Gaji kerja di Australia : Jumlah Gaji dan Persiapan yang dibutuhkan

Gaji kerja di Australia

Selain karena dekat dengan Indonesia, masih banyak alasan lain yang menarik banyak orang untuk bekerja di Australia. Salah satu alasan terbesar tentu saja nominal gaji yang diberikan. Memang, standar Gaji kerja di Australia cukup tinggi.

Menurut Fair Work Inspector, per 1 Juli 2020, upah minimum nasional Australia adalah 19,84 dolar Australia (212,770 rupiah) per jam. Jika dihitung secara mingguan, upah minimum adalah AUD 753,80 (Rp 8.084.000).

Standar upah yang tinggi ini selalu menarik banyak orang untuk datang ke Australia untuk mencoba peruntungan dan pekerjaan mereka. Penasaran dengan cara kerja di Australia? Yuk, simak terus penjelasannya di bawah ini.

Persiapan sebelum menerima Gaji kerja di Australia

Gaji kerja di Australia

Sebelum memutuskan untuk bekerja di Australia, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Pemerataan kualifikasi pekerjaan

Jika Anda baru di Australia, kemungkinan besar Anda perlu menyamakan kualifikasi pekerjaan Anda. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang kesetaraan kualifikasi akademik dan pengakuan pekerjaan di Australia, Anda dapat mengunjungi situs web seperti internationaleducation.gov.au dan tradesrecognitionaustralia.gov.au.

Pemerintah Australia memang memiliki kebijakan yang mewajibkan pekerja dari luar negeri untuk memiliki sertifikasi atau pengalaman kerja bertahun-tahun di negara asalnya. Lalu, ada beberapa pekerjaan yang bisa dengan mudah melamar visa. Misalnya, bekerja di bidang teknisi dan permesinan. Sementara itu, untuk jenis pekerjaan lain, Anda perlu mengikuti tes kemampuan yang diselenggarakan oleh pemerintah Australia untuk orang-orang yang ingin bekerja di Australia.

Tentukan pekerjaan yang kamu inginkan

Sebelum mencari pekerjaan di luar negeri, sebaiknya tentukan dulu apa sebenarnya yang ingin Anda lakukan. Menurut Livecareer, masalah utama pencari kerja di luar negeri adalah mereka tidak mengerti pekerjaan apa yang sebenarnya mereka inginkan.

Kebanyakan dari mereka hanya ingin mencoba bekerja di luar negeri karena tertarik dengan cara hidup mereka sendiri. Namun, saya tidak tahu apa yang bisa dilakukan di luar negeri. Oleh karena itu, sebelum mencari pekerjaan di Australia, Anda harus terlebih dahulu menentukan jenis pekerjaan apa yang ingin Anda lakukan di masa depan.

Teliti potensi pekerjaan yang dibutuhkan

Mencari pekerjaan di Australia cukup kompetitif. Namun, jika Anda memiliki keterampilan dan kualifikasi khusus, Anda dapat dengan mudah mencari pekerjaan. Jika Anda bekerja di bidang pekerjaan yang sangat sulit dan kota dengan populasi terkecil, peluang untuk mendapatkan pekerjaan akan jauh lebih mudah.

Tapi, tentunya tetap pilih pekerjaan yang sesuai dengan passion dan skill kamu. Ada banyak cara untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan harapan Anda. Misalnya dengan menggunakan website pencarian kerja online atau melihat langsung di website perusahaan. Selain itu, Anda juga dapat mencari orang melalui LinkedIn untuk mencari peluang kerja di perusahaan yang Anda inginkan.

Siapkan surat lamaran untuk Gaji kerja di Australia

Gaji kerja di Australia

Jika Anda sudah menentukan pekerjaan yang ingin Anda lamar dan menemukan perusahaan yang tepat, kini saatnya menyiapkan surat lamaran kerja. Anda dapat mulai mengirim email lamaran kerja langsung ke perusahaan. Jangan lupa sertakan resume dan portofolio Anda agar perusahaan memahami keahlian Anda.

Jika Anda memiliki surat rekomendasi dari pekerjaan sebelumnya, sebaiknya sertakan. Jadi, jika Anda ingin bekerja di Australia, Anda harus memiliki nilai IELTS dan TOEIC yang tinggi. Setelah mengirimkan surat lamaran dan resume, Anda harus sabar menunggu pemberitahuan resmi dari perusahaan.

Biasanya jika diterima, perusahaan akan memberikan surat penerimaan. Surat ini untuk memenuhi persyaratan visa pemerintah Australia bagi orang yang bekerja di Australia. Tanpa surat ini, peluang Anda untuk bekerja di Australia akan semakin sulit.

Siapkan visa kerja yang sesuai

Dimulai dengan Seek, ada beberapa visa kerja yang tersedia untuk pekerja dari luar negeri. Visa yang diperlukan untuk bekerja di Australia tergantung pada berapa lama Anda ingin tinggal dan jenis pekerjaan yang akan Anda lakukan.

Selain itu, Anda juga harus memenuhi kriteria tertentu, seperti nominal tabungan tertentu, kemampuan bahasa Inggris khusus, dll. Seperti yang disebutkan di situs resmi Departemen Dalam Negeri Pemerintah Australia, ada 44 jenis visa kerja Australia yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Australia juga menawarkan visa working holiday, jadi Anda bisa mencoba liburan sambil bekerja. Menurut situs resmi Kedutaan Besar Australia dan Indonesia, visa working holiday dirancang khusus untuk orang berusia antara 18 hingga 30 tahun yang ingin berlibur dan bekerja di Australia.

Namun, Anda diperbolehkan menggunakan visa ini untuk jangka waktu tertentu, hanya 12 bulan. Dengan visa ini, Anda dapat membayar ekstra untuk pekerjaan sementara selama liburan Anda di Australia. Jika Anda ingin berlibur dan memperpanjang jam kerja, Anda bisa mengajukan cuti kerja kedua.

Kesimpulan Gaji kerja di Australia

Gaji kerja di Australia

Sebelum memutuskan untuk segera bekerja di Negeri Kanguru, sebaiknya persiapkan diri Anda sebaik mungkin. Dari psikologi, keterampilan hingga biaya. Jika sudah siap fisik dan mental, tentunya bekerja dan tinggal di luar negeri akan lebih nyaman.

Dari berenang di perairan biru kehijauan hingga menyeruput anggur di cakrawala yang berkilauan, pelancong yang bekerja dapat merasakan yang terbaik dari Australia. Ada banyak kegiatan yang tidak membutuhkan banyak biaya, tetapi bekerja berarti Anda dapat memperoleh penghasilan tambahan untuk mendanai perjalanan Anda. Terlibat dalam semua lapisan masyarakat dan berkomunikasi dengan penduduk setempat dan teman perjalanan.

Australia memiliki peluang kerja yang tak ada habisnya, beberapa di antaranya memiliki gaji lebih tinggi daripada negara lain.

Upah minimum nasional saat ini adalah 19,49 dolar Australia per jam atau 740,80 dolar Australia per minggu selama 38 jam (belum termasuk pajak). Selain upah, pekerja sementara yang dijamin oleh upah minimum nasional juga akan menerima setidaknya 25% dari beban sementara. Kunjungi situs web Fair Work Ombudsman untuk perincian lengkap tentang upah minimum dan hak-hak pekerja.

Pantau kehadiran karyawan Anda di mana saja

JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar dari mana saja.
 
Dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, lokasi GPS yang akurat dan deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan bermain bohong.
 
Karyawan Anda dapat diminta untuk melaporkan kegiatan mereka ketika mereka bekerja dari jarak jauh. Dengan cara ini Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja dengan seharusnya.
 
Jadwal dan shift kerja karyawan juga dapat dikelola dan diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing divisi untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pengusaha dan karyawan.

Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda—semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien, hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. “Yuk pakai software hris dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”