Good To Great Dengan Berbagai Faktor Pendukungnya

Good to great jika dilihat dari artinya saja sudah tampak bahwa istilah ini mengandung makna peralihan dari baik hingga menjadi hebat. Istilah ini biasanya digunakan pula di dunia ekonomi terutama bidang bisnis. Pada dasarnya sebuah perusahaan bisa disebut mengalami kondisi good to great jika kondisinya mengalami perkembangan yang lebih baik. Perusahaan dalam kondisi baik berkembang hingga menjadi besar dan maju. Perkembangan perusahaan bisa dilihat dari berbagai macam hal misalnya seperti adanya omset penjualan yang meningkat dan kesejahteraan karyawannya yang semakin membaik. Tentu saja setiap perusahaan yang mengalami kondisi ini pada akhirnya akan mendorong timbulnya pertumbuhan ekonomi yang juga berdampak peda perekonomian negara.

Faktor Pendukung Good to Great

Ada beberapa hal yang dapat mendukung terciptanya kondisi dari good to great, beberapa faktor penting yang berpengaruh termasuk faktor-faktor berikut ini.

1. Karakter disiplin

Karakter yang baik dari seseorang tentu dapat mengubah kondisi. Kondisi yang semula mungkin saja sangat tidak mendukung bisa menjadi kondisi yang baik. Hal ini bisa terjadi karena adanya peran dari sekumpulan orang yang memiliki karakter baik dalam melakukan segala aktivitasnya. Demikian pula di sebuah perusahaan yang semula yang memiliki kondisi baik dan biasa saja bisa menjadi lebih baik lagi dan lebih besar karena adanya bantuan dari sekumpulan orang yang berkompeten.

Sebuah perusahaan yang semula biasa saja bisa mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cukup pesat. Hal ini tentu bisa dicapai dengan mudah bila sekumpulan pengelola perusahaan dan tenaga kerja yang terlibat di dalamnya memiliki karakter disiplin sehingga bisa bekerja secara profesional.

2. Berpikir positif

Karakter disiplin serta karakter lainnya yang bersifat positif cenderung tumbuh dan berkembang pada orang yang selalu berpikir secara positif. Pada dasarnya sebuah pikiran bisa mengendalikan Anda baik dalam bertindak dan berkata. Setiap hal yang dilakukan bisa saja menjadi implementasi dari pikiran Anda. Maka jika Anda memiliki pola pikiran yang bersifat positif tentu pikiran Anda juga akan mengarah ke berbagai hal yang bersifat positif. Misalnya dengan adanya karakter disiplin yang secara otomatis akan membuat Anda selalu bertindak dengan diserta sikap disiplin.

Adanya pemikiran yang seperti ini pada setiap karyawan akan membuat perusahaan menjadi lebih maju daripada sebelumnya. Perusahaan bisa berkembang pesat sehingga perusahaan bisa menjadi semakin besar. pencapaian target juga bisa dilakukan dengan lebih mudah.

3. Bertindak tepat

Di samping adanya pemikiran yang bersifat positif serta karakter disiplin rupanya diperlukan satu hal lagi agar sebuah perusahaan bisa beralih dari baik menuju hebat. Yaitu dengan adanya aksi atau tindakan yang cenderung tepat dalam melaksanakan berbagai hal berkaitan dengan perusahaan. Setiap karyawan di suatu perusahaan jika dapat bertindak secara tepat tentu akan memberikan kontribusi bagi perusahaan tempatnya bekerja.

Untuk dapat melakukan tindakan yang cepat ini maka diperlukan adanya pemahaman oleh karyawan dalam melakukan segala pekerjaannya masing-masing. Tidak hanya itu saja tetapi para karyawan perlu memiliki potensi dan keahlian serta ketrampilan yang dinilai baik. Mengembangkan perusahaan dari baik menjadi hebat sebenarnya tidak terlalu sulit. Hal ini hanya membutuhkan kinerja dan kerja sama yang efektif dari segenap karyawan dan pengelola perusahaan.

Ciri Good to Great

Bila ingin mencapai kondisi yang satu ini, maka hal penting berikutnya yaitu memahami apa saja ciri dari good to great, beberapa di antaranya meliputi sebagai berikut:

1. Budaya disiplin

Budaya disiplin menjadi salah satu ciri dari adanya kemajuan perusahaan. Budaya disiplin yang dimiliki oleh setiap orang yang tergabung dan terlibat ke dalam suatu perusahaan pada akhirnya bisa membantu perusahaan untuk bisa berkembang secara lebih baik. Karakter disiplin yang dimiliki oleh seorang karyawan bisa saja berpengaruh pada karyawan lainnya. Kondisi ini bisa menimbulkan terjadinya adanya budaya disiplin di sebuah perusahaan. Tentu saja adanya budaya disiplin ini bisa membuat perusahaan yang semula berada dalam kondisi baik berkembang menjadi lebih baik lagi dan lebih hebat. Hal ini tentu akan membantu perusahaan bisa dengan lebih mudah mencapai target sasaran.

2. Teknologi canggih

Sebuah perusahaan yang ingin berkembang menjadi lebih hebat tentu memerlukan bantuan dari teknologi. Penggunaan teknologi di dalam perusahaan memang diperlukan agar segala pekerjaan bisa menjadi semakin mudah untuk dilakukan. Di masa sekarang ini memang segala pekerjaan sebaiknya dilakukan dengan menggunakan sistem komputasi. Selain itu setiap perusahaan juga memerlukan adanya akses internet yang lebih mudah. Oleh karena itu diperlukan adanya teknologi canggih sehingga pekerjaan bisa diselesaikan dengan lebih efektif dan efisien.

3. Konsep landak

Konsep landak pada dasarnya mengandung makna adanya sistem perusahaan yang selalu bertahan dalam kondisi apapun. Seperti halnya landak yang terancam keberadaannya sehingga ia berdiam diri dan melakukan proses adaptasi yaitu dengan melindungi dirinya. Konsep ini tampaknya juga perlu digunakan oleh sebuah perusahaan agar perusahaan tetap dapat bertahan dalam kondisi apapun. Setiap perusahaan hendaknya bisa memiliki sistem manajemen dan sistem pengelolaan yang baik sehingga eksistensi perusahaan bisa tetap bertahan dan bahkan bisa semakin baik setiap harinya.

4. Motivasi kuat

Sebuah perusahaan juga bisa berkembang menjadi lebih besar dan hebat jika setiap karyawan yang ada di dalamnya selalu bekerja dengan motivasi tertentu. Motivasi ini bisa saja terdiri dari motivasi pribadi dan juga bisa juga berupa motivasi pencapaian karier. Oleh karena itu setiap karyawna selalu membutuhkan adanya motivasi. Dalam hal ini pihak atasan atau mungkin HRD bisa membantu perusahaan untuk menumbuhkan adanya motivasi bagi seluruh karyawan di suatu perusahaan.

5. Kepemimpinan baik

Kemajuan sebuah perusahaan sebenarnya tidak hanya bergantung pada karyawannya saja. Tetapi kemajuan perusahaan juga membutuhkan peran dari pemimpin perusahaan. Pemimpin yang peduli dengan karyawan akan membuat karyawan semakin loyal sehingga selalu bekerja secara profesional. Selain itu pemimpin perusahaan sebaiknya bisa mengajak para karyawannya untuk selalu bekerja dengan optimal sehingga dapat mencapai tujuan bersama. Adanya pola kepemimpinan yang baik tentu akan membuat para karyawan selalu bekerja sesuai dengan arahan yang tepat.

Langkah dari good to great memang sangat baik dan patut diacungi jempol. Sama halnya dengan penggunaan sistem absensi perusahaan yang lebih optimal. Misalnya melalui penggunaan JojoTimes. Dengan produk yang satu ini, tentu saja bisa membantu terciptanya sistem absen yang otomatis, lebih mudah dipantau dan dapat menghindari resiko penipuan.

Semua manfaat tersebut berkat beberapa fitur andalan dalam JojoTimes. Mulai dari fitur Multiple clock-in and clock-out, Leave Management, Real Time Leave Approval, Shift / Flexible Work Hour Setup, dan masih banyak lagi fitur lainnya. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, dapatkan coba gratis produk ini sekarang juga. Segera lihat sendiri dan rasakan manfaatnya bagi perusahaan Anda.