Fungsi Penting Company Profile Sebagai Gambaran Perusahaan

company profile

Company profile menjadi bagian yang penting bagi sebuah perusahaan sehingga pembuatannya tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pada dasarnya sebuah company profile merupakan bentuk dari perkenalan secara profesional mengenai bisnis yang sedang dijalankan oleh sebuah perusahaan. Fungsi company profile akan tergambarkan informasi mengenai keberadaan bisnis Anda. Selain itu akan ditampilkan pula mengenai gambaran dari produk yang sedang Anda tawarkan. Oleh karena itu sebuah company profile merupakan hal penting bagi sebuah perusahaan sehingga pembuatannya benar-benar harus diperhatikan.

Fungsi Company Profile

Memberikan gambaran perusahaan

Pada dasarnya sebuah company profile menjadi wadah bagi perusahaan untuk menggambarkan keberadaannya. Jadi melalui hal ini maka sebuah perusahaan dapat membagikan cerita mengenai apa yang menjadi visi dan misi perusahaan. Selain itu gambaran mengenai produk yang sedang dijual juga bisa digambarkan pada profil perusahaan. Jadi bagi Anda yang ingin mengetahui banyak hal tentang sebuah perusahaan maka Anda bisa melihat profil perusahaannya.

Media branding dan publikasi

Informasi yang terdapat pada sebuah profil perusahaan biasanya berkaitan dengan keunggulan dari produk yang ditawarkannya. Melalui profil perusahaan yang dibuat dengan tampilan menarik tentunya konsumen dapat mendapatkan informasi mengenai produk Anda. Dalam hal ini Anda bsia mengunakan profil perusahaan tersebut sebagai media untuk mempublikasikan produk Anda. Tentu konsumen akan lebih mengenal produk Anda beserta merek produk di dalam benaknya.

Alat pemasaran

Bila profil perusahaan yang Anda buat mampu menarik minat konsumen maka bisa dikatakan bahwa terjadi proses pemasaran produk. Proses pemasaran pada dasarnya bisa dilakuakn dengan menggunakan berbagai media. Salah satunya adalah melalui profil perusahaan yang dibuat untuk kemudian dibaca oleh masyarakat. Oleh karena itu sebaiknya jangan lupa untuk mencantumkan keunggulan produk pada profil perusahaan Anda. Sebab melalui profil inilah maka Anda bisa mengenalkan produk Anda pada konsumen.

Komposisi Penting Dalam Profil

Cover depan

Pada bagian cover terdapat nama dan logo perusahaan. Cover perlu dibuat dengan baik sebab melalui cover inilah maka pembaca bisa mengetahui identitas awal perusahaan Anda.

Kata pengantar

Jika Anda membuat kata pengantar pada profil perusahaan maka usahakan membuat kata pengantar yang singkat. Jangan menggunakan kalimat yang bertele-tele karena akan membuat pembaca merasa bosan dan malas untuk membacanya.

Sejarah perusahaan

Bagian sejarah perusahaan umumnya berisi tentang informasi dasar perusahaan. Informasi ini antara lain meliputi tahun berdirinya perusahana dan latar belakang pendirian perusahaan serta pendirinya. Apa yang dicantumkan pada bagian ini diharapkan bisa semakin memperkaya informasi bagi orang yang membacanya.

Visi dan misi perusahaan

Visi pada dasarnya merupakan tujuang atau hal yang menjadi cita-cita besar bagi perusahaan. Sedangkan misi merupakan gambaran mengenai berbagai upaya yang dilaukan oleh perusahaan agar dapat mencapai visinya.

Anggota tim

Siapa saja yang memegang peranan dalam perusahaan Anda juga bsia dicantumkan pada company profile. Tidak hanya nama dan jabatan anggota tim perusahaan saja yang bisa dicantumkan. Tetapi juga tanggung jawab serta kualifikasi masing-masing anggota juga bisa dicantumkan.

Produk perusahaan

Umumnya pembaca dan konsumen akan memusatkan fokusnya pada bagian produk yang sedang ditawarkan oleh perusahaan. Oleh karena itu berikan rincian mengenai produk Anda dan dilengkapi dengan gambar produk.

Keunggulan perusahaan

Jangan lupa untuk menunjukkan pula keunggulan perusahaan Anda. Tonjolkan kelebihan dari perusahaan Anda serta produk yang diluncurkan. Maka pembaca akan tertarik dengan perusahaan Anda hingga akhirnya bisa menjadi customer loyal bagi perusahaan Anda.

Pengalaman perusahaan

Jika perusahaan Anda sebelumnya pernah menjalin hubungan kerja sama dengan beberapa klien maka Anda bisa mencantumkannya. Tentu hal ini akan membuat pembaca semakin percaya dan tidak ragu pada perusahaan Anda.

Galeri foto

Tambahkan pula berbagai macam foto yang menggambarkan perusahaan Anda. Mulai dari foto perusahaan hingga foto kegiatan produksi. Bisa juga foto karyawan dicantumkan di dalamnya.

Testimoni

Testimoni yang ditampilkan dengan cara tepat tentu akan menarik minat pembaca. Sebaiknya berikan testimoni dari beberapa orang penting atau orang terkenal yang menjadi public figure di kalangan masyarakat.

Cover belakang

Di bagian cover belakang Anda bisa mencantumkan kontak person untuk dihubungi baik oleh klien maupuan konsumen. Berikan pula alamat email yang saat ini sedang populer sehingga selalu dicantumkan di tiap profil perusahaan.

Informasi tambahan

Informasi tambahan pada dasarnya diberikan dengan tujuan untuk melengkapi informasi yang sebelumnya. Misalnya saja Anda bisa melampirkan sertifikasi ISO perusahaan. Atau mungkin mencantumkan struktur dan legalitas perusahaan hingga pembaca tak meragukan kualitas perusahaan.

Ciri-ciri Fungsi Company Profile

  1. Desain company profile sebaiknya dibuat dengan tampilan yang menarik dan profesional. Anda bisa menggunakan kombinasi warna yang sesuai dengan logo perusahaan. Maka branding akan terkesan semakin diperkuat dengan desain tersebut.
  2. Isi serta susunan dari company profile perlu dibuat serapi mungkin. Selain itu susunannya juga sebaiknya singkat saja dan jelas. Tentu hal ini akan membuat orang lain semakin mudah memahaminya.
  3. Poin penting yang ada pada perusahaan Anda wajib untuk dicantumkan. Dengan adanya berbagai poin penting ini maka orang yang membacanya bisa memperoleh informasi yang kredibel.
  4. Company profile dapat dicetak untuk berbagai macam kepentingan. Sebaiknya mencetaknya dengan menggunakan material dan bahan cetak yang berkualitas.
  5. Foto dan gambar mengenai perusahaan perlu untuk dicantumkan. Atau mungkin Anda juga bsia menampilkan ilustrasi yang berhubungan dengan perusahaan Anda. Tentu hal ini akan membantu Anda dalam menjelaskan perusahaan Anda.

Tips Pembuatan Desain

Company profile tentu harus dibuat semenarik mungkin. Tidak hanya itu saja tetapi Anda juga perlu membuatnya dengan kalimat yang mudah dipahami oleh orang lain. Sebab pada dasarnya company profile merupakan representasi dari sebuah perusahaan. Jadi apa yang Anda cantumkan pada profile perusahaan Anda tersebut akan mencerminkan berbagai nilai dari perusahaan Anda. Apa yang sedang dijalankan oleh perusahaan bisa tergambar pada profile perusahaan yang Anda buat. Oleh karena itu membuat profil perusahaan haruslah dengan tepat agar tampak berkualitas.

Membuat profile yang berkualitas sama pentingnya dengan menggunakan sistem keuangan perusahaan yang efektif dan efisien. Di antaranya dengan jalan memilih menggunakan produk JojoExpense. Melalui produk yang satu ini maka proses reimbursement dapat berjalan lebih optimal serta dapat lebih terkontrol dengan baik. Tidak hanya itu saja, tetapi produk ini juga membantu tracking pengeluaran dan pemasukan keuangan perusahaan yang lebih efisien, lebih rapid an tentunya bebas dari resiko penipuan.

Tentu saja semua manfaat di atas berkat beberapa fitur menarik yang dimiliki oleh JojoExpense. Sebut saja fitur mobile approval, budget controlling, maupun cash advanced dan sebagainya. Karena itu jangan ragu untuk menggunakan produk ini. Segera daftar dan dapatkan coba gratis 14 hari di perusahaan Anda. Dijamin, sistem keuangan perusahaan akan lebih baik dan selangkah lebih efisien.