Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Masa Kini dengan Canggih

Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah proses metodis di mana manusia mengamati dan bereksperimen di berbagai bidang studi untuk mendapatkan bukti pemahaman yang lebih jelas tentang dunia. Manusia kemudian menggunakan sains untuk diterapkan pada praktik teknologi. Teknologi digunakan melalui proses dan desain untuk meningkatkan kualitas hidup kita dalam berbagai bentuk.

Pengertian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Sains membantu kita untuk memperoleh pemahaman dan pengetahuan, menggunakan prosedur eksperimen, observasi, dan pengumpulan bukti. Menilai masalah tertentu dalam bidang studi membantu kita untuk lebih memahami dunia tempat kita tinggal. Cara sistematis dalam mengejar pengetahuan ini dapat digunakan di banyak bidang studi. Bidang dasar yang mendasari sains meliputi kimia, fisika, biologi, dan ilmu bumi.

Teknologi menggambarkan proses, ide, dan metode, bersama dengan aplikasi ilmiah, yang digunakan manusia untuk menciptakan produk dan layanan guna memimpin masyarakat ke depan. Teknologi digunakan dalam semua aspek budaya kita, mulai dari teknik, pembelajaran, dan manufaktur hingga komunikasi, transportasi, dan kedokteran.

Mengapa Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Penting

Sains membantu mengkualifikasi dan mengukur aspek berwujud di dunia, mulai dari alat yang digunakan orang hingga makanan yang dimakan manusia. Sains penting karena mengajarkan orang untuk menggunakan rasa ingin tahunya dan menemukan bukti untuk mencapai terobosan ilmiah. Selama manusia mau mempertanyakan alasan sesuatu bekerja, sains akan selalu menjadi jalan yang harus diambil.

Pencapaian teknologi pada abad ke-20 dan ke-21 telah mengubah hidup. Dari pengembangan cara kami menerima informasi – seperti media cetak, radio, TV, dan Internet – hingga cara kami memproses dan menggunakan informasi tersebut – seperti komputer, database, aplikasi, dan kecerdasan buatan – sungguh menakjubkan. Teknologi penting karena terus mendorong kita maju ke dalam hal yang tidak diketahui dan menemukan cara untuk membuat hidup kita lebih baik.

Memahami Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Ilmu pengetahuan umumnya tidak terpengaruh oleh opini atau dugaan, melainkan oleh penelitian baru berdasarkan fakta yang dapat mengembangkan atau menyangkal hasil dari penelitian ilmiah sebelumnya. Penemuan ilmiah sering terjadi di bidang teknik, teknologi, eksplorasi ruang angkasa, transportasi, keuangan, dan banyak lagi. Sekilas tentang jurnal industri seperti Science Daily menunjukkan kepada kita contoh pencarian ilmiah kita.

Amerika Serikat adalah pemimpin global dalam teknologi. Sebuah laporan tahun 2018 menunjukkan bahwa AS memimpin dunia dalam industri manufaktur berteknologi tinggi, pendanaan penelitian, dan pengembangan, serta menarik jumlah investasi modal ventura tertinggi. Jelas, teknologi memainkan bagian penting dari mesin ekonomi AS. Seiring pertumbuhan industri, begitu pula penggunaan teknologi dalam hidup kita. Negara lain di mana teknologinya berkembang pesat, berdasarkan jumlah gelar sarjana dan doktoral sains dan teknik baru-baru ini termasuk Cina, Jerman, India, Rusia, dan Inggris.

Keunggulan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

  • Kemajuan besar yang dilakukan di bidang kedokteran telah membantu memperpanjang usia harapan hidup kita dan mengurangi angka kematian bayi.
  • Penemuan mekanisasi, benih yang lebih baik, teknik irigasi dan pengendalian hama yang lebih baik, telah berhasil meningkatkan tingkat produktivitas di pertanian.
  • Di bidang transportasi, kereta api, kapal laut modern, pesawat jet, dan kendaraan bermotor telah membuat hidup kita lebih nyaman dan memberikan kemungkinan besar untuk pengembangan komersial dan industrialisasi modern.
  • Penemuan komputer telah membantu proses perhitungan di laboratorium
  • Teknologi telah membuat komunikasi menjadi lebih sederhana belakangan ini.
  • Sains telah menghasilkan solusi inovatif untuk berbagai penyakit mematikan.
  • Manusia mampu menjelajahi ruang angkasa secara luas karena perkembangan teknologi dalam skala luas.
  • Hidup kita menjadi lebih sehat dan lebih lama.
  • Higiene modern, sanitasi, obat-obatan dan pembedahan semakin menaklukkan penyakit fisik dan mental dari hari ke hari. Sekarang kita tahu dan merasakan nikmatnya kesehatan dan umur panjang.

Kekurangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

  • Mesin telah menyebabkan pengangguran.
  • Mereka telah mencemari air dan atmosfer. Mereka telah menyebabkan polusi suara.
  • Pabrik telah menyebabkan permukiman kumuh dimana manusia hidup dalam kemelaratan.
  • Kemajuan moral dan spiritual kita telah gagal untuk mengimbangi kemajuan ilmiah kita.
  • Kami telah membiarkan sains menguasai kami daripada menggunakannya sebagai pelayan kami.
  • Mesin membuat kita menjadi mekanis, mematikan kepekaan kita, menghambat bakat kreatif kita, memaksa keteraturan mekanis, keseragaman dan kebosanan pada kita, meningkatkan keinginan dan keinginan kita, dan cenderung membuat kita egois, serakah dan kejam.
  • Jarak geografis, tidak diragukan lagi, telah lenyap, tetapi jurang pemisah antara pikiran dan hati manusia telah melebar.
  • Mesin telah memberi manusia waktu luang, tetapi manusia menyalahgunakannya untuk mendapatkan hiburan yang murahan dan vulgar yang merusak kesehatan fisik dan mentalnya.
  • Sekali lagi, sains telah meletakkan senjata-senjata jahat seperti bom nuklir, peluru kendali, dan alat perang kimia dan biologi di tangan kita.

Peran Penting dan Sejarah IPTEK

Peran yang dimainkan sains dan teknologi dalam memperbaiki kondisi kehidupan di seluruh dunia sangatlah jelas, tetapi manfaatnya harus dimanfaatkan secara maksimal oleh semua negara. Ilmu dan teknologi telah membuat hidup jauh lebih mudah dan juga jauh lebih baik dengan kemajuan obat-obatan dan analisis penyakit. Selain dari sisi medis, telah terjadi perkembangan yang luar biasa di bidang pendidikan, komunikasi, pertanian, industri, dll.

Hasil ekonomi global telah meningkat 17 kali lipat pada abad ke -20. Meski telah terjadi kemajuan di hampir semua sektor, tetap saja dunia tidak lepas dari kelaparan, penyakit, polusi, buta huruf dan kemiskinan. Kesenjangan antara si kaya dan si miskin semakin melebar. Oleh 21 st abad, dengan penerapan penelitian, pengembangan, dan implikasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang tepat, perbedaan besar dapat terjadi.

Tak perlu dikatakan bahwa, pembangunan dan kemakmuran suatu bangsa sangat ditentukan oleh status ilmu pengetahuan dan teknologi bangsa itu. Masyarakat yang tidak canggih secara ilmiah berarti bangsa yang terbelakang dalam segala bidang. Hal ini mudah dipahami ketika menganalisis bahwa negara-negara seperti Jepang dan AS yang menginvestasikan jumlah yang layak untuk penelitian dan pengembangan berada pada strata pembangunan tertinggi sedangkan negara-negara seperti Nepal yang menginvestasikan jumlah yang sangat sedikit dalam penelitian dan pengembangan tetap berada di tangga pembangunan terendah.

Tanpa penerapan iptek yang tepat, tidak ada bangsa yang bisa tumbuh dan semua bangsa yang dicap sebagai negara yang pertumbuhannya rendah telah membuktikan posisinya saat ini dan semua itu terjadi hanya karena iptek.

Kita sebagai warga negara dan yang memiliki tanggung jawab yang sama untuk pertumbuhan. Harus membekali generasi muda kita dengan semua fasilitas yang memungkinkan untuk penelitian mereka yang haus dan mendukung serta memotivasi mereka. Karena masa depan bangsa kita ada di tangan mereka dan mereka dapat membawa bangsa kita lebih banyak. tingkat lanjutan dari apa yang sekarang ini.

Masa Depan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Sains dan teknologi akan terus dihubungkan dan dimanfaatkan bersama. Kemajuan dalam pemikiran ilmiah baru di sepanjang garis kecerdasan buatan, tempat tinggal antarplanet, dan investasi keuangan telah mengarah pada terobosan teknologi di bidang ini. Umat ​​manusia akan terus bergantung pada pertumbuhan yang disediakan oleh sains dan teknologi.

Semua manfaat penting ini berkat adanya fitur andalan pada JojoPayroll. Beberapa fitur tersebut termasuk sebagai berikut:

  • One-Click Generate Payroll Data
  • Progressive Tax Calculation
  • Adjustable Payday & Working Period
  • Adjustable Tax Configuration
  • Automatic Prorate for New Joiners

Serta masih banyak fitur menarik lainnya yang membantu sistem payroll berjalan lebih baik. Oleh sebab itu segera dapatkan coba gratis JojoPayroll pada perusahaan Anda dan dapatkan sistem payroll yang jauh lebih efektif dan efisien.