyusunan anggaran biaya tenaga kerja langsung merupakan suatu perhitungan yang dikenal dengan dua jenis metode, di antaranya upah per unit dan upah per jam.

Anggaran overhead pabrik

Biaya overhead pabrik juga memerlukan adanya anggaran khusus yang nantinya digunakan dalam penyusunan anggaran kas beserta laba rugi.

Anggaran persediaan

Jenis anggaran berikutnya mengenai persediaan yang dimiliki oleh perusahaan dalam suatu periode tertentu dengan perencanaan yang dibuat detail dan jelas.

Anggaran biaya produksi

Selanjutnya ada anggaran biaya produksi yang terkait dengan taksiran biaya pemasaran dan administrasi umum.

Anggaran kas

Ada pula anggaran kas yang menyatakan berbagai sumber serta penggunaan kas dalam suatu periode tertentu. Anggaran ini biasanya tersusun dari berbagai jenis anggaran operasi dan pengeluaran modal dengan dasar penyusunan anggaran neraca perusahaan maupun organisasi.

Anggaran laba rugi

Ketahuilah, laba rugi suatu perusahaan selama periode yang ditentukan juga termasuk dalam jenis anggaran. Umumnya, anggaran jenis ini digunakan sebagai dasar penyusunan neraca.

Anggaran neraca

Rencana tentang posisi keuangan seperti aktiva, modal, dan utang perusahaan dari awal sampai akhir periode termasuk dalam jenis anggaran neraca.

fungsi anggaran

JojoExpense membantu meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan

Perlu diketahui, bukan hanya anggaran yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan maupun instansi melainkan sistem pengelolaan keuangan yang efisien, tepat, dan akurat. Itulah sebabnya JojoExpense hadir dengan teknologi terkini untuk membantu memudahkan segala pekerjaan kamu terkait pengelolaan keuangan perusahaan.

JojoExpense merupakan aplikasi yang mampu membantu meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan hingga mencapai angka 76 persen. Selain itu, JojoExpense memiliki banyak fitur canggih, di antaranya mengumpulkan data secara otomatis, mencegah penipuan dalam bentuk reimbursement maupun cash advance, dan pastinya pengurangan biaya penggunaan kertas.

Bagian paling menariknya, JojoExpense memungkinkan kamu untuk mencoba versi gratisnya selama 14 hari. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, buruan unduh aplikasi satu ini untuk menjadikan perusahaan kamu lebih produktif dan efisien.