Hak Kita Terhadap Lingkungan Serta Langkah Memperolehnya

hak kita terhadap lingkungan

Hak kita terhadap lingkungan tampaknya seringkali disepelekan. Padahal sebenarnya sebagai warga negara kita juga memiliki hak terhadap lingkungan. Hak ini pun diharapkan agar dapat dipenuhi sehingga setiap orang yang menjadi bagian dari warga negara ini bisa mendapatkan haknya. Hak sendiri pada dasarnya merupakan istilah yang menggambarkan sesuatu yang secara mutlak menjadi milik seseorang dan bisa digunakan. Demikian pula hak Anda terhadap lingkungan juga bisa didapatkan dan digunakan sesuai dengan harapan.

Hak Kita Terhadap Lingkungan

Lingkungan rapi

Setiap orang tentu saja berhak mendapatkan lingkungan dengan suasana yang rapi. Li gkungan yang penuh dengan kerapian tentunya dapat membuat orang menjadi suka melihatnya. Di samping ity lingkungan yang rapi umumnya cenderung bersih sehingga bisa turit menjaga kesehatan penduduk.

Udara sehat

Di samping lingkungan yang rapi dan bersih rupanya setiap orang juga berhak mendapatkan udara yang sehat. Udara yang sehat cenderung bersih sehingga terkesan segar. Udara yang bersih biasanya sehat bagi siapa saja sehingga tidak akan menimbulkan penyakit bagi orang yang menghirupnya. Umumnya udara bersih cenderung bebas dari berbagai macma asap dan debu serta polutan.

Air yang bersih

Kebutuhan warga mulai dari minum hingga mencuci dan lainnya tentu saja melibatkan peran air. Oleh karena itu air diharapkan agar bisa selalu bersih. Air yang bersih umumnya jernih dan tidak berbau serta tidak berasa. Selain itu air cenderung bebas dari bakteri dan juga bahan kimia.

Pemanfaatan lingkungan

Setiap anggota masyarakat tentu memiliki hak untuk memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitarnya. Pemanfaatan lingkungan memang sudah dipastikan akan terjadi sebab setiap manusia membutuhkan lingkungan untuk bisa mempertahankan kelangsungan hidup. Misalnya dengan memanfaatkan hasil sumber daya alam yang berasal dari lingkungan untuk pemenuhan kebutuhan hidup.

Penggunaan sarana umum

Sarana atau fasilitas umum ini bisa digunakan untuk mengadakan pemenuhan kebutuhan hidup. Sarana umum juga bisa digunakan oleh siapa saja tanpa kecuali. Sebab hak setiap warga masyarakat salah satunya memang menggunakan sarana dan fasilitas umum.

Lingkungan aman

Setiap orang sudah tentu menginginkan kehidupan yang tenang. Untuk memperoleh ketenangan ini maka tentunya Anda harus bisa memastikan keamanan diri masing-masing. Jika memang lingkungan tempat tinggal dan lingkungan di sekitar sudah dirasa aman maka barulah kehidupan yang tenang bisa diperoleh. Lingkungan yang aman pada dasarnya juga merupakan hak yang harus diterima oleh warga masyarakat. Oleh karena itu pemerintah perlu untuk turut mempertimbangkan sistem keamanan bagi setiap warga.

Terhindar dari hewan liar

Hewan liar terkadang bisa saja menceredai manusia. Padahal setiap orang tentunya memiliki berbagai hak yang harus diperolehnya dan salah satunya adalah hak untuk mendapatkan perlindungan keamanan dari hewan liar.

Ruang ramah anak

Ruang ramah anak bisa menjadi ide yang bagus baik bagi anak itu sendiri. Selain itu hadirnya ruang ramah anak juga akan semakin membuat anak menjadi senang karena adanya hiburan. Hal ini juga membuat orang tua semakin senang karena anak seolah lebih diperhatikan. Maja orang tua tak perlu lagi khawatir mengenal keamanan anaknya saat sedang berada di luar rumah.

Ruang terbuka hijau

Selain ruang ramah anak rupanya ada pula ruang terbuka hijau. Ruang terbuka hijau ini merupakan lahan yang tersedia untuk ditanami berbagai macam tanaman. Ruang terbuka hijau tentunakan membuat siapa saja merasa nyaman. Selain itu ruang terbuka hijau sebenarnya sangatlah bermanfaat. Sebab tanaman pada dasarnya dapat memproduksi oksigen yang dihiruo oleh manusia.

Edukasi lingkungan

Warga masyarakat juga berhak mendapatkan edukasi lingkungan. Melalui edukasi lingkungan ini maka nantinya manusia bisa mengembangkan perilaku yang berwawasan lingkungan. Selain itu nantinya diharapkan agar setiap orang juga bisa bertanggung jawab terhadap lingkungannya.

Upaya Mendapatkan Hak Kita Terhadap Lingkungan

Melakukan kerja bakti

Agar sebuah lingkungan dapat berfungsi untuk memenuhi hak manusia maka lingkungan haruslah selalu diupayakan agar selalu bersih. Maka lingkungan yang sehat akan terwujud dengan sendirinya. Untuk menjaga kebersihan maka salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan kerja bakti. Dengan menjalankan kerja bakti maka kebersihan lingkungan bisa selalu dijaga. Maka nantinya lingkungan bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan semua orang.

Mematuhi peraturan

Lingkungan juga akan selalu bersih dan bahkan tampak rapi serta sehat jika semua orang bisa mematihi peraturan untuk menjaga lingkungan. Memang segala peraturan dibuat dengan tujuan yang baik. Termasuk pula peraturan mengenai menjaga lingkungan. Ada banyak peraturan yang diberikan dan diberlakukan pada masyarakat berkaitan dengan lingkungan. Misalnya membuang sampah di tempatnya atau dilarang merokok dan sebagainya.

Menjaga kelestarian lingkungan

Pelestarian lingkungan juga harus selalu diupayakan agar bisa terwujud di setiap saat. Dengan adanya usaha untuk melestarikan lingkungan maka lingkungan akan selalu sehat. Pelestarian lingkungan sebenarnya tidak hanya berupa usaha untuk menjaga kebersihan lingkungan saja. Tetapi upaya ini juga melibatkan adanya penghijauan.

Menjaga fasilitas umum

Lingkungan berupa fasilitas umum juga perlu dijaga. Tujuannya tentu saja agar fasilitas umum tidak sampai rusak. Selain itu fasilitas umum juga diharapkan agar sellu bersih dan terawat. Maka nantinya fasilitas umum ini bisa menjadi bagian dari lingkungan yang dapat dimanfaatkan dengan baik.

Pengaruh Hak Kita Terhadap Lingkungan

Hak kita terhadap lingkungan tentunya turut dipengaruhi oleh kualitas lingkungan. Sebuah lingkungan dengan kualitas yang baik tentu saja dapat memenuhi hak setiap orang. Oleh karena itu sudah seharusnya setiap kita bisa selalu menjaga kualitas lingkungan. Jangan sampai sebuah lingkungan mengalami perubahan terutama dalam hal kualitas. Sebab jika perubahan mengarah ke hal yang buruk maka nantinya hak manusia tidak lagi dapat terpenuhi. Maka dari itu upayakan selalu agar kualitas lingkungan tidak sampai berubah sehingga dapat terus memenuhi segala keperluan penduduk.

Seperti juga saat memastikan agar perusahaan berjalan efektif dan optimal. Diperlukan sistem serta aplikasi yang memadai, salah satunya yaitu JojoTimes. Dimana produk ini merupakan solusi sistem HR termudah untuk memantau kehadiran karyawan kapan saja dimana saja. Selain itu JojoTimes meningkatkan kinerja perusahaan hingga 98% untuk mendukung perkembangan perusahaan, dengan mengelola administrasi secara otomatis dan memonitor karyawan.

Hal ini karena beberapa fitur yang terdapat di dalam JojoTimes. Misalnya saja fitur pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat, mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja, serta fitur tarif lembur yang dapat disesuaikan. Maka dari itu jangan ragu, segera gunakan aplikasi absen dari Jojonomic tersebut. Dapatkan demo gratis 14 hari dan rasakan manfaatnya segera.