Iklan Layanan Masyarakat Pola Merupakan Iklan Sosial yang Sehat

Ketika perusahaan periklanan bekerja dengan organisasi nirlaba untuk menghasilkan beberapa Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang dimaksudkan untuk meyakinkan pemirsa iklan untuk memilih pola perilaku dan sosial yang sehat, maka itu dipahami sebagai Iklan Layanan Masyarakat.

Agen media yang berbeda memberikan ruang dan waktu mereka untuk mengedarkan pesan-pesan ini untuk kepentingan masyarakat umum. Bahkan dalam beberapa kasus, asosiasi amal, pemerintah negara bagian dan nasional membayar kampanye iklan ini untuk mendapatkan kontrol yang lebih baik atas iklan tersebut.

Secara sederhana, Iklan Layanan Masyarakat dapat dipahami sebagai penggabungan dan penyaluran suatu pesan untuk kepentingan publik yang tersebar tanpa biaya apapun, dengan target untuk mengangkat isu-isu ke masyarakat umum . Hal ini juga dimaksudkan untuk mengubah perspektif dan perilaku publik terhadap masalah sosial tertentu.

Umumnya dikenal sebagai Pengumuman Layanan Masyarakat, kampanye Iklan Layanan Masyarakat ini juga disebut Public Information Film (PIF) di Inggris, sedangkan di Hong Kong, kampanye ini dikenal sebagai ‘Pengumuman untuk Kepentingan Umum’ (API).

Apa itu Iklan Layanan Masyarakat?

Iklan layanan masyarakat dirancang untuk menginformasikan kepada publik tentang isu-isu yang sering dianggap sebagai kepentingan terbaik masyarakat secara umum. Biasanya, ini mencerminkan sudut pandang politik, teori filosofis, konsep agama, atau gagasan kemanusiaan. Ini juga biasa disebut sebagai pengumuman layanan publik atau pengumuman layanan masyarakat. Iklan tersebut biasanya disiarkan di radio atau televisi, tetapi bisa juga muncul di koran atau majalah. Mereka lazim di negara-negara industri di seluruh dunia.

ILM biasanya ditujukan untuk mengubah sikap publik dengan meningkatkan kesadaran tentang masalah tertentu. Tema kesehatan, konservasi dan keselamatan lazim di banyak ILM. Kampanye iklan layanan masyarakat sering kali disponsori oleh asosiasi perdagangan, organisasi sipil, lembaga nirlaba atau kelompok agama. Militer AS, selain iklan berbayar, secara teratur memproduksi ILM sebagai bagian dari upaya perekrutan mereka.

Beberapa iklan menggunakan juru bicara selebriti untuk menarik perhatian. Yang lain mencoba menarik massa dengan menggambarkan risiko dan masalah yang relevan dengan pria, wanita dan anak-anak biasa. Kesalahpahaman umum tentang kerja adalah bahwa itu mencakup iklan kampanye politik, yang sebenarnya didanai secara pribadi.

Sebagian besar iklan layanan publik melibatkan upaya bersama antara sektor swasta dan publik. Kelompok nirlaba dan badan pemerintah biasanya bekerja sama dengan media massa swasta, perusahaan promosi dan periklanan untuk membuat iklan untuk radio, televisi dan media cetak. Paling umum, biro iklan nirlaba membuat pesan dan sebuah perusahaan periklanan mengembangkan kampanye, memolesnya untuk memenuhi standar industri dan merencanakan distribusinya, semuanya gratis. Stasiun televisi dan radio biasanya menyiarkan iklan ini tanpa biaya, dan majalah serta surat kabar biasanya menerbitkannya secara gratis juga.

Sejarah Iklan Layanan Masyarakat

Tepat setelah Kongres memproklamasikan perang pada tahun 1917, Woodrow Wilson, presiden Amerika Serikat ke-28 dari tahun 1913 hingga 1921, membentuk Komite Informasi Publik (CPI), yang mengambil peran penting dalam membujuk rakyat biasa untuk memberikan dukungan penuh kepada pengerahan tenaga perang.

Wilson menunjuk George Creel, seorang kolumnis Kansas City, untuk duduk di Komite Informasi Publik. Creel menggambarkan misinya sebagai “[Tidak] propaganda seperti yang didefinisikan oleh Jerman, tetapi propaganda dalam arti sebenarnya dari kata tersebut, yang berarti ‘penyebaran iman.”

Dengan mengambil bantuan dari individu yang diambil dari bisnis periklanan, Komite membuat beberapa kampanye periklanan yang signifikan. Mari kita lihat beberapa yang paling terkenal.

Tujuan Iklan Layanan Publik

Iklan layanan masyarakat melibatkan kepentingan kolektif komunitas dan bertujuan untuk menyebarkan kesadaran untuk tujuan yang disiarkan tanpa dipungut biaya oleh pemerintah untuk mempromosikan beberapa program negara atau agenda sosial lainnya.

Jenis iklan ini dapat disiarkan dengan menggunakan sumber media apapun seperti cetak, elektronik (televisi atau dengan mengirimkan surat), atau baliho. Iklan ini dapat ditayangkan dalam bentuk apapun untuk merangsang pikiran masyarakat umum.

Kampanye dijalankan oleh Komite Informasi Publik

  • Drive ‘The War Savings Stamps’ yang meminta masyarakat umum untuk “menyelamatkan dolar yang tidak dipikirkan” yang tanpa sadar mereka buang dalam kesenangan bersalah sementara tentara mengorbankan hidup mereka di zona perang perang.
  • Kampanye Iklan Layanan Masyarakat Palang Merah meminta warga. Untuk bergabung dengan Palang Merah yang terwujud dalam promosi bertajuk “Ibu Terbaik di Dunia”.
  • Kampanye Spies and Lies mendorong orang-orang. Secara umum, untuk tidak percaya dan menekan informasi gosip, tattles, atau rumor yang tidak berdasar.

Teknik yang di Gunakan pada Masa Perang dalam Iklan Layanan Masyarakat

Empat teknik yang terutama digunakan dalam periklanan masa perang

  • Kampanye di mana pengiklan memberikan banyak iklan untuk memajukan topik perang. Misalnya, mendesak wanita untuk bergabung dengan Korps Tentara Wanita (WAC), atau membantu pasukan sebelumnya untuk menyesuaikan diri setelah perang.
  • Kampanye Iklan Barrel Ganda yang memiliki subjek perang bekas untuk menjual barang, misalnya, mengambil foto untuk dikirim ke tentara.
  • Adanya kampanye Sneak Punch Ad di mana sponsor menyelipkan pesan perang ke dalam iklan produk biasa. Misalnya, menunjukkan buruh di lini produksi masa perang minum Coca-Cola.
  • Kampanye Iklan Layanan Masyarakat atau PSA digunakan untuk mengiklankan program negara bagian, federal, atau pemerintah. Berbagai organisasi nirlaba atau filantropi juga menggunakan iklan cetak atau elektronik ini untuk memajukan pekerjaan mereka yang berpusat pada komunitas. ILM juga digunakan untuk mengatasi masalah sosial yang berbeda sebagai contoh tanggapan pemerintah negara bagian untuk setiap peristiwa bencana.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

1. Layanan Dukungan Disabilitas

Organisasi nirlaba yang berbeda memilih ILM untuk mendidik masyarakat umum tentang misi mereka dalam menawarkan dukungan kepada klien penyandang disabilitas. CCI atau Canine Companions for Independences yang berbasis di California menggunakan anjing bantuan terlatih untuk membantu klien penyandang disabilitas.

Untuk memberi tahu orang-orang tentang layanan mereka, CCI menggunakan kampanye PSA untuk mempublikasikan manfaat dari iklan TV anjing bantuan, iklan cetak, atau spanduk online.

2. Kesiapan Darurat

Agen Manajemen Darurat Federal dan Dewan Iklan bekerja sama dengan agensi iklan untuk membuat Iklan Layanan Masyarakat untuk berbagi tentang pentingnya kesiapsiagaan darurat bagi populasi umum dalam situasi seperti bencana alam seperti banjir, kebakaran, tornado, gempa bumi, dll.

3. Iklan Anti Rokok

Untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya merokok, sebuah mobil yang dihancurkan oleh sebatang rokok setinggi 7 kaki digunakan untuk menarik perhatian publik di National Non-Smoking Week dan British Columbia Lung Association.

Dalam PSA ini, sebuah mobil diposisikan di Galeri Seni Vancouver untuk mendidik orang-orang tentang fakta bahwa setiap tahun ribuan orang British Columbia meninggal karena merokok sementara sangat sedikit yang meninggal karena kecelakaan mobil.

Berikut ini merupakan beberapa fitur andalan JojoExpense antara lain:

  • Lakukan approval terhadap request cash advance dimanapun Anda berada hanya dengan satu klik melalui ponsel Anda
  • Pantau dan analisa biaya yang Anda keluarkan untuk aktivitas operasional perusahaan dengan budget controlling
  • Real time geotagging mencegah Anda untuk mengetahui secara pasti dimana transaksi dilakukan serta deteksi kemungkinan terjadinya penipuan keuangan

JojoExpensee merupakan solusi yang tepat untuk mengelola keuangan Anda. Tunggu apalagi, segera daftarkan perusahaan Anda dan coba gratis selama 14 gratis sekarang juga!