HR Department Pengertian dan Kegunaannya

HR Department

Dalam mengelola suatu permasalahan dengan karyawan, HR department merupakan bagian yang bisa anda andalkan. Apa itu HR atau Human resources management? HR management merupakan bagian yang sangat penting dalam suatu organisasi, dimana ruang lingkupnya jauh lebih luas dari hanya sebatas menangani masalah administrative. Bagian HRD atau SMD juga bekerja secara aktif dalam melindungi kepentingan karyawan serta menciptakan sebuah lingkungan kerja yang positif. Lebih jauh lagi, human resource bisa menjadi penghubung antara perusahaan dengan kebutuhan karyawan sehingga membentuk suatu pola keseimbangan yang ‘menyenangkan’ bagi setiap orang.

Bagi seorang pegawai baru, HR merupakan departemen pertama yang mereka temui. Human resources akan memperkenalkan pegawai baru terhadap jobdesk yang ada, mengenalkan anggota dari suatu perusahaan dan membantu dokumentasi awal pekerja itu sendiri. HR juga mengelola permintaan cuti karyawan serta melatih karyawan untuk terbiasa dengan kebijakan – kebijakan perusahaan. Dimana melalui kebijakan tersebut, diharapkan pegawai atau pekerja akan mengerti posisinya masing – masing dan memahami jenis perilaku apa yang diharapkan ada di tempat kerja.

Dalam ulasan kali ini akan dibahas mengenai cara apa saja yang bisa digunakan oleh HR department dalam membantu seorang karyawan.

Apa Itu HR Department?

Biasa dikenal dengan HR office atau kantor HR yang diartikan sebagai unit bisnis yang mengelola hubungan antar karyawan, seperti recruitment, pembayaran gaji, manajemen kompensasi, management performance dan sebagainya. HR office membantu bisnis untuk memastikan bahwa pekerja mengikuti hukum serta regulasi yang ada.

Sejalan dengan perkembangan jaman, manager dalam human resources menajdi salah satu partner strategi yang baik dalam membangun lingkungan kerja yang produktif. Serta menurunkan angka pengurangan karyawan. Pada sekitar tahun 2019, 90% manager SDM memiliki suara yang kuat dalam pengambilan keputusan strategis suatu perusahaan.

Sebagai hasil dari perkembangan tersebut, SDM menjadi salah satu tonggak terkuat dari pembawa kepentingan karyawan untuk disampaikan pada perusahaan. Manager SDM memiliki kekuatan untuk berpartisipasi dalam membentuk kebijakan suatu perusahaan yang juga mendukung suatu kesejahteraan suatu karyawan itu sendiri.

HR department

Apa yang Dilakukan HR Departement Untuk Perkembangan Karyawan?

Meski secara fungsi HR memang mengelola management karyawan dalam perekrutan, penggajian dan menciptakan lingkungan kerja yang positif, namun ternyata banyak hal lain yang bisa dilakukan atau dikelola oleh HR department antara lain adalah :

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Positive

Salah satu fungsi utama dari tim HR adalah untuk membentuk lingkungan kerja yang optimal demi meningkatkan produktifitas karyawan. Sebuah lingkungan kerja yang positif memberikan karyawan kepercayaan diri untuk bicara terkait masalah – masalah yang krusial bagi perkembangan perusahaan itu sendiri. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh Human resources dalam menghidupkan lingkungan kerja yang positif, antara lain adalah :

  • Mempertahankan Keberagaman dalan Suatu Organisasi : sebuah lingkungan kerja yang modern biasanya diisi oleh karyawan dari berbagai macam suku, ras, kemampuan fisik serta jenis kelamin yang berbeda untuk bekerja Bersama. Perlakuan yang adil terhadap semua karyawan harus dilakukan dan hal ini merupakan kewajiban dari perusahaan itu sendiri. Bagian management Human resource berfungsi untuk memprogram pemekaan, membuat kode etik serta memoderasi dialog yang ada antara karyawan dan perusahaan dalam memantau data – data yang ada.
  • Melindungi Wistleblowers : Tahukah anda bahwa pelanggaran dan penipun yang terjadi di tempat kerja sering tidak dilaporkan karna korban maupun pelapor merasa takut serta terintimidasi oleh pelaku. Dalam hal ini, HR department berfungsi sebagai orang yang terpercaya serta dapat diandalkan untuk mengadu. Usahakan karyawan dapat melaporkan masalah mereka tanpa perlu harus mengungkapkan identitasnya. Dengan demikian, diharapkan perlindungan terhadap resiko kehilangan pekerjaan korban dapat ditanggulangi.
  • Melakukan Survey : Survey yang dilakukan bisa digunakan oleh SDM untuk menganalisa tingkat kepuasan serta keinginan karyawan. Lebih jauh lagi, dengan adanya survey karyawan, perusahaan dapat mengukur proses kerja dari suatu proses produksi atau apa saja dampak dari kebijakan baru yang telah ditempatkan. hal tersebut merupakan salah satu fungsi serta pengertian dari apa itu HR.
HR department

Membuat Draft Serta Merevisi Kebijakan Ketenagakerjaan

Peran penting lainnya yang dikelola oleh SDM adalah Menyusun kebijakan karyawan. Dimana kebijakan tersebut tidak hanya membantu atau menguntungkan perusahaan semata namun juga harus menguntungkan karyawan. Kebijakan yang dibuat wajib untuk mematuhi undang – undang ketenagakerjaan yang ada. SDM harus menyediakan kerangka lengkap dalam menerapkan proses terkait dengan kebijakan itu sendiri. Kebijakan – kebijakan yang ditetapkan disarankan untuk se – spesifik mungkin seperti bagaimana menyikapi pecelehan seksual di tempat kerja dan sebagainya.

Apa itu HR serta bagaimana kebijakan HR itu bekerja? Berikut adalah kebijakan dari ketenagakerjaan yang masuk kedalam lingkup SDM department, antara lain :

  • Kebijakan anti kekerasan seksual
  • Diskriminasi
  • Cuti serta libur kerja
  • Keuntungan – keuntungan atau bonus karyawan
  • Jam kerja perusahaan
  • Kesehatan serta keselamatan karyawan
  • Upah pegawai

Departemen SDM juga dapat merevisi kebijakan – kebijakan perusahaan yang lama untuk kemudian diperbarui. Misalnya, departemen SDM dapat merubah jumlah maksimal cuti tahunan pekerja, atau jumlah toleransi masuk kerja yang diperbolehkan perusahaan.

Melakukan Rotasi Pegawai

Sebuah program orientasi yang dirancang dengan baik akan membuat karyawan baru merasa diterima. Departemen SDM mengatur serta melakukan proses sosialisasi bagi pegawai baru. Hal ini diharapkan dapat menginformasikan kepada karyawan tentang nilai – nilai serta budaya kerja yang ada di perusahaan itu sendiri.

HR department

Mengatur Program Training dan Pengembangan Karyawan

Sesuai dengan kebutuhan bisnis yang semakin berkembang, banyak karyawan yang dituntut untuk memiliki skill lebih Ketika mereka telah bekerja di suatu perusahaan. Dimana hal tersebut nantinya akan menambah efektifitas dari perusahaan itu sendiri. Departemen yang menyediakan atau mengelola program training bagi karyawan adalah bagian SDM. Dimana hal ini diharapkan dapat membantu karyawan memperoleh ketrampilan baru serta mengasah ketrampilan atau skill yang sudah mereka miliki. Program ini (baik yang bersifat wajib atau opsional) tidak hanya membekali karyawan dengan pengetahun yang dibutuhkan untuk bekerja dan berkembang dalam peran posisi mereka, akan tetapi juga mampu memajukan pertumbuhan individu agar lebih professional dan berpengalaman.

Kini anda atau HR perusahaan tidak perlu lagi pusing memikirkan bagaimana mencatat kehadiran karyawan. Anda juga bisa menggunakan Aplikasi JojoTimes dari Jojonomic bisa membantu HR dalam masalah absensi karyawan yang dilakukan secara online. Aplikasi JojoTimes akan membantu anda dalam meningkatkan kinerja tim atau bisnis atau bahkan perusahaan hingga 100% dengan sistem monitoring aktivitas real-time, pun anda bisa mendapatkan layanan anti-fraud serta kemudahan dalam pengelolaan administrasi HR secara otomatis. Tunggu apa lagi, segera gunakan Joojotimes untuk meningkatkan efektifitas perusahaan atau bisnis yang sedang anda jalankan. Dijamin akan memboosting atau memperbesar kesempatan perusahaan untuk selalu berproduksi secara maksimal dengan segara dan mudah.