Human Resource Automation – Masa Depan Proses Management HR

financial forecasting

Human Resource Department merupakan bagian yang tidak bisa lepas dari suatu perusahaan. Keperluan – keperluan seperti mengangkat seorang pegawai baru, atau memenuhi tuntutan hukum pekerja di wilayah tersebut, proses HR merupakan bagian yang vital dari setiap perusahaan atau organisasi.

Namun nampaknya, sampai sekarang HR masih dipandang sebagai proses departemen yang harus dilakukan secara manual. Pun hal ini mungkin tidak perlu lagi merisaukan anda.

Human Resource Automation mulai digemari bahkan dilirik oleh para pebisnis yang ingin membuat sistem HR yang jauh lebih ringkas lagi. Para pegawai bagian HR harus mampu beradaptasi dengan perubahan yang ada atau mereka akan lapuk termakan jaman.

Dua per tiga dari manager human resource mengatakan bahwa departemen mereka telah mengalami yang namanya transformasi digital dan HR Automation, namun hanya sekitar 40% dari perusahaan atau organisasi yang memiliki rencana untuk mengembangkan wilayah itu sendiri.

Tugas dari departemen HR memang bisa dibilang tidak ada habisnya. Mereka memiliki tanggung jawab yang besar untuk mencari kandidat, menyeleksi kandidat, menyelengkarakan pelacakan kinerja karyawan, pemutusan hubungan kerja dan masih banyak yang lainnya. Ketika suatu perusahaan yang sudah berskala internasional dan memiliki banyak cabang dimana – mana, hampir tidak mungkin semua tugas tersebut dilakukan tanpa otomatisasi.

Banyak orang yang mengira bahwa software HR automation itu terlalu mahal dan kompleks. Tapi tahukah anda bahwa sekarang jenis software – software tersebut telah dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan mudah untuk digunakan? Solusinya berada di sistem cloud yang telah di desain sebaik mungkin sehingga anda tidak perlu repot kebingungan mempelajari bagaimana cara menggunakannya.

Apa Itu Human Resource Automation ?

HR automation merupakan proses peningkatan efisiensi dari departemen HR atau SDM yang dilakukan dengan membebaskan para pekerjanya untuk melakukan tugas – tugas manual yang ada, pun memberikan mereka kesempatan untuk fokus pada tugas yang lebih kompleks yang membutuhkan pemikiran lebih seperti pengambilan keputusan dan membuat strategi. Dengan menggunakan standart otomatis dan berulang dari berbagai kegiatan HR yang dulu dilakukan secara manual. Organisasi dapat mengurangi biaya serta waktu yang harus dilakukan dalam perencanaan sistem HR manual dan proses penerapannya.

Strategi human resource management akan mampu mengidentifikasi fungsi jangka lama dari talenta pekerja yang tercantum dalam data HR. Jenis Management HR yang dilakukan secara tradisional biasanya masih selalu berjalan dari atas ke bawah. Dengan adanya strategi human resource automation, tim HR dapat mengurangi penggunaan kertas dan memfokuskan perhatiannya pada peran – peran yang bersifat perencanaan strategi HR daripada tugas – tugas yang berulang yang bisa diselesaikan secara otomatis.

human resource automation
Sumber : yescrm.org

Keuntungan Penggunaan Proses Human Resource Automation

Melalui human resource automation, organisasi atau perusahaan bisa men – design, membentuk streamline, mengintegrasi dan mengerjakan tugas – tugas yang ada dengan cepat tapi dengan biaya yang jauh lebih murah. Jika diterapkan dengan baik, HR automation dapat membantu anda untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat. Berikut adalah beberapa kunci keuntungan penggunaan HR automation antara lain adalah :

  • Meningkatkan produktifitas dengan mempercepat proses dan data sharing
  • Mengurangi jumlah karyawan yang ‘akan’ mengundurkan diri karna meningkaltnya keterlibatan karyawan.
  • Memangkas biaya penyimpanan dan pencetakan karna tidak menggunakan banyak kertas
  • Terbebas dari resiko pelanggaran kebijakan atau aturan yang ada di wilayah tersebut
  • Meningkatkan perkembangan perusahaan melalui proses perekrutan yang efisien serta penggunaan biaya operasional yang optimal.
  • Mengurangi resiko adanya kesalahan dalam entri data dan dokumen karna tidak dilakukan secara manual.
  • Mampu membuat suatu keputusan bisnis yang cerdas dengan laporan yang berwawasan luas
  • Bisa berkolaborasi dengan para stakeholder lain untuk merekrut, melatih dan mempertahankan karyawan dengan ketrampilan yang luar biasa.
  • Perusahaan atau organisasi memiliki lebih banyak waktu untuk menganalisa data HR. Demi membuat keputusan yang terbaik dan terefisien bagi perusahaan itu sendiri.
human resource automation
Sumber : forbes.com

Kerugian Karna Tidak Menggunakan HR Automation

Gagal dalam membuat sistem otomasi pada bagian HR perusahaan bisa membawa dampak yang fatal. Dimana hal tersebut akan terus tumbuh sesuai dengan perkembangan dari perusahaan itu sendiri. berikut adalah alasan mengapa tidak memiliki sistem HR automation bisa berbahaya bagi perusahaan atau organisasi anda, antara lain adalah :

Perusahaan Akan Kehilangan Kesempatan Untuk Lebih Efisien

Dengan tidak diberlakukannya sistem yang otomatis terhadap berbagai tugas atau kegiatan yang berulang, anda akan kehilangan kesempatan untuk meningkatkan efisiensi perusahaan. Dimana hal ini sama dengan mencecoki bagian HR anda. Dengan kegiatan yang sama – monoton dan sama sekali tidak produktif karna meski harus dilakukan secara terus menerus. Namun tidak bisa menambah nilai dari perusahaan atau organisasi itu sendiri.

Rentang Terjadi yang Namanya Error

Beberapa tugas seperti menghitung gaji karyawan, memverifikasi sebuah timesheets serta mengecek cuti pegawai memang akan terlihat jauh lebih mudah apabila dilakukan oleh mesin. Namun hal ini bia menjadi sangat membingungkan dan membutuhkan waktu yang lama apabila dikerjakan oleh tangan manusia. Human error pasti akan selalu ada meskipun perusahaan telah berupaya sekeras mungkin untuk meminimalisir kemungkinan tersebut. Padahal, dengan menggunakan sistem HR yang telah automation – human error akan sangat mudah untuk disingkirkan.

Sumber : www.fire.com

Seorang Pelamar Bisa Kecewa dengan Perusahaan Anda

Para pencari kerja pasti akan merasa sedih jika tim HR dari perusahaan tempat mereka melamar sama sekali tidak membalas pesan yang mereka kirimkan. Atau justru mengabaikan surat lamaran yang telah mereka buat sebaik mungkin.

Tapi pada kenyataannya, Staff HRD sedang berjibaku diantara lautan tugas menumpuk yang seolah tidak ada habisnya. Hal ini membuat ‘tugas’ menjawab pelamar seolah menjadi hal yang sangat susah untuk dilakukan. Mereka bisa saja lupa untuk mengirimkan balasan atau sekedar mengucapkan terima kasih. Karna sudah tertarik melamar karna pekerjaan yang menggunung banyaknya. Dan, hal ini merupakan salah satu big no no dalam pengalaman yang akan dirasakan kandidat ketika tertarik dengan perusahaan atau organisasi anda. Bahkan ketika akhirnya kandidat tersebut terpilih untuk menjadi seorang pegawai baru. Mereka pasti memiliki pengalaman pertama yang cukup membuat lidah kelu.

Salah satu perangkat terbaik yang dapat Anda atau perusahaan gunakan untuk memudahkan kinerja HR dalam perusahaan adalah Aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Aplikasi berbasis cloud tersebut dapat memungkinkan Anda atau organisasi mengelola sistem keuangan perusahaan dengan cara yang jauh lebih efektif. Bahkan hingga meningkatkan efisien sebesar 76 persen.

Aplikasi JojoExpense dari Jojonomic juga telah dilengkapi berbagai macam fitur unggulan lainnya mulai dari fitur Reimbursement Online, Cash Advance, Mobile Approval, Control Budgeting serta masih banyak lagi yang lainnya. Tak hanya sampai disitu saja, aplikasi yang satu ini juga telah dibekali dengan teknologi paling mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda atau perusahaan serta organisasi untuk selalu terhindar dari yang namanya risiko penipuan keuangan atau financial fraud. Tunggu Apalagi! Gunakan Free Trialnya sekarang!