Gamifikasi Untuk Karyawan : Penerapan, Manfaat, dan Contohnya

Apa itu Gamifikasi Untuk Karyawan? Gamifikasi merupakan konsep permainan yang dapat membantu proses pembelajaran tertentu. Mendengar kata itu saja, banyak orang akan mengaitkan kata gamification sebagai video game untuk hiburan semata. Namun, tidak. Gamifikasi dapat diterapkan pada strategi pengembangan dan pelatihan sumber daya manusia agar lebih mudah diserap dan dipahami oleh karyawan. Bagaimana pencapaiannya?

Menerapkan Gamifikasi Untuk Karyawan dalam pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia

Gamifikasi Untuk Karyawan

Selama periode ini akan dilakukan pelatihan dan pengembangan SDM (sumber daya manusia) agar karyawan dapat menguasai keterampilan dan keterampilan baru. Namun dalam pelaksanaan pelatihan dan pengembangan semacam ini terkadang mengalami kesulitan dalam penyajian dan penyampaian materi kepada karyawan, terutama jika karyawan tersebut adalah karyawan baru yang belum memiliki pengalaman kerja dan berasal dari kelompok yang lebih muda.

Inilah tujuan gamifikasi dalam pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. HRD tidak lagi mengandalkan metode tradisional yang monoton, tetapi dapat menerapkan mode permainan yang lebih menarik dalam rencana pelatihan dan pengembangan SDM.

Setiap karyawan akan menghadapi tantangan untuk memecahkan masalah melalui beberapa level, dan kesulitan setiap level akan meningkat. Persiapan dan desain pos pemeriksaan mengacu pada kesulitan dan kendala kerja yang dihadapi karyawan dalam pekerjaan sehari-hari. Proses interaktif ini akan merangsang kreativitas, keterampilan memecahkan masalah, dan kerja tim yang lebih baik.

Manfaat Gamifikasi Untuk Karyawan dalam pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia

Gamifikasi Untuk Karyawan

Gamification berhasil mengubah program pelatihan karyawan yang sebelumnya membosankan menjadi program yang lebih menarik. Manfaat gamifikasi dalam pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia antara lain:

  1. Tingkatkan keterlibatan karyawan
    Gamifikasi dalam pelatihan akan meningkatkan keterlibatan karyawan dengan lebih baik. Karena karyawan tidak akan bosan selama proses pelatihan dan pengembangan. Rasa memiliki karyawan terhadap perusahaan akan tumbuh dengan sendirinya.
  2. Kembangkan kreativitas dan inovasi
    Kreativitas dan inovasi sangat penting bagi operasional perusahaan. Melalui permainan santai namun melibatkan persoalan praktis, karyawan dituntut untuk berpikir out of the box, yang lebih luas dari biasanya. Jika terus berlanjut, hal ini akan membantu menumbuhkan kemampuan kreativitas dan inovasi karyawan.
  3. Bantu karyawan memahami materi
    Terkadang, karyawan tidak akan cepat memahami materi atau pelatihan yang diberikan kepada karyawan oleh pelatih. Modus permainannya dinilai lebih menarik agar teman-teman bisa lebih cepat mempelajarinya. Dengan cara ini, karyawan yang mengerti lebih cepat dapat menerapkan pengetahuan baru di tempat kerja.
  4. Dukung citra perusahaan
    Menggunakan permainan dalam program pelatihan dapat menjadi awal baru untuk mendukung citra perusahaan yang baik. Perusahaan akan terlihat sebagai organisasi yang inovatif dan kompeten yang mengelola karyawannya melalui metode pelatihan yang tidak biasa dan unik.

Contoh Gamifikasi Untuk Karyawan dalam pelatihan dan pengembangan SDM

Gamifikasi Untuk Karyawan

Lantas, bagaimana penerapan Gamifikasi Untuk Karyawan di perusahaan Indonesia? Di Indonesia, masih sedikit perusahaan yang menerapkan gamifikasi dalam pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Berikut ini adalah contoh implementasi gamification oleh beberapa perusahaan top dunia:

Data NTT

Perusahaan Jepang NTT Data menggunakan sistem pelatihan yang menarik. NTT menggunakan permainan internal yang disebut “Samurai” untuk menguji keterampilan kepemimpinan. Sebelum memasuki tahap selanjutnya, karyawan akan menjawab beberapa pertanyaan.

Setelah menjawab berbagai pertanyaan, para karyawan berpartisipasi dalam permainan tugas untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam mengelola orang lain. Game ini membantu NTT menemukan pemimpin yang luar biasa di perusahaan dan menentukan departemen mana yang membutuhkan pengembangan karyawan yang lebih mendalam.

Aksen

Accenture menggunakan game untuk meningkatkan pengetahuan manajemen. Pertama, karyawan akan mendapatkan poin dengan mengisi informasi pribadi dan berbagi konten secara online. Melalui gamification, setiap karyawan akan didorong untuk saling berbagi pengetahuan melalui berbagai penerbitan dan penerbitan ulang dokumen bekas.

Tujuan utama Accenture dalam rencana ini adalah untuk membiasakan karyawan dengan pengetahuan bersama. Akibatnya, produktivitas karyawan akan meningkat, dan lebih banyak ide inovatif dan keterlibatan karyawan akan dikembangkan.

Deloitte

Seperti yang kita ketahui, proses onboarding untuk karyawan baru sangat umum, dan karyawan baru akan dikumpulkan dan diperkenalkan oleh manajer atau HRD. Tapi di Deloitte, ini tidak terjadi. Karyawan baru membentuk tim untuk mempelajari peraturan privasi, etika, dan prosedur secara online. Selanjutnya, karyawan akan menerima beberapa pertanyaan yang telah ditentukan, semua anggota tim harus menjawab pertanyaan tersebut.

Masing-masing jawaban tersebut harus didiskusikan kembali dalam tim untuk menghasilkan jawaban. Metode ini menggabungkan pembelajaran elemen fungsional dengan kolaborasi, menciptakan rasa memiliki yang kuat sejak hari pertama masuknya karyawan baru ke dalam perusahaan.

Deloitte juga telah membuat tur kantor virtual melalui video game. Permainan diatur di bandara, dan karyawan baru dapat memilih tujuan mereka, Beijing, Shanghai atau Hong Kong. Karyawan akan “terbang” ke kota dan tiba di kantor virtual Deloitte setempat, di mana mereka dapat berbicara dengan perwakilan perusahaan dan menjelajahi budaya kerja setiap cabang Deloitte.

Kesimpulan Gamifikasi Untuk Karyawan

Gamifikasi Untuk Karyawan

Jika diterapkan dalam pelatihan karyawan, Gamifikasi Untuk Karyawan, permainan yang awalnya dianggap sepele bisa menjadi sangat bermanfaat. Menggunakan modul pembelajaran dan pengembangan JojoTimes dapat mendukung desain sistem pelatihan secara lebih efektif.

Administrator SDM dapat dengan mudah menentukan kursus, tujuan pelatihan, dan mode permainan yang harus diikuti oleh karyawan. Akibatnya, rencana menjadi lebih matang dan tujuan perusahaan dapat tercapai dengan lebih efektif.

bagaimana itu? Apakah perusahaan Anda tertarik menggunakan gamification dalam pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia? Untuk informasi lebih lengkap mengenai modul pembelajaran dan pengembangan di software JojoTimes, silahkan klik link ini!

Pantau kehadiran karyawan Anda di mana saja. JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar dari mana saja. Dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, lokasi GPS yang akurat dan deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan bermain bohong.

Karyawan Anda dapat diminta untuk melaporkan kegiatan mereka ketika mereka bekerja dari jarak jauh. Dengan cara ini Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja dengan seharusnya.

Jadwal dan shift kerja karyawan juga dapat dikelola dan diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing divisi untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pengusaha dan karyawan. Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda—semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien, hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. “Yuk pakai software hris dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”