HRM adalah: Definisi, Manfaat dan Cara Menerapkannya

human resource management

Sebagai pemilik usaha ataupun praktisi HR tentunya Anda menginginkan sumber daya yang Anda kelola mampu bekerja secara optimal. Apakah Anda sudah memahami Human Resources Management (HRM) dengan baik? Jika belum, Anda dapat menyimak artikel dari Jojonomic berikut ini untuk memperoleh penjelasan yang lengkap mengenai HRM.

Mengenal Istilah HRM

Mengenal Istilah HRM

Human Resource Management atau yang kerap disingkat dengan HRM merupakan suatu metode yang dibentuk untuk mengatur sumber daya (tenaga kerja) yang terdapat dalam sebuah perusahaan. Sistem ini diciptakan dengan tujuan untuk memaksimalkan kinerja setiap individu secara efektif, sehingga tujuan dan cita-cita perusahaan dapat tercapai. 

Setiap sumber daya manusia yang direkrut serta bergabung pada sebuah perusahaan umumnya memiliki keahlian dan kemampuannya masing-masing. Oleh karena itu, untuk memastikan pemenuhan kebutuhan perusahaan secara menyeluruh, pihak HRD perlu untuk memetakan kekuatan serta keahlian karyawan sesuai kebutuhan di tiap posisi. 

Human Resource Management ini secara sederhana merupakan pemanfaatan keahlian karyawan sesuai dengan bidang yang dikuasai dan menempatkannya pada posisi yang tepat. Sehingga nantinya diharapkan karyawan yang ditempatkan pada sebuah posisi dapat berperan maksimal melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang telah disepakati. Nah, berikut ini kami paparkan mengapa HRM ini perlu dilakukan? Apa manfaatnya bagi perusahaan? serta bagaimana langkah-langkah yang dapat ditempuh untuk melakukan HRM?

Mengapa HRM Diperlukan?

Mengapa HRM Penting?

Melihat bahwa setiap sumber daya yang direkrut pada sebuah perusahaan umumnya memiliki keahlian dan kemampuan yang berbeda-beda, maka diperlukan pengaturan agar sumber daya tersebut menemukan posisi yang tepat sesuai kebutuhan perusahaan. Guna memastikan pemenuhan kebutuhan perusahaan secara menyeluruh, pihak HRD perlu untuk memetakan kekuatan serta keahlian karyawan sesuai kebutuhan tiap posisi.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tidak hanya itu, dalam human resources management tersebut juga dilakukan pengelompokan keahlian serta upaya untuk menambah kemampuan dan keahlian tersebut. Sehingga nantinya perusahaan memiliki sumber daya berkualitas sesuai dengan harapan dan spesifikasi yang diinginkan.

Manfaat HRM yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat HRM

Melalui adanya manajemen sumber daya yang baik dalam sebuah perusahaan, secara tidak langsung perusahaan akan memperoleh banyak manfaat. Berikut Kami paparkan beberapa manfaat manajemen sumber daya:

1. Membantu mencapai target atau cita-cita perusahaan sehingga secara tidak langsung dapat membantu menambah pendapatan serta keuntungan perusahaan sepenuhnya.

2. Membantu mengarahkan sumber daya yang tepat pada posisi yang tepat, sehingga dapat memperoleh hasil yang jauh lebih maksimal daripada dikerjakan secara asal dan tanpa pengaturan.

3. Memperoleh pemanfaatan waktu dan pekerjaan yang lebih maksimal serta optimal, sehingga pekerjaan bisa cepat diselesaikan dengan baik tanpa harus memerlukan waktu lebih atau penambahan sumber daya.

4. Membantu mempermudah pimpinan dalam mengarahkan personel untuk tugas yang sesuai serta mencapai tujuan masing-masing personel lebih maksimal.

5. Mempermudah pembekalan yang diperlukan termasuk pemberian pelatihan yang sesuai minat dan bakat sehingga dapat lebih mudah pula untuk melihat potensi karyawan sepenuhnya pada bidang yang ditekuni.

Cara Menerapkan HRM dalam Perusahaan

Cara Menerapkan HRM

Melakukan manajemen sumber daya tentunya bukan sesuatu yang mudah. Diperlukan kerja keras dan upaya dari tim HRD untuk mengelompokkan keahlian masing-masing karyawan dan menetapkan posisi yang tepat bagi mereka. Selain itu juga diperlukan pembagian tugas serta pekerjaan serta peningkatan kompetensi dan keahlian karyawan agar dapat mencapai target yang ditetapkan.

Oleh sebab itu perlu tips dan langkah yang tepat untuk mewujudkan hal tersebut. Jika salah langkah, maka perusahaan tidak bisa memaksimalkan sumber daya yang dimiliki. Supaya hal ini bisa berjalan lancar, maka sebaiknya sebagai pengusaha diperlukan beberapa langkah berikut ini supaya dapat melaksanakan Human Resource Management yang maksimal.

1. Menentukan Human Resources

Dalam menentukan human resources, diperlukan kandidat yang sesuai dan mampu mengatur pembuatan serta perencanaan struktur dan job desk karir karyawan. Karyawan yang berada di divisi human resources juga harus dibekali dengan kemampuan-kemampuan yang menunjang mereka  untuk berkembang menjadi seorang profesional human resources. Oleh sebab itu,  perusahaan perlu untuk memastikan data karyawan yang tepat dan benar. Terutama dalam hal keahlian dan latar belakang pendidikan. Hal ini diperlukan agar mempermudah tim HRD perusahaan dalam mengarahkan seseorang pada posisi yang diperlukan.

2. Menetapkan SDM Skill

Strategi human resources management yang kedua ini penting untuk dilakukan, mengapa? Karena karyawan tidak hanya ditempatkan di bidang sesuai dengan yang mereka lamar, namun akan lebih baik jika menempatkan mereka sesuai dengan skill dan keahlian yang mereka miliki. Hal tersebut dilakukan agar mereka bisa menciptakan inovasi pada hasil kerjanya kepada perusahaan karena mereka bekerja sesuai dengan keahlian yang mereka miliki.

Tetapkan tugas dan beban kerja pada karyawan yang sesuai dengan keahlian yang mereka miliki. Pastikan pula beban kerja yang diberikan telah sesuai dengan jumlah pengalamannya. Seorang fresh graduate tentunya tidak dapat disamakan dengan mereka yang sudah bekerja bertahun-tahun. Tim HRD harus jeli melihat potensi karyawan dengan lebih selektif.

3. Management Trainee untuk Fresh Graduate

Merekrut fresh graduate juga dinilai lebih efektif dalam memenuhi kebutuhan perusahaan terhadap SDM yang tepat sasaran. Dengan mengadakan program management trainee ini, perusahaan bisa membentuk tenaga kerja sesuai dengan yang diinginkan.

4. Melakukan Penilaian

Setelah melakukan pembagian tugas dan posisi yang tepat, maka selanjutnya perlu dilakukan penilaian kinerja karyawan untuk melihat apakah pembagian kerja yang dilakukan sudah sesuai atau belum. Jika pembagian kerja sudah sesuai, maka ada baiknya untuk terus dilakukan peningkatan keahlian karyawan dengan cara memberikan pelatihan yang tepat dan sesuai dengan bidangnya. 

Langkah ini tentu akan membantu meningkatkan kemampuan karyawan dalam melaksanakan pekerjaan dengan lebih cepat sehingga dapat meraih target perusahaan dengan lebih baik juga.

5. Mendukung dan Menghargai Kebutuhan Karyawan

Bagian dari human resources management yang tidak boleh ditinggalkan adalah memberikan dukungan dan menghargai kebutuhan karyawan. Selalu berikan apresiasi pada setiap tugas yang dikerjakan oleh SDM dan berikan mereka fasilitas yang diperlukan. Hal tersebut akan mampu meningkatkan produktivitas perusahaan. 

6. Lakukan Evaluasi

Terakhir, supaya lebih maksimal selalu lakukan evaluasi efektivitas dan produktivitas karyawan sepenuhnya. Sehingga akan mudah untuk menemukan solusi apabila karyawan dianggap tidak produktif atau target tidak tercapai sepenuhnya.

Kesimpulan

Demikianlah artikel mengenai definisi dari HRM atau Human Resource Management. Kehadiran HRM terbukti dapat membantu perusahaan mencapai target dengan baik dan maksimal. Oleh sebab itu sebaiknya perusahaan Anda harus memberikan perhatikan sedikit lebih ekstra pada komponen yang satu ini.

Selain komponen Human Resource Management yang perlu Anda perhatikan. Manajemen keuangan perusahaan pun juga tak kalah penting dan tak boleh diabaikan. Karena seperti yang kita tahu, kondisi keuangan perusahaan memegang peranan penting dalam operasionalnya. 

Anda tidak bisa menjalankan operasional bisnis dengan kondisi keuangan yang kacau dan tidak tertata. Selain itu, keuangan perusahaan yang kacau menandakan bahwa bisnis Anda berjalan dengan cara yang tidak sehat. Anda harus segera memperbaikinya atau gulung tikar menjadi risiko terburuk yang bisa menimpa bisnis Anda.

Jojo Expense

Di era digital seperti saat ini, ada begitu banyak perangkat lunak yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu pengelolaan keuangan dalam perusahaan. Salah satunya adalah JojoExpense. Aplikasi pencatatan pengeluaran perusahaan yang juga dilengkapi berbagai macam fitur penting seperti Cash Advance, Reimbursement Online, Mobile Approval dan masih banyak lagi yang lain. 

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan teknologi Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda untuk terhindar dari risiko fraud financial yang dilakukan oleh karyawan tidak bertanggung jawab. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, coba demo GRATIS dari JojoExpense dan perpanjang penggunaannya kapan pun setelah Anda merasakan manfaatnya.