HR Bisnis Kecil Vs HR Bisnis Besar Miliki Tanggung Jawab Sama

HR bisnis kecil vs HR bisnis besar

Peran human resource untuk mendapatkan kondisi kesejahteraan karyawan yang lebih baik sangat diperlukan. Perbedaan pandangan dari HR bisnis kecil vs HR bisnis  besar akan sangat berbeda. Penyebab utamanya adalah sumber daya didalam perusahaan itu sendiri dan juga beban kerjanya.

Orientasi dari sebuah bisnis kecil akan selalu berfokus kepada perkembangan perusahaan. Walaupun begitu beban kerja yang akan ditanggund setiap karyawan tidak akan terlalu berat. Hanya saja setiap pegawai tidak boleh melalaikan tugas ataupun kuota produksi yang telah ditetapkan. Hal ini sangat berbeda dengan fokus dari bisnis besar.

HR bisnis kecil vs HR bisnis besarMaka penanganan HR bisnis kecil vs HR bisnis  besar memiliki resolusinya sendiri. Hasil dari penyesuaian HR untuk mendapatkan keadaan bisnis yang lebih baik. Sekaligus bisa tetap menjaga kesejahteraan serta lingkungan kerja terbaik bagi setiap karyawan.

Perbedaan Mendasar Dari HR Bisnis Kecil vs HR Bisnis  Besar

Bagaimanapun kondisi dari bisnis yang dijalankan oleh seorang pengusaha. HR harus bisa memanaje sumber daya manusia didalam perusahaan itu sebaik mungkin. Itu artinya HR harus piawai dalam memanfaatkan segala sumber yang tersedia didalam perusahaan.

Kepiawaian seperti ini tentu saja memerlukan tingkat kemampuan yang tinggi. Selain menyelsaikan tugas itu juga seorang HR masih harus mengurusi kepentingan lain seperti payroll dan juga absensi. Lalu apa saja perbedaan yang terdapat dari HR dalam bisnis besar dan kecil?. Berikut adalah sedikit penjelasan  mengenai perbedaanya.

Recruitmen Yang Membuktikan Kesenjangan Bisnis Kecil Dan Besar

Proses penerimaan pegawai atau lebih dikenal dengan recuitmen bisa menjadi tolak ukur HR bisnis kecil vs HR bisnis  besar. Setiap recruitmen ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok ketika dilaksanakan. Calon karyawan pasti akan mengetahui mana perusahaan besar ataupun kecil.

Dari segi susunan tes dalam recuitmen bisnis besar lebih banyak. Karena perusahaan tidak begitu mementingkan kuantitas melainkan kualitas. Walaupun terkadang banyak bisnis besar yang menerima karyawan dalam jumlah besar.

Tapi sejatinya perusahaan besar lebih berfokus untuk mempekerjakan karyawan dengan kemampuan yang baik. Disinilah perbedaan dari HR bisnis kecil vs HR bisnis  besar bisa terlihat dengan jelas. Bobot dari wawancara yang diberikan oleh HR juga akan lebih berat kepada calon pegawai.

Sedangkan untuk bisnis kecil tahapan tes yang akan dijalani oleh calon pegawai biasanya tidak terlalu sulit. Bahkan ada sebagian perusahaan kecil yang hanya memberlakukan interview saja untuk tahapan sleksinya. Karena dalam recruitmen bukan waktu saja yang dihabiskan tapi budget perusahaan juga akan digunakan dalam pelaksanaannya.

Semakin lama dan berat tahapan sleksi maka tingkat kemampuan HR bisnis kecil vs HR bisnis  besar harus lebih berkerja dengan maksimal. Setelah sleksipun HR bisnis kecil bisa mengenal karyawan lebih dekat. Karena mudahnya akses HR dan karyawan untuk  melakukan pertemuan.

HR bisnis besar tidak bisa melakukan hal seperti ini. Sebab untuk sekedar bertemu saja mungkin akan memakan waktu.  lingkungan kerja yang lebih luas dan kompleks menuntut untuk setiap karyawan agar hanya berfokus kepada pekerjaannya saja.

Resource Pendukung Dalam Perusahaan

Dilihat dari segi sumber daya HR bisnis kecil vs HR bisnis  besar memiliki perbedaan dalam hal resource. HR bisnis kecil pasti akan berkerja keras untuk bisa memaksimalkan perusahaan dan karyawan. Walaupun anggaran maupun sarana dan prasarannya terbatas.

Karena  keterbatasan sumber daya ini seringkali HR bisnis kecil terjebak dan mati langkah. Akibatnya mereka hanya bisa melakukan langkah-langkah kecil saja dalam menjalankan kewajibannya. Sebenarnya ini bukan hal yang buruk. Hal  terpentingnya adalah  tetap ada pergerakan.

Tapi beda halnya dengan HR perusahaan besar. Langkah mereka lebih terbuka lebar. Sehingga visi dari HR bisnis kecil vs HR bisnis  besar bisa terlihat. Perusahaan besar sering kali melakukan pelatihan para pegawainya untuk menjaga kualitas mereka.

Hal ini bisa terwujud karena dalam pelaksanaannya perusahaan tersebut memiliki jumlah budget yang besar. Dengan memanfaatkan budget yang berlebih ini HR perusahaan besar bisa lebih mudah memaksimalkan potensi dan kemampuan dari setiap karyawannya.

HR bisnis kecil vs HR bisnis besar

Tanggung Jawab Bagi HR

Jika dilihat dari sisi tanggung jawab akan sangat terlihat perbedaan HR bisnis kecil vs HR bisnis  besar. HR yang bertugas pada perusahaan kecil memang memiliki tanggung jawab yang banyak. Karena kuantitas tugasnya yang banyak. Pekerjaannya jadi tidak begitu spesifik. Bahkan hal-hal mendasarpun harus ditangani oleh HR bila terkait karyawan.

Beda halnya  dengan HR yang bertugas pada perusahaan besar. Pekerjaan mereka akan lebih sedikit tapi begitu spesifik. Sehingga memerlukan konsentrasi dan juga penyelsaian yang kongkrit. Beberapa masalah dalam perusahaan kecil yang terkait pegawai bisa begitu saja terselsaikan.

Sedangkan permasalahan yang menyangkut perusahaan besar memerlukan campur tangan HR lebih dalam. HR bisnis kecil vs HR bisnis  besar bisa dengan mudah dibedakan dari tanggug jawab yang diembannya. Bahkan secara sekilas mungkin menjadi HR dalam bisnis kecil bisa lebih ringan.

Bagaimanapun HR  harus sigap dalam menyelsaikan setiap permasalahan menyangkut karyawan didalam sebuah perusahaan. Sikap netral dan profesional harus dimiliki HR dalam menghadapi setiap permasalahan terkait perusahaan.

Beban kerja seorang HR memang bervariatif tergantung dari perusahaan tempatnya bertugas. Klasifikasi HR bisnis kecil vs HR bisnis  besar memang sangat cocok dipakai. Untuk memantapkan jalur yang akan dipilih oleh seorang HR. Tentu saja dengan beban kerja yang berat HR perusahaan besar lebih banyak menerima kompensasi melalui gaji.

Tidak jarang HR juga akan terlibat dalam perumusan anggaran yang dibutuhkan perusahaan. Perlunya manajemen untuk selalu memilih tindakan bijak dalam menangani anggaran dan juga beban kerja HR. Salah  satu metode yang bisa dimanfaatkan oleh pihak manajemen guna mengurangi beban HR adalah menggunakan software.

Anggaran Serahkan Kepada JojoExpense

Perangkat lunak besutan Jojonomic ini mampu mempermudah proses kalkulasi anggaran perusahaan anda. HR bisnis kecil vs HR bisnis  besar bisa memanfaatkan perangkat lunak ini dengan sangat baik. Karena penggunaan perangkat lunak yang begitu fleksibel bisa digunakan kapan saja asalkan terkoneksi dengan internet.

Pihak manajemen perusahaan bisa mengetahui alur cash advancenya dengan mudah ketika mempercayakan kepada jojoExpense. Mengatur alur anggaran tidak pernah semudah ketika perusahaan telah menggunakan perangkat lunak ini.

Penipuan tidak akan lagi berani untuk mengincar perusahaan anda. Sebab dengan adanya teknologi kecerdasan buatan didalam perangkat lunak JojoExpense segala penipuan bisa segera terdeteksi. Perangkat lunak ini akan memberikan sinyal bahaya ketika ada alur anggaran yang mencurigakan dan mengarah ke penipuan.

Aplikasikan perangkat lunak JojoExpense sekarang juga di perusahaan anda. Untuk mendapatkan progress positif yang lebih baik. HR bisnis kecil vs HR bisnis  besar bisa memafaat kan versi demo dari JojoExpense dengan melakukan download di Jojonomic secara gratis.