Human Capital dan Human Resource : Perbedaan dari Keduanya

Konsep manajemen sumber daya manusia (SDM) dan manajemen Human Capital (HCM) tentu sudah tidak asing lagi bagi para profesional SDM. Bagi orang awam, mungkin ada orang yang menganggap bahwa tanggung jawab dan peran keduanya di perusahaan itu berbeda. Orang lain mungkin mempertimbangkan dua konsep ini dan ingin memperbaikinya.

Pada artikel ini, mari kita periksa konsep HRM dan HCM untuk memahami perbedaannya. Selain itu, mari kita lihat apa saja manfaat dari kedua konsep manajemen ini, sehingga sebagai praktisi SDM. Kita dapat lebih mengoptimalkan sumber daya manusia kita.

Konsep Human Resource

Human Capital

Banyak ahli yang mengemukakan definisi manajemen sumber daya manusia, yang dalam bahasa Indonesia disebut manajemen sumber daya manusia. Salah satunya, menurut Sonny Sumasono dalam bukunya “Human Resources and Employment Economics” (2003). Sumber daya manusia memiliki dua pengertian yang berbeda, yaitu:

  1. Sumber daya manusia adalah usaha pekerjaan atau jasa yang diberikan untuk melakukan proses produksi. Dengan kata lain, sumber daya manusia adalah kualitas usaha seseorang untuk menyediakan jasa atau barang dalam jangka waktu tertentu.
  2. Masih terkait dengan hal yang pertama. Pengertian SDM yang kedua adalah dimana manusia dapat bekerja untuk menghasilkan jasa atau barang dari bisnis pekerjaannya. Mampu bekerja berarti mampu melakukan berbagai kegiatan yang bernilai ekonomis (kemampuan menghasilkan barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan hidup).

Filosofi Human Capital

Human Capital

Karena perubahan peran sumber daya manusia, konsep modal manusia muncul. Konsep ini berangkat dari pandangan bahwa manusia adalah aset tak berwujud dengan banyak kelebihan. Buku The ROI of Human Capital Jac Fitz-enZ (2009:45) mengungkapkan bahwa dorongan untuk mengukur human capital mencerminkan transformasi peran manajemen sumber daya manusia dari peran administratif menjadi mitra bisnis strategis.

Mengutip dari volume majalah AdBispreneur. 2, No. 1 (2017), Konsep utama modal manusia dalam Becker (1993:71) adalah bahwa orang tidak hanya sumber daya, tetapi juga modal yang menghasilkan pengembalian. Yaitu biaya setiap pengeluaran untuk pengembangan kualitas dan kuantitas modal, merupakan kegiatan investasi.

Perbedaan antara Human Capital dan Human Resource

Human Capital

Dari definisi di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen sumber daya manusia sedikit berbeda dengan manajemen sumber daya manusia. Menurut kesimpulan Synergy, perbedaan yang paling menonjol ada pada 3 aspek, yaitu sudut pandang, fokus dan ukuran. Mari kita lihat penjelasannya pada gambar di bawah ini.

Jika kita melihat grafik perbedaan ini, kita dapat melihat peningkatan pada bagian-bagian penting dari SDM. Fokus pengelolaan sumber daya manusia adalah menanamkan nilai pada sumber daya manusianya, yang tidak dapat kita peroleh dari pengelolaan sumber daya manusia. Perbedaan tersebut akan mempengaruhi perumusan rencana kerja, strategi organisasi. Penyediaan fasilitas, analisis kinerja dan produktivitas pegawai, serta hal-hal lain yang berkaitan dengan pengembangan pegawai.

Jadi, mana yang lebih baik, Human Capital dan Human Resource?

Human Capital

Pemilihan filosofi manajemen dalam suatu organisasi atau perusahaan tentunya tergantung dari industri, visi dan misi perusahaan tersebut. Tidak menutup kemungkinan suatu perusahaan memiliki konsep manajemen sumber daya manusia yang memadai untuk mengelola sumber daya manusianya. Apalagi jika tidak ada masalah dengan hasil kinerja karyawan dan pertumbuhan perusahaan.

Oleh karena itu, tidak mungkin untuk menentukan keuntungan dan kerugian dari HRM dan HCM. Meski begitu, jika melihat perbandingan keduanya, karena manajemen human capital menganggap sumber daya manusia sebagai aset berharga yang dapat diinvestasikan lebih banyak. HCM dinilai mampu memberikan manfaat yang lebih baik bagi karyawan dan perusahaan.

Mengapa Human Capital penting dan menjadi pilihan?

Sebuah studi baru-baru ini mengutip media Shift yang menunjukkan bahwa ada korelasi langsung antara peningkatan modal manusia dan kesehatan keuangan organisasi. Institut Pusat Penelitian Tanggung Jawab Investor dan Sekolah Hukum Harvard menemukan dalam penelitian mereka bahwa ada hubungan yang signifikan antara kebijakan sumber daya manusia dan hasil keuangan organisasi. Kesimpulan mereka membuktikan korelasi langsung antara kinerja sumber daya manusia dan kinerja keuangan. Mendorong mereka untuk merekomendasikan sumber daya manusia untuk investasi dan indikator.

Para ahli mengatakan bahwa 40% perusahaan mengaku gagal memaksimalkan pertumbuhan karena mereka belum berinvestasi pada sumber daya manusia. Jika Anda berada dalam situasi ini, yang paling Anda butuhkan saat ini adalah pendekatan “modal manusia”.

Tidak hanya berlaku pada lingkup organisasi atau perusahaan, keberhasilan pengelolaan human capital dinilai berdampak pada skala nasional. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengutip Kompass Media mengatakan bahwa selain infrastruktur. Investasi sumber daya manusia, termasuk pendidikan, akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi tenaga kerja. Hal ini pada akhirnya akan mempercepat pertumbuhan Indonesia.

Langkah apa yang diperlukan untuk memulai Human Capital?

Strategi dasar HCM adalah perusahaan perlu memiliki pemahaman yang mendalam tentang karyawannya untuk mengetahui apa yang perlu dioptimalkan. Untuk memahaminya, perlu dilakukan analisis terhadap pertumbuhan perusahaan dan kinerja karyawan saat ini.

Jika karyawan yang direkrut memiliki potensi pengembangan terbaik, maka strategi pengembangan karyawan akan menghasilkan nilai terbaik. Oleh karena itu, proses rekrutmen merupakan kunci awal keberhasilan HCM.

Karena karyawan adalah modal, yaitu aset yang dapat diinvestasikan dalam keuntungan perusahaan, kami fokus pada peningkatan proses rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan untuk melindungi karyawan.

Kesimpulannya

Konsep manajemen sumber daya manusia dan manajemen sumber daya manusia sedikit berbeda. Pada dasarnya perbedaan tersebut dapat dilihat dari tiga aspek yaitu perspektif, fokus dan ukuran.

HRM menganggap tenaga kerja sebagai sumber daya, dan jika digunakan terus menerus, suatu saat akan habis, sedangkan HCM menganggap tenaga kerja sebagai modal yang berharga, dan jika diinvestasikan dengan benar, akan memberikan pengembalian investasi.

Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pengelolaan sumber daya manusia dinilai lebih efektif dan memberikan berbagai manfaat, tidak hanya dapat dirasakan manfaatnya di lingkungan perusahaan, tetapi juga dapat membawa manfaat bagi perekonomian nasional.

Jika perusahaan Anda masih menerapkan konsep manajemen sumber daya manusia dan mengalami perlambatan pertumbuhan perusahaan, sekaranglah saat yang tepat untuk mengevaluasi manajemen Anda dan mulai bersiap untuk melakukan upgrade ke HCM.

JojoTimes: Aplikasi HRIS Terbaik untuk Human Capital

Pantau kehadiran karyawan Anda di mana saja. JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar dari mana saja. Dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, lokasi GPS yang akurat dan deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan bermain bohong.

Karyawan Anda dapat diminta untuk melaporkan kegiatan mereka ketika mereka bekerja dari jarak jauh. Dengan cara ini Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja dengan seharusnya.

Jadwal dan shift kerja karyawan juga dapat dikelola dan diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing divisi untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pengusaha dan karyawan. Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda—semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien, hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. “Yuk pakai software hris dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”