Gotong Royong Adalah – Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Sejak kita masih berada di sekolah dasar, istilah gotong royong pasti sudah tidak asing di telinga kita, khususnya seluruh masyarakat Indonesia. Gotong royong adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dengan rasa sukarela. Dengan dilakukannya gotong royong, maka kegiatan yang sedang berlangsung diharapkan dapat berjalan dengan lancar, semakin ringan dan cepat selesai.

Sampai saat ini, budaya gotong royong masih melekat dalam diri masyarakat Indonesia. Hal ini terlihat dari diadakannya kerja bakti dalam membangun fasilitas umum. Gotong royong tidak hanya tentang menyelesaikan pekerjaan dengan cepat melainkan juga dapat mempererat hubungan masyarakat.

Lantas apa sebenarnya gotong royong itu? Dan apa manfaat, tujuan, nilai serta contohnya dalam kehidupan sehari-hari? Untuk itu, berikut penjelasannya.

Pengertian Gotong Royong

Gotong royong berasal dari kata Gotong yang artinya ‘bekerja’ dan royong yang artinya ‘bersama’. Gotong royong menjadi ciri khas masyarakat Indonesia. Perilaku ini menunjukkan kepribadian bangsa dan menjadi budaya yang tertanam dalam diri masyarakat Indonesia.

Gotong royong merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat sukarela yang bertujuan agar kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan lancar, mudah dan ringan. Salah satu contoh kegiatan gotong royong yang sering terlihat adalah pembangunan fasilitas umum dan kerja bakti membersihkan lingkungan.

Sikap gotong royong memang harus dimiliki seluruh masyarakat Indonesia. Karena dengan adanya kesadaran dalam melakukan gotong royong maka kegiatan yang sebelumnya terasa sulit menjadi lebih mudah dan terselesaikan dengan cepat.

Tidak hanya itu saja, dengan adanya kesadaran masyarakat untuk bergotong royong, maka hal ini juga dapat mempererat hubungan persaudaraan dan silaturahmi berjalan dengan baik.

Manfaat Gotong Royong

Gotong royong memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan
  • Terjalin rasa solidaritas dalam lingkungan masyarakat
  • Menjadikan kehidupan bermasyarakat lebih baik
  • Pekerjaan lebih cepat selesai tanpa memerlukan biaya yang besar untuk membayar tenaga karena sudah menjadi kesadaran diri dalam masyarakat Indonesia
  • Dengan adanya gotong royong, tanpa disadari dapat mempererat kebersamaan dan persaudaraan tanpa mengenal suku, ras, agama, profesi dan lain sebagainya
  • Dengan dilakukannya gotong royong maka keamanan lingkungan semakin terjamin, ketentraman serta kedamaian juga semakin terasa karena para warganya saling peduli dan saling membantu antar sesama

Tujuan Gotong Royong

Gotong royong menjadi semangat warga Indonesia yang diwujudkan dalam bentuk perilaku atau tindakan tanpa adanya mengharap imbalan karena gotong royong dilakukan secara bersama-sama demi kepentingan bersama atau demi kepentingan individu tertentu. Adapun tujuan gotong roong dalam kehidupan bermasyarakat adalah:

  • Meningkatkan rasa kebersamaan mengingat bahwa kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan dari orang lain
  • Dengan adanya gotong royong maka bisa membuat warga menjadi kompak dan saling mengenal satu sama lainnya.
  • Dengan gotong royong maka pekerjaan dapat berjalan lancar, mudah dikerjakan dan cepat terselesaikan
  • Gotong royong dapat mempererat rasa kesatuan dan persatuan
  • Gotong royong membantu dalam menghemat biaya anggaran tenaga kerja
  • Mempererat tali persaudaraan antar sesama

Nilai Yang Terkandung Dalam Gotong Royong

Gotong royong memiliki nilai yang terkandung didalamnya. Adapun nilai yang terkandung dalam kegiatan gotong royong adalah:

Nilai Kebersamaan

Gotong royong merupakan kegiatan yang mencerminkan kebersamaan yang tumbuh dalam lingkungan bermasyarakat. Dengan adanya gotong royong, maka masyarakat dapat bekerja sama untuk membantu orang lain atau membangun fasilitas umum yang dapat dimanfaatkan bersama-sama.

Nilai Persatuan

Kebersamaan yang terjalin dalam kegiatan gotong royong melahirkan persatuan antar anggota masyarakat. Dengan adanya persatuan tersebut maka masyarakat dapat menjadi kuat dan mampu menghadapi suatu permasalahan yang muncul.

Nilai Rela Berkorban

Gotong royong mengajarkan setiap orang untuk rela berkorban. Pengorbanan yang dimaksud dapat berbentuk banyak hal mulai dari waktu, tenaga, pikiran hingga uang. Semua pengorbanan tersebut dilakukan demi kepentingan bersama. Hal ini dapat dilihat dari masyarakat yang rela mengesampingkan urusan pribadinya untuk memenuhi kebutuhan bersama.

Nilai Tolong Menolong

Gotong royong dapat membuat masyarakat bahu membahu untuk saling menolong satu sama lain. Sekecil apapun kontribusi seseorang dalam kegiatan gotong royong tetap dapat memberikan manfaat dan pertolongan untuk orang lain.

Nilai Bersosialisasi

Gotong royong membuat setiap orang sadar jika dirinya adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Dengan begitu, gotong royong dapat membuat masyarakat saling mengenal satu sama lain sehingga proses sosialisasi dapat terus terjaga keberlangsungannya.

Contoh Gotong Royong Dalam Kehidupan Sehari-hari

Gotong royong dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari seperti misalnya kerja bakti di lingkungan masyarakat untuk membersihkan jalan, membersihkan sampah dan lain-lain. Adapun contoh gotong royong lainnya dapat dilihat dalam pembangunan masjid, jembatan, merapihkan jalanan untuk memudahkan akses warga sekitar dan lain-lain. Tanpa disadari, banyak kegiatan gotong royong yang dilakukan di lingkungan kita.

Cara Melestarikan Gotong Royong

Seiring perkembangan zaman, semangat gotong royong semakin memudar. Hal ini disebabkan oleh kemajuan digital, untuk itu perlu dilakukan cara melestarikan gotong royong sebagai berikut:

  • Meminimalisir atau membuang pemikiran buruk yang menyatakan bahwa gotong royong tidak begitu penting. Dengan cara ini dipastikan kita akan termotivasi untuk melestarikan sikap gotong royong.
  • Tidak memanfaatkan ras sebagai uaya untuk menunggangi perilaku gotong royong. Jika hal ini dilakukan maka akan melenceng dari makna gotong royong itu sendiri.
  • Meminimalisir jarak jauh antar masyarakat, dengan begitu maka dimungkinkan dapat dilakukan gotong royong yang tidak canggung antar setiap orang.

Kendala Gotong Royong

Sudah diketahui bahwa membuat sesuatu yang baik dan melestarikannya bukanlah suatu hal yang mudah. Salah satunya adalah melestarikan sikap dan semangat gotong royong di lingkungan masyarakat.

Berbagai anggapan muncul yang mengungkapkan bahwa gotong royong hanya bersifat aman dan mengungtungkan bersama. Namun sebenarnya gotong royong yang susah bersama merupakan suatu hal yang sulit diperoleh. Untuk itu, gotong royong yang dilakukan dalam bangsa Indonesia merupakan gotong royong yang memiliki umpan balik. Adapun kendala gotong royong yaitu:

  • Nilai gotong royong yang belum dijabarkan secara menyeluruh dalam lingkungan sekolah
  • Kurangnya pemahaman seluruh masyarakat
  • Pudarnya rasa sosial yang tertanam dalam masyarakat
  • Kurangnya keteladanan pemerintah sendiri

Jojo Expense merupakan sebuah aplikasi yang didesain khusus untuk membuat kinerja pengelolaan keuangan perusahaan menjadi lebih praktis dan efisien. Dilengkapi dengan berbagai macam fitur seperti Budget Controlling, Cash Advance, Mobile Approval, Reimbursement Online hingga transfer ke berbagai cabang bank secara real time. 

tujuan negosiasi

Software ini juga dibekali teknologi canggih berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda terhindar dari risiko fraud financial. Menarik sekali, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, download Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengatur keuangan perusahaan sekarang juga!