Google Keyword Planner Bagi Efektifitas Pemasaran

Google Keyword Planner oleh beberapa orang bisa diperoleh setelah mempelajari atau menggunakan Google AdWords. Tool ini sebenarnya dirilis oleh Google agar user bisa melakukan riset keyword sehingga dapat membuat iklan di Google AdWords. Tool ini disediakan oleh Google untuk mendukung para pengguna Google AdWords sehingga bisa membuat iklan di Google AdWords dengan berdasar pada data pencarian kata kunci yang ada di Google. Pada dasarnya tool ini juga dapat bertujuan untuk membantu pengguna Google AdWords agar dapat memperoleh kata kunci yang tepat dan relevan untuk pengembangan bisnisnya. Tampaknya tool yang dirilis oleh Google ini mengalami perkembangan sehingga tidak hanya bisa digunakan untuk keperluan AdWords saja. Sebab ternyata tool ini juga bisa digunakan untuk melakukan riset keyword selain pada AdWords.

Cara Daftar

Untuk menggunakan Google Keyword Planner maka Anda harus mendaftar ke Google Ads terlebih dahulu. Namun hal ini dilakukan hanya bila Anda juga terhubung dengan Google AdWords. Biasanya hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mempermudah Anda dalam menggunakan layanan Google Ads. Jika Anda ingin menggunakan tool Keyword Planner ini bersamaan dengan Google AdWords maka Anda bisa melakukan beberapa langkah ini secara bertahap. Yang pertama adalah membuka Google Ads dan kemudian pilhlah menu Tools lalu dilanjutkan ke Keyword Planner. Kemudian Anda bisa membuat sebuah akun baru untuk Google Ads. Akun baru dapat dibuat dengan cara melakukan klik New Google Ads Account. Setelah akun baru Anda siap maka Anda bisa segera memilih tujuan Google Ads.

Pada dasarnya ada tiga pilihan tujuan Google Ads. Tujuan yang pertama adalah untuk mengarahkan user sehingga dapat menelepon bisnisnya. Pilihan yang kedua adalah untuk mengarahkan para user pencari ke website bisnis Anda. Pilihan yang ketiga adalah mengarahkan user pencari untuk mendatangi lokasi bisnis Anda. Dalam hal ini Anda bisa memilih tujuan yang paling cocok dengan bisnis Anda. Setelah itu Anda dapat mengisi web bisnis dengan memasukkan informasi bisnis. Setelah itu Anda bisa menentukan jangkauan konsumen untuk iklan. Langkah berikutnya adalah dengan menentukan di pencarian apa saja iklan tersebut akan muncul. Disini Anda bisa menentukan target pencarian yang tentunya berkaitan dengan bisnis Anda. Setelah itu Anda bisa membuat headline.

Tidak hanya itu saja tetapi Anda juga bisa membuat deskripsi untuk iklan Anda. Selanjutnya tentukan budget untuk iklan Anda yang ada di Google Ads. Jika berbagai tahap ini telah dilalui maka selanjutnya Anda bisa mereview iklan yang sudah dibuat. Namun tentunya Anda harus memastikan bahwa informasi yang dimasukkan tersebut sudah benar. Tahp selanjutnya adalah memilih metode pembayaran. Anda bisa mengaktifkan iklan yang sudah dibuat di Google Ads. Namun Anda haruslah memilih metode pembayaran Manual dan Transfer bank. Setelah itu maka Anda akan menerima rekening bank Google sehingga bisa melakukan pembayaran. Jika Anda tidak melakukan pembayaran maka iklan yang sudah dibuat tidak akan diaktifkan. Dengan demikian maka Anda bisa menggunakan Google keyword Planner tanpa harus memiliki iklan di Google Ads. Jika berbagai tahap ini telah dilalui maka berarti Anda telah selesai membuat akun Google Ads dan Google Keyword Planner siap digunakan.

Cara Menggunakan Google Keyword Planner

Pada dasarnya Google Keyword planner memiliki dua fitur utama yaitu fitur Find keywords dan fitur Get Search Volume and Forecast. Fitur Find Keywords pada tool Keyword Planner ini akan membantu Anda dalam menemukan saran kata kunci yang tentunya berhubungan dengan kata kunci yang sedang Anda cari. Tool Keyword Planner akan membantu Anda dengan menyediakan berbagai macam kata kunci yang dicari Anda bisa dengan mudah mendapatkan kebutuhan Anda. pada fitur ini Anda bisa memasukkan berbagai kata kunci maksimal sebanyak 10 kata kunci secara bersamaan. Anda juga bisa memasukkan alamat website untuk mengecek keyword apa saja yang sekiranya relevan untuk digunakan. Sedangkan fitur kedua adalah Get Search Volume and Forecast yang berfungsi untuk memberikan perkiraan. Fitur ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan berbagai data mengenai perkiraan klik dan impression serta Click Through Rate atau yang biasa disingkat dengan istilah CTR. Fitur ini juga akan menyediakan estimasi biaya yang tentunya perlu Anda keluarkan untuk setiap klik atau Cost per Clik yang disingkat CPC. Anda tentu bisa mengatur hasil perkiraan data selama satu minggu ke depan atau satu bulan ke depan atau bahkan satu kuartal ke depan.

Tips Menggunakan Google Keyword Planner

Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan saat menggunakan Google Keyword Planner, antara lain yaitu sebagai berikut:

  • Curi kata kunci dari kompetitor bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Find Keywords. Pada fitur ini Anda juga bisa memasukkan kata kunci atau bahkan alamat website Anda serta alamat website kompetitor Anda.
  • Filter kata kunci untuk dapat mempersempit pencarian kata kunci. Anda juga bisa menambahkan filter kata kunci berdasar pada tingkat kompetisi sehingga hasil riset yang muncul sesuai dengan tingkat kompetensi yang Anda pilih.
  • Temukan kata kunci yang berpotensi untuk menghasilkan uang atau conversion. hal ini dapat dilakukan dengan melihat kata kunci dengan Top of Page Bid tertinggi.
  • Persempit jangkauan lokasi dengan cara mempersempit riset keyword Anda ke kota atau ke provinsi tertentu.
  • Dapatkan informasi perangkat yang digunakan pencari melalui fitur Get Search Volume and Forecast. Anda juga bisa menemukan perangkat apa yang digunakan penxari melalui pilihan Plan Overview.
  • Gunakan Google Trends untuk mendapatkan data real time. Hal ini adalah tips terakhir untuk Anda namun penggunaannya bisa melalui Google Trends. Sebaiknya gunakan beberapa tool riset keyword agar Anda bisa mendapatkan hasil riset yang lebih akurat. Penggunaan Google Trends tentu akan mempermudah Nada dalam menggunakan Keyword Planner.

Menggunakan Google keyword planner dapat membantu efektifitas pemasaran produk perusahaan. Sama halnya penggunaan JojoPayroll yang dapat membantu efektifitias pembayaran gaji bulanan setiap karyawan. Dengan produk tersebut maka dapat diperoleh manfaat mulai dari pembayaran gaji secara otomatis, cetak slip gaji otomatis, hingga pemotongan detil tunjangan dan pajak yang akurat.

Tentu saja beberapa manfaat di atas tercipta berkat adanya fitur menarik yang tersemat di dalam JojoPayroll. Termasuk di antaranya yaitu fitur One-Click Generate Payroll Data, Progressive Tax Calculation, Adjustable Payday & Working Period, Adjustable Tax Configuration, Automatic Prorate for New Joiners, serta beberapa fitur menarik lainnya. Oleh sebab itu jangan khawatir dan segera saja beralih pada JojoPayroll. Dapatkan coba gratis sekarang juga dan rasakan sendiri berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan berkat produk yang satu ini. Bersama JojoPayroll dijamin sistem pembayaran payroll karyawan Anda jauh lebih optimal.