Hal Yang Harus Dipersiapkan HRD Saat Recruit Posisi Baru

hal yang harus dipersiapkan HRD saat recruit posisi baru
hal yang perlu dipersiapkan HRD saat recruit posisi baru
Sumber : globalsynergyrecruitment.com

Hal Yang harus Dipersiapkan HRD Saat Recruit Posisi Baru – HRD memiliki banyak sekali pekerjaan dalam suatu perusahaan. Salah satu dari sekian banyak tugas yang dimiliki HRD ini salah satunya yaitu untuk merekrut karayawan atau pekerja baru. Selain membantu dalam melakukan wawancara para calon karyawan baru. Namun HRD juga bertugas untuk menyiapkan hal – hal yang dibutuhkan saat merekrut karyawan dengan posisi baru.

HRD harus mempersiakan hal yang dibutuhkan tersebut, meski rekuitmen dalam setiap perushaan memiliki cara yang berbeda – beda. Namun terdapat inti atau hal yang sekiranya menjadi dasar hal yang harus dipersiapkan HRD saat recruit posisi baru.

Mempersiapkan Rincian Pekerjaan

Langkah awal hal yang perlu disiapkan HRD saat recruit posisi baru yaitu rincian pekerjaan. Dalam urusan rincian pekerjaan diantaranya konfirmasi terkait kebutuhan dalam posisi tertentu. Yang dimaksudkan konfirmasi akan posisi tertentu adalah menjelaskan posisi yang betul – betul dibutuhkan perusahaan. Selanjutnya anda perlu memastikan budget atau gaji untuk setiap posisi yang akan diisi karyawan. Pastikan anda membandingkannya dengan gaji perushaan lain mengenai posisi tersebut.

Anda juga perlu untuk menentukan kriteria dari posisi yang akan dilakukan rekuitmen. Pastikan untuk anda menuliskan kriteria misalnya seperti ketrampilan, jenjang pendidikan, pengalaman dan lain – lainnya. Dalam mempersiapkan rincian ini banyak sekali hal yang HRD siapkan didalamnya seperti memastikan jumlah kebutuhan, kualifikasi kandidat, biaya dan juga terkait proyeksi posisi yang dibutuhkan.

Menyiapkan Iklan Lowongan Kerja

Iklan merupakan hal penting dalam proses perekrutan karyawan baru. Karena banyak juga hal yang harus diperhatikan dalam membuat iklan ini sehingga benar – benar bisa menyaring kandidat dengan kemampuan yang memadai. Anda bisa membuat iklan dengan bantuan dari desainer grafis atau dapat dengan memilih untuk membuat sendiri. Tuliskan diskripsi posisi pekerjaan dengan baik sehingga mudah dipahami oleh kandidiat dengan baik.

 Pastikan untuk anda mendiskusikan hal ini dengan manajer posisi tersebut. Jangan lupa untuk anda memperhatikan iklan yang anda buat terkait rekruitmen tersebut dan juga tempat anda memasang iklan tersebut. Pastikan anda memasang iklan pada tempat yang sesuaimisalnya di website perusahaan atau situs loeongan kerja.

 Untuk mempermudah perekrutan ini anda juga dapat melakukan kerja sama dengan pihak lain. Kerjasama yang dibuat dimana anda nantinya dapat dijamin bahwasanya kandidat yang melamar ke perusahaan merupakan kandidat terbaik.

hal yang perlu dipersiapkan HRD saat recruit posisi baru
Sumber : weareadam.com

Mengelola Lamaran kerja

Ketika perusahaan sudah berhasil menempatkan iklan terkait penerimaan atau perekrutan karyawan. Maka CV akan mulai banyak berdatangan ke perusahaan anda. Langkah kedua hal yang harus dipersiapkan HRD saat recruit posisi baru yaitu mengelola lamaran jandidat. Yang didalamnya anda harus mulai memilih panel wawancara.

Akan lebih baik dalam memilih panel untuk melakukan wawancara adalah seorang user. User sendiri diartikan sebagai orang yang nantinya akan bekerja langsung dengan kandidat tersebut sehingga lebih mengerti lebih dalam terkait posisi tersebut. Selanjutnya anda dapat untuk mulai mengembangkan pertanyaan wawancara.

Setiap perusahaan memiliki pertanyaan wawancara tersendiri karena itu anda juga dapat mengembangkan pertanyaan yang ada tersebut. Kemudian anda bisa mereview Cv dan mulai mempersempit kandidat. Tentu saja banyak sekali CV yang masuk dari iklan perkrutan tersebut. Seleksi CV mana yang sekiranya berpotensi menjadi kandidat untuk posisi tersebut. Hal ini juga kan mempermudah anda nantinya saat memasuki tahap wawancara karena tidak melakukannya kepada seluruh pelamar CV karena terlalu banyak.

Memilih temoat dan juga jadwal wawancara yang tepat. Selain anda perlu memastikan tempat yang strategis dan tepat untuk melakukan wawancara anda juga perlu memastikan waktu yang sesuai untuk wawancara tersebut. Sehingga tidak terjadi tabrakan dalam pelaksanaannya.

Wawancara

Langkah selanjutnya yaitu pelaksanaan wawancara. Perlu anda ketahui bahwasanya hal yang perlu dipersiapkan HRD dalam tahapan ini adalah melakukan wawancara untuk mendapatkan kandidat terbaik. Periksa referensi dari kandidat tersebut hal merupakan hal yang sangat penting. Karena dari referensi tersebut anda dapat mengetahui dan memastikan kandidat tersebut cocok untuk posisi tersebut.

Dengan memeriksa referensi juga anda bisa mengetahui bagaimana kinerja dari kandidat tersebut dan juga mengetahui bagaimana hubungan kandidat tersebut dengan orang lain di perusahaan sebelumnya. Selanjutnya anda bisa mulai melakukan negosiasi terkait kisaran gaji yang diinginkan karyawan tersebut. Yang perlu anda ingat seblum anda melakukan kesepakatan dengan kandidat terkait besaran gaji. Anda harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dengan tim finance.

Setelah itu anda bisa melakukan penawaran posisi. Anda bisa melakukan hal ini dengan mengirimkan email kepada kandidat terkait penawaran possisi. Yang kemudian dapat di setujui oleh kedua belah pihak. Ada pula hal lainnya yang harus anda lakukan yaitu :

Pemerikasaan Latar Belakang Dan Kesehatan

Pemeriksaan ini dapat berisifat opsional jika memang diinginkan oleh perusahaan. Hal ini biasanya dilakukan oleh perusahaan dengan ketentuan ketat yang biasanya melakukan pemeriksaan kesehatan dan juga latar belakang.

Menghubungi Kandidat Gagal

Kandidat yang gagal menjadi pegawai perusahaan anda tidak dapat anda biarkan begitu saja. Pastikan anda memberikan informasi atau kabar kepada mereka terkait kegagalan atau ketidak terpilihan mereka. Jangan lupa untuk tetap menyertakan alasan mengapa mereka tidak terpilih menjadi karyawan perusahaan anda.  Hal ini harus dilakukan, sehingga menunjukkan bhawa perusahaan anda menghargai waktu dan tenaga yang sudah mereka keluarkan dalam melakukan proses perekrutan.

Menjadwalkan Onboarding Untuk Karyawan Baru

Selanjutnya anda perlu lakukan yaitu menyusun jadwal untuk karyawan baru melakukan onboarding. Pasalnya kita semua ketahui betapa pentingnya proses onboarding untuk karyawan baru ini. dengan adanya proses onboarding akan membuat karyawan baru memahami peran dan tanggung jawab yang mereka punya dan juga membantu karaywan dalam memahami perusaan dengan baik.

hal yang harus dipersiapkan HRD saat recruit posisi baru
Sumber : thereceiptrollbusiness.co.uk

Kesimpulan

Banyak hal yang harus dipersiapkan HRD saat recruit posisis baru. Baik dari mulai mempersiapnya susunan rekruitmen, pemsalahan periklanan, pengelolaan lamaran kandidat dan juga sampai pada tahap wawancara dan memilih kandidat yang sesuai.

Tentu saja kita ketahui merekrut karyawan membutuhkan usaha keras yang cukup detail. Karena itu sebaiknya tim HRD perusahaan menggunakan sistem yang dapat mempermudah hal tersebut. hal ini dilakukan agar data calon karyawan tbisa dibuat teratur dengan rapi. Sedikit penataan data pelamar ini tentu saja akan membantu mempercepat proses recruitment dan juga pengambilan keputusan.

Solusi yang tepat salah satunya dengan menggunakan JojoTimes dari Jojonomic. Software ini akan membantu anda untuk lebih efektif dalam melakukan pendataan karyawan yang akan direkrut. Termasuk dalam mendata proses rekruitmen untuk calon karyawan yang melamar ke perusahaan anda. Sehingga meskipun ada banyak sekali karyawan yang akan direkrut oleh perusahaan. Namun tim HRD tidak akan merasa kewalahandalam mengaturnya. Semua berjalan lebih cepat, mudah, otomatis dan lebih efisien.

Hal ini dapat terwujud dengan karena adanya beberapa fitur menarik dalam JojoTimes termasuk fitur-fitur berikut ini:

  • Secured Cloud-Based Storage
  • Custom Format Report
  • Import and Export Employee Data
  • Actual Real Time Monitoring
  • Task Management Tools
  • Schedules and Job Shifts

Dengan penggunaan JojoTimes sudah pasti sistem recruitment persahaan anda akan berjalan lebih optimal. Karena itu, ayo segera tinggalkan cara lama yang konvensional dan ruwet tersebut. Jangan habiskan waktu berharga kamu untuk mendata satu per satu calon karyawan secara manual.

Serahkan semua pekerjaan anda pada JojoTimes. Dapatkan uji coba gratisnyadi perusahaan Anda untuk membuktikan manfaatnya. Ayo tunggu apa lagi !! Segera gunakan JojoTimes !!