IMC (Integrated Marketing Communication) Beserta Strategi Penerapannya

IMC

IMC (Integrated Marketing Communication) memiliki arti yang sama dengan istilah komunikasi pemasaran terpadu. Komunikasi pemasaran terpadu pada dasarnya merupakan suatu proses perencanaan untuk membentuk komunikasi yang memperkenalkan adanya suatu produk ataupun brand dengan menggunakan berbagaimacam saluran pemasaran yang ada. Konsep ini sebenarnya cukup penting untuk dipahami karena bisa berguna bagi Anda. Terutama bila Anda saat ini sedang memiliki sebuah bisnis atau usaha online atau sejenisnya. Bagaimanapun juga marketing atau pemasaran merupakan suatu bagian yang penting dalam menjalankan bisnis. Dalam menjalankan pemasaran ini maka Anda sudah seharusnya mempelajari berbagai hal termasuk pula target sales dan juga kemajuan penjualan Anda. Maka nantinya Anda akan lebih mengerti mengenai bagaimana pasar memahami produk Anda.

Jenis-jenis IMC

Iklan

Pada dasarnya iklan merupakan suatu promosi yang dilakukan dengan tujuan untuk menunjukkan keunggulan produk. Iklan bbisa dikatakan termasuk sebagai soft selling. Tentu sebuah iklan pada akhirnya dapat membangun brand di benak masyarakat sehingga masyarakat terdorong untuk mengonsumsi produk yang ditawarkan melalui iklan.

Public Relation

PR atau yang juga seringkali disebut dengan istilah humas tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Adanya humas ini dapat mengundang konsumen untuk mengonsumsi produk secara berulang-ulang. Terlebih lagi bila humas tersebut menyenangkan. Keberadaan humas tentu dapat meningkatkan kepercayaan para konsumen pada brand Anda.

Sales Promotion

Jenis IMC lainnya adalah sales promotion. Sales promotion ini merupakan salah satu bentuk promosi dari penjualan yang ada. Misalnya saja seperti diskon dan bonus yang seringkali kita jumpai di berbagai toko. Tentu konsumen suka dengan diskon dan bonus karena harga produk cenderung lebih murah.

Event & Experience

Saluran pemasaran lainnya yang juga biasa digunakan dalam konsep IMC adalah event & experience. Dalam hal ini tentunya Anda haruslah dapat memaksimalkan seluruh event yang sedang Anda buat. Perhitungkanlah pula kerugian yang bisa saja terjadi saat Anda menyelenggarakan event.

Direct Selling

Jenis yang terakhir adalah direct selling atau yang biasa disebut pula dengan istilah penjualan secara langsung. Jadi dalam hal ini Anda menjual secara langsung berbagai produk Anda serta menunjukkan kelebihan dari produk yang Anda jual. Maka konsumen akan membeli produk Anda karena keunggulan produk tersebut.

Strategi IMC

Analisis situasi dan kondisi IMC

Analisis ini lebih menekankan pada situasi dan kondisi pasar. Jadi dalam hal ini Anda bisa menganalisis kekuatan dan kelemahan serta peluang dan resiko yang ada. Hal ini perlu dilakukan tepatnya sebelum Anda melakukan IMC.

Analisis target pasar

Selain itu Anda juga perlu menganalisis target pasar. Anda bisa melakukan pemetaan demografi dan juga profil psikologi secara lebih detail. Maka Anda bisa melihat permasalahan yang mungkin dihadapi pasar sehingga produk Anda bisa menjadi solusi bagi permasalahan tersebut.

Tentukan tujuan komunikasi IMC

Untuk melakukan sesuatu maka Anda harus tahu tujuan dari tindakan Anda. Termasuk pula tujuan dari komunikasi yang akan Anda lakukan. Ada berbagai tujuan dari komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan. Misalnya saja untuk membangun citra perusahaan dan meningkatkan brand awareness serta meningkatkan penjualan.

Susun anggaran IMC

Menyusun anggaran untuk menerapkan komunikasipemasaran terpadu juga menjadi salah satu hal yang harus dilakukan. Penyusunan anggaran harus dilakukan dengan perhitungan yang tepat. Usahakan agar anggaran yang diajukan bersifat efektif sehingga tujuan Anda dapat tercapai dengan tepat.

Gunakan marketing mix

Marketing mix bisa menjadi suatu stratgei yang tepat. Anda bisa menggunakan kombinasi yang tepat dari berbagai strategi yang ada dalam menerapkan IMC. Tentu hal ini akan membuat Anda dapat mencapai hasil yang maksimal. Namun jangan lupa untuk tetap menetapkan tujuan dari penggunaan strategi yang Anda pilih.

Evaluasi strategi IMC

Evaluasi menjadi suatu tahap akhir dalam setiap tindakan yang dilakukan oleh perusahaan. Demikian pula dengan strategi yang digunakan tentu juga perlu untuk dievaluasi. Dengan adanya evaluasi ini maka Anda bisa terus memantau penerapan IMC yang bertujuan untuk menampilkan produk Anda. 

Manfaat IMC

Meningkatkan brand awareness, karena pada dasarnya brand awareness pada dasarnya merupakan bagian dari tujuan marketing. Sebab dengan adanya brand awareness maka produk Anda bisa terus diingat oleh para konsumen. Maka konsumen akan terus membeli produk Anda secara berulang hingga omset penjualan produk menjadi semakin meningkat.

Melakukan pemasaran secara efektif, dimana kegiatan pemasaran tentu saja membutuhkan anggaran tersendiri. Oleh karena itu dengan adanya penerapan IMC maka tindakan marketing melalui berbagai saluran pemasaran bisa dilakukan secara efektif. Tidak akan ada pemborosan baik dari segi biaya maupun waktu maupun lainnya karena pemasaran dilakukan secara efektif.

Menonjolkan keunggulan kompetitif, contohnya lewat strategi pemasaran terbaik yang Anda lakukan pada akhirnya dapat menunjukkan keunggulan produk Anda. Melalui strategi pemasaran yang ada maka Anda bisa menunjukkan keunggulan kompetitif produk Anda. Maka konsumen akan tertarik dengan produk Anda.

Memastikan kerja sama semua pihak, karena melalui tindakan IMC maka Anda bisa memastikan kerja sama yang terjalin di antara seluruh pihak. Keterlibatan semua pihak memang penting sehingga Anda bersama seluruh rekan bisa memajukan produk sehingga omset penjualan meningkat.

Pentingnya Penerapan IMC

IMC (Integrated Marketing Communication) di era digital seperti sekarang ini tentu sangat perlu untuk diterapkan bagi bisnis Anda. Sebab di masa sekarang ini semakin banyak produk yang ditawarkan ke pasar. Hal ini berarti semakin banyak pula berbagai iklan yang bisa dijumpai oleh masyarakat baik iklan online maupun offline. Namun tentunya tak semua iklanakan menjadi perhatian bagi masyarakat. Banyak pula iklan yang diabaikan oleh calon konsumen karena mungkin saja penyampaian iklan kurang tepat. Maka dengan adanya IMC maka diharapkan agar nantinya setiap channel yang digunakan untuk melakukan promosi dan pemasaran produk bisa tepat sasaran. Artinya kegiatan marketing bisa berjalan dengan baik dan bahkan sesuai dengan harapan Anda. Adanya IMC akan membantu Anda untuk memilikikonsep yang lebih baik mengenai proses marketing sehingga bisa lebih tepat sasaran dan mencapai target.

Tips Mengembangkan Integrated Marketing Communications

Apakah anda tertarik dalam menyajikan sebuah penawaran yang terpadu dalam proses marketing demi mendorong keterlibatan pembeli serta proses penjualan secara genuine?

Mengembangkan IMC merupakan salah satu hal yang terdengar sangat rumit dalam dunia bisnis. Padahal, kunci dari pengembangan strategi IMC yang berhasil hanyalah dengan memahami perbedaan antara ‘saluran – saluran’ dalam marketing serta menumbuhkan komunikasi yang benar – benar telah terintegrasi dengan baik.

Seperti yang telah dijelaskan dalam ulasan sebelumnya, marketing komunikasi merupakan cara yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk menyampaikan pesan tentang produk atau jasa yang mereka jual. Proses penyampaian pesan tersebut bisa dilakukan secara langsung atau tidak langsung.

Memahami inti dari marketing communication merupakan hal mendasar bagi proses marketing itu sendiri. Seluruh dasar pokok ICM berputar pada promosi pelayanan produk atau jasa yang dilakukan demi mengubah target pasar menjadi seorang pelanggan.

Dikatakan, mengintegrasi proses komunikasi pemasaran tidak bisa dilakukan hanya dengan menggunakan marketing channel yang berbeda – beda seperti menggunakan social media, membayar pay per click, atau menggunakan email marketing.

IMC lebih dari hanya sekedar menggunakan tools untuk menjadi salah satu proses marketing yang baik.

Integrasi yang dimaksut adalah tentang bagaimana perusahaan menyajikan sebuah pesan yang konsisten untuk menjalin narasi yang akan melengkapi seluruh channel marketing yang digunakan. Semua platform seperti social media, email marketing dan sebagainya harus mampu bekerja sama dalam mencapai tujuan dari perusahaan itu sendiri.

IMC

Jangan terkecoh untuk membuat terlalu banyak ‘slogan’ hingga membingungkan pelanggan tentang pesan utama yang ingin anda sampaikan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan integrated marketing communication antara lain adalah :

Mengidentifikasi Kostumer Dengan Tepat

Langkah penting pertama yang harus diambil dalam mengembangkan komunikasi pemasaran secara terintegrasi adalah dengan mengidentifikasi siapa pelanggan anda. Bagi seorang pebisnis yang professional dan berpengalaman, biasanya perusahaan – perusahaan tersebut telah mampu mengetahui dengan jelas target audiens yang mereka inginkan.

Anda bisa mencoba untuk meninjau terlebih dahulu siapa target kostumer yang anda inginkan. Jangan terlalu memaksakan untuk mencakup target pasar yang terlalu luas karna hal ini bukannya membawa dampak positif malah justru bisa menjatuhkan.

Perlu diketahui bahwa tidak ada produk yang ‘cocok’ untuk semua orang. Menetapkan target pasar yang terlalu luas sama saja dengan membayangkan oasis di tengah gurun. Menyesatkan dan bisa sangat mematikan.

Pastikan untuk memiliki target konsumen yang sudah terancang dengan baik. Meski tidak dipungkiri bahwa audience bisnis anda sendiri nantinya akan mengalami perubahan, namun hal tersebut harus bisa dihadapi secara professional.

Target audience bisa berubah secara bertahap dikarenakan oleh tingkat kedewasaan, perubahan perilaku daya beli dan lain sebagainya. Anda bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan memantau perubahan trend yang ada termasuk hal – hal seperti minat, hobi dan lain sebagainya.

IMC

Kemana Fokus Tujuan Perusahaan

Jika anda menginginkan segala upaya integrasi pemasaran komunikasi perusahaan berjalan dengan baik dan sepadan, anda harus mampu membuat gambaran yang lebih besar dari merk yang anda jual. Inti pesan IMC yang anda fokuskan harus mampu menjadi landasan segala Tindakan yang diambil oleh perusahaan.

Semua hal yang anda dan pekerja lakukan harus sesuai dengan focus yang ingin dicapai. Dengan begitu, proses komunikasi dengan pelanggan akan berjalan dengan jauh lebih baik. Berikut adalah beberapa hal yang harus anda ketahui sebelum memilih focus dari merk yang anda jual, antara lain adalah :

  • Apa manfaat paling menarik yang dimiliki oleh produk anda?
  • Tingkat emosi seperti apa yang anda ingin pelanggan alami Ketika menggunakan produk anda?
  • Apa kelebihan produk anda dibandingkan dengan produk lainnya?
  • Menurut anda, apakah yang menjadi faktor penyebab seorang kostumer membeli produk anda?

Memahami Proses Distribusi Produk

Setelah menentukan focus penjualan, Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mengerti apa yang menjadi dasar dari seorang pembeli dalam menggunakan produk anda. Bagian yang lebih penting lagi adalah untuk mengenal mengapa kostumer memutuskan untuk menggunakan jasa atau produk anda.

Perusahaan harus mampu menonjolkan kelebihan produk atau jasa yang mereka tawarkan untuk membantu integrasi komunikasi pemasaran yang lebih jauh. Berikut adalah beberapa pola dasar yang dilakukan oleh pembeli dalam mengambil keputusan, antara lain adalah :

  • Pembeli mengenali masalah atau kebutuhan yang mereka inginkan
  • Pembeli menginginkan informasi yang lebih mengenai tata cara penyelesaian masalah tersebut
  • Kostumer mencari dan menemukan berbagai produk atau jasa yang dapat mengatasi permasalahan yang dimiliki
  • Kostumer memilih produk atau jasa terbaik yang paling sesuai dengan yang mereka butuhkan
  • Pelanggan mengidentifikasi pemasok atau supplier yang protensial serta mempertimbangkan pengalaman membeli secara keseluruhan

Dengan mengerti pola dasar yang dilakukan oleh kostumer Ketika membeli atau menggunakan suatu produk serta jasa, anda akan memiliki kemampuan untuk meningkatkan integrated marketing communication dengan menyesuaikannya secara sspesifik dari berbagai pola diatas.

IMC

Mengidentifikasi Channel Marketing yang Terbaik

Dengan begitu banyaknya ‘pesan’ yang ingin disampaikan oleh berbagai perusahaan di pasar bisnis, sangat penting bagi seorang pengusaha untuk memastikan pesan yang mereka sebar diterima secara konsisten oleh kostumer melalui saluran marketing yang baik.

Sangat disarankan untuk memahami terlebih dahulu channel marketing mana yang ingin anda gunakan. Dimana saluran tersebut harus mampu menjangkau banyak calon konsumen potensial yang ada dan menghasilkan dampak yang paling significant.

Sangat penting untuk memastikan upaya komunikasi pemasaran yang terintegrasi secara konsisten dengan semua program marketing dalam perusahaan. Anda bisa memulai untuk membuat bagan profil potensial pelanggan yang baik untuk membantu menilai waktu yang tepat dalam menawarkan produk yang anda jual.

Pesan yang dibawa dalam setiap IMC akan berhasil apabila diberikan secara tepat pada waktu yang sesuai. Untuk memilih jenis channel marketing yang sesuai, anda bisa mulai mempertimbangkan secara objective apa yang ingin dicapai perusahaan. Kemudian, anda bisa memeriksa profil calon pelanggan tersebut yang paling sering digunakan oleh pelanggan.

Disarankan untuk melihat jenis aktifitas yang terjadi dalam setiap channel yang berbeda untuk melihat mana yang paling efektif dalam menyampaikan pesan yang anda inginkan. Tidak perlu menggunakan setiap channel yang ada untuk menjual produk atau jasa yang anda tawarkan. Hal ini justru kurang efektif dan malah menjadi sumber pemborosan.

Kenali fokus pembeli yang ingin anda tuju dan mulailah riset dari sana untuk menentukan channel marketing mana yang paling tepat. Penting untuk menjaga konsistensi penyampaian pesan dalam ICM karna hal tersebut anntinya juga akan berdampak pada seberapa berhasilnya Teknik pemasaran yang anda gunakan.

IMC

Kesimpulan

Sebenarnya ini semua sama pentingnya dengan menggunakan sistem keuangan yang tepat untuk perusahaan Anda. Sebut saja dengan menggunakan JojoExpense. Dimana produk ini memang terbukti dapat membantu memonitor keuangan perusahaan secara maksimal. Bukan hanya itu saja, tetapi juga membantu untuk mencegah resiko terjadinya kecurangan keuangan perusahaan secara lebih optimal. Tentunya hal ini tidak luput dari peranan fitur-fitur yang dikembangkan dalam JojoExpense, contohnya meliputi beberapa poin berikut ini:

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Oleh sebab itu jangan ragu dan berpikir dua kali. Segera saja daftarkan perusahaan Anda untuk mendapatkan coba gratis selama 14 hari secepatnya. Pastikan untuk memilih dan hanya menggunakan JojoExpense untuk sistem keuangan perusahaan yang lebih optimal.