Hitung Gaji Online : Definisi, Fungsi dan Komponennya

Bagaimana Anda bisa dengan mudah menghitung gaji bersih karyawan tetap atau sementara secara Hitung Gaji Online? Cara menghitung gaji karyawan termasuk menghitung gaji bulanan dasar. Jojonomic akan membahas hal tersebut, termasuk bagaimana sistem penggajian yang mempermudah dan mempercepat dalam melakukan penghitungan gaji karyawan.

Siapa yang tidak kenal istilah “gaji”? Dapat dikatakan bahwa gaji merupakan salah satu daya tarik dan dapat menjadi pertimbangan ketika seseorang melamar suatu pekerjaan. Karyawan yang bekerja akan dibayar untuk jangka waktu kerja keras tertentu.

Para karyawan ini nantinya akan menggunakan gaji atau upahnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menabungnya untuk menghadapi kebutuhan yang tidak terduga. Tidak dapat dipungkiri bahwa gaji memegang peranan penting baik bagi perusahaan maupun karyawannya.

Karena sifatnya yang sensitif, perusahaan harus berhati-hati saat menentukan struktur gaji dan menugaskannya kepada karyawan. Pemberian gaji atau penggajian tidak bisa dilakukan sembarangan dan sembarangan. Artinya perusahaan harus memperhatikan undang-undang pengupahan.

Memahami gaji dan fungsinya

Gaji mungkin yang Anda inginkan setiap bulan. Sebelum membahas cara menghitung gaji, sebaiknya pahami definisi gaji. Mulyadi (2003) mengartikan gaji sebagai cara pembayaran atau jasa yang diberikan oleh karyawan dengan jabatan manajemen, sedangkan gaji biasanya mengacu pada pembayaran atas jasa yang diberikan oleh karyawan (pekerja).

Pandangan lain tentang upah dikemukakan oleh Andrew F. Sikula (2007) sebagai kompensasi, yaitu uang yang diterima karyawan sebagai karyawan yang berkontribusi terhadap pencapaian tujuan perusahaan. Kedua pengertian di atas sesuai dengan pernyataan Handoko (2003), yaitu gaji adalah pembayaran berupa uang yang diberikan kepada karyawan sebagai pembayaran atas penyelesaian pekerjaan dan motivasi untuk kegiatan di masa mendatang.

Dari berbagai definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa gaji adalah hak karyawan yang harus dibayarkan perusahaan kepada perusahaan dalam bentuk waktu, tenaga dan pikiran. Jika karyawan telah melaksanakan semua pekerjaan sesuai dengan kesepakatan yang dicapai dengan perusahaan dalam perjanjian kerja, ia harus dibayar sesuai dengan itu.

Tujuan lain dari pembayaran gaji adalah untuk memastikan keadilan dengan memberikan gaji secara proporsional. Skala gaji didasarkan pada banyak faktor, yaitu kemampuan, kinerja, jabatan, bahkan tingkat pendidikan. Biasanya, gaji dibayarkan pada tanggal tertentu atau sesuai kesepakatan antara perusahaan dan karyawan.

Fungsi Gaji secara Hitung Gaji Online

Hitung Gaji Online

Fungsi gaji yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

Memotivasi karyawan

Jika gaji dialokasikan secara efektif untuk karyawan atau sumber daya manusia, maka akan membantu mendorong karyawan untuk bekerja lebih baik dan meningkatkan efisiensi kerja di masa depan. Jika karyawan semakin produktif, maka perusahaan tentunya akan mendapatkan keuntungan, yaitu kinerja perusahaan akan meningkat.

Mendorong stabilitas dan pertumbuhan ekonomi

Secara tidak langsung, memberi karyawan upah yang layak berdasarkan pekerjaan mereka dapat membantu mendorong stabilitas dan pertumbuhan ekonomi. Oleh karena itu, perusahaan perlu memperhatikan upah minimum dalam menggaji karyawannya. Gaji tidak boleh lebih rendah dari standar yang ditetapkan oleh masing-masing daerah.

Menjaga kehadiran karyawan dalam waktu lama

Gaji wajib dan skala gaji juga sangat penting bagi karyawan dan perusahaan itu sendiri. Jika perusahaan memperlakukan karyawannya dengan baik, maka mereka akan bekerja lama di perusahaan tersebut. Tidak ada kata terlambat untuk membayar gaji dan membayar gaji sesuai standar yang berlaku.

Jika tidak demikian, maka karyawan tersebut akan meninggalkan perusahaan tanpa ragu-ragu dan mencari pekerjaan yang lebih baik. Jika omzet menurun, perusahaan juga akan mendapat keuntungan darinya tanpa perlu rekrutmen berulang.

Komponen gaji karyawan tertentu dengan Hitung Gaji Online

Hitung Gaji Online

Sebelum Anda mengetahui cara menghitung gaji bersih seorang karyawan, Anda perlu mengetahui bagian gaji mana yang harus diperhatikan perusahaan.

Gaji pokok

Gaji pokok adalah komponen dasar dari pendapatan karyawan dan digunakan sebagai standar untuk menghitung bagian lain (seperti pemotongan, tunjangan atau insentif, upah lembur, dll.). Dengan mengacu pada Pasal 13 Undang-Undang Nomor 94 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, maka besaran upah pokok minimum berupa upah bersih atau upah bersih dan tunjangan tetap sebesar 75% dari total upah karyawan. Umumnya besaran gaji pokok harus ditentukan berdasarkan UMR atau UMR atau UMR yang berlaku di daerah tersebut. Selain itu, jabatan dan jabatan juga berperan dalam menentukan besarnya gaji pokok.

Tunjangan tetap

Menurut Pengumuman Menteri Sumber Daya Manusia Republik Indonesia No. 7 tahun 1990, tunjangan tetap merupakan pembayaran berkala yang berkaitan dengan pekerjaan. Tunjangan ini diberikan kepada pegawai secara berkala dan dibayarkan bersamaan dengan tunjangan pokok. gaji.

Dengan kata lain, tunjangan tetap dapat diartikan sebagai keuntungan yang didapatkan selama bekerja di perusahaan. Jika karyawan dipromosikan atau bahkan dikurangi, jumlah tunjangan tetap dapat berubah. Imbalan tetap juga tidak dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti ketidakhadiran atau kinerja karyawan. Misalnya termasuk tunjangan istri; tunjangan anak; tunjangan perumahan; tambahan mahal; tunjangan area dan lain-lain.

Tunjangan tidak tetap

Menurut surat edaran menteri yang sama, tunjangan tidak tetap adalah pembayaran yang secara langsung atau tidak langsung berkaitan dengan pekerja. Ini diberikan kepada pekerja dan keluarganya dari waktu ke waktu, dan dibayarkan dalam satuan waktu yang berbeda dari waktu saat upah dasar dibayarkan.

Perbedaan antara tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap dipengaruhi oleh faktor-faktor tertentu, seperti kehadiran, keterlambatan, kinerja karyawan, dll. Contoh tunjangan tidak tetap adalah tunjangan transportasi dan makan.

Potong

Selain tunjangan, bagian lain dari gaji adalah pemotongan. Pemotongan merupakan hal yang dapat mengurangi jumlah pendapatan. Pemotongan ini biasanya sudah termasuk pajak dan berbagai kontribusi BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan.

Selain potongan di atas, terdapat beberapa diskon yang tidak permanen dan bergantung pada kebijakan masing-masing karyawan. Misalnya, pelunasan hutang perusahaan, denda atas keterlambatan atau ketidakhadiran, dan sanksi atas pelanggaran peraturan.

Upah Lembur

Lembur adalah pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan di luar jam kerja yang sah, atau bisa juga disebut dengan jam kerja tambahan. Saat karyawan bekerja lembur, mereka akan dibayar untuk lembur, yang merupakan upah lembur. Sesuai kesepakatan antara karyawan dan perusahaan, setiap perusahaan memiliki upah lembur yang berbeda.

Bonus

Bagian terakhir dari gaji adalah bonus. Bonus adalah reward yang diberikan perusahaan kepada karyawan sebagai penghargaan atas kinerja baiknya dan berdampak baik bagi perusahaan. Kategori bonus termasuk THR atau tunjangan hari raya, bonus tahunan, dan bonus kinerja. Jumlah bonus ditentukan sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan.

Bagaimana cara menghitung gaji bersih seorang karyawan dengan Hitung Gaji Online

Gaji karyawan harus dihitung dengan benar dan akurat, karena ini menyangkut uang, yang merupakan masalah sensitif. Status karyawan yang berbeda berarti metode penghitungan gaji yang berbeda, termasuk karyawan tetap, tidak tetap, paruh waktu atau penuh waktu. Tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu cara menghitung gaji pokok, rumus dan cara menghitung gaji pokok.

Bagaimana cara menghitung gaji bersih karyawan tetap

Sebelum menghitung gaji karyawan tetap suatu perusahaan, penting untuk mengetahui apa saja komponen gaji tersebut. Fatih adalah pegawai swasta berstatus tetap dan memiliki asumsi data pendapatan dan pengeluaran bulanan sebagai berikut:

  • Total pendapatan gaji
  • Gaji pokok 5.000.000
  • 500.000 upah lembur
  • Tunjangan tetap 500.000
  • Total gaji yang diterima Rp 6.000.000

Tabel berikut mencantumkan pemotongan gaji bersih selain komponen penghasilan di atas, seperti biaya kantor 5%, biaya BPJS dan PPh Pasal 21 (PPh 21):

  • Mengurangi jumlah komponen
  • Biaya pekerjaan 250.000
  • BPJS mendonasikan 60.000
  • Pajak Penghasilan Pasal 21 97.500
  • Total potongan Rp 407.500

Setelah menghitung penghasilan dan potongan gaji Fatih, kurangi keduanya untuk mendapatkan berapa penghasilan Fatih setiap bulannya.

  • Total gaji bersih
  • Total pendapatan 6 juta
  • Jumlah pengurangan 407.500
  • Total gaji bersih Rp5.592.000

Berdasarkan perhitungan di atas, gaji bersih bulanan Fatih adalah Rp5.592.000

Bagaimana cara menghitung gaji bersih pegawai tidak tetap secara Hitung Gaji Online

Faktor perbedaan dalam menghitung gaji karyawan tetap dan tidak tetap adalah biaya pekerjaan. Untuk metode penghitungan gaji pokok, rumus penghitungan gaji pokok kurang lebih sama. Karyawan tetap harus membayar 5% dari total gaji, sedangkan karyawan tidak tetap tidak harus membayar. Masih mencontohkan Fatih sebagai pegawai tidak tetap, tabel berikut ini adalah tabel penghitungan gaji tanpa dikurangi biaya jabatan.

  • Total pendapatan gaji
  • Gaji pokok 5.000.000
  • 500.000 upah lembur
  • Tunjangan tetap 500.000
  • Total gaji yang diterima Rp 6.000.000

Pemotongan gaji Fatih tidak melibatkan biaya kerja, sehingga tidak perlu dikurangi gajinya sebesar 5%, hanya iuran BPJS dan PPh Pasal 21 saja sudah cukup.

  • Mengurangi jumlah komponen
  • BPJS mendonasikan 60.000
  • Pajak Penghasilan Pasal 21 97.500
  • Total potongan Rp 157.500

Seperti sebelumnya, jika sudah selesai penghitungan penghasilan dan pemotongan gaji Fatih, kurangi keduanya untuk melihat berapa yang bisa Fatih dapat setiap bulannya.

  • Total gaji bersih
  • Jumlah pendapatan 6 juta
  • Jumlah pengurangan adalah 157.500
  • Total gaji bersih Rp 5.843.000

Berdasarkan perhitungan di atas, gaji bersih bulanan Fatih adalah Rp5.843.000. Cara diatas biasanya digunakan untuk menghitung gaji pegawai tetap bulanan atau tidak tetap. Lantas, bagaimana dengan karyawan paruh waktu atau karyawan yang baru memasuki pertengahan bulan? Oleh karena itu, dibuatlah metode yang disebut metode distribusi proporsional.

Cara Hitung Gaji Online menggunakan metode distribusi proporsional untuk menghitung upah bersih

Metode distribusi proporsional adalah cara menghitung upah secara proporsional. Biasanya, metode ini didasarkan pada jam kerja / waktu kerja karyawan. Berikut langkah-langkah menghitung upah dengan metode distribusi proporsional.

Hitung jumlah hari kerja dalam sebulan

Hitung gaji pokok menggunakan rumus gaji pokok bulanan dan tunjangan perusahaan. Gunakan rumus gaji untuk membagi jumlah jam kerja untuk menghitung gaji per jam < br> Gunakan rumus berikut untuk menghitung Total Gaji: jumlah hari kerja dalam sebulan x jumlah jam kerja dalam sehari x gaji / jam. Kotak sampel:

  • Ani adalah pegawai swasta dengan gaji bulanan Rp 10.000.000.
  • Jam kerja Ani adalah Senin sampai Jumat, biasanya 23 hari kerja.
  • Namun, Ani hanya bisa masuk selama 20 hari karena berbagai alasan.
  • Berapa gaji yang didapat Ani?
  • Hari kerja dan jam kerja: 23 hari, ada 8 jam kerja dalam sehari.
  • Gaji bulanan: Rp 10.000.000
  • (Sallary pokok = Rp 7.500.000 + tunjangan = Rp 2.500,00)
  • Gaji per jam: gaji / jumlah hari bekerja dalam sebulan
  • Rp 10.000.000 / 184 jam = Rp 54.347

Upah dihitung berdasarkan hari kerja: jumlah hari kerja per bulan x jumlah jam kerja per hari x upah per jam

20 hari × 8 × 54.347 = Rp 8.695.000

Dengan demikian, gaji bulanan yang diterima Ani adalah Rp 8.695.000 per bulan. Angka ini belum termasuk BPJS kesehatan, BPJS ketenagakerjaan dan pengurangan pajak penghasilan. Ini adalah beberapa metode yang biasa digunakan untuk menghitung gaji karyawan. Perusahaan dapat menggunakan kedua metode di atas, tergantung situasi dan kondisi karyawan itu sendiri.

Kesimpulan Hitung Gaji Online

Mengingat bahwa upah sangat penting, mereka harus dihitung dengan sangat hati-hati dan mematuhi hukum yang berlaku, dan pembayaran tidak boleh ditunda. Namun, selain menggunakan cara manual, Anda juga bisa menggunakan software yang lebih efisien untuk menyelesaikan penghitungan gaji.

Hitung Gaji Online

JojoPayroll Membantu Anda Mengelola Payroll Perusahaan dengan Cara Baru yang Lebih Baik. Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda—semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien, hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. Yuk pakai aplikasi payroll dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!