Mengenal Google Device Manager, serta Penjelasan Cara Kerjanya

Google device manager merupakan sebuah fitur yang dipersembahkan oleh Google tentunya untuk membantu Anda dalam menggunakan media komunikasi berbasis teknologi milik Anda. Di zaman yang semakin canggih ini tampaknya teknologi dan media komunikasi mengalami perkembangan yang bisa dibilang cukup pesat. Internet yang tadinya ganya bisa dinikmati melalui layar komputer saja kini beralih ke smartphone. Anda bisa menjelajah internet melalui smartphone baik smartphone yang berbasis Android atau lainnya. Tentu saja kecanggihan di bidang media komunikasi ini semakin menarik minat konsumen sehingga daya beli konsumen semakin meningkat. Pembelian smartphone semakin meningkat bahkan berbagai macam smartphone dengan berbagai macam merek tersedia di pasaran sehingga Anda bisa memilihnya dengan leluasa.

Kini smartphone berbasis Android juga mengalami perkembangan fitur dengan berkembangnya perangkat lunak yang ada pada smartphone itu sendiri. Anda kini bisa menikmati layanan Android Device Manager sebagai salah satu bentuk Google Device Manager yang memiliki berbagai manfaat bagi Anda. Bahkan layanan ini bisa digunakan untuk melacak smartphone yang hilang atau mungkin berada di mana saja. Fitur ini tersedia di hampir seluruh perangkat Android versi 2.2 ke atas dengan nama Google apps terinstalasi. Tentu saja aplikasi ini sangat berguna dan sangat membantu Anda sebagai pengguna smartphone. Android Device Manager atau yang biasa disingkat ADM ini merupakan layanan aplikasi yang juga memiliki beberapa keunggulan atau kelebihan sehingga semakin menarik bagi pra konsumen. Maka tak heran bila permintaan smartphone di pasaran semakin besar seiring dengan berkembangnya pula berbagai fitur yang dipersembahkan oleh Google.

Apa itu Google Device Manager?

Device Manager adalah applet Panel Kontrol di OS Anda yang memungkinkan Anda melihat dan mengontrol semua perangkat keras yang terpasang ke sistem Anda. Pengelola Perangkat menyoroti perangkat keras apa pun yang tidak berfungsi dan membantu Anda melakukan hal-hal seperti mengaktifkan / menonaktifkan perangkat, memasok driver perangkat, melihat properti teknis lainnya, dll.

Cara Melacak Ponsel Android Hilang dengan Find My Device - Tekno  Liputan6.com

Apa yang dapat Anda lakukan dengan Google Device Manager?

Anda dapat mengontrol perangkat Android Anda dari jarak jauh dan melakukan hal-hal berikut dengan Pengelola Perangkat Android:

Pertama, Pengelola Perangkat Android perlu diinstal pada perangkat dan terhubung ke akun Google masing-masing pemilik. Setelah ini selesai, menjadi mudah untuk melacak perangkat dengan masuk dari sistem mana pun. Pemilik perangkat dapat menemukan dan melihat di peta meskipun sedang dibawa-bawa. Pengelola Perangkat Android mendukung penambahan beberapa perangkat, dan mudah untuk melihatnya dalam tampilan daftar tarik-turun.

Keep Your Mobile Safe - America's North Shore Journal

Kunci atau Deringkan atau Hapus – Pilih Tindakan Anda dengan Bijak

Saat perangkat hilang, pemilik perangkat dapat memilih untuk mengunci perangkat atau membunyikannya untuk melindungi data di dalamnya. Pengguna juga dapat memilih untuk menyetel atau mengubah PIN atau kata sandi. Sebuah pesan ditampilkan di layar terkunci untuk membantu pemilik perangkat menghubungi pemilik perangkat. Menderingkan perangkat akan memulai ponsel cerdas untuk berdering pada volume maksimumnya meskipun dering dimatikan atau dimatikan. Telepon akan berdering dengan volume penuh selama lima menit berikutnya. Situs web Pengelola Perangkat Android dapat diakses oleh pemilik perangkat dari komputer mana pun atau hanya dengan masuk sebagai tamu di aplikasi Pengelola Perangkat Android dari perangkat Android teman.

Jelas, ketika ada indikator yang jelas bahwa perangkat tidak dapat dipulihkan, pengguna dapat menghapus perangkat menggunakan Pengelola Perangkat Android. Setelah perintah wipe dijalankan, itu akan mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik. Pemilik perangkat tidak akan dapat terhubung dengan instrumen selamanya menggunakan Pengelola Perangkat Android. Opsi ini berfungsi bahkan saat daya dimatikan

Aplikasi Archives - selularonline.com

Hapus perangkat yang tidak mungkin Anda pulihkan

Setelah Anda yakin bahwa sama sekali tidak ada peluang untuk memulihkan perangkat Android Anda yang hilang, Anda dapat menggunakan Pengelola Perangkat Android untuk menghapus perangkat Anda dari jarak jauh. Ini seperti menggunakan opsi Kunci atau Dering. Cukup sambungkan ke perangkat Anda dan gunakan opsi hapus untuk mengembalikan ponsel / perangkat Anda ke pengaturan yang sama seperti saat masih baru. Dengan begitu, tidak ada yang dapat menyalahgunakan perangkat Anda atau data yang Anda simpan di dalamnya. Anda dapat menggunakan opsi ini bahkan saat daya dimatikan.

Bantu teman melacak dan mengontrol perangkatnya yang hilang / dicuri

Ada opsi untuk masuk sebagai “Tamu” di Pengelola Perangkat Android. Anda dapat menggunakan ini untuk mengizinkan teman Anda menemukan dan mengontrol (mengunci, menderingkan, atau menghapus) perangkatnya yang hilang atau dicuri.

Cara Melacak Ponsel Hilang dengan Google Find My Device - Teknologi.id

Cara Menggunakan Google Device Manager

Pengelola Perangkat Android adalah fitur keamanan penting yang membantu menemukan perangkat yang dicuri atau hilang. Saat perangkat dipastikan tidak dapat dipulihkan, pemilik dapat memilih untuk mengunci atau menghapus konten dari perangkat Android dari jarak jauh. Untuk menikmati fitur keamanan ini, pemilik perangkat diharuskan menghubungkan perangkat ke akun Google mereka.

1.Pasang Pengelola Perangkat Android

Menginstal Pengelola Perangkat Android cukup mudah. Anda dapat menemukan Pengelola Perangkat Android di aplikasi Google Play lalu mengunduh dan menginstalnya, seperti aplikasi lainnya. Namun, Anda harus pergi ke pengaturan Anda dan mengizinkan aplikasi untuk bertindak sebagai Administrator Perangkat, sehingga memberi Anda kekuatan untuk mengunci atau menghapus perangkat.

2. Masuk ke Pengelola Perangkat Android

Untuk mengunduh Pengelola Perangkat Android, Anda memerlukan akun Google. Anda harus masuk ke Pengelola Perangkat menggunakan akun itu. Untuk ini, Anda dapat menggunakan salah satu akun Google yang Anda miliki di ponsel. Anda akan menemukan akun-akun ini di daftar drop-down ketika Anda membuka aplikasi. Anda dapat masuk dengan menggunakan kata sandi akun Google Anda dan kemudian mengklik tombol masuk berwarna biru.

How to find a cell phone's location from an Android device – e-Why, What &  How – What's New On The Net

Bagaimana cara menggunakan Google Device Manager?

Menggunakan Pengelola Perangkat Android itu mudah. Ada beberapa hal dasar yang perlu dilakukan setelah mengunduh dan menginstal aplikasi:

  • Mulailah dengan menghubungkan Pengelola Perangkat Android Anda ke akun Google Anda.
  • Pastikan fitur lokasi dihidupkan.
  • Aktifkan penghapusan data jarak jauh.
  • Masuk dengan akun Google Anda ke situs web Pengelola Perangkat Android atau ke aplikasi di perangkat lain untuk mencari dan mengontrol perangkat Anda jika hilang atau dicuri.
  • Setelah masuk, Anda akan melihat pop-up dasbor yang akan menunjukkan di mana perangkat Anda berada, dengan opsi lain.
  • Dapat mengetahui lokasi perangkat dengan memeriksa peta yang muncul secara otomatis.
  • Anda juga akan mendapatkan informasi tentang level baterai, apakah perangkat sedang online dan kapan & di mana lokasinya terakhir.
  • Dapat memilih untuk membunyikan perangkat Anda terus menerus selama 5 menit pada volume tertinggi dengan menekan opsi Putar Suara.
  • Anda dapat menggunakan opsi Kunci untuk mengunci perangkat Android Anda dari jarak jauh sehingga tidak ada yang memegang atau menggunakan data Anda.
  • Dapat menggunakan opsi Hapus untuk menghapus semua aplikasi, foto, musik, dan pengaturan lain dari perangkat Anda. Meskipun perangkat Anda sedang offline, saat perangkat online kembali, penghapusan dan penyetelan ulang akan dilakukan.
  • Ingatlah bahwa setelah perangkat Anda dibersihkan, Anda tidak akan dapat mengaksesnya dari aplikasi.

Keunggulan Android Google Device Manager

Adapun dalam menggunakan Google Device Manager dalam bentuk Android ini memberikan beberapa keunggulan menarik, di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Melacak lokasi smartphone Anda.

Google Device Manager yang semakin berkembang tampaknya kini bisa dinikmati pula di smartphone dengan nama Android Device manager. Jadi bila Anda memiliki sebuah smartphone yang berbasis Android maka Anda bisa menikmati fitur dan fasilitas dari Google ini. Dengan adanya fitur dan fasilitas dari google berupa ADM ini maka Anda bisa melacak keberadaan smartphone yang hilang. Jadi jika Anda kehilangan smartphone maka Anda bisa menncarinya. Atau barangkali bila Anda lupamenaruh smartphone maka Anda bisa segera menemukannya. Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan fitur geolocation yang ada pada perangkat Android untuk membantu Anda dalam melacak keberadaan smartphone.

Memang terkadang proses pelacakan ini tidak bisa berjalan dengan sempurna. Mungkin saja proses pelacakan kurang akurat sehingga Anda tidak mendapatkan hasil yang maksimal dari penggunaan fitur ini. Walaupun kurang maksimal namun setidaknya melalui penggunaan ADM ini maka Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai lokasi terakhir dari smartphone Anda. Tentu saja hal ini akan sangat membantu Anda terlebih lagi bila Anda memiliki tingkat mobilitas yang cukup tinggi dan seringkali lupa dimana terakhir meletakkan smartphone.

2. Membunyikan smartphone dengan mode silent.

Fitur atau aplikasi ADM juga memiliki keunggulan lainnya yaitu dapat membunyikan smartphone Anda sekalipun berada dalm mode silent. Hal ini salah satunya bisa bertujuan untuk menemukan lokasi smartphone Anda sekalipun pada saat yang bersamaan smartphone Anda sedang dalam kondisi silent. Jadi Anda bisa menggunakan aplikasi yang sangat bermanfaat ini untuk membunyikan nada dering pada smartphone Anda walau smartphone Anda tersebut dalam keadaan hening sekalipun. Nada dering bisa berbunyi kurang lebih selama 5 menit. Jadi bila Anda lupa dengan lokasi smartphone maka Anda bisa mencarinya dengan mencari nada bunyinya tersebut. Nada dering bahkan bisa berbunyi kencang sehingga semakin mempermudah Anda dalam menemukan smartphone. Dengan begini maka proses pencarian smartphone bisa lebih mudah dan Anda pasti bisa menemukannya.

3. Mengunci smartphone.

Aplikasi yang dibuat oleh Google ini rupanya tidak hanya berguna untuk mencari lokasi smartphone Anda yang hilang saja. Ternyata aplikasi yang canggih ini juga bisa difungsikan untuk keamanan data Anda yang tersimpan di smartphone. Jadi jika Anda meninggalkan smartphone dalam keadaan tidak terkunci dan Anda merasa khawatir akan hal ini maka hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengaktifkan fitur kunci layar atau lock screen. hal ini merupakan langkah yang bisa dilakukan sebelum smartphone Anda ditemukan oleh orang lain dan data Anda diambil atau diakses. Tentu siapapun tak ingin data yang tersimpan di smartphone dan bersifat privat bisa diakses atau diketahui oleh orang lain. Oleh karena itu Anda bisa memanfaatkan fitur lock screen ini salah satunya dnegan tujuan untuk menyelamatkan berbagai data di smartphone Anda.

4. Menghapus isi smartphone.

Jika memang smartphone Anda yang hilang tidak bisa ditemukan sekalipun Anda telah melakukan proses pelacakan maka smartphone yang hilang perlu direlakan saja. namun begitu tetap saja Anda bisa melindungi seluruh data yang tersimpan pada smartphone Anda. Keunggulan lainnya dari Android Device Manager ini adalah dapat menghapus seluruh isi atau data pada smartphone. Dengan hilangnya sleuruh data pada smartphone Anda maka orang lain yang menemukan smartphone Anda tidak akan bisa melihat atau mengakses data Anda. Kecanggihan ADM ini tampaknya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Cara Kerja Google Device Manager

Google Device Manager yang kini bisa dinikmati melalui smartphone Android memang memiliki berbagai macam keunggulan. namun sebelumnya Anda perlu memahami bagaiman cara kerja dari fitur ini. Pada smartphone berbasis Android maka layanan Google Device Manager ini juga dapat dinikmati. Tentunya untuk menggunakannya maka Anda harus mengerti detail akun Google pada smartphone yang ingin dilacak serta kata sandi dari smartphone tersebut. Selain itu smartphone juga harus terhubung dengan jaringan internet agar bisa mengakses fitur ADM. Untuk menggunakannya maka Anda bisa masuk ke fitur setting atau pengaturan pada smartphone dan kemudian memilih security atau keamanan. Setelah itu Anda bisa memilih fitur remotely locate this device sehingga bisa menemukan lokasi smartphone yang sedang dicari.

Penggunaan Google Device Manager memang memberikan banyak manfaat yang optimal, termasuk dalam sebuah perusahaan. Sama halnya penggunaan produk pendukung payroll yang sesuai. Salah satunya yaitu menggunakan JojoPayroll. Dimana produk ini bermanfaat untuk mencetak slip gaji otomatis, hingga membantu menghitung komponen potongan payroll yang akurat. Belum lagi sistem yang jauh lebih efektif dan efisien.

Tentunya semua manfaat ini berkat berbagai macam fitur menarik yang diberikan oleh JojoPayroll. Contohnya fitur Customized Deduction Component, Multiple Deduction Type, Government Standard BPJS Calculation, Customized BPJS Calculation, BPJS Ketenagakerjaan with 5-tier Risk Level Calculation, Auto Calculation for Bonuses & THR, serta masih banyak fitur menarik lainnya. Jadi jangan ragu lagi, yuk dapatkan coba gratis JojoPayroll sekarang juga. Beralihlah pada era payroll yang lebih mudah, lebih efektif dan lebih efisien.